JANGAN SAMPAI USAHA BANGKRUT Install aplikasi ini utk menghindari UNDUH
Atur Pembukuan Usaha Jadi Mudah

Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Sebagai karyawan, Anda juga bisa memulai usaha sampingan loh. ⏩ Simak yuk beberapa ✅ Rekomendasi Ide Usaha Sampingan berikut.

Usaha sampingan bisa dimiliki oleh siapa saja. Mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, karyawan, ibu rumah tangga dan siapa pun.

Usaha sampingan sendiri memiliki arti pekerjaan yang dilakukan di sela-sela pekerjaan utama tanpa mengabaikan pekerjaan utama tersebut.

Jika Anda seorang karyawan, bukan tidak mungkin untuk memiliki usaha sampingan. Meskipun jadwal kerja Anda padat, Anda masih bisa melakukan beberapa pekerjaan sampingan yang menguntungkan.

Berikut ini BukuWarung memberikan beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan dengan modal kecil yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Ingetin Pembayaran Jadi Gampang

Hasil yang didapatkan dari bisnis sampingan dapat Anda jadikan tabungan atau untuk memenuhi kebutuhan lain.

1. Bisnis BPOB

Ide Usaha Sampingan Karyawan: Menjual Pulsa Elektrik
unsplash.com

Ide bisnis pertama yang dapat Anda jalankan sembari bekerja yaitu bisnis BPOB. Target pasar utama usaha ini yaitu rekan kerja Anda.

Tak butuh dana hingga jutaan untuk mulai bisnis BPOB. Anda dapat membeli deposit pulsa senilai Rp 200.000 hingga Rp 300.000 sebagai permulaan.

Salah satu hambatan terbesar bisnis ini adalah utang yang menumpuk dari para pembeli. Hal ini membuat laju perputaran keuangan dalam bisnis menjadi terhambat.

Tak heran jika banyak orang yang merugi dan gulung tikar dalam bisnis ini. Siapkan strategi pemasaran yang tepat untuk menghindari hal seperti itu terjadi.

Anda bisa simak artikel tips memulai usaha BPOB untuk setidaknya memberikan gambaran dari bisnis ini.

 

2. Menjual Makanan untuk Sarapan

Ide Usaha Sampingan Karyawan : Menjual Makanan untuk Sarapan
unsplash.com

Para karyawan lebih sering membeli sarapan di luar daripada memasak di rumah. Anda bisa menjadikan kesempatan ini untuk memulai usaha.

Cobalah untuk menjual aneka makanan sebagai sarapan. Tentu saja target utama pemasaran dari usaha ini yaitu rekan kerja Anda.

Anda bisa membuka pemesanan sarapan satu hari sebelumnya. Kemudian Anda membeli atau memasak makanan di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Untuk memudahkan Anda berjualan makanan secara online, jika menggunakan WhatsApp, Anda bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor Anda menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli Anda tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

 

3. Menjual Foto di Internet

Ide Usaha Sampingan Karyawan: Menjual Foto di Internet
pexels.com

Ide pekerjaan sampingan yang satu ini cocok untuk Anda yang menyukai fotografi dan cocok juga sebagai ide usaha untuk mahasiswa dengan hobi fotografi.

Foto yang Anda hasilkan dari hobi tak hanya bisa dipandang keindahannya.

Anda juga bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cara menjualnya. Sejauh ini terdapat beberapa situs yang bisa Anda gunakan untuk menjual foto seperti Shutterstock dan Istockphoto.

Situs tersebut memberikan bayaran dalam mata uang dolar. Penghasilan Anda akan jauh lebih besar ketika nilai tukar dolar terhadap rupiah sedang naik.

Namun Anda tak bisa mendapatkan uang secara instan dari bisnis ini. Setidaknya, Anda harus menunggu waktu agar situs tersebut melakukan verifikasi terhadap foto Anda.

Setelah memenuhi syarat, foto Anda akan ditampilkan dan bisa dibeli.

 

4. Membuat Toko Online

Membuat Toko Online
pexels.com

Membuat toko online merupakan salah satu ide cemerlang untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Pasalnya, saat ini masyarakat lebih sering berbelanja secara daring.

Agar lebih mudah dalam mengelolanya, Anda bisa membuka toko online di marketplace. Tidak disarankan untuk membuka toko online di sosial  media karena lebih rumit untuk dikelola.

Lalu benda apa yang harus dijual?

Anda bisa menjual barang-barang yang sedang dicari oleh banyak orang. Jika Anda ingin lebih praktis, Anda dapat berjualan dengan sistem dropship.

Dengan sistem ini, Anda menjual barang milik supplier tanpa harus menyediakan stok. Cara ini lebih praktis dan potensi kerugiannya sangat minim.

 

5. Jasa Cuci Motor

Jasa Cuci Motor
instagram.com/mampirborr

Sepeda motor merupakan salah satu kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Tahukah Anda bahwa jumlah ini dapat menjadi peluang bisnis yang menarik?

Anda dapat membuka usaha cuci motor di tempat tinggal Anda. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu banyak.

Sediakan modal awal senilai kurang lebih Rp 2.000.000. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan seperti sabun, kompresor, selang, lap, dan sebagainya.

 

6. Jasa Jual Beli Motor Bekas

Jasa Jual Beli Motor Bekas
instagram.com/mpm_lelang

Sepeda motor memiliki nilai jual kembali yang masih cukup baik. Bisnis sepeda motor bekas memiliki prospek yang cerah. Jika Anda tertarik dengan dunia otomotif, cobalah untuk memulai bisnis ini.

Sebagai permulaan, Anda tak perlu menyediakan stok sepeda motor bekas yang terlalu banyak. Anda dapat membantu orang yang akan menjual kendaraannya.

Apabila bisnis yang Anda jalankan sudah mulai lancar, Anda bisa membeli sepeda motor bekas untuk stok. Pasanglah iklan di media sosial atau market place untuk mendapatkan pembeli.

 

7. Membuat Warkop Sederhana

Membuat Warkop Sederhana
instagram.com/warkop.masnott

Ide usaha sampingan untuk karyawan yang ketujuh yaitu membuat warkop sederhana. Usaha ini sangat cocok dijalankan di tempat yang ramai dan strategis.

Contohnya di dekat kawasan industri atau di daerah pemukiman para pekerja. Warung kopi biasanya menyediakan berbagai jenis minuman serta makanan seperti gorengan dan mi instan.

Target pemasaran utama bisnis warung kopi ini adalah pekerja di sekitar tempat usaha. Modal yang dibutuhkan juga tak begitu besar mengingat menu yang disediakan pun tak banyak.

 

8. Jasa Desain Grafis

Jasa Desain Grafis
pexels.com

Jika Anda ingin menjalankan bisnis tanpa harus bertemu banyak orang, jasa desain grafis menjadi solusinya.

Menjadi freelance desain grafis bisa dikatakan salah satu peluang bisnis online yang cukup bagus. Anda bisa menerima proyek dari situs freelancer Indonesia maupun luar negeri.

Anda bebas menentukan waktu untuk bekerja atau tidak. Jam kerja yang fleksibel ini tentu saja tidak mengganggu pekerjaan utama Anda sebagai karyawan.

Beberapa proyek yang sering ditangani oleh pekerja desain grafis yaitu pembuatan logo, maskot, serta desain untuk media sosial.

 

9. Menjual Aneka Kue

Menjual Aneka Kue
instagram.com/blessingcake_vie

Berbisnis di bidang kuliner tak pernah salah apabila Anda mampu mengelolanya dengan baik. Jika Anda atau istri Anda memiliki keahlian membuat makanan kecil atau kue, Anda bisa mencoba menjualnya.

Ada berbagai macam jenis kue yang dapat Anda jual, baik kue kering atau kue basah. Tawarkan produk makanan ini kepada rekan kerja.

Untuk menambah penghasilan, Anda juga bisa membuka pesanan untuk acara kantor. Untuk bisnis kue kering, biasanya jumlah pesanan akan meningkat menjelang hari raya.

Anda bisa simak artikel ide usaha makanan, untuk menambah referensi Anda untuk memulai usaha ini.

 

10. Makelar Properti

Makelar Properti
instagram.com/cikeas_residence

Di sekitar tempat tinggal Anda ada rumah yang sedang dijual? Jika ya, Anda bisa menawarkan rumah tersebut kepada rekan kerja.

Agar mendapatkan komisi jika penjualannya “goal”, Anda harus membuat kesepakatan dengan pemilik rumah.

Bisnis ini bisa dikatakan bisnis yang tidak memerlukan modal. Cukup dengan kepercayaan antara pemilik rumah dan Anda selaku pialang, Anda bisa mendapatkan profit yang besar.

 

11. Membuka Jasa Digital Advertising

Membuka Jasa Digital Advertising
pexels.com

Jasa digital advertising semakin banyak diminati. Hal ini merupakan pergeseran dari media konvensional seperti spanduk dan iklan televisi.

Iklan digital dinilai lebih murah dan mampu menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Bisnis digital advertising memiliki peluang yang masih sangat besar. Kinerja bisnis ini juga akan lebih baik jika Anda bekerja sama dengan data scientist, desainer grafis, dan copywriter.

 

12. Berjualan Bibit Tanaman

Berjualan Bibit Tanaman
pexels.com

Bisnis bibit tanaman sangat jarang diminati oleh karyawan kantor dan sering dipandang sebelah mata. Padahal bisnis ini bisa mendatangkan profit yang besar.

Anda bisa membeli bibit dari petani di daerah dengan harga yang sangat terjangkau. Kemudian Anda bawa ke kota dan menaikkan harganya.

Target pemasaran bisnis bibit ini antara lain rekan kerja di kantor, ibu rumah tangga sekitar rumah, dan masyarakat umum.

 

13. Membuka Pesanan Makanan Delivery

Membuka Pesanan Makanan Delivery
pexels.com

Jika Anda memiliki ibu, istri, kakak, atau adik yang gemar memasak, coba ajak mereka untuk bekerja sama menjalankan bisnis makanan secara delivery.

Modal untuk bisnis ini hanyalah bahan makanan dan kemasan saja. Anda tak perlu menyewa tempat karena hanya melayani pesan antar.

Target pasarnya adalah teman-teman kantor Anda. Jika ingin pemasarannya lebih luas, Anda bisa mendaftarkan usaha Anda di layanan GoFood atau Grab Food.

Simak tips memulai usaha katering, untuk memberikan Anda gambaran bagaimana memulai usaha katering ini.

Kunci sukses menjalankan ide usaha sampingan untuk karyawan di atas yaitu pengaturan waktu.

Tapi ingat, walaupun hanya usaha sampingan, Anda juga harus tetap mengelola keuangan usaha kecil Anda dengan baik.

Untuk memudahkannya, Anda bisa menggunakan aplikasi pengelola keuangan BukuWarung.

Apabila Anda dapat membagi waktu antara pekerjaan utama dan sampingan, tak mustahil keduanya akan berjalan beriringan dan memberikan keuntungan bagi Anda.