JANGAN SAMPAI USAHA BANGKRUT Install aplikasi ini utk menghindari UNDUH

Ide dan Peluang Bisnis Online 2020

⏩ Banyak loh peluang bisnis online di tahun 2020 ini, penasaran apa saja? ✅ Simak nih 50+ Ide Peluang Bisnis Online yang bisa Anda lakukan!

Zaman semakin canggih, dan internet jadi salah satu bukti berkembangnya zaman. Dengan internet kita menjadi lebih mudah berhubungan dengan banyak orang, tidak hanya di Indonesia tapi juga berhubungan dengan dunia.

Buat Toko Online Sendiri

Karena itu, dengan internet bukan tidak mungkin kita bisa melihat banyak peluang usaha, entah itu dengan menawarkan jasa maupun dengan menjual produk.

Lalu? Apa saja sih ide dan peluang bisnis online yang menggiurkan di tahun 2020 ini?

Langsung simak aja selengkapnya disini.

Peluang Bisnis Online Terbaru

1. Youtuber

konten kreator youtube
youtube.com/skinnyindonesian24

Youtube menjadi situs berbagi video yang paling banyak digunakan. Situs ini memberikan bayaran kepada para creatornya setiap bulan.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi content creator Youtube. Mulailah dengan membuat konten yang Anda sukai.

Namun Anda juga harus bersabar karena penghasilan dari Youtube tak bisa langsung didapatkan.

Tapi tenang, walaupun lama proses untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube, tetapi saat ini Youtube menjadi salah satu media untuk mendapatkan uang dari internet yang cukup menggiurkan.

Kuncinya Anda harus selalu konsisten dalam membuat konten dan lebih baik juga jika konten yang Anda buat original hasil karya Anda sendiri.

 

 

 

2. Freelancer

Usaha Freelancer
pexels.com

Menjadi pekerja freelance bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga.

Carilah pekerjaan di bidang yang Anda sukai. Daftarkan diri Anda di situs freelancer seperti Sribulancer, Projects.co.id, fiverr, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai macam pekerjaan yang tersedia seperti penulisan artikel, pembuatan desain, entry data, dan masih banyak lagi.

Tapi tetap perhatikan dan sesuaikan dengan skill yang Anda miliki, jangan asal mengambil project yang malah nantinya Anda tidak bisa mengerjakannya.

Freelance ini juga bisa masuk dalam kategori peluang usaha jasa tanpa modal.

 

3. Bisnis Afiliasi

Bisnis Afiliasi
pexels.com

Bisnis afiliasi juga menjadi salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan. Anda bisa melakukan pekerjaan ini tanpa modal sedikit pun.

Anda bertugas untuk mengajak seseorang untuk memberi produk yang Anda tawarkan. Produk ini merupakan milik orang lain, bukan milik Anda sendiri.

Produk yang paling banyak ditawarkan dalam bisnis ini adalah broker forex. Selain itu banyak juga produk online course sekarang yang menggunakan sistem afiliasi.

Anda akan mendapatkan penghasilan dalam bentuk komisi jika berhasil mengajak orang untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

 

4. Menjual Foto

Menjual Foto di Internet
pexels.com

Hobi fotografi juga dapat mendatangkan pundi-punci rupiah ke kantong Anda. Caranya yaitu dengan menjual hasil foto Anda ke situs microstock seperti Shutterstock.

Situs ini menerima foto dari para fotografer atau kreator kemudian menjualnya ke konsumen. Produk yang dijual di sini bukanlah produk eksklusif sehingga dapat dibeli berkali-kali oleh banyak orang.

Jika Anda berhasil mengunggah foto yang memenuhi syarat, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Shutterstock setiap bulan tanpa bekerja.

Selain menjual foto di situs microstock, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial, sebagai sarana promosi bisnis fotografi yang Anda miliki.

Upload hasil gambar Anda pada media sosial seperti Instagram sebagai portofolio dari jasa fotografi yang Anda tawarkan.

Jika memang bagus, bukan tidak mungkin client nantinya akan menggunakan jasa Anda.

 

5. Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website
pexels.com

Anda punya keahlian untuk membangun website? Manfaatkan keahlian Anda ini untuk menambah penghasilan. Banyak korporasi yang mencari tenaga ahli untuk membangun website mereka.

Anda bisa mendapatkan project membangun sebuah website melalui situs seperti projects.co.id. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa melalui media sosial.

Sajikan portofolio berupa proyek website yang pernah Anda kerjakan agar lebih meyakinkan calon klien.

 

6. Online Shop

Bisnis Online Shop
pexels.com

Produk fashion selalu dibutuhkan masyarakat. Anda bisa menjual salah satu produk yang paling banyak dicari, misalnya jilbab, celana, dan juga gamis.

Menjual barang secara online memberikan keuntungan lebih besar karena Anda tak perlu menyewa tempat.

Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan marketplace yang sudah populer seperti Shopee, BukaLapak Lazada dan Tokopedia. Seluruh transaksi akan dicatat secara otomatis dan lebih terorganisir.

Bisnis online shop ini juga cukup menggiurkan dan bisa menjadi peluang usaha rumahan ibu rumah tangga. Karena dengan online shop ini, ibu-ibu juga bisa menjual barang produksi rumahannya secara online.

 

7. Pengembang Software

Bisnis Menjadi Pengembang Software
pexels.com

Bisnis pengembangan software semakin marak karena meningkatnya jumlah pengguna smartphone. Jika Anda memiliki keahlian di bidang pengembangan software, jangan sia-siakan kesempatan ini.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan secara freelance atau bergabung dengan perusahaan startup. Penghasilan yang Anda dapatkan dari satu buah software bisa mencapai nilai ratusan hingga ribuan dolar. Menarik bukan?

 

8. Menjual Plugin dan Template

Bisnis Online Menjual Plugin dan Template
pexels.com

WordPress merupakan salah satu situs open source yang dapat dimodifikasi. Umumnya, orang melakukan penambahan plugin untuk meningkatkan penghasilan.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat plugin dan  template, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan.

Plugin yang sudah Anda buat bisa diunggah ke situs yang menjual plugin. Harga untuk satu buah plugin sekitar $13 hingga $55.

 

9. Blogger

Menjadi Blogger
pexels.com

Mengembangkan blog masih menjadi peluang bisnis online 2020 yang menjanjikan. Namun Anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi SEO agar bisa terus bertahan.

Penghasilan seorang blogger didapatkan dari PPC, salah satu contohnya Google AdSense yang bisa ditarik setiap bulan.

Pundi-pundi rupiah bisa lebih banyak Anda dapatkan apabila pengunjung blog Anda semakin banyak.

Kunci kesuksesan menjadi blogger adalah selalu menyajikan konten yang menarik, berkualitas dan pastinya bermanfaat untuk pengguna internet.

Menjadi blogger juga bisa dikatakan salah satu ide bisnis untuk mahasiswa, karena hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet Anda sudah bisa memulai menjadi seorang blogger.

 

10. Copywriter

Menjadi Copywriter
pexels.com

Anda memiliki kemampuan untuk menyusun kata-kata yang menarik? Jika ya, bisnis copywriter mungkin cocok untuk Anda.

Seorang copywriter dibayar untuk menuliskan kata-kata kreatif yang membuat orang tertarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Untuk menjadi seorang copywriter ulung, Anda harus lebih banyak menulis. Anda bisa berlatih degan menulis di blog sebelum melamar di posisi copywriter sebuah perusahaan.

 

11. Menjual E-Book

Menjual E-Book
pexels.com

Bisnis penulisan digital terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sebuah bisnis terbaru dari bidang ini adalah menjual e-book.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang suka menulis tentang berbagai bidang. Unggah karya Anda di situs penjualan E-book. Setelah disetujui, E-book Anda akan terpampang di sana dan dibeli oleh para konsumen.

Anda akan mendapatkan bagian mulai dari 30% hingga 45% dari setiap e-book yang terjual.

 

12. Penerjemah

Jasa Penerjemah
pexels.com

Jika Anda seorang yang menguasai bahasa asing, bisnis penerjemah dapat Anda tekuni. Pengguna jasa penerjemah antara lain perusahaan, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Ada pun dokumen yang bisanya ditangani oleh penerjemah antara lain dokumen penting, artikel jurnal, proposal, dan naskah lain.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari situs freelancer. Tarif penerjemah bervariasi tergantung dari jenis dokumen yang diterjemahkan.

 

13. Menjual Pulsa

Menjual Pulsa Online
pexels.com

Pulsa menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di zaman serba digital seperti saat ini. Bisnis ini pun bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

Tak perlu membuka toko, Anda juga sudah dapat memulai menjual pulsa secara online. Caranya yaitu mendaftarkan diri Anda ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

Tak hanya pulsa, Anda juga bisa melayani pembayaran langganan internet, pembayaran listrik, dan pembayaran lainnya. Modal yang dibutuhkan pun kurang dari satu juta rupiah.

Ingin memulai berbisnis jual pulsa? Anda bisa simak tips memulai usaha jual pulsa

 

14. Jasa Konsultasi

Jasa Konsultasi
pexels.com

Untuk menjadi konsultan, Anda tak perlu lagi bekerja di kantor. Anda bisa melakukannya dari rumah dengan menawarkan jasa konsultasi secara online.

Bukalah jasa konsultasi sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Konsultasi bisa dilakukan melalui video call, misalnya dengan aplikasi Skype atau Zoom.

Tarif konsultasi bisa Anda diskusikan dengan klien. Anda juga bisa mencari informasi mengenai tarif konsultan melalui forum online.

 

15. Menjual Followers Media Sosial

Jasa Menaikkan Followers di Media Sosial
pixabay.com

Jasa menaikkan followers di media sosial banyak diminati oleh perusahaan atau bisnis yang baru dirintis.

Anda bisa menawarkan jasa ini dengan bermodalkan ilmu yang bisa Anda dapatkan dari internet. Pelajari dan praktikkan pada akun Anda sendiri sebelum menawarkan jasa kepada masyarakat umum.

Untuk memudahkan Anda berjualan follower secara online, jika menggunakan WhatsApp, Anda bisa gunakan BukuWarung Link WhatsApp.

Fungsinya akan mengubah nomor Anda menjadi sebuah link, jadi nanti pembeli Anda tidak perlu lagi mengetik nomor WhatsApp, tinggal klik link saja.

 

16. Menjual Artwork

Peluang Bisnis Online 2020: Bisnis Penjualan Artwork
pexels.com

Selain hasil foto, Anda juga bisa menjual hasil desain Anda berupa artwork. Artwork sendiri bermacam-macam, contohnya wallpaper, logo, dan sketsa.

Unggah hasil karya Anda di situs yang menyediakan penjualan artwork seperti CreativeMarket. Jika karya Anda berhasil diunggah dan disetujui, Anda bisa menghasilkan pendapatan pasif.

Selain itu, jasa artwork juga bisa Anda tawarkan di sosial media seperti Twitter dan Instaram, upload portofoliomu dan tawarkan harga yang menarik.

Nantinya, jika ada yang tertarik dengan jasa artwork Anda, maka konsumen akan langsung menghubungi Anda.

 

17. Kursus Online

Membuat Kursus Online
instagram.com/skillacademy.id

Sekarang sudah mulai banyak bermunculan workshop maupun bootcamp online. Tanpa sadar hal tersebut juga bisa menjadi peluang bisnis online yang cukup menggiurkan.

Banyak peluang untuk membuka kursus online, contohnya : kursus online SEO, kursus online membuat website, dan lain sebagainya.

Darimana pendapatan yang kita dapatkan? Nantinya, para peserta bisa registrasi dan membayar untuk ikut kursus online Anda.

 

18. Reseller / Dropshipper

Tips Mencari Supplier Dropship yang Tepat
pexels.com

Jika bertanya, apa ada bisnis online yang tidak membutuhkan modal?

Ya, menjadi reseller atau dropshipper mungkin bisa jadi jawabannya. Sistem bisnis reseller intinya, Anda menjual produk tetapi Anda tidak perlu memiliki stok barang.

Jika ada yang order, Anda tinggal menghubungi supplier dan nantinya supplier akan langsung mengirimkannya ke pembeli.

 

19. Podcast

konten kreator podcast
Majelis Lucu

Podcast sendiri merupakan siaran non streaming yang berupa audio. Jika diperhatikan bentuk dari podcast ini hampir mirip dengan siaran radio hanya saja tidak disiarkan secara live.

Akhir-akhir ini podcast menjadi konten yang ramai di Internet, bukan tanpa alasan. Mungkin karena proses produksi podcast sangat mudah karena Anda hanya menggunakan aplikasi perekam suara, Anda sudah bisa memproduksi podcast sendiri.

Selain itu podcast juga hanya berupa audio, jadi Anda tidak perlu mempersiapkan banyak hal untuk membuat konten podcast.

Para pelaku konten podcast menyebut diri mereka dengan podcaster, mereka bisa mendapatkan penghasilan dari iklan yang masuk maupun moneytize dari platform streaming seperti Spotify.

 

20.  Jasa SEO

Apabila Anda memiliki skill mengoptimasi website atau biasa disebut dengan SEO, Anda bisa menawarkan jasa Anda.

Tentunya hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat sekarang ini sudah banyak pebisnis yang memasarkan produknya melalui website.

Gunakan cara yang baik dalam mengoptimasi website klien Anda, jangan gunakan cara curang untuk mengoptimasi website.

 

21. Selebgram

Instagram sekarang juga menjadi salah satu sosial media yang populer, banyak orang yang sudah mendapatkan uang dari Instagram.

Beberapa dari mereka menyediakan konten yang menarik, yang membuat follower dan engagement akun mereka tinggi.

Pada akhirnya mereka akan mendapatkan endorsment, dari situlah mereka mendapatkan uang.

 

22. Jasa Voice Over

Untuk Anda yang memiliki suara unik Anda bisa nih memanfaatkan kemampuan Anda untuk menawarkan jasa voice over.

Anda bisa memulai dengan menjadi voice over video iklan singkat. Seiring berjalannya waktu jika semakin banyak jam terbang dan portofolio bukan tidak mungkin nantinya akan Ada brand besar yang menggunakan jasa Anda.

 

23. Agensi Pembuatan Artikel

Berdasarkan survey, 89%  bisnis startup menggunakan content untuk memperkenalkan produk mereka. Salah satu konten yang cukup banyak dibutuhkan saat ini adalah artikel.

Untuk Anda yang memiliki modal, Anda bisa membentu agensi pembuatan artikel, Anda bisa mengumpulkan orang-orang yang memiliki bakat menulis untuk bergabung bersama agensi Anda.

Nantinya tiap orderan artikel Anda bisa bagikan ke penulis-penulis Anda.

 

24. Agensi Pembuatan Video

Selain artikel, video juga bisa menjadi konten marketing yang menarik, Anda bisa berkolaborasi dengan videografer untuk membentuk agensi pembuatan video.

Untuk agensi pembuatan video pasarnya juga luas, tidak hanya perusahaan, Anda juga bisa bekerjasama dengan event organizer untuk pembuatan video dari event yang mereka selenggarakan.

 

25. Web Keanggotaan Premium

Anda bisa membuat konten premium untuk website Anda. Tidak semua orang bisa mengakses konten tersebut, untuk mengaksesnya mereka harus berlangganan

Umumnya sistem berlangganan ini bisa perbulan atau pertahun. Sebagai contoh website Smart Insight yang menyediakan konten premium bagi para membernya, untuk berlangganan mereka harus membayar $117 per bulan.

 

26. Jasa Pembuatan Aplikasi Mobile

Jika Anda memiliki bakat membuat aplikasi berbasis mobile seperti Android, Anda bisa menawarkan jasa pembuatan aplikasi mobile.

Apalagi sekarang ini hampir semua masyarakat menggunakan smartphone untuk melakukan maupun mengakses sesuatu.

 

27. Jasa Marketing Sosial Media

Karena banyaknya orang yang menggunakan sosial media, akhirnya sosial media menjadi tempat yang bagus untuk memasarkan produk.

Tapi sayangnya banyak pemilik usaha yang tidak tau bagaimana cara memasarkan produk atau bisnis mereka melalui sosial media. Manfaatkan peluang tersebut untuk menjual jasa marketing sosial media.

 

28. Kolektor Domain

Mungkin bisnis satu ini jarang terdengar. Bisnis ini bisa dikatakan investasi, domain yang Anda beli sekarang bisa jadi suatu saat memiliki harga yang tinggi.

Karena tidak dipungkiri, sekarang ini domain menjadi unsur yang penting dalam membangun bisnis digital.

Oleh karena itu banyak juga perusahaan yang berani membeli domain dengan harga tinggi asalkan domain tersebut bisa melekat pada bisnis mereka.

 

29. Jual Desain Kaos

Jika Anda tidak memiliki modal untuk menjual kaos, Anda juga bisa lho menawarkan jasa desain kaos. Umunya klien dari bisnis ini komunitas, perusahaan, organisasi.

Anda bisa memasarkan bisnis desain kaos dengan memanfaatkan sosial media. Sertakan juga portofolio hasil desain Anda agar semakin menarik.

 

30. Animator

Anda juga bisa menawarkan jasa pembuatan animasi lho. Untuk memulainya Anda bisa menerima orderan untuk video profile, iklan produk singkat.

Bergabunglah dengan grup-grup animator, maupun grup freelance. Dari situ Anda bisa mendapatkan klien. Siapkan juga portofolio Anda agar menarik calon klien.

 

31. Jasa Buat Logo

Selain animasi, jasa pembuatan logo juga cukup laris lho. Umumnya klien dari bisnis ini bisa berupa perusahaan, organisasi, komunitas dan lain sebagainya.

Untuk harga jasa pembuatan logo beraneka ragam, tergantung tingkat kerumitan dari logo itu sendiri. Tidak jarang semakin besar nama klien maka semakin tinggi juga harga yang ditawarkan.

 

32. Sewa Kamar AirBnB

Jika Anda memiliki rumah tidak terpakai, atau kamar yang kosong. Anda bisa mendaftarkannya ke AirBnB.

Situs ini menawarkan penyewaan kamar kepada orang lain, kebanyakan backpacker. Harga yang ditawarkan juga beraneka ragam mulai dari 100 ribuan hingga 300 ribuan.

Tergantung lokasi dan fasilitas, tetapi harganya relatif lebih murah dari sewa kamar hotel.

 

33. Content Creator TikTok

TikTok sekarang ini juga semakin banyak penggunanya, Anda bsia memanfaatkan ini untuk menjadi content creator TikTok.

Buat konten yang berkualitas dan menarik, sama seperti Instagram, nantinya Anda bisa mendapatkan uang dari endorsment.

 

34. Game Streamer

Siapa sangka bermain game dan menyiarkannya sekarang ini bisa jadi peluang bisnis. Anda akan mendapatkan hasilnya jika Anda menekuni profesi ini.

Pertama, kuasai game yang akan dimainkan, dengan menguasai game tersebut setidaknya Anda bisa sambil memberikan informasi terkait game tersebut.

Kedua, Anda harus memiliki referensi game streamer, setidaknya Anda mengetahui bagaimana orang tersebut membawakan live streaming merek.

Selain itu, Anda juga harus menentukan platform streaming, untuk saat ini yang terpopuler adalah Facebook dan juga Youtube.

 

35. SelebTweet

Seperti TikTok dan juga Instaragm. Anda juga bisa mendapatkan uang dari media sosial Twitter. Karena media sosial ini berbasis teks, Anda bisa membuat thread yanbg menarik, tweet yang menarik, lucu.

Nantinya jika reply, retweet maupunn like dari tweet Anda tinggi, Anda bisa sisipkan iklan pada tulisan Anda.

 

36. Joki Game

Selain menjadi streamer, bermain game juga memiliki peluang bisnis lain, yaitu menjadi joki game. Banyak orang yang ingin rank di game mereka tinggi tapi mereka tidak tahu caranya, atau bahkan malas.

Disinilah peluang bisnis itu muncul, tawarkan jasa joki menaikkan rank pada game. Anda bisa menentukan tarif sesuai dengan target rank yang diinginkan.

 

37. Jual Akun Premium

Anda bisa menjual akun premium secara online. Sebagai contoh yang banyak dijual adalah akun premium netflix, spotify, viu dan sebagainya.

Tapi jual dengan cara yang legal, biasanya para penjual akun premium berlangganan dengan sistem family, nantinya mereka akan menawarkan slot family akun premium pada orang lain.

 

38. Publisher Iklan

Menjadi publisher iklan bisa membuat Anda memiliki passive income, Anda bisa membuat konten pada website Anda.

Anda bisa memasangkan kode iklan pada website Anda, semakin banyak pengunjung yang meng-klik iklan Anda semakin banyak juga Anda mendapatkan uang.

 

39. Menjadi Virtual Assistant

Virtual assistant sebenarnya memiliki arti yang luas, biasanya pekerjaan dari virtual assistant bisa berupa penulis, desain grafis, programming, translator, Input Data, Editing dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana sistem kerjanya?

Virtual asistant sendiri dibayar dengan sistem gaji, bukan dibayar berdasarkan banyaknya project yang mereka kerjakan. Jadi mereka hanya mengerjakan 1 bidang secara berulang.

 

40. Pemasaran Iklan Digital

Apa Anda tahu, 5 tahun terakhir pemasaran via digital sudah melewati sistem pemasaran tradisional contohnya seperti brosur, iklan koran, baliho.

Karena memang pemasaran iklan secara digital lebih jelas penargetannya. Tapi sayangnya untuk mengiklankan secara digital diperlukan skill seperti riset, targeting, pembuatan konten iklan, dan lain sebagainya.

Hal tersebut bisa membuka peluang Anda yang memiliki skill dalam pemasaran iklan digital, beberapa platform yang terkenal untuk memasarkan iklan secara digital adalah Facebook Ads dan juga Google Ads.

 

41. Top Up Game

Banyak game yang mengaharuskan pemainnya menggunakan item-item premium, sayangnya untuk menggunakan item tersebut platform game mengharuskan pemainnya untuk membeli item tersebut.

Biasanya dibutuhkan “cash” untuk membeli item premium. Dari sini Anda bisa menawarkan jasa top up cash game. Umumnya konsumen dari bisnis ini adalah gamer profesional maupun anak-anak.

 

42. Admin Sosial Media

Menjadi admin sosial media juga bisa jadi peluang bisnis saat ini. Banyak perusahaan yang membutuhkan admin sosial media untuk membranding produk atau bisnis mereka.

Biasanya admin sosial media memiliki kriteria orang yang selalu update, kreatif, dan selalu mengikuti tren.

 

43. Cloud Kitchen

Apa itu cloud kitchen? Cloud kitchen sendiri merupakan sistem restoran yang hanya menerima orderan dengan sistem pesan antar.

Bisnis ini membuat Anda tidak perlu memiliki tempat untuk membuka restoran, manfaatkan aplikasi seperti Grab atau Gojek untuk mendapatkan orderan.

Buat gambar menu pada aplikasi semenarik mungkin. Buat menu yang lezat sehingga membuat konsumen melakukan order kembali pada bisnis cloud kitchen Anda.

 

44. Grup Berbayar

Sama seperti website berbayar, jika Anda tidak begitu paham tentang website. Anda bisa membuat grup dengan sistem berbayar.

Tawarkan konten-konten premium pada grup Anda. Sebagai contoh, Anda bisa membuat grup berbayar bisnis online, grup berbayar internet marketer, grup berbayar online course, dan lain sebagainya.

 

45. Cryptocurrency

Untuk memulai bisnis ini Anda harus memiliki modal. Mungkin Anda pernah mendengar istilah Bitcoin. Bitcoin bisa dikatakan sebuah cryptocurrency.

Di dalamnya masih banyak jenis lagi. Untuk bisnis online sendiri cryptocurrency harus dilakukan sebagai trader.

 

46. Saham

Sekarang ini bisnis saham semakin populer, apalagi semakin banyak platform online yang membuka bisnis ini.

Untuk menjalankan bisnis ini Anda membutuhkan “belajar”. Anda harus paham teknikal  grafik dan juga fundamental grafik. Selain itu berita dunia juga mampu mempengaruhi kenaikan dan penurunan saham.

 

47. Forex

Untuk Anda yang belum tau, forex sendiri merupakan perdagangan mata uang dari berbagai negara. Untuk memulainya Anda harus menentukan broker forex.

Forex dinilai lebih ramah dibandingkan dengan saham, alasannya forex banyak menyediakan demo.

 

48. Jual Akun Game

Selain menjadi joki, menjual akun game juga bisa jadi peluang bisnis yang menarik. Anda bisa menjualnya dengan berbagai alasan bisa karena rank nya, item langka pada game, maupun alasan lain.

Untuk menjual akun game, Anda bisa memanfaatkan sosial media, tawarkan pada grup atau forum game tersebut pada sosial media.

 

49. List Building

Untuk Anda yang belum tahu list building merupakan bisnis yang fokus pada data. Tugas dari seorang list building adalah mengumpulkan kontak seperti email, WhatsApp maupun kontak lainnya yang bisa menjadi media untuk promosi.

Lalu darimana uangnya? Nantinya data tersebut bisa Anda jual ke perusahaan sebagai kepentingan bisnis mereka.

 

50. Survey Online

Terdengar sepele memang, tetapi ada beberapa orang yang mau mengeluarkan uang untuk para responden yang mengisi survey mereka.

Umumnya mereka akan membayar Anda berupa dollar yang nantinya akan dikirimkan melalui paypal, beberapa situs survey online berbayar diantaranya:

  • ClixSense
  • Global Test Market
  • iPanel
  • Mobrog
  • Opinion World

Jika diperhatikan cukup banyak peluang bisnis online yang bisa Anda lakukan, tetapi bisnis online terkadang juga rawan, apalagi jika bisnis online yang Anda lakukan sudah cukup besar dan berkembang.

Tentunya, pencatatan keuangan bisnis online sangat diperlukan, untuk itu, Anda bisa gunakan aplikasi keuangan BukuWarung.

Klik link di bawah ini untuk download langsung aplikasinya.

Download Aplikasi BukuWarung 

Kita memang dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Dari 16 peluang bisnis online 2020 di atas, mana yang paling cocok dengan Anda? Ayo mulai bisnis Anda sekarang juga.