BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Ide dan Peluang Bisnis Online 2020

Saat ini, semua aspek kehidupan sudah dipengaruhi oleh teknologi dan juga internet. Tak heran jika banyak bisnis yang sudah bergeser ke sistem online. Ini juga memberikan peluang bisnis online makin besar, khususnya di Indonesia.

Sedikit demi sedikit, sistem bisnis konvensional sudah mulai ditinggalkan. Sehingga peluang Anda untuk berbisnis secara offline semakin kecil. Sebaiknya Anda mulai mempelajari bisnis online untuk mengikuti perkembangan zaman. Inilah peluang bisnis online 2020 yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Peluang Bisnis Online 2020 yang Menjanjikan

1. Content Creator (Youtuber)

Content Creator
pixabay.com

Youtube menjadi situs berbagi video yang paling banyak digunakan. Situs ini memberikan bayaran kepada para creatornya setiap bulan.

Manfaatkan kesempatan ini untuk menjadi content creator atau Youtuber. Mulailah dengan membuat konten yang Anda sukai.

Namun Anda juga harus bersabar karena penghasilan dari Youtube tak bisa langsung didapatkan. Teruslah konsisten membuat konten untuk menambah jumlah penonton dan pelanggan.

2. Usaha Freelancer

Usaha Freelancer
pexels.com

Menjadi pekerja freelance bisa dilakukan oleh siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan, dan ibu rumah tangga.

Carilah pekerjaan di bidang yang Anda sukai. Daftarkan diri Anda di situs freelancer seperti Sribulancer, Projects.co.id, fiverr, dan masih banyak lagi.

Ada berbagai macam pekerjaan yang tersedia seperti penulisan artikel, pembuatan desain, entry data, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

3. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)

Bisnis Afiliasi
pexels.com

Bisnis afiliasi juga menjadi salah satu peluang bisnis online yang menjanjikan. Anda bisa melakukan pekerjaan ini tanpa modal sedikit pun.

Anda bertugas untuk mengajak seseorang untuk memberi produk yang Anda tawarkan. Produk ini merupakan milik orang lain, bukan milik Anda sendiri.

Produk yang paling banyak ditawarkan dalam bisnis ini adalah broker forex. Anda akan mendapatkan penghasilan jika berhasil mengajak orang untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

4. Menjual Foto di Internet

Menjual Foto di Internet
pexels.com

Hobi fotografi juga dapat mendatangkan pundi-punci rupiah ke kantong Anda. Caranya yaitu dengan menjual hasil foto Anda ke situs microstock seperti Shutterstock.

Situs ini menerima foto dari para fotografer atau kreator kemudian menjualnya ke konsumen. Produk yang dijual di sini bukanlah produk eksklusif sehingga dapat dibeli berkali-kali oleh banyak orang.

Jika Anda berhasil mengunggah foto yang memenuhi syarat, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari Shutterstock setiap bulan tanpa bekerja.

5. Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Website
pexels.com

Anda punya keahlian untuk membangun website? Manfaatkan keahlian Anda ini untuk menambah penghasilan. Banyak korporasi yang mencari tenaga ahli untuk membangun website mereka.

Anda bisa mendapatkan project membangun sebuah website melalui situs seperti projects.co.id. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa melalui media sosial.

Sajikan portofolio berupa proyek website yang pernah Anda kerjakan agar lebih meyakinkan calon klien.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

6. Bisnis Online Shop

Bisnis Online Shop
pexels.com

Produk fashion selalu dibutuhkan masyarakat. Anda bisa menjual salah satu produk yang paling banyak dicari, misalnya jilbab, celana, dan juga gamis.

Menjual barang secara online memberikan keuntungan lebih besar karena Anda tak perlu menyewa tempat.

Agar lebih mudah, Anda bisa memanfaatkan market place yang sudah populer seperti Shopee dan Tokopedia. Seluruh transaksi akan dicatat secara otomatis dan lebih terorganisir.

7. Bisnis Menjadi Pengembang Software

Bisnis Menjadi Pengembang Software
pexels.com

Bisnis pengembangan software semakin marak karena meningkatnya jumlah pengguna telepon pintar. Jika Anda memiliki keahlian di bidang pengembangan software, jangan sia-siakan kesempatan ini.

Pekerjaan ini bisa Anda lakukan secara freelance atau bergabung dengan perusahaan startup. Penghasilan yang Anda dapatkan dari satu buah software bisa mencapai nilai ratusan hingga ribuan dolar. Menarik bukan?

8. Bisnis Online Menjual Plugin dan Template

Bisnis Online Menjual Plugin dan Template
pexels.com

WordPress merupakan salah satu situs open source yang dapat dimodifikasi. Umumnya, orang melakukan penambahan plugin untuk meningkatkan penghasilan.

Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat plugin dan  template, Anda bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan.

Plugin yang sudah Anda buat bisa diunggah ke situs yang menjual plugin. Harga untuk satu buah plugin sekitar $13 hingga $55.

9. Menjadi Blogger

Menjadi Blogger
pexels.com

Mengembangkan blog masih menjadi peluang bisnis online 2020 yang menjanjikan. Namun Anda dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi SEO agar bisa terus bertahan.

Penghasilan seorang blogger didapatkan dari Google AdSense yang bisa ditarik setiap bulan. Pundi-pundi rupiah bisa lebih banyak Anda dapatkan apabila pengunjung blog Anda semakin banyak.

Kunci kesuksesan menjadi blogger adalah selalu menyajikan konten yang menarik dan bermanfaat untuk pengguna internet.

Baca juga: Ide Bisnis untuk Mahasiswa

10. Menjadi Copywriter

Menjadi Copywriter
pexels.com

Anda memiliki kemampuan untuk menyusun kata-kata yang menarik? Jika ya, bisnis copywriter mungkin cocok untuk Anda.

Seorang copywriter dibayar untuk menuliskan kata-kata kreatif yang membuat orang tertarik untuk membeli atau menggunakan suatu produk.

Untuk menjadi seorang copywriter ulung, Anda harus lebih banyak menulis. Anda bisa berlatih degan menulis di blog sebelum melamar di posisi copywriter sebuah perusahaan.

11. Menjual E-Book

Menjual E-Book
pexels.com

Bisnis penulisan digital terus berkembang seiring berjalannya waktu. Sebuah bisnis terbaru dari bidang ini adalah menjual e-book.

Bisnis ini cocok untuk Anda yang suka menulis tentang berbagai bidang. Unggah karya Anda di situs penjualan E-book. Setelah disetujui, E-book Anda akan terpampang di sana dan dibeli oleh para konsumen.

Anda akan mendapatkan bagian mulai dari 30% hingga 45% dari setiap e-book yang terjual.

12. Jasa Penerjemah

Jasa Penerjemah
pexels.com

Jika Anda seorang yang menguasai bahasa asing, bisnis penerjemah dapat Anda tekuni. Pengguna jasa penerjemah antara lain perusahaan, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Ada pun dokumen yang bisanya ditangani oleh penerjemah antara lain dokumen penting, artikel jurnal, proposal, dan naskah lain.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari situs freelancer. Tarif penerjemah bervariasi tergantung dari jenis dokumen yang diterjemahkan.

13. Menjual Pulsa Online

Menjual Pulsa Online
pexels.com

Pulsa menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat di zaman serba digital seperti saat ini. Bisnis ini pun bisa dilakukan dengan modal yang kecil.

Tak perlu membuka toko, Anda juga sudah dapat memulai menjual pulsa secara online. Caranya yaitu mendaftarkan diri Anda ke perusahaan penyedia jaringan pembayaran.

Tak hanya pulsa, Anda juga bisa melayani pembayaran langganan internet, pembayaran listrik, dan pembayaran lainnya. Modal yang dibutuhkan pun kurang dari satu juta rupiah.

Ingin memulai berbisnis jual pulsa? Silahkan simak: Tips Memulai Usaha Jual Pulsa

14. Jasa Konsultasi

Jasa Konsultasi
pexels.com

Untuk menjadi konsultan, Anda tak perlu lagi bekerja di kantor. Anda bisa melakukannya dari rumah dengan menawarkan jasa konsultasi secara online.

Bukalah jasa konsultasi sesuai dengan bidang yang Anda kuasai. Konsultasi bisa dilakukan melalui video call, misalnya dengan aplikasi Skype atau Zoom.

Tarif konsultasi bisa Anda diskusikan dengan klien. Anda juga bisa mencari informasi mengenai tarif konsultan melalui forum online.

15. Jasa Menaikkan Followers di Media Sosial

Jasa Menaikkan Followers di Media Sosial
pixabay.com

Jasa menaikkan followers di media sosial banyak diminati oleh perusahaan atau bisnis yang baru dirintis.

Anda bisa menawarkan jasa ini dengan bermodalkan ilmu yang bisa Anda dapatkan dari internet. Pelajari dan praktikkan pada akun Anda sendiri sebelum menawarkan jasa kepada masyarakat umum.

16. Bisnis Penjualan Artwork

Peluang Bisnis Online 2020: Bisnis Penjualan Artwork
pexels.com

Selain hasil foto, Anda juga bisa menjual hasil desain Anda berupa artwork. Artwork sendiri bermacam-macam, contohnya wallpaper, logo, dan sketsa.

Unggah hasil karya Anda di situs yang menyediakan penjualan artwork seperti CreativeMarket. Jika karya Anda berhasil diunggah dan disetujui, Anda bisa menghasilkan pendapatan pasif.

Kita memang dituntut untuk kreatif dalam memanfaatkan peluang yang ada. Dari 16 peluang bisnis online 2020 di atas, mana yang paling cocok dengan Anda? Ayo mulai bisnis Anda sekarang juga.