BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Cara Jualan di Bukalapak

Cara Jualan di Bukalapak – Belanja online di marketplace sudah bukan hal yang asing lagi. Saat ini masyarakat lebih gemar berbelanja online dibandingkan belanja langsung di toko. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya promo dan tawaran yang menarik dari marketplace.

Bukalapak merupakan salah satu marketplace yang banyak disukai karena memiliki tampilan aplikasi yang user friendly dan tak jarang memberikan penawaran yang menarik bagi penjual maupun pembeli.

Kalau Anda berminat untuk mencoba peruntungan di perdagangan online, Bukalapak menjadi pilihan yang tepat. Banyak pebisnis yang sukses dan meraup banyak keuntungan dari sana.

Kenapa Harus Jualan di Bukalapak?

Kenapa Harus Jualan di Bukalapak

Kenapa Anda harus memilih Bukalapak untuk memulai jualan pertama Anda? karena Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dari Bukalapak namun tidak dengan marketplace lain.

Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini.

1. Memberikan Jaminan Keamanan

Keuntungan pertama yang diberikan oleh Bukalapak adalah jaminan keamanan. Jaminan ini diberikan kepada dua belah pihak, yaitu penjual dan pembeli. Jadi, Anda tak perlu khawatir akan terjadi penipuan atau semacamnya.

2. Notifikasi Pesanan Masuk Melalui SMS

Fitur yang diberikan oleh Bukalapak selanjutnya adalah pemberitahuan pesanan masuk melalui SMS. Hal ini merupakan langkah antisipasi jika penjual sedang tidak online. Sehingga pesanan dari pembeli bisa langsung Anda proses saat itu juga.

3. Mendapatkan Feedback Positif

Performa seorang penjual di Bukalapak ditentukan oleh feedback positif yang diterima. Anda tak perlu bersusah payah mendapatkan feedback tersebut. Anda akan mendapatkan tambahan feedback positif. 

4. Kepastian Uang Pembayaran

Di Bukalapak, penjual atau pelapak akan mendapatkan penghasilan jika pembeli telah mengkonfirmasi penerimaan barang. Namun Anda tak perlu khawatir jika pembeli tak kunjung melakukan konfirmasi. 

Penghasilan Anda akan otomatis masuk ke dompet penjual setelah 1×24 jam setelah kurir menyatakan barang telah diterima.

5. Prioritas di Mesin Pencari

Bukalapak telah melakukan optimalisasi pada setiap produk yang dijual agar bisa tampil di mesin pencari. Jadi, Anda tak perlu melakukannya secara manual.

Hal ini akan memberikan keuntungan bagi penjual karena produknya muncul di laman hasil pencarian. Jadi, jumlah penjualan bisa lebih besar dibandingkan marketplace lain.

Baca juga: Manfaat Aplikasi Pembukuan Toko

Panduan Cara Jualan di Bukalapak Dengan Mudah

Panduan Cara Jualan di Bukalapak Dengan Mudah

Banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh penjual yang menggunakan Bukalapak.

Nah, untuk merasakan keuntungan tersebut, Anda harus mengetahui cara jualan di Bukalapak. Berikut ini panduan lengkapnya dari BukuWarung.

1. Buat Akun Bukalapak

Buat Akun Bukalapak

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat akun di Bukalapak terlebih dahulu. Apabila Anda sudah memiliki akun, lewati langkah-langkah ini dan bisa langsung melompat ke langkah kedua.

    • Pertama, kunjungi situs Bukalapak di peramban atau melalui aplikasi di Android maupun iOS.
    • Klik pada tombol “daftar” di dalam aplikasi atau di sudut kanan atas tampilan peramban.
    • Anda akan melihat formulir data diri yang harus diisi. Formulir tersebut antara lain berisi nama lengkap, email atau nomor ponsel, jenis kelamin, nama pengguna, serta kata sandi.
    •  Jika Anda memiliki kode referral dari teman, masukkan kode tersebut untuk mendapatkan keuntungan.
    • Setelah semua kolom terisi dengan data yang benar, klik pada tombol “Daftar”.
    • Anda akan menerima email konfirmasi yang berisi tautan. Klik tautan tersebut untuk mengonfirmasi pendaftaran akun Anda di Bukalapak.
    • Anda akan diarahkan ke halaman log in Bukalapak.
    • Ketik nomor telepon atau email atau nama pengguna dan kaya sandi untuk masuk ke situs Bukalapak.

Saat ini, Anda sudah memiliki akun Bukalapak yang siap untuk digunakan. Langkah berikutnya yaitu melengkapi profil toko dan mengunggah foto produk.

2. Lengkapi Profil Toko

Lengkapi Profil Toko

Pastikan profil toko Anda di Bukalapak telah lengkap sebelum Anda mulai untuk berjualan. Ada beberapa hal yang perlu Anda ubah, antara lain nomor telepon, syarat pengiriman, metode pembayaran, dan lain sebagainya.

Pengaturan untuk beberapa poin tersebut bisa Anda akses melalui halaman “Profil” lalu pilih “Pengaturan”, dan pilih “Lapak”.

Di halaman pengaturan lapak tersebut, Anda bisa menyesuaikan tampilan lapak sesuai dengan keinginan. Salah satu yang sangat penting untuk dilakukan adalah mengganti gambar tampilan lapak. Agar terlihat lebih profesional, sebaiknya Anda membuat logo khusus.

3. Mulai Unggah Foto Produk

Mulai Unggah Foto Produk

Kini, Anda sudah memiliki akun dan juga lapak yang siap untuk digunakan. Langkah terakhir untuk berjualan di Bukalapak yaitu mengunggah foto produk. Sebelum itu, Anda harus menentukan jenis produk yang akan Anda jual.

Anda bisa menjual makanan, pakaian, atau peralatan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat.

Menurut ketentuan Bukalapak, Anda tak boleh menjual barang-barang di bawah ini:

    • Obat-obatan ilegal yang tidak terdaftar pada BPOM.
    • Benda-benda yang berkaitan dengan sex dan pornografi.
    • Produk hasil bajakan.
    • Binatang.
    • Sepeda motor dan mobil.
    • Properti.

Baca juga: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan

Apakah Anda sudah memahami cara jualan di Bukalapak? Sebaiknya, Anda memulai untuk berjualan sejak saat ini. carilah berbagai macam barang yang sedang tren dan banyak dicari oleh masyarakat. Anda bisa menjual makanan, pakaian, pernak-pernik, dan lain sebagainya.

Kategori Panduan