BukuWarung Catat Keuangan Usaha Mudah UNDUH
Atur Pembukuan Usaha Jadi Mudah

Cara Jualan Di Tokopedia

Cara jualan di Tokopedia – Tokopedia merupakan marketplace yang digagas dan diciptakan oleh anak bangsa. Tokopedia sendiri dinobatkan menjadi marketplace pertama di Indonesia yang diluncurkan pada 17 Agustus 2009.

Tak hanya menjadi marketplace pertama, Tokopedia pun menjadi marketplace yang paling besar di Indonesia. Marketplace yang identik dengan warna hijau ini telah menaungi ribuan penjual dan jutaan pembeli.

Banyak sekali pelaku UKM yang merasa terbantu dengan hadirnya Tokopedia. Jangkauan pasar jadi lebih luas dan penjualan lebih mudah dilakukan. 

Kalau Anda tertarik untuk memulai bisnis online, sebaiknya Anda memahami tentang cara jualan di Tokopedia seperti yang telah dijelaskan oleh BukuWarung di bawah ini. 

Panduan Cara Berjualan di Tokopedia bagi Pemula

Panduan Cara Berjualan di Tokopedia bagi Pemula

Ada 4 langkah yang harus Anda lakukan untuk mulai berjualan di Tokopedia. Panduan ini dimulai dari hal yang paling mendasar. Cocok sekali untuk Anda yang masih pemula dan akan berkecimpung di dunia jual beli online.

1. Membuat Akun Email

Hal pertama dan paling utama yang harus Anda lakukan yaitu membuat akun email. Anda bisa menggunakan Gmail, Outlook, iCloud Mail, Yahoo, dan lain sebagainya. 

Untuk membuat akun email, Anda perlu mengunjungi laman penyedia layanan email dan melakukan pendaftaran. Isi seluruh data yang dibutuhkan dan ikuti langkah-langkahnya hingga Anda mendapatkan sebuah akun.

2. Membuat Akun di Tokopedia

Kunjungi laman Tokopedia di browser atau Anda juga bisa menggunakan aplikasi. Pilih “Sign Up” untuk mendaftar. Isi seluruh data yang dibutuhkan. Setelah itu akan ada email konfirmasi masuk, klik link pada email tersebut.

Sekarang Anda sudah memiliki sebuah akun Tokopedia. Masuklah ke sistem Tokopedia menggunakan email dan juga password yang telah didaftarkan sebelumnya.

3. Membuka Toko

Setelah Anda berhasil masuk sistem, Anda bisa mencari tombol atau menu “Toko”. Klik menu tersebut hingga muncul pilihan “Buka Toko”. Klik tombol tersebut.

Anda akan diarahkan ke laman untuk pembuatan toko. Isi nama toko dan juga domain sesuai dengan keinginan Anda. Jika sudah terisi, klik “Buka Toko Sekarang”.

Anda akan diarahkan ke laman untuk mengisi kelengkapan toko. Mulai dari slogan, deskripsi, logo, alamat toko, serta jasa pengiriman yang akan digunakan.

Lengkapi seluruh data yang dibutuhkan agar toko Anda dapat segera digunakan. Klik “Simpan” untuk mengakhiri konfigurasi toko.

4. Mulai Menjual Produk

Kini toko Anda sudah siap digunakan. Langkah selanjutnya adalah menyiapkan foto produk yang akan dijual di toko. Siapkan juga nama produk serta deskripsinya.

Apabila Anda sudah menyiapkan segala keperluan untuk menambah produk, klik “Tambah Produk” di Tokopedia.

Pada halaman tambah produk, Anda diminta untuk mengisi beberapa informasi seperti nama produk, deskripsi, foto, harga, serta berat produk. Isikan seluruh data dengan benar.

Saat ini, Anda sudah berhasil memasang iklan produk di Tokopedia. Langkah berikutnya adalah menunggu pesanan dari pembeli. Anda harus sabar karena pembeli tak mungkin langsung banyak berdatangan ke toko Anda.

Baca juga: Cara Jualan di Bukalapak

Tips Sukses Berjualan di Tokopedia

Tips Sukses Berjualan di Tokopedia

Langkah-langkah untuk memulai berjualan saja tidak cukup. Anda perlu memahami tips cara jualan di Tokopedia untuk menjadi penjual yang sukses. Seperti apa caranya?

1. Bangun Traffic

Pertama, Anda harus membangun traffic atau jumlah kunjungan ke toko. Caranya yaitu dengan mempromosikan toko Anda ke teman-teman atau orang terdekat. Anda juga bisa melakukan promosi menggunakan media sosial.

Traffic yang tinggi akan membuat toko Anda lebih dikenal dan muncul dalam laman hasil pencarian. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pembeli secara organik.

2. Gunakan Iklan Berbayar

Meningkatkan traffic secara menual membutuhkan waktu yang cukup panjang. Kalau Anda ingin cara yang lebih mudah dan cepat, cobalah untuk menggunakan iklan berbayar.

Meskipun Anda harus mengeluarkan dana di awal, cara ini sebanding dengan hasil yang akan Anda dapatkan. Produk Anda bisa dilihat banyak orang dan penjualan pun meningkat.

3. Buat dan Share Konten Menarik

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis toko online, Anda juga perlu melakukan promosi di luar toko tersebut. 

Cara yang bisa Anda lakukan antara lain menjalin hubungan kerja sama dengan toko- toko lain. Jadi, toko-toko ini saling mempromosikan satu sama lain untuk memperluas jangkauan pasar.

Ada juga cara lain yaitu melakukan endorsemen. Cobalah untuk menghubungi influencer atau selebgram untuk mempromosikan produk Anda. Sebagai gantinya, Anda harus memberikan produk gratis kepada influencer tersebut.

4. Evaluasi dan Tingkatkan

Selalu lakukan evaluasi setiap minggu atau setiap bulan untuk mengetahui kekurangan toko Anda. Jika ada kesalahan, segera perbaiki. Hal ini harus dilakukan untuk menciptakan sebuah toko yang berkembang dan sukses. Jangan ragu untuk belajar dari pesaing.

5. Promosi Melalui Sosial Media

Kunci sukses berjualan di Tokopedia yang terakhir adalah promosi di sosial media. Tujuannya yaitu memperkenalkan toko yang Anda rintis dan memperluas jangkauan pasar. Anda dapat melakukan promosi melalui Instagram, Twitter, Facebook, dan juga Whatsapp.

Baca juga: Cara Jualan di Shopee untuk Pemula

Cara jualan di Tokopedia yang telah disebutkan di atas dapat mengantarkan Anda pada kesuksesan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh. Segera bangun toko online Anda mulai dari sekarang. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?