BukuWarung: Buat Laporan Usaha Mudah Tagih Utang Pelanggan Pakai WA UNDUH
3 Samsung Galaxy Gratis

17+ Ide Usaha Makanan Ringan yang Laris

Daftar rekomendasi usaha jualan dan ide bisnis makanan ringan yang paling laris. Bisa di titipkan di warung ada dijual di sekolah namun tahan lama.

Makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia setiap saat. Oleh sebab itu, usaha di bidang ini selalu punya banyak peminat. Apalagi saat ini inovasi makanan semakin bertambah.

Penduduk di Indonesia terus mengalami penambahan populasi. Pertumbuhan populasi ini juga diiringi dengan meningkatnya kebutuhan makanan. Jika Anda ingin mulai berbisnis, makanan pilihan yang tepat.

Ada banyak makanan yang bisa Anda jual, misalnya makanan berat, camilan, dan juga oleh-oleh. Apakah Anda bingung mencari ide usaha makanan ringan?

Jangan khawatir, BukuWarung akan memberikan referensi untuk Anda. Ada banyak jenis makanan di bawah ini yang dapat Anda buat dan dijual kepada konsumen.

Ide Usaha Makanan Yang Kekinian

Beberapa ide jenis makanan di bawah ini cocok untuk dicoba oleh pemula. Resep dan cara membuatnya yang mudah cocok untuk Anda yang masih baru terjun di usaha makanan.

1. Dadar Gulung

Dadar Gulung
instagram.com/kantincielly

Makanan pertama yang bisa Anda jual yaitu dadar gulung. Makanan ini mudah sekali untuk dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain tepung terigu, telur, kelapa parut, dan gula merah. Semua bahan ini bisa didapatkan di pasar dengan mudah.

Kue tradisional ini bisa Anda jual dengan menitipkannya di pedagang jajanan pasar setiap pagi. Anda juga bisa menerapkan sistem pre order untuk partai kecil maupun partai besar.

2. Macaroni

Macaroni
pixabay.com

Macaroni menjadi salah camilan yang sedang naik daun belakangan ini. Biasanya, makanan renyah ini dijual dengan berbagai tingkat kepedasan.

Target utama pemasaran macaroni yaitu anak sekolah dan mahasiswa. Anda bisa menjualnya di market place seperti Shopee, Tokopedia, dan BukaLapak. Perbanyak promosi melalui media sosial untuk meningkatkan penjualan.

Baca juga: Contoh Usaha Menguntungkan di Desa

3. Pizza Mini

Pizza Mini
unsplash.com

Makanan berbentuk mini juga disukai oleh masyarakat. Porsi kecil ini ideal untuk sekali makan dan dapat dihabiskan oleh satu orang. Selain itu, harganya juga lebih murah dibandingkan ukuran normal.

Pizza mini dapat menjadi salah satu ide usaha makanan. Resep pizza mini pun bisa Anda temukan di internet. Pakailah topping sederhana seperti sosis, jamur, jagung, dan keju.

Pizza kecil ini bisa dijual kepada anak-anak hingga orang dewasa. Kunci suksesnya yaitu gencar melakukan promosi serta membuat makanan dengan rasa yang nikmat.

4. Martabak Varian Toping

Martabak Varian Toping
instagram.com/martabakpizzaorins

Martabak menjadi salah satu jajanan paling populer di Indonesia. Bahkan makanan ini menjadi andalan ketika berkunjung ke rumah calon mertua.

Anda dapat menjual martabak dengan berbagai topping seperti cokelat, keju, kacang, dan selai buah. Agar lebih menarik, buatlah inovasi pada ukuran seperti membuat martabak mini.

5. Tahu Bakso

Tahu Bakso
instagram.com/tukujajane/

Tahu bakso merupakan makanan khas dari Kabupaten Semarang. Anda bisa menjual makanan ini dalam bentuk beku atau sudah digoreng.

Bahannya mudah untuk didapatkan di pasar seperti daging ayam, tepung, telur, dan tahu. Cara pembuatannya pun tidak kalah mudah. Anda bisa mendapatkan resepnya di internet.

Baca juga: Peluang Usaha Rumahan Ibu Rumah Tangga

6. Tahu Kremes

Tahu Kremes
pexels.com

Tahu memang bisa dibuat menjadi berbagai macam makanan. Selain tahu bakso, tahu kremes juga bisa menjadi ide berjualan yang menarik.

Sebelum digoreng, tahu dibalut dengan tepung bumbu yang biasa dipakai untuk ayam goreng. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa menambahkan bubuk rasa seperti balado, BBQ, dan lain sebagainya.

Anda dapat menjual tahu kremes ini menggunakan gerobak. Carilah tempat ramai seperti di dekat kampus sebagai tempat untuk berjualan.

7. Singkong Keju

Singkong Keju
instagram.com/icipicip.bwi

Singkong keju menjadi salah satu makanan tradisional yang dimodifikasi. Makanan ini memiliki cita rasa gurih dan enak dimakan selagi hangat.

Rahasia membuat singkong keju yang lembut yaitu pemilihan singkong yang berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di pemasok atau petani langsung.

Anda dapat menjual makanan ini pada waktu sore hingga malam hari. Pilihlah tempat yang strategis dan sering dikunjungi oleh banyak orang.

8. Bakso Goreng

Bakso Goreng
instagram.com/ikitop

Bakso goreng biasa ditemui di warung bakmi. Cita rasanya gurih dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam.

Anda bisa menjualnya dalam dua bentuk seperti bakso tahu, yaitu beku dan yang sudah digoreng. Target pasar untuk penjualan bakso goreng yaitu mahasiswa, ibu rumah tangga, dan pemilik usaha bakmi.

9. Ayam Goreng Krispi

Ayam Goreng Krispi
pexels.com

Ayam goreng krispi menjadi salah satu Ide Bisnis Makanan Ringan yang digemari oleh masyarakat. Di mana pun, makanan ini banyak dicari untuk dijadikan sebagai lauk atau camilan.

Harga ayam krispi terjangkau dan rasanya yang lezat menjadi daya tarik tersendiri. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa menggunakan resep sendiri. Jika Anda ingin lebih praktis, cobalah untuk bergabung dengan perusahaan waralaba.

10. Sosis Bakar

Sosis Bakar
pexels.com

Ide bisnis makanan berikutnya adalah sosis bakar. Jajanan ini sering dijumpai di dekat sekolah atau kampus. Rasanya yang lezat dan ditambah dengan saus sambal serta mayones disukai banyak orang.

Anda hanya perlu menyiapkan sedikit modal untuk berjualan sosis bakar. Sosis dan saus bisa didapatkan dengan harga yang terjangkau. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda dapat membelinya di toko grosir.

11. Roti Bakar

Roti Bakar
instagram.com/rotibakar_delicious

Roti bakar biasa dijual di sore hingga malam hari. Beberapa bahan yang dibutuhkan antara lain roti tawar, berbagai macam toping, dan margarin. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan antara lain kompor, wajan untuk memanggang, pisau, dan spatula.

Anda bisa menjualnya di tepi jalan dengan memakai gerobak. Anda juga bisa berjualan di rumah tanpa menggunakan gerobak.

12. Nasi Goreng

Nasi Goreng
pexels.com

Sama seperti roti bakar, nasi goreng pun biasa dijual pada malam hari. Makanan olahan nasi ini menjadi menu favorit orang Indonesia untuk santap malam.

Anda bisa menjualnya di pusat keramaian seperti wilayah sekitar kampus besar atau wilayah yang banyak terdapat rumah indekos.

Mahasiswa dan pekerja yang tinggal di rumah indekos lebih sering membeli makan malam di luar dari pada memasak sendiri. Keadaan inilah yang bisa menjadi peluang bagus untuk bisnis nasi goreng.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Sembako

13. Kerupuk Jengkol

Kerupuk Jengkol
facebook.com

Jengkol tak hanya bisa diolah menjadi semur atau rendang, namun juga bisa dijadikan kerupuk. Makanan ini bercita rasa gurih dengan sedikit aroma jengkol.

Untuk menjual kerupuk jengkol, Anda bisa menitipkan di warung makan atau restoran. Selain itu, Anda juga bisa menjualnya secara online melalui media sosial. Kerupuk jengkol bisa dijual dalam kondisi matang dan mentah.

14. Tahu Bulat

Tahu Bulat
youtube.com

Tahu bulat merupakan jajanan murah meriah yang biasa digoreng dadakan. Makanan ini digemari oleh semua kalangan mulai dari anak sekolah, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Modal untuk berjualan tahu bulat sangat kecil. Sedikit bahan saja sudah dapat menghasilkan tahu bulat dalam jumlah yang banyak. Anda bisa berjualan tahu bulat secara berkeliling atau “mangkal”.

15. Piscok

Piscok
instagram.com/jktfoodbang

Piscok merupakan singkatan dari pisang cokelat. Makanan ini sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan kulit yang terbuat dari tepung, pisang, dan cokelat.

Pisang ditaruh di atas kulit, dilumuri cokelat, digulung, lalu digoreng. Sangat mudah, bukan? Modal yang diperlukan juga tak begitu besar. Agar pelanggan tidak bosan, cobalah untuk menambah varian rasa seperti keju, green tea, dan lainnya.

16. Seblak

Seblak
youtube.com

Makanan ini terbuat dari kerupuk dan telur yang direbus dengan kuah pedas. Kreasi makanan yang berasal Bandung ini sangat populer di kalangan remaja.

Anda bisa menjualnya dengan berbagai pilihan toping seperti sosis, bakso, ceker ayam, siomay goreng, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, biarkan pelanggan untuk memilih kepedasan sesuai dengan selera masing-masing.

17. Jamur Krispi

Jamur Krispi
instagram.com/vina_kitch

Ide usaha Makanan Ringan yang terakhir yaitu jamur krispi. Jamur yang biasa digunakan yaitu jamur tiram karena harganya lebih terjangkau. Adonan tepung yang digunakan sama seperti ayam krispi.

Untuk menambah cita rasa, Anda dapat memberi taburan bumbu seperti balado, BBQ, keju, jagung bakar, dan rasa lainnya.

Kira-kira jenis Ide usaha Makanan Ringan apa yang akan Anda pilih untuk berjualan? 17 ide usaha makanan di atas tak memerlukan modal yang besar dan dapat dijalankan oleh semua orang, termasuk pemula. Sebelum Anda memulai berbisnis, siapkanlah rencana yang matang agar hasilnya lebih memuaskan.