Download Gratis
Butuh bantuan?

Cari Ide Bisnis? Simak 10 Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

Ada banyak cara untuk memastikan bisnis Juragan laris manis. Salah satunya adalah dengan mencari ide bisnis yang saat ini lagi nge-trend, misalnya jajanan populer. Jajanan yang lagi nge-trend akan lebih mudah menarik banyak pelanggan. Jika banyak peminatnya, maka bisnis Juragan berpeluang untuk sukses. 

Banyaknya orang yang suka ngemil bisa Juragan manfaatkan untuk memulai bisnis kuliner yang sukses, Gan. Tak perlu bingung, langsung saja dapatkan inspirasi dari ide jajanan yang lagi trend saat ini. Ini dia daftarnya!

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

10 Jajanan yang Lagi Trend Saat Ini!

jajanan yang lagi trend saat ini

  1. Hotang dan corndog

Hotang dan corndog adalah jajanan kaki lima yang sekarang sedang banyak penggemarnya, Gan. Hotang merupakan makanan yang berasal dari Korea Selatan. Jajanan enak yang mengombinasikan sosis dan kentang ini umumnya dibanderol dengan harga sekitar Rp8.000 hingga Rp20.000-an. 

Kalau tertarik jualan hotang tapi tak mau ribet, Juragan bisa coba waralaba bisnis hotang lengkap. Juragan hanya perlu berinvestasi sebesar kurang-lebih Rp2.850.000 untuk booth paket kemitraan atau sebesar Rp2.050.000 untuk paket kemitraan tanpa booth. Modal usaha ini sudah termasuk sistem promosi nasional, alat, dan bahan baku sesuai paket kemitraan yang Juragan pilih. 

Sementara itu, corndog mungkin adalah jajanan yang lebih dikenal dibanding hotang. Jajanan asal Amerika Serikat ini sempat kembali diburu setelah K-drama berjudul Start-Up tayang pada 2020. Hingga kini, jajanan yang tidak pernah fail ini memang selalu jadi favorit.

Buat Toko Online Sendiri

Untuk jualan corndog, Juragan hanya perlu menyiapkan bahan-bahan seperti sosis, keju mozarella, tepung terigu protein tinggi, tepung maizena, ragi, telur, garam, kaldu bubuk, dan gula. Tergantung banyaknya corndog yang ingin Juragan jual, modalnya tidak sampai Rp200.000, lho, Gan. Dengan keuntungan sekitar Rp2.000-5.000 per corndog, jajanan nge-trend ini bisa jadi ide bisnis yang menarik, kan?

Baca Juga: 12 Manfaat Aplikasi Pembukuan BukuWarung Untuk Bisnismu

  1. Makanan serba mentai

Makanan serba mentai kini menjadi menu favorit banyak orang karena saus creamy yang gurih ini enak dipadukan dengan banyak jenis makanan, mulai dari salmon hingga dimsum. Saus yang populer dari Jepang ini terbuat dari bahan utama mayones dan telur ikan cod atau pollock roe, Gan. Di Jepang, mentai biasa dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

atur keuangan usaha

Sedangkan di Indonesia, kepopuleran mentai semakin terasa dengan semakin banyaknya gerai makanan online yang menawarkan menu serba mentai. Ada banyak ide bisnis olahan mentai yang bisa Juragan coba, Gan, salah satunya sushi mentai. Jajanan olahan mentai satu ini dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000-an sehingga berpeluang besar menjadi makanan yang lagi hits 2022.

  1. Se’i sapi

Juragan yang suka makanan olahan daging sapi pastinya sudah tak asing dengan jajanan satu ini. Se’i sapi menjadi kuliner yang semakin populer dan disukai banyak orang hingga memunculkan banyak restoran yang menawarkan daging se’i dengan ciri khas racikan masing-masing.

Se’i sendiri adalah olahan daging khas Kupang, Nusa Tenggara Timur yang aslinya diolah menggunakan daging babi. Namun, sekarang sudah banyak se’i yang diolah menggunakan daging sapi untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Berasal dari bahasa Rote, kata ‘sei’ berarti daging yang disayat dalam ukuran kecil dan memanjang.

atur keuangan usaha

Jika tertarik berjualan se’i sapi, Juragan harus tahu dulu cara membuat jajanan ini dengan belajar dari sang ahli. Juragan bisa mengunjungi Kupang untuk mengetahui se’i sapi di daerah asalnya jika memungkinkan, atau setidaknya lakukan riset kecil-kecilan melalui internet atau restoran se’i sapi yang ada di kota Juragan. Hal ini penting agar Juragan bisa menjual menu se’i sapi yang berbeda dan enak.

  1. Makanan dengan saus salted egg

Meskipun sudah ada sejak lama, makanan dengan saus salted egg masih menjadi primadona. Jajanan yang sempat populer di Indonesia ini hingga kini masih banyak dicari. Berasal dari Cina dan sudah dinikmati selama berabad-abad, makanan dengan saus salted egg tidak hanya enak, tapi juga menyehatkan. Dibuat menggunakan telur bebek yang sangat kaya dengan omega-3, jajanan ini bisa menjadi menu andalan bisnis Juragan.

  1. Roti ubi Korea

Sepertinya jajanan asal Korea bakal terus populer, nih, Gan. Usai menarik perhatian dengan roti keju bawang putih, menu roti lain asal Negeri Ginseng kembali viral di tanah air. Kini, giliran roti ubi Korea yang menarik perhatian masyarakat Indonesia. Jajanan dengan isian ubi ini memiliki cita rasa manis legit.

Jadi, jajanan yang juga dikenal dengan nama Korean sweet potato bread ini adalah roti mochi yang tampilannya persis ubi ungu sungguhan, Gan. Banyak orang menikmati roti ubi Korea tidak hanya karena rasa yang enak, tapi juga tampilannya yang super gemas. Ada sensasi menyenangkan dari aktivitas menyobek roti ubi Korea dan disambut dengan isian ubi lembut di dalamnya.

Baca Juga: Bisnis Cloud Kitchen

  1. Sandwich khas Korea

Gan, sekarang sandwich khas Korea sedang digandrungi pecinta kuliner, lho. Jajanan dengan bentuk terbuka yang dilengkapi isian makanan gurih dan menggugah selera ini disukai karena tak hanya enak disantap saat sarapan, namun juga sebagai camilan mengenyangkan. 

Untuk berjualan sandwich khas Korea, Juragan hanya perlu menyiapkan jenis roti tawar berukuran kecil yang dipanggang terlebih dahulu. Kemudian, isilah roti tawar dengan ragam makanan gurih seperti orak-arik telur, olahan daging, keju, dan aneka saus. Cukup letakkan sandwich dalam wadah kotak kecil biar lebih mudah dinikmati pembeli. Kalau Juragan coba jualan makanan yang lagi hits di Jakarta ini, dijamin Juragan bakal untung besar, Gan.

  1. Dimsum

Jika membahas jajanan yang lagi trend saat ini, dimsum pastinya tidak bisa dilewatkan. Jajanan asal Negeri Tirai Bambu yang memiliki cita rasa nikmat dengan tekstur lembut ini sudah lama menjadi salah satu menu favorit masyarakat Indonesia. 

Dulu, dimsum merupakan hidangan mahal yang hanya bisa dicicipi di hotel atau restoran mewah dengan harga relatif tinggi. Namun, kini jajanan yang enak dimakan selagi hangat dengan guyuran saus pedas manis ini dapat dengan mudah ditemui di pinggir jalan.

Jajanan yang dicintai para pecinta kuliner ini banyak dijual dengan harga terjangkau tanpa mengurangi cita rasanya yang nikmat. Juragan bisa jualan dimsum dengan anggaran Rp100.000 saja, lho, Gan. 

Tak perlu muluk-muluk memakai bahan yang bervariasi untuk menghadirkan cita rasa lezat. Cukup pakai bahan yang simpel sebagai bahan utama pembuat dimsum, seperti bawang merah, tepung tapioka, garam, bumbu kaldu, gula, minyak ikan, saus, saus tiram, dan menambahkan isian yang sesuai bujet.

  1. Takoyaki

Jajanan khas Jepang yang juga populer di Indonesia ini disukai karena rasanya yang enak. Berbentuk bulat dengan isian daging gurita, takoyaki dibuat dari adonan tepung terigu yang dimasak menggunakan alat pemanggang khusus. Umumnya, jajanan ini disajikan dengan saus, mayones, dan topping serutan daging ikan kayu.

Buat pencinta takoyaki, tentu saja mereka tak harus jauh-jauh ke Jepang untuk dapat menikmati jajanan enak ini. Takoyaki juga bisa jadi ide jualan yang menguntungkan. Juragan bisa membuat takoyaki sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana. Selain gurita, Juragan juga bisa menggunakan isian lain untuk takoyaki, seperti bakso, sosis, atau keju.

  1. Croffle

Jajanan populer yang ditemukan oleh chef pastry bernama Louise Lennox ini merupakan akronim dari croissant dan waffle, Gan. Chef Lennox sendiri membuat croffle dengan menempatkan adonan croissant yang dilapisi mentega ke cetakan waffle. Rasanya yang enak menjadikan croffle makanan yang lagi hits di Instagram dan layak dijual. Juragan bisa menambahkan topping berbagai rasa, seperti selai stroberi, cokelat, alpukat, dan buah-buahan lainnya.

Baca Juga: Franchise Minuman Booming

  1. Pizza pirang

Pizza pirang adalah jenis pizza yang disajikan tanpa tambahan tomat, Gan. Dinamakan pizza pirang karena penampilannya yang terlihat polos tanpa warna merah. Keunikannya ini membuat pizza pirang banyak dicari dan kini menjadi salah satu jajanan yang lagi trend saat ini. Juragan pun bisa memilihnya sebagai ide untuk menjalankan bisnis kuliner!

Di antara sepuluh ide jajanan yang lagi trend tersebut, mana yang akan Juragan pilih untuk ditekuni sebagai bisnis kuliner? Apa pun pilihannya, pastikan bisnis Juragan nanti selalu lancar, terutama dalam hal keuangan. Untuk ini, Juragan tak perlu khawatir karena bisa menggunakan aplikasi BukuWarung untuk bantu mempermudah pembukuan usaha. Buktikan sendiri kemudahannya dengan download BukuWarung di Google Play Store, gratis!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download