BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Bisnis Franchise Minuman Booming yang Digemari Saat Ini

Bisnis di bidang kuliner tak hanya tentang makanan. Minuman pun menjadi salah satu produk yang bisa menghasilkan keuntungan besar. Bisnis Franchise Minuman yang saat ini booming bisa jadi salah satu pilihan yang bisa diambil jika sedang mencari peluang usaha dengan model waralaba.

Belakangan ini, minuman kekinian menjadi tren tersendiri di masyarakat Indonesia. Mulai dari es kopi susu, thai tea, cheese tea, boba milk tea, hingga minuman dengan campuran brown sugar.

Minuman tersebut umumnya dijual dengan sistem waralaba. Dengan sistem ini, pemilik bisnis tak memerlukan modal besar untuk mengembangkan usahanya. Modal usaha ditanggung oleh masing-masing investor.

Bisnis franchise minuman yang sedang booming menjanjikan keuntungan yang besar. Seperti apakah keuntungannya? Simak pada penjelasan di bawah ini.

Keuntungan Menjalankan Bisnis Franchise Minuman

Menjalankan bisnis waralaba minuman memberikan beberapa keuntungan kepada Anda, di antaranya:

  • Tak perlu memikirkan branding karena masyarakat sudah mengenal bisnis yang Anda jalankan.
  • SOP dalam berbisnis sudah diatur dengan sedemikian rupa dari pihak brand, sehingga Anda hanya tinggal menjalankan.
  • Supplier bahan baku dan peralatan lain sudah disediakan oleh frachisor.

Daftar Bisnis Franchise Minuman Terlaris

1. Eight Ice Blend dan Squash

8 Ice Blend & Squash
Sumber: 8iceblend.files.wordpress.com

Eight Ice Blend dan Squash merupakan salah satu bisnis franchise di bidang minuman yang paling laris. Bisnis yang dibuka mulai tahun 2014 ini sudah memiliki lebih dari 20 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sesuai dengan namanya, minuman yang disajikan terdiri dari ice blend dan juga squash. Paket waralaba yang ditawarkan membutuhkan modal yang kecil, mulai dari 3 juta hingga 7 juta rupiah.

2. Minuman Teh Poci

Bisnis Franchise Minuman - Teh Poci
Sumber: dimanaja.com

Teh Poci merupakan merek teh yang sudah terkenal di Indonesia sejak dahulu. Perusahaan teh ini juga membuka kesempatan untuk waralaba.

Waralaba yang ditawarkan oleh Teh Poci adalah paket gerai yang menjual minuman es teh. Anda hanya perlu menyiapkan dana sebesar 6 jutaan untuk memulai bisnis waralaba ini. Dengan investasi tersebut, Anda sudah mendapatkan satu paket lengkap peralatan untuk berjualan.

3. Nyoklat Kress

Nyoklat Kress
Sumber: instagram.com/nyoklatkress

Salah satu minuman yang disukai masyarakat Indonesia yaitu coklat. Nyoklat Kress menjadi brand minuman coklat yang paling laris.

Rasa coklatnya sangat otentik dan ditambah dengan tekstur crispy membuatnya unik dan digemari banyak orang.

Kelebihan dari Nyoklat Kress adalah menawarkan harga yang mudah untuk bisnis franchise. Dengan modal sebesar 3,5 juta rupiah, Anda sudah mulai berbisnis dan menghasilkan keuntungan berkali-kali lipat.

4. Cappucino Cincau Tempo Doeloe

Beberapa tahun terakhir, cappucino cincau menjadi minuman yang sangat digandrungi oleh masyarakat. Minuman ini merupakan fussion antara minuman kopi modern dengan cincau khas Indonesia. Cita rasa kopi manis ditambah dengan kenyalnya cincau membuat minuman ini unik.

Membuka gerai cappucino cincau tempo doeloe bisa memberikan keuntungan yang besar untuk Anda. Modal yang diperlukan hanya sekitar 1.500 hingga 2.500 saja. Sedangkan harga jualnya bisa mencapai 3 – 4 kali lipat dari modal tersebut.

5. Monster Ice Blend

Bisnis franchise minuman yang disukai masyarakat adalah Monster Ice Blend. Seperti namanya, minuman yang ditawarkan oleh brand ini adalah ice blend. 

Minuman ini disukai oleh semua orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sekalipun. Peluang Anda untuk menghasilkan keuntungan masih terbuka lebar.

Monster Ice Blend menyediakan paket franchise dengan modal Rp 7.000.000. Paket tersebut sudah berisi bahan baku untuk 300 cup dan disertai dengan perlengkapan untuk berjualan.

Baca Juga: Bisnis Franchise Kopi Kekinian Paling Laris

6. Mang Kacau

Mang Kacau merupakan salah satu brand minuman yang menawarkan produk ice blend. Ada berbagai pilihan macam rasa antara lain:

  • Thai tea
  • Grean tea
  • Cappucino
  • White coffee
  • Chocolate
  • Matcha
  • Stroberi
  • Chocolate mocca
  • Taro

Modal yang diperlukan untuk memulai waralaba Mang Kacau sangat terjangkau, yaitu 5 juta rupiah.

7. Rujak Es Krimku

Perpaduan rujak dan es krim mungkin terdengar aneh, namun fussion ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh kesuksesan Rujak Es Krimku yang telah memiliki puluhan gerai.

Cukup dengan modal 7 juta rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan paket lengkap untuk mulai berjualan Rujak Es Krimku.

8. Cetroo Coffee

Cettro Coffe
Sumber: cetroocoffee.com

Minuman kopi kekinian saat ini sedang naik daun dan menjadi tren tersendiri di Indonesia. Kalau Anda ingin berbisnis kopi, cobalah untuk bekerja sama dengan Cetroo Coffee. Brand ini membuka kesempatan untuk berwaralaba.

Tak memerlukan modal besar, sebab Cetroo Coffee menyediakan paket waralaba mulai dari 9,5 juta rupiah.

9. Royal Tea Roci

Bisnis Franchise Minuman - Royal Tea Roci
Sumber: dimanaja.com

Selain kopi, bubble tea atau teh boba juga sedang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Minuman ini memberikan sensasi unik karena ada bubble kenyal di dalamnya.

Salah satu brand bubble tea yang terkenal adalah Royal Tea Roci. Sediakan modal 15 juta rupiah untuk memulai kerja sama waralaba dengan brand yang satu ini. Modal tersebut akan kembali dalam waktu 5 bulan, bahkan lebih cepat.

10. Haiyo Yogurt

Bisnis Franchise Minuman - Haiyo Yogurt
Sumber: dimanaja.com

Haiyo Yogurt menjual minuman berbahan dasar yoghurt atau susu yang telah difermentasi. Minuman sehat ini dikemas dengan lebih modern dan menarik.

Kalau Anda ingin menjalin kerja sama berbasis waralaba dengan Haiyo Yogurt, cukup sediakan modal minimal 1,7 juta rupiah saja. Sangat terjangkau, bukan?

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Pembukuan Toko

Tips Menjalankan Bisnis Franchise Minuman

1. Ambil Peluang

Ambil Peluang
Sumber: Photo by Scott Graham on Unsplash

Peluang untuk bisnis minuman di Indonesia masih terbuka lebar. Namun belum banyak orang yang benari terjun ke bisnis ini. Sebaiknya, Anda jangan mengabaikan kesempatan ini. Mulailah bisnis sekarang juga.

2. Sesuaikan dengan Keahlian

Dalam menjalankan bisnis, sebaiknya Anda menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki. Termasuk dalam berjualan minuman. Pilihlah jenis bisnis minuman yang paling Anda kuasai. Misalnya Anda memiliki pengalaman menjadi barista, maka usaha yang paling cocok adalah bisnis kopi.

3. Pilih Waralaba yang Tepat

Pilih Waralaba yang Tepat
Sumber: Photo by Seth Doyle on Unsplash

Pilihlah bisnis yang paling tepat untuk Anda jalankan. Perhitungkan besaran modal yang diperlukan, waktu yang dibutuhkan untuk perputaran modal, serta potensi keuntungan yang diperoleh.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan reputasi dari brand yang akan pilih. Pastikan brand tersebut tidak pernah memiliki catatan buruk. Hal ini akan mempengaruhi penilaian dari konsumen dan berdampak pada profit yang Anda dapatkan.

4. Pilih Lokasi Strategis

Lokasi menjadi salah satu hal paling penting dalam menjalankan usaha, termasuk dalam bisnis minuman. Carilah lokasi yang mudah dijangkau dan dilewati orang.

Contoh tempat yang paling potensial untuk lokasi berjualan adalah di pusat perbelanjaan, di dekat sekolah, di sekitar kampus, dan di pusat keramaian. Meskipun harga sewa tempatnya cenderung mahal, namun hasil yang didapatkan pun sebanding.

5. Beri Pelayanan yang Terbaik

Konsumen adalah raja, jadi Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik kepadanya. Selalu berikan senyum dan salam ketika pengunjung datang. Bersikap ramah kepada pembeli juga menjadi sebuah kewajiban.

Tak hanya sikap, Anda juga harus memberikan produk terbaik untuk pelanggan. Jangan sampai mengecewakan pelanggan karena mendapatkan produk yang salah. Hal ini bisa membuat pelanggan enggan untuk kembali.

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis franchise minuman yang sedang booming, sebaiknya pelajari peluangnya terlebih dahulu. Selain itu, buatlah perencanaan yang matang agar tak merugi.

Kategori UMKM