BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Ide Usaha untuk Pensiunan

Ide Usaha untuk Pensiunan – Setiap orang yang bekerja sebagai pegawai negeri, pegawai BUMN, maupun pegawai swasta pasti akan bertemu dengan masa pensiun. Usia pensiun beragam, mulai dari 55 tahun hingga 65 tahun. Sebelum pensiun, sebaiknya Anda menyiapkan unit usaha terlebih dahulu.

Usaha untuk pensiunan dapat menjadi sumber penghasilan sekaligus penghilang penat saat Anda sudah tidak bekerja lagi.

Karena usia pensiun sudah tidak muda lagi, maka diperlukan jenis usaha khusus yang tidak memerlukan banyak tenaga.

Daftar Ide Usaha Untuk Pensiunan Yang Perlu Anda Coba

Daftar Ide Usaha Untuk Pensiunan Yang Perlu Anda Coba
www.pexels.com

Di bawah ini terdapat beberapa ide usaha untuk pensiunan yang dapat Anda persiapkan untuk menyambut hari-hari Anda setelah tidak bekerja kelak.

1. Rumah Kos atau Kontrakan

Usaha pertama yang cocok dijalankan oleh pensiunan yaitu rumah kos atau kontrakan. Sebelum mulai, sebaiknya Anda melakukan survei tentang potensi usaha ini di lingkungan sekitar Anda. Tempat paling ideal untuk membuka rumah kos atau kontrakan adalah di wilayah dekat kampus dan perkantoran.

Untuk mempersiapkan bangunan rumah kos atau kontrakan memang diperlukan modal yang tidak sedikit. Anda bisa menggunakan dana tabungan atau pesangon dari perusahaan untuk keperluan ini.

Tak usah khawatir, Anda akan segera mendapatkan modal kembali dalam beberapa bulan. Agar penyewa rumah kos atau kontrakan merasa nyaman, sebaiknya Anda sediakan fasilitas yang baik. Perhitungkan pula harga sewa agar sebanding dengan fasilitas yang tersedia.

2. Rental Motor atau Mobil

Usaha potensial yang bisa dijalankan oleh seorang pensiunan adalah rental motor atau mobil. Usaha ini akan lebih laku apabila Anda membuka tempat penyewaan di dekat lokasi wisata atau di tengah pusat keramaian.

Apabila sudah memiliki beberapa sepeda motor atau mobil, Anda bisa menggunakan kendaraan-kendaraan tersebut untuk disewakan. Jika Anda tak memiliki kendaraan, Anda bisa membelinya dengan sistem kredit maupun tunai.

Kunci kesuksesan bisnis rental mobil atau motor adalah promosi. Dengan promosi yang tepat, Anda akan mendapatkan pelanggan setia. Untuk memperkecil kerugian, Anda bisa menawarkan rental mobil atau sepeda motor kepada perusahaan untuk digunakan sebagai kendaraan operasional.

Jika Anda tertarik dengan usaha ini bisa memahami pada bahasan berikut: Cara Memulai Usaha Rental Mobil

3. Usaha Peternakan

Memulai usaha peternakan bisa menjadi pilihan yang tepat setelah Anda masa kerja Anda berakhir. Usaha ini sangat cocok dijalankan apabila Anda tinggal di kawasan pedesaan. Sebab peternakan membutuhkan lahan yang cukup luas.

Ada beberapa jenis peternakan yang bisa Anda jalankan, antara lain:

  • Ayam pedaging
  • Ayam petelur
  • Sapi pedaging
  • Sapi perah
  • Bebek
  • Burung kicau

Masing-masing peternakan memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Cara menjalankan usahanya pun berbeda-beda. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman di bidang ini. Pelajari juga target pasar yang tepat untuk menjual hasil ternak Anda.

4. Bisnis Waralaba

Menjalankan bisnis waralaba menjadi satu lagi usaha yang cocok untuk para pensiunan. Anda hanya perlu memantau agar bisnis ini tetap menghasilkan profit. Selebihnya, tugas-tugas lain akan dijalankan oleh karyawan.

Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis waralaba juga relatif kecil. Pihak yang akan bergabung menjadi rekan bisnislah yang mengeluarkan modal tersebut. 

5. Toko Kelontong

Kalau Anda tinggal di wilayah pemukiman yang padat dan jauh dari pusat perekonomian, toko kelontong menjadi usaha yang bagus untuk dijalankan. Target pasarnya tentu saja masyarakat yang ada di sekitar rumah Anda.

Barang-barang yang sebaiknya dijual di toko kelontong adalah kebutuhan sehari-hari. Contohnya adalah beras, minyak, gula, jajanan, dan lain sebagainya. Untuk memulai usaha toko kelontong, modal yang diperlukan relatif kecil.

Supaya Anda lebih cepat memperoleh keuntungan, sebaiknya barang yang memang benar-benar dicari oleh masyarakat. 

Simak selengkapnya: Tips Memulai Usaha Toko Kelontong

6. Counter Pulsa

Usaha counter pulsa merupakan salah satu usaha yang dapat dijalankan dengan jumlah modal yang fleksibel. Artinya, Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal sedikit maupun banyak. Satu hal yang terpenting untuk memulai usaha ini adalah deposit agar Anda bisa mengisi ulang pulsa milik pelanggan.

Beberapa layanan yang biasa ditawarkan oleh counter pulsa antara lain:

  • Isi ulang pulsa 
  • Isi ulang paket data internet
  • Pembelian token listrik prabayar
  • Pembayaran tagihan listrik pasca bayar
  • Pembayaran tagihan PAM, BPJS, TV kabel, asuransi, dan kredit leasing

Simak selengkapnya: Tips Memulai Usaha Jual Pulsa

7. Agen Travel

Jenis usaha untuk pensiunan yang berikutnya adalah bisnis agen travel. Paket travel yang paling diminati oleh masyarakat adalah pariwisata dan perjalanan ibadah. Usaha ini cukup menjanjikan karena masyarakat memiliki minat yang cukup besar untuk melakukan perjalanan tersebut.

Untuk memulai bisnis agen travel, Anda tak perlu memiliki armada sendiri. Cobalah jalin kerja sama dengan perusahaan penyedia armada transportasi seperti bus dan mini bus. Setelah usaha berkembang, Anda dapat membeli armada sendiri.

8. Toko Alat Tulis

Membuka toko alat tulis dapat menjadi alternatif usaha yang menggiurkan. Apalagi jika Anda menjalankan usaha ini di sekitar kampus, sekolah, maupun kawasan perkantoran. Alat tulis merupakan salah satu kebutuhan pokok dan banyak dicari oleh siswa, mahasiswa, dan karyawan kantor.

Untuk menjalankan usaha toko alat tulis, sebaiknya Anda melengkapinya dengan usaha fotocopy juga. Kedua usaha ini akan sangat menguntungkan jika dijalankan secara berdampingan.

9. Investasi Tanah

Harga tanah hampir tak pernah mengalami penurunan di setiap tahunnya. Harganya selalu meningkat secara terus menerus. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Belilah tanah di tempat yang strategis atau yang memiliki potensi untuk menjadi strategis di masa mendatang. Setelah Anda membeli tanah tersebut, Anda bisa menjualnya kembali di masa mendatang.

Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan yang terus-menerus, sebaiknya sewakan saja tanah tersebut alih-alih menjualnya.

10. Usaha Digital Printing

Contoh usaha untuk pensiunan selanjutnya adalah digital printing. Percetakan digital sudah menjelma layaknya jenis usaha yang tak pernah mati. Masyarakat masih tetap membutuhkan jasa percetakan untuk berbagai keperluan. Contohnya mencetak undangan, kemasan, stiker, dan banner.

Untuk memulai usaha percetakan, Anda perlu menyiapkan mesin cetak untuk berbagai keperluan. Sebaiknya Anda lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui minat dan kebutuhan masyarakat akan produk percetakan. Rekrut satu atau dua karyawan untuk membantu pekerjaan di unit usaha ini.

Simak selengkapnya: Tips Memulai Usaha Digital Printing

11. Laundry Sepatu

Laundry sepatu bisa menjadi salah satu peluang usaha yang cocok untuk pensiunan. Pasalnya, Anda tak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkan sepatu. Berbeda dengan laundry pakaian yang perlu tenaga lebih besar.

Tempat paling cocok untuk membuka usaha laundry sepatu adalah di wilayah yang terdapat banyak rumah kost mahasiswa atau karyawan. Pelajari juga berbagai jenis sepatu dengan masing-masing cara perawatannya sebelum Anda mulai membuka laundry.

Simak selengkapnya: Cara Memulai Bisnis Laundry Sepatu

12. Usaha Fotocopy

Anda memiliki tempat tinggal di wilayah dekat dengan kampus, sekolah, atau kawasan perkantoran? Lokasi seperti ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka usaha fotocopy.

Meski zaman semakin modern dan digitalisasi terus terjadi, usaha fotocopy seperti tak ada matinya. Kebutuhan masyarakat untuk menggandakan dokumen masih tinggi hingga saat ini. Selain fotocopy, sebaiknya sediakan layanan lain seperti cetak berwarna, laminasi dokumen, dan penjilidan.

Baca Juga: Tips Memulai Usaha Fotocopy

Kira-kira usaha untuk pensiunan mana yang paling cocok untuk Anda jalankan? Apa pun usaha yang Anda pilih, sebaiknya mulailah sebelum datangnya masa pensiun Anda. Hal ini perlu dilakukan agar usaha Anda sudah stabil ketika memasuki masa pensiun.