Download Gratis
Butuh bantuan?

Franchise Barbershop dan Tips Memulainya

Franchise barbershop saat ini bermunculan di mana-mana dan menjadi sebuah bisnis yang menjamur. Barbershop sendiri berbeda dari sebuah toko cukur pria pada umumnya.

Dalam beberapa tahun terakhir, sama seperti produk perawatan pria yang semakin keren, barbershop menawarkan layanan cukur rambut dan perawatan pria.

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Banyak franchis barbershop di Indonesia yang  menawarkan cukur dan potong rambut klasik serta beberapa layanan lainnya. Berikut adalah daftar franchise barbershop populer di Indonesia dan cara berbisnis.

Daftar Franchise Barbershop Terbaik

1. Arfa Barbershop

Pertama, ada Arfa barbershop yang sudah ada sejak tahun 2007 dan lokasi pertamanya berpusat di kota Yogyakarta. Namun, gerai Arfa barbershop ini sudah berkembang di 5 kota besar lainnya yakni di Klaten, Semarang, Cilacap, dan Solo. Total, Arfa barbershop sudah memiliki 60 gerai.

Sejak pertama berdiri, Arfa Barbershop sendiri telah mempunyai standar operasional yang cukup tinggi. Manajemen dari Arfa barbershop mengharuskan semua gerai franchisenya memiliki perlengkapan yang memadai dan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Semua gerainya juga harus merekrut karyawan yang profesional supaya bisa menjaga kualitas layanan dari Arfa barbeshop. Untuk Anda yang ingin sekali franchise di Arfa, maka paket usaha barbershop yang ditawarkan oleh Arfa adalah Rp 50 juta.

Buat Toko Online Sendiri

Dengan investasi awal, maka usaha Anda sudah dibekali dengan 4 unit kursi dengan standar yang sudah internasional, branding nama gerai, 3 orang barber, cermin dan peralatan barber. Meski cukup mahal, namun keuntungan franchise di Arfa tidak perlu diragukan.

2. Raja Cukur

Pilihan franchise barbershop kedua yang bisa dijadikan opsi terbaik adalah Raja Cukur. Saking terkenalnya, bahkan Raja Cukur sudah memiliki 135 gerai. Beberapa gerai Raja Cukur sendiri tersebar di Jabodetabek, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banjarmasin dan Pekanbaru.

Banyaknya gerai Raja Cukur yang tersedia di beberapa daerah tidak lain karena menawarkan tawaran investasi untuk waralabanya sangat murah dan terbilang lengkap. Untuk paket yang Raja Cukur tawarkan sendiri dimulai dari Rp 29 juta saja dengan peralatan standar.

atur keuangan usaha

Sementara paket franchise yang paling mahal adalah Rp 250 juta rupiah. Jika Anda tertarik untuk franchise di Raja Cukur, maka induk bisnis akan memberikan berbagai macam pelatihan yang lengkap pada semua karyawan Anda supaya kualitasnya memenuhi standar.

3. Serious Cut

Selanjutnya, ada Serious Cut Barbershop yang juga masuk dalam daftar franchise barbershop terbaik yang ada di Indonesia. Serious Cut Barbershop sendiri sudah membuka 20 cabang di berbagai wilayah Indonesia.

Serious Cut Barbershop bisa melayani gaya rambut apapun yang diinginkan oleh pelanggannya. Style apapun yang sedang berkembang akan selalu dipelajari oleh pihak manajemen.

atur keuangan usaha

Nah, kalau Anda ingin sekali mencoba bisnis franchise dengan bergabung di Serious Cut, maka Anda siapkan biayanya.

Harga franchise barbershop di Serious Cut Barbershop sendiri membutuhkan investasi paling tidak Rp 60 juta. Dengan biaya tersebut, maka Anda sudah bisa dapatkan paket yang standar include kursi, furnitur, strategi marketing, sampai seragam kapster. Hal yang perlu Anda siapkan hanyalah tempat saja.

4. Lanang Barbershop

Terakhir, ada Lanang Barbershop yang usianya hampir sama dengan Arfa. Sudah ada semenjak tahun 2007, Lanang Barbershop ini telah memiliki 100 cabang lebih dan tersebar di kota Semarang serta Semarang.

Saat ini, Lanang Barbershop mempunyai target ingin membuka gerai sampai 200 cabang. Kalau Anda tertarik sekali bekerjasama dengan Lanang Barbershop, maka siapkan saja modal sekitar 50-60 juta. Dengan modal tersebut, maka Anda akan mendapatkan paket usaha yang sudah mendukung bisnis barbershop Anda.

Prospek bisnis franchise ke Lanang Barbershop juga bagus dan dijamin mempunyai keuntungan tinggi yang pastinya akan memudahkan Anda dalam mengembangkan usaha ke depannya.

Baca juga : Tips Memulai Usaha Salon

Cara Memulai Bisnis Franchise Barbershop

1. Pahami Layanannya

Franchise barbershop pastinya memiliki banyak sekali layanan yang ditawarkan ke pelanggannya. Nah, pelajari dengan baik layanan apa yang diberikan seperti menawarkan potongan rambut presisi, layanan pangkas rambut, cukur lurus, jenggot dan pewarnaan rambut, pijat mini (kulit kepala, leher, bahu, kaki dan tangan), waxing (alis, hidung dan telinga), pedikur, manikur, semir sepatu, dan sebagainya.

2. Pelajari Sistem Harganya

Memilih franchise barbershop dibandingkan membuka layanan sendiri lebih bagus dan terjamin karena branding yang dimiliki. Nah, ketika Anda ingin franchise, maka pelajari sistem harganya. Berapa biaya yang harus dikeluarkan pelanggan untuk sekedar potong rambut atau menikmati layanan lainnya.

3. Cari Tahu Manajemennya

Terakhir, pastikan bahwa Anda mendapatkan pelatihan bagaimana mengelola barbershop dengan baik. Jangan sampai Anda sudah membeli branding dengan harga mahal, tapi cabang Anda sepi peminat karena layanannya beda jauh dari yang pusat. Jadi, pahami bagaimana cara kerja atau manajemen dari tempat Anda bergabung.

Sebagai franchisee, Anda akan mendapatkan keuntungan dari sejumlah besar aliran pendapatan potensial. Bergabung dengan franchise barbershop menciptakan fondasi yang stabil untuk pertumbuhan penjualan yang beragam.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download