Download Gratis
Butuh bantuan?

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mulai Jualan Paket Data

Tahukah Juragan, di masa pandemi ini penggunaan paket data meningkat drastis. Hal ini tentu ada hubungannya dengan banyak kegiatan yang beralih online seperti work from home dan sekolah virtual. Selain itu, menghabiskan lebih banyak waktu di rumah selama pandemi membuat orang lebih banyak beraktivitas melalui smartphone dan jaringan online.

Peluang bisnis menjual paket data dapat Juragan coba untuk menambah penghasilan di masa pandemi. Dalam bisnis apa pun tentu ada risiko untung dan rugi, begitu pula dalam bisnis penjualan paket data. Namun, risiko kerugian jangan sampai menjadi halangan untuk mulai usaha ya Juragan! Juragan dapat meminimalisir hal ini jika sebelum memulai jualan data telah tahu beberapa hal penting. Apa saja hal tersebut?

Buat Toko Online Sendiri

1. Kenali Jenis-jenis Provider dan Keunggulannya

jenis provider
baguspulsa.com

Di Indonesia sendiri ada cukup banyak pilihan provider yang menyediakan data internet. Jika Juragan ingin terjun ke bisnis paket data maka sebaiknya mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis provider yang ada di Indonesia beserta keunggulannya. Hal ini akan memudahkan Juragan ketika perlu memberikan rekomendasi kepada pelanggan.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Lakukan riset sebelum memulai bisnis paket data, jenis provider apa yang paling murah dan paling populer saat ini. Buatlah catatan sendiri tentang keunggulan provider yang ada di Indonesia secara garis besar saja. Setiap provider biasanya mempunyai pilihan paket dan harga yang berbeda, ini perlu Juragan tahu agar tidak bingung ketika harus melayani pelanggan.

Dengan mengetahui provider apa saja yang ada dan jenis provider yang populer Juragan jadi tahu perkiraan jumlah produk yang perlu tersedia di toko Juragan nantinya. Jangan sampai ketika permintaan pelanggan tinggi terhadap jenis data A tapi ternyata tidak tersedia di toko Juragan, ya

2. Lokasi Usaha Jual Paket Data yang Strategis

lokasi
koinworks.com

Setiap bisnis membutuhkan lokasi usaha yang strategis, begitu pula dengan usaha paket data. Sebaiknya Juragan mempunyai toko fisik untuk menjual paket data agar pelanggan lebih percaya dengan profesionalitas bisnis Juragan. Untuk melebarkan sayap bisnis, Juragan bisa memasarkan melalui media online.

Lokasi usaha yang strategis di tempat yang cukup ramai atau di area yang banyak dilalui orang. Area dekat sekolah atau perkantoran bisa menjadi ide lokasi usaha yang strategis. Jika area sekitar rumah Juragan cukup ramai tidak ada salahnya membuka kios kecil di depan rumah. Pasang spanduk atau banner agar pelanggan tahu tentang kios Juragan yang menjual data. Berikan diskon atau promo untuk menarik minat pelanggan di awal pembukaan kios.

3. Ketahui Peralatan Jual Paket Data yang Dibutuhkan

peralatan
medium.com

Selain lokasi usaha yang strategis, Juragan perlu memperhitungkan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memulai bisnis jual paket data. Etalase kecil, meja, kursi dan handphone termasuk peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis data. Kios untuk memulai bisnis jual paket data tak perlu terlalu besar, untuk awal usaha kios kecil ukuran 3×3 meter sudah cukup.

Hal yang yang tak kalah penting daripada peralatan adalah niat dan kesiapan Juragan dalam memulai bisnis. Pastikan Juragan berkomitmen untuk menjadi penjual yang amanah dan memberikan pelayanan yang baik pada pelanggan. Jika pelanggan telah percaya maka dapat dipastikan akan menjadi pelanggan tetap yang loyal. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan Juragan.

4. Analisis Modal Usaha dan Harga Jual

modal usaha
jurnal.id

Penting melakukan riset untuk mengetahui harga jual paket data sesuai standar pasar agar tidak terlalu murah dan tidak terlalu mahal. Hal yang penting dalam memulai usaha adalah menganalisis modal usaha. Catat setiap transaksi penjualan pulsa, pengeluaran dan lainnya dengan cermat. Dalam prosesnya agar lebih mudah Juragan dapat dibantu aplikasi serba guna dalam hal pencatatan keuangan seperti BukuWarung.

5. Mengetahui Cara Menghemat Paket Data

menghemat paket data
steemit.com

Sebagai penjual paket data tentu Juragan juga sebaiknya mengetahui cara hemat paket data. Hal ini penting karena dalam menjalankan bisnis paket data Juragan juga akan sering menggunakan kuota internet dalam melalukan hal-hal terkait bisnis Juragan. Bagaimana cara atau tips menghemat paket data kuota internet bagi penjual? Berikut tipsnya!

a. Batasi

Cara hemat paket data yang pertama adalah membuat batasan kuota bulanan Juragan. Hal ini dapat Juragan atur di pengaturan smartphone Juragan dan dengan mengaktifkan mode data saver di ponsel. Sebaiknya Juragan konsisten untuk tidak melebihi batasan ini agar tidak rugi dalam jualan kuota.

b. Pisahkan kebutuhan pribadi dan bisnis

Cara menghemat kuota yang cukup efektif adalah memisahkan kebutuhan kuota internet untuk pribadi dan untuk bisnis. Juragan akan lebih mudah dalam mencatat penggunaan kuota khusus bisnis jika dipisahkan dengan kebutuhan pribadi.

c. Gunakan Provider yang Hemat

Riset dan pilih provider yang menawarkan harga hemat dan kecepatan jaringannya cukup stabil di wilayah Juragan. Sebagai penjual, Juragan juga perlu cermat dalam memilih provider kuota yang efisien agar bisnis bisa berjalan lancar tanpa risiko rugi.

6. Lengkapi dengan Jual Kartu Perdana dan Pembayaran Online

pembayaran
qwords.com

Kembangkan bisnis Juragan dengan tidak hanya menjual paket data dan pulsa saja. Produk yang relevan dijual seperti kartu perdana dan layanan pembayaran online. PPOB atau Payment Point Online Bank termasuk dalam pembayaran tagihan listrik, internet, telepon, air dan lain-lain. Juragan bisa menambah penghasilan dengan membuka layanan pembayaran tagihan secara online.

Saat ini hampir semua pembayaran rutin yang berhubungan dengan tagihan dan bank dilakukan secara online, tapi belum semua orang mempunyai aplikasi mobile-banking dan sejenisnya. Ini dapat menjadi peluang untuk Juragan karena termasuk jenis bisnis yang relevan dengan jual kuota. Tak perlu bingung, Juragan bisa menggunakan aplikasi serba bisa BukuWarung untuk memudahkan Juragan dalam berjualan pulsa, listrik dan top up e-wallet, cukup dengan aplikasi saja! Peluang keuntungan dari jualan pun akan meningkat seiring dengan bertambahnya layanan yang Juragan sediakan.

Juragan sudah siap memulai bisnis jual paket data? Semoga berberapa hal yang telah kita bahas ini dapat membantu Juragan dalam mempersiapkan bisnis dengan lebih baik, ya. Dalam membangun bisnis memang perlu niat dan kerja keras apalagi ketika harus memulai bisnis dari nol. Tentu saja, itu bukan hal mustahil selama Juragan berusaha dengan sungguh-sungguh. Seperti yang telah kita singgung sebelumnya aplikasi BukuWarung sangat efisien dalam membantu bisnis jual kuota dan bisnis PPOB yang akan Juragan kelola. BukuWarung adalah aplikasi multifungsi yang mudah, gratis dan aman. BukuWarung sangat mendukung kemajuan UMKM dengan berbagai fitur ungglan terkait mengelola dan mencatat keuangan secara digital. Pastinya menggunakan BukuWarung bisnis Juragan dapat berjalan lebih lancar dan praktis!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download