Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Memakaikan Hijab Pengantin Syari

Pastinya ada perbedaan ketika Juragan harus merias pengantin yang mengenakan hijab dan yang tidak. Khususnya ketika pelanggan harus mengenakan hijab pengantin syari tantangan tersendiri bagi Juragan yang menghiasnya. Banyak hal yang perlu diperhatikan ketika menghias pengantin syari mulai dari pilihan gaun, pilihan hijab hingga pilihan aksesoriesnya.

Juragan harus memadukan tren kecantikan dengan syarat berbusana syari pada pengantin. Hal ini bukan sesuatu yang sulit jika Juragan mengetahui tipsnya.

Buat Toko Online Sendiri

Tips Memakaikan Hijab Pengantin Syari

Mari simak tips memakaikan hijab pengantin syari agar cantik dan nyaman berikut ini!

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

1. Pilihan Bahan Hijab Pengantin Syari

Poin pertama dalam memakaikan hijab pengantin syari adalah memperhatikan kenyamanan calon pengantin yaitu dengan memperhatikan pilihan bahan hijab yang tepat. Bahan hijab sebaiknya bukan bahan yang licin dan menerawang. Bahan hijab juga harus dapat menyerap keringat agar pengantin tidak mudah gerah.

Supaya penampilan pengantin tetap cantik dan tidak terganggu dengan tumpukan hijab di area sekitar wajah, maka pilihlah bahan hijab yang teksturnya jatuh. Bahan hijab yang kaku akan menyebabkan penampilan pengantin menjadi kurang elegan dan pengantin juga pasti merasa tidak nyaman.

Berikut ini adalah beberapa pilihan bahan hijab pengantin syari yang nyaman:

  • Kain Organza : Tidak panas dan mudah dibentuk.
  • Sifon : Bahannya jatuh dan ringan.
  • Satin : Cocok untuk wedding dress hijab mewah.
  • Kain Velvet : Cukup tebal tapi tidak panas.
  • Rayon : menyerap keringat dan bahannya lembut di kulit.
  • Pashmina Rajut : Mudah dibentuk, sering digunakan dalam gaun adat.

2. Pakai Dalaman Kerudung yang Nyaman

Dalaman kerudung ketika merias pengantin yang mengenakan gaun pengantin muslimah adalah wajib. Dalaman kerudung ini berfungsi agar hijab lebih rapi dan tidak mudah bergeser. Pilih bahan dalaman kerudung yang lembut di kulit dan dapat menyerap keringat, mengingat pelanggan perlu mengenakan hijab di acara pernikahan cukup lama. Dengan begitu, pelanggan akan merasa tetap nyaman selama mengenakan hijab pengantin syari di acara pernikahannya.

3. Style Hijab Menutup Bagian Dada

Bagian penting ketika merias calon pengantin yang menggunakan gaun pengantin muslimah adalah hijab harus menutup bagian dada. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih hijab yang panjang agar mudah dibentuk untuk menutupi area dada. Bahan hijab untuk menutupi area dada tidak boleh yang terlalu tebal dan kaku karena akan memberikan kesan menumpuk dan bisa menyebabkan tubuh pengantin terlihat kurang proporsional.

Sesuaikan style hijab pengantin dengan pilihan dressnya. Style hijab seperti selendang cukup populer untuk menutupi area dada. Selain itu, untuk style dress pengantin sederhana dapat menggunakan kerudung segi empat dengan membiarkan bagian dada tidak dililit dan menambahkan aksesories di bagian kepala.

Menggunakan cape yang sesuai cocok untuk mempercantik wedding dress hijab mewah. Cape juga bisa menjadi solusi untuk tetap tampil cantik, elegan dan syari menggunakan pakaian pengantin daerah seperti kebaya.

4. Pilihan Gaun yang Tepat

Penampilan pengantin dengan style syari akan semakin baik dengan pemilihan gaun pengantin yang tepat. Hindari menggunakan pakaian atau gaun pengantin yang ketat. Gaun pengantin yang cukup

longgar tapi tetap sesuai bentuk tubuh dapat memudahkan ketika merias pengantin menggunakan hijab syari.

Pilihan gaun pengantin syari biasanya cenderung sederhana supaya dapat memancarkan aura kecantikan lebih mendalam. Gaun yang tidak terlalu berlebihan juga dapat memudahkan dalam merias hijab pengantin. Ketika menggunakan pakaian atau gaun yang sederhana riasan di bagian kepala pengantin akan tampak lebih menonjol dan cantik.

Sangat penting menyesuaikan warna gaun dan hijab pengantin, mulai dari bagian dalaman kerudung, hijab lapisan luar dan aksesoriesnya agar warnanya senada. Pilihan bahan hijab juga bisa disesuaikan dengan model gaun yang dipilih. Pastikan agar gaun dan hijab untuk pengantin terbuat dari bahan yang nyaman.

5. Pilihan Hiasan Hijab yang Dapat Digunakan

Inspirasi hijab untuk pengantin akan semakin sempurna dengan aksesories atau hiasan hijab yang cocok. Tips memilih hiasan hijab kembali disesuaikan dengan gaun yang dikenakan. Jika gaun sudah tampak mewah dan glamor maka sebaiknya bagian hijab disesuaikan agar tetap terlihat elegan. Jika memilih gaun pengantin yang sederhana bagian hijab bisa ditambahi aksesories yang unik agar terlihat lebih menonjol.

Beberapa pilihan hiasan hijab yang cocok untuk hijab pengantin syari:

a. Headband

Headband banyak motif dan jenisnya, sesuaikan dengan pilihan gaun, ya. Jika ada beberapa lapis hijab headband dapat dipakai di lapisan kedua hijab setelah inner atau dalaman hijab. Tips menggunakan headband pada hijab pengantin yaitu bagian ikatan belakang atau pengait headband diselipkan ke dalam hijab agar rapi. Selanjutnya, kenakan hijab panjang berbahan jatuh untuk memberikan kesan elegan.

b. Tiara

Tiara atau crown atau mahkota banyak dipilih sebagai hiasan kepala hijab pengantin syari. Tiara biasanya dikenakan di bagian terluar hijab. Tips ketika menggunakan crown untuk hijab pengantin syari adalah pilihan warna hijab yang polos agar terlihat tidak berlebihan.

c. Siger

Pakaian adat Sunda akan menggunakan siger sebagai penghias bagian kepala. Siger tetap bisa digunakan meskipun pengantin menggunakan hijab. Siger digunakan di bagian terluar hijab. Tips memilih siger ketika mengenakan hijab pengantin pilihlah yang minimalis. Warna silver cocok untuk kebaya warna putih memberi kesan cantik dan minimalis.

d. Bunga

Bunga mampu menambah kecantikan seorang wanita, crown bunga seringkali dipilih untuk hiasan hijab pengantin. Crown bunga berwarna putih seperti bunga baby breath putih atau mawar paling populer. Ada pula yang menggunakan crown bunga dari bunga buatan dengan aneka warna yang disesuaikan dengan gaun pengantin.

e. Veil Pengantin

Veil pengantin cocok untuk melengkapi hiasan hijab syari sehingga terkesan lebih glamor tapi tetap elegan. Veil pengantin yang paling populer yaitu berwarna putih tapi sekarang banyak juga pengantin yang menggunakan veil berwarna selain putih disesuaikan dengan gaunnya. Beberapa bahan veil yang cukup populer yaitu tulle, satin, lace dan sebagainya.

Jika dieksplore lebih lanjut ternyata mencari inspirasi hijab pengantin syari sangat menarik ya, Juragan. Bisnis sewa hijab untuk pengantin termasuk salah satu bisnis yang cukup menjanjikan karena sekarang tren pernikahan menggunakan hijab semakin populer. Selalu luangkan waktu untuk mengikuti tren gaun pengantin muslimah dan hijabnya agar tahu style apa yang sedang naik daun saat ini.

Tahukah Juragan, salah satu tips agar bisnis rias pengantin dan hijab pengantin syari semakin mudah dikelola? Salah satunya dengan menggunakan aplikasi BukuWarung yaitu aplikasi yang memudahkan para pebisnis untuk mengelola transaksi keuangannya. Kunjungi website bukuwarung.com untuk tahu lebih lanjut, yuk!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download