Download Gratis
Butuh bantuan?

Ide Bisnis Pedagang Kopi Keliling Starling Kopi

Saat ini usaha kopi tergolong cukup menjanjikan. Banyak anak muda yang nongkrong sambil minum kopi.

Pedagang kopi pun kini tak hanya berupa kedai kopi, cafe, tetapi juga berkeliling menjajakan dagangannya.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Peluang bisnis jualan kopi keliling ini terbilang cukup menjanjikan. Bagi mereka para pekerja kantoran tentu saja membutuhkan waktu istirahat. Nah, dengan adanya starling kopi membuat mereka dapat menyeruput kopi dengan lebih mudah.

Melihat potensi bisnis starling kopi yang menjanjikan membuat BukuWarung menuliskan artikel ini khusus untuk Juragan. BukuWarung menilai bisnis starling kopi akan laris manis seiring dengan meningkatnya kebutuhan konsumen terhadap minuman yang praktis dapat dibeli di pinggir jalan. 

Yuk, simak penjelasan bisnis starling kopi dari BukuWarung sebagai berikut ini.

Mengenal Starling Kopi

Mungkin sebagian dari Juragan belum mengenal istilah starling kopi. Star memiliki arti Starbucks sedangkan ling memiliki arti keliling. Bisa diartikan secara sederhana menjadi kopi keliling.

Buat Toko Online Sendiri

Mereka para penjual kopi yang menjajakan dagangannya di sepanjang jalan membantu membangkitkan perekonomian UMKM kecil. 

Di kota-kota besar seperti Jakarta, pedagang kopi keliling sangat menjamur dan keberadaannya sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

Potensi Pasar Starling Kopi

Potensi starling sendiri terbilang cukup menjanjikan karena setiap harinya pasti ada yang kehausan di perjalanan. Terlebih lagi bagi pengemudi ojek online. Mereka sering memesan starling kopi karena praktis dan pemesanannya cepat. 

atur keuangan usaha

Begitu juga pekerja jalanan seperti supir angkutan umum, tukang parkir, dan bahkan pelajar sering memesan minuman melalui starling kopi.

Harga yang ditawarkan oleh starling kopi terbilang sesuai dengan kantong mereka. Misalnya saja kopi dengan harga kurang dari Rp 5.000 sudah dapat 1 cup gelas.

Cara Memulai Starling Kopi

Cara memulai starling kopi cukup mudah. Juragan hanya perlu menyiapkan beberapa keperluan seperti:

atur keuangan usaha
  1. Sepeda bekas Rp 500.000
  2. Termos air panas ukuran 2,5 liter Rp 150.000
  3. Termos es batu ukuran 6,5 liter Rp 40.000
  4. Gelas cup plastik 50 pcs ukuran 14 OZ Rp 13.000
  5. Gelas cup plastik 50 pcs ukuran 20 OZ Rp 13.000
  6. Aneka minuman sachet Rp 200.000
  7. Sedotan isi 20 pcs Rp 8.000

Total modal usaha adalah Rp 924.000

Itulah modal yang harus Juragan keluarkan jika ingin memulai jualan kopi keliling menggunakan sepeda pancal. Juragan juga perlu membuat sendiri box kayu sebagai dudukan termos di bagian belakang sepeda pancal.

Tidak lupa juga Juragan perlu mempelajari ilmu marketing seperti berkomunikasi dengan orang lain, mempromosikan produk, menjaga kehigienisan minuman, dan pelayanan yang baik. Juragan bisa mendapatkan ilmu gratis ini dengan menontonnya di YouTube atau Google. 

Jika Juragan ingin kopinya laris BukuWarung sarankan untuk mempelajari hal tersebut terlebih dahulu, ya.

Penghasilan Starling Kopi

Nah, setelah mengenal dan mengetahui modal untuk memulai starling kopi keliling, sekarang saatnya untuk mengetahui pendapatan dari bisnis ini.

Dalam satu hari saja Juragan akan mendapatkan penghasilan bersih senilai Rp 150.000. Juragan harus menjual sekitar lebih dari 100 gelas per harinya untuk meraup keuntungan yang maksimal.

Misalnya saja, jika Juragan berjualan kopi seharga Rp 3.000 per gelas dan berhasil menjual 100 gelas perhanya maka penghasilan kotor sekitar Rp 300.000 dan penghasilan bersihnya bisa Rp 100.000.

Itu hanya untuk kopi seharga Rp 3.000 lantas bagaimana dengan yang harganya Rp 5.000 dan juga keuntungan dari camilan yang didagangkan. Cukup menggiurkan, bukan?

Agar keuntungan jualan kopi keliling lebih besar Juragan perlu mencari tempat-tempat strategis sebagai base camp jualan. Misalnya, di depan sekolah, kantor, atau tempat wisata. Biasanya, ada hari-hari tertentu yang membuat penghasilan Juragan meningkat seperti pada saat demo.

Menilik Bisnis Starling yang Tersentuh Teknologi

Starling kopi dulu beda dengan starling kopi sekarang. Saat ini adalah zaman teknologi dimana banyak orang terbantu dengan kehadirannya. Misalkan saja, dalam starling kopi. Pembeli tidak perlu menunggu pedagang untuk lewat di depannya berjam-jam tetapi bisa dengan mudah memesannya melalui aplikasi.

Nah, di sini BukuWarung akan menjelaskan secara singkat startup yang membantu pedagang kopi keliling untuk menjajakan dagangannya dengan mudah.

Startup Mantap

Startup ini bergerak di bidang teknologi khususnya untuk membantu pedagang kopi keliling atau starling kopi.

Co-Founder Mantap Agung Setiawan, mengatakan bahwa Mantap membantu pedagang keliling untuk menggunakan aplikasi sebagai sistem pemesanannya agar lebih mudah.

Dalam aplikasi Mantap nantinya ada menu yang bisa dipilih oleh pelanggan. Setelah pelanggan melakukan pemesanan, nantinya aplikasi akan meneruskan pesanan ke pedagang kopi keliling dengan jarak radius 1 kilometer. 

Pedagang starling kopi akan merespon pesanan pelanggan dan mengantarnya langsung tanpa adanya ongkos kirim tambahan.

Mantap Membantu Starling Kopi

Keberadaan Mantap membantu starling kopi untuk menjajakan dagangannya lebih mudah. 

Bergabung dengan kemitraan Mantap nantinya akan mendapat berbagai fasilitas. Mulai dari sepeda, perlengkapan berjualan, produk jualan, dan seragam. Mitra starling tidak dipungut biaya apapun saat pendaftarannya. 

Tahap pertama jika ingin menjadi mitra Mantap adalah datang langsung ke kantor Mantap untuk melakukan proses seleksi beserta dokumen pendukung seperti FC KTP, KK, SKCK. Setelah lulus seleksi akan dilakukan pelatihan terhadap mitra Mantap.

Nantinya akan diberi pelatihan tentang keramahan kepada pelanggan, menetapkan standar penggunaan air untuk membuat minuman, dan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Jika ada keluhan dari pelanggan maka akan dilakukan mediasi atau suspend kepada mitra Mantap tersebut.

Mantap akan memberikan modal berupa produk yang bernilai Rp 800.000 – Rp 1000.000 yang diberikan dengan sistem hutang. Modal tersebut akan dibayarkan ketika produk berhasil terjual. Sistem tersebut berlaku selama menjadi mitra Mantap sehingga para pedagang starling bisa tercatat dengan rapi dalam sistem Mantap.

Ketika produk dagangannya habis, pedagang bisa mengajukan stok ulang yang akan dibayarkan ketika produk sudah laku terjual.

Jadi, produknya tidak bisa dibeli di luar Mantap. Nantinya jika telah memasuki waktu setoran, Mantap akan mendatangi mitra tersebut dimanapun keberadaannya. 

Mantap memberikan service terbaik agar mitra Mantap bisa dapat berjualan kembali. Dengan ini mereka akan mendapatkan penghasilan besar tanpa memiliki modal apapun.

Nah, itulah penjelasan dari BukuWarung sebagai referensi ide bisnis yang menarik untuk Juragan. Juragan dapat memulainya dengan berdagang kopi sendiri atau juga dapat menjadi mitra Mantap. 

Penghasilan bisnis starling kopi keliling yang cukup menggiurkan membuat banyak pejuang kerja yang mencoba bisnis ini. Terlebih lagi bagi mereka yang tinggal di daerah metropolitan seperti Jakarta.

Menurut BukuWarung, agar Juragan dapat memanajemen pendapatan dengan mudah gunakanlah aplikasi BukuWarung dalam pencatatannya. Aplikasi BukuWarung dapat Juragan download di Playstore dan App Store dengan gratis.

BukuWarung membantu UMKM untuk memudahkan dalam pencatatan usahanya yang dulu dicatat secara manual melalui buku, kini seiring perkembangan zaman pembukuan usaha dapat dilakukan melalui handphone.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download