Download Gratis
Butuh bantuan?

Informasi Tentang QRIS

QRIS adalah salah satu istilah yang cukup sering didengar saat ini. QRIS sendiri hadir bersamaan dengan kemajuan teknologi digital sehingga penerapannya dapat memperingkas dan membuat proses transaksi menjadi lebih praktis dan cepat.

Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai QRIS, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Pengertian QRIS Adalah

QRIS merupakan istilah yang merupakan kepanjangan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Sesuai dengan namanya tersebut, QRIS ini telah kan oleh Bank Indonesia dengan tujuan memfasilitasi transaksi pembayaran di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut  QR Code merupakan kode yang bentuknya dua dimensi yang disediakan dari penyelenggara jasa sistem pembayaran atau PJSP.

Selanjutnya, PJSP ini hanya kepada merchant atau pedagang dan juga konsumen untuk transaksi pembayaran lewat metode pemindaian. Dengan kata lain pula, pembayaran bisa dilakukan secara nirsentuh.

Tampilan QRIS

Selanjutnya mengenai tampilan dari QR Code sendiri yaitu berbentuk kode dua dimensi dengan penanda 3 pola persegi di bagian sudut kiri bawah, sudut kanan atas dan sudut kiri atas.

Buat Toko Online Sendiri

Selain itu juga mempunyai modul berwarna hitam dengan bentuk persegi titik maupun piksel. QR Code ini mempunyai kemampuan untuk menyimpan data berubah simbol, alfanumerik dan juga karakter.

Saat ini, QR Code sudah tersedia di berbagai aplikasi seperti Ovo, Shopeepay, Gopay, LinkAja, Telkomsel, Dompetku, BCA Mobile dan masih banyak yang lainnya. QRIS BCA adalah salah satu contoh dari penggunaan QRIS yang bisa ditemukan.

Ketika pengguna menggunakan QR Code untuk pembayaran maka otomatis saldo yang ada secara otomatis akan terpotong ketika melakukan aktivitas pembayaran.

atur keuangan usaha

Adapun setiap penyedia PJSP yang akan menggunakan QR Code baik itu pihak asing maupun lokal diharuskan untuk memiliki izin dari Bank Indonesia dan diharuskan pula untuk menggunakan QR Code dengan logo QRIS.

Pengguna bisa melakukan transaksi pembayaran menggunakan QRIS lewat sumber dana yang berasal dari uang elektronik, kartu debit dan lainnya.

Baca juga : Apa itu Agen Brilink?

Kegunaan dan Manfaat QRIS

Hadirnya QRIS memang digadang-gadang mempunyai berbagai manfaat dalam hal transaksi. Terlebih lagi QRIS ini merupakan salah satu inovasi dalam dunia keuangan yang bisa memberikan manfaat baik itu bagi pekerjaan ataupun pebisnis dan juga konsumen. Beberapa manfaat QRIS bagi pedagang yaitu

atur keuangan usaha
  • Transaksi Menjadi Lebih Mudah

Hal ini dikarenakan pedagang ataupun merchant cukup menggunakan satu QR Code saja. Dengan begitu kegiatan ataupun aktivitas transaksi pembayaran bisa berjalan dengan cepat dan mudah.

  • Berpotensi meningkatkan jumlah produk yang akan terjual

Adanya QRIS memungkinkan bagi para pelanggan atau konsumen untuk memilih metode pembayaran digital dari walet yang dimilikinya masing-masing tanpa harus khawatir ketersediaan QR Code.

Alhasil hal ini bisa menjangkau sebagian besar konsumen. Bukan hanya terbatas pada mereka yang sering bertransaksi menggunakan uang tunai tetapi juga mereka yang sering menggunakan transaksi secara digital.

  • Diklaim lebih aman

Pembayaran lewat QR Code yang sudah memenuhi standar dari QRIS diklaim lebih aman sehingga bisa mencegah terjadinya tindak penipuan menggunakan uang palsu. Hal ini karena pembayaran akan dilakukan secara non tunai.

Dengan kata lain, pembayaran QRIS adalah pembayaran secara non tunai yang dijamin keamanannya oleh Bank Indonesia karena sudah distandarisasi.

  • Memudahkan registrasi menjadi merchant

Kemudahan juga bisa dirasakan dengan QRIS. Hal ini dikarenakan tidak diharuskannya melakukan pendaftaran satu-persatu ke lembaga perbankan maupun jasa layanan dompet digital e-wallet yang berbeda.

Hal yang perlu dilakukan hanya mendaftar pada QRIS. Setelah itu nantinya bisnis maupun toko akan dapat menerima pembayaran secara mudah.

  • Pengelolaan keuangan menjadi mudah

Manfaat berikutnya yang bisa dirasakan para pedagang atau mercon yang menggunakan QRIS adalah pengelolaan keuangan menjadi lebih mudah.

Hal tersebut dikarenakan seluruh riwayat transaksi yang ada di toko yang bersangkutan akan mudah untuk dipantau secara real time. Dengan begitu, manajemen keuangan di dalam bisnis menjadi lebih rapi.

Manfaat QRIS untuk Konsumen

Tidak hanya pedagang atau merchant yang bisa merasakan manfaat dari QRIS melainkan juga konsumen. Adapun beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh konsumen dari penggunaan QRIS yaitu transaksi menjadi cepat dan mudah.

Manfaat yang satu ini memang bukan rahasia lagi karena keberadaan QRIS dapat mempermudah dan mempercepat transaksi dengan metode cashless. Jika dibandingkan dengan metode menggunakan uang tunai, metode QRIS akan jauh lebih cepat.

Adapun yang harus dilakukan oleh konsumen atau pelanggan adalah menggunakan aplikasi yang ada di smartphone. Lebih lanjut, konsumen atau pelanggan juga tidak perlu menunggu uang kembalian.

Hal lain yang juga relevan dengan manfaat dari QRIS di situasi pandemi seperti saat ini adalah lebih higienis karena menghindari kontak secara langsung.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download