Download Gratis
Butuh bantuan?

Inspirasi Kisah Sukses Ir Ciputra

Tokoh inspiratif sangatlah banyak terlebih yang kaya raya. Mereka sering menjadi pembicara di berbagai acara untuk memotivasi masyarakat umum. Berbagai latar belakang dan penghargaan telah mereka terima semasa hidupnya.

Namun, pernahkah Juragan mendengar tentang kisah inspiratif  Ir Ciputra raja properti di Indonesia? Nah, kisahnya telah BukuWarung rangkumkan sebagai berikut ini.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Mengenal Sosok Inspiratif Ir Ciputra

Ir. Ciputra, siapa yang tidak mengenali pahlawan pembangunan ini? Pastinya semua orang mengenali beliau dan jasa-jasanya dalam membangun infrastruktur di Indonesia. 

Masa kecil hingga remaja Ciputra dihabiskan di Parigi, Sulawesi Tengah. Pada usia remaja beliau bersekolah di SMP & SMA Frater Don Bosco di Manado, Sulawesi Utara. Usai lulus SMA beliau melanjutkan studi di perguruan tinggi ITB dengan jurusan Arsitektur.

Ir. Ciputra merupakan seorang lulusan sarjana Teknik Arsitektur di Universitas Teknologi Bandung pada tahun 1960.  Ir. Ciputra menerima gelar doktor kehormatan dari Universitas Tarumanagara sebagai wujud kontribusi dan dedikasinya pada pengembangan properti Indonesia dengan semangat kewirausahaan visioner di tahun 2008.

Kisah Sukses Ir Ciputra

Ciputra mengawali karirnya setelah lulus kuliah dengan bekerja di Jaya Group, perusahaan milik pemda DKI Jakarta. Di sanalah beliau bekerja sampai usia 65 tahun yang pada puncak karirnya ditetapkan sebagai penasehat properti. 

Buat Toko Online Sendiri

Di perusahaan Jaya Group tersebut Ciputra diberikan kebebasan untuk berinovasi. Inovasinya yang sampai saat ini dapat kita nikmati adalah Taman Impian Ancol yang sangat populer di wilayah DKI Jakarta.

Ketika sedang bekerja di Jaya Group beliau dan kawan-kawannya mendirikan Metropolitan Group dengan fokus utamanya membangun kawasan mewah di Pondok Indah dan Bumi Serpong Damai. Kemudian, Ir.. Ciputra mendirikan perusahaan keluarga Ciputra Group yang sampai saat ini masih beroperasi.

Sebagai seorang pengusaha tentunya banyak sekali ujian yang dihadapinya salah satunya pada tahun 1997 terjadi krisis bisnis. Namun, berkat kepintarannya memimpin bisnis yang dimilikinya bangkit dan sampai dapat mengekspansi ke luar negeri.

atur keuangan usaha

Ciputra Group kini telah menjadi raksasa properti di Indonesia. Group Ciputra telah Go Public pada tahun 1994 dengan perusahaan induk bernama PT Ciputra Development Tbk.

Perusahaan ini memiliki bisnis inti di sektor real estate. Bisnis lainnya yaitu agen properti, kesehatan, asuransi, dan pendidikan. Ciputra Group juga berkomitmen untuk mencetak wirausahawan baru bagi Indonesia. Dibangunnya Universitas Ciputra adalah bentuk komitmen tersebut bagi Indonesia.

Mendengar namanya saja sudah bisa terbayang properti dan kesuksesannya. Semasa hidupnya beliau mengabdikan diri untuk pembangunan di Indonesia yang memiliki banyak sekali manfaatnya sampai sekarang ini. Beliau juga menerima banyak penghargaan dari dalam maupun luar negeri atas jasa-jasanya tersebut.

atur keuangan usaha

Sisi Lain Ir Ciputra

Ciputra juga dikenal sebagai orang yang dermawan. Menurutnya menjadi donatur merupakan seni kehidupan menjadi pengusaha. Beliau telah mendirikan berbagai yayasan sosial yang tersebar di seluruh Indonesia

Sepanjang hidupnya beliau banyak mendirikan organisasi yang salah satunya adalah Ikatan Arsitek Indonesia. Beliau juga salah satu pendiri dari Asia Pacific Real Estate yayasan (APREF).

Kisah sukses Ciputra ini tidak lain karena pemikirannya, yakni percaya bahwa pendidikan adalah kunci mengarungi masa depan bangsa. Beliau juga mendanai beberapa yayasan non-profit yang berdedikasi untuk memajukan pendidikan, olahraga, seni, dan bantuan bencana. Dalam 35 tahun terakhir beliau terlibat lebih dari 10 pembentukan lembaga pendidikan mulai dari TK sampai perguruan tinggi. 

Lembaga yang Dibantu Oleh Ir Ciputra

Selama masa hidupnya Ciputra dikenal sangat dermawan. Ciputra mendirikan yayasan dan membantu banyak yayasan di bidang pendidikan karena percaya kesuksesan berawal dari pendidikan. Berikut adalah yayasan yang dimiliki atau yang telah dibantu oleh Ciputra.

1. Sumbangan untuk Organisasi Seni

Perusahaan Ciputra memberikan sumbangan kepada Komunitas Salihara (KS), sebuah organisasi yang berfokus pada seni dan pertunjukan budaya. Diharapkan dengan adanya organisasi ini seni budaya yang ada di Indonesia akan tetap dapat dikenal sampai ke anak cucu.

2. Yayasan Ir. Ciputra

Yayasan ini resmi didirikan pada tahun 1986 sebagai organisasi non-profit. Yayasan ini bertujuan untuk menyediakan dana bagi pendidikan, seni, dan olahraga. 

3. Jaya Raya Foundation 

Ciputra mendirikan yayasan Jaya Raya Foundation yang bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta. Yayasan ini membantu atlet untuk berkembang dengan beberapa nama yang telah sukses dididik seperti Susi Susanti, Mia Audina, Finarsih, Bambang Suprianto.

4. Indonesia Heritage Foundation

Yayasan ini didirikan karena melihat sistem pendidikan di Indonesia yang berfokus pada akademik dibandingkan softskill. Yayasan ini mendesak para siswa untuk dapat mengembangkan soft skill mereka di masa depannya.

Program ini diterapkan ke semua TK, dan SD yang terletak di daerah Cimanggis, Cisalak, dan Bogor, Jawa Barat.

5. Yayasan Prasetia Mulya

Yayasan ini diketuai oleh Ciputra dan didirikan pada tahun 1980 dengan tujuan untuk membantu mahasiswa pasca-sarjana berkembang. Setiap tahunnya, yayasan ini memberikan bantuan kepada 120 mahasiswa, serta memberikan pelatihan dan modal keuangan untuk 1.000 pengusaha kecil dan anggota koperasi.

6. Yayasan Tarumanegara

Yayasan ini bertujuan untuk membantu pendidikan tersier, dan bertanggung jawab untuk pengembangan di Universitas Tarumanegara. Saat ini Universitas Tarumanegara memiliki mahasiswa lebih dari 17.000 dengan 2.200 diantaranya wisuda setiap tahunnya.

7. Yayasan Don Bosco

Yayasan ini bertujuan untuk membantu lulusan masa depan dengan penciptaan fasilitas TK, SD, SMP, SMA. 

8. Yayasan Pendidikan Jaya

Tujuan dari yayasan ini adalah untuk menghasilkan siswa yang fasih berbahasa asing agar karirnya cemerlang di pasar global. 

9. Yayasan Dana Gotong Royong Kemanusiaan

Yayasan ini diprakarsai oleh ibu Tien Soeharto pada tahun 1986 untuk membantu korban bencana alam melalui penyediaan makanan, obat-obatan, pakaian, bangunan, dan benih. Lebih dari 27 provinsi di Indonesia yang telah terbantu oleh yayasan ini.

Keteladanan yang Bisa Dipetik dari Kisah Hidup Ir Ciputra

Sungguh banyak kisah menarik dan inspiratif yang didapatkan dari Ir Ciputra. Beliau adalah orang yang dermawan khususnya di bidang pendidikan. Hal yang perlu dipetik dari kisah suksesnya adalah tetap membantu orang lain dan tidak pelit harta walaupun telah memiliki segalanya. 

Ciputra telah menginspirasi banyak orang melalui karyanya dan sikapnya terhadap bangsa Indonesia. Diharapkan makin banyak yang terinspirasi oleh sikap beliau.

Nah, itulah kisah inspiratif dari Ir Ciputra yang bisa kita teladani. Kesuksesan bukanlah perkara uang yang banyak tetapi, lebih dari itu bisa membantu sesama manusia merupakan sebuah kesuksesan. 

Walaupun Ciputra memiliki banyak harta, beliau tidak gila karenanya dan tidak sombong. Beliau menginginkan agar Indonesia memiliki lebih banyak pengusaha yang dapat membantu masa depan Indonesia. 

Oleh karena itu, beliau mendirikan berbagai yayasan non-profit di bidang seni, olahraga, pendidikan. Juragan dapat melihat bukti nyata dari kedermawanan Ciputra dengan mendatangi Universitas Ciputra.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download