Download Gratis
Butuh bantuan?

7 Tokoh Entrepreneur Internasional Yang Menginspirasi

Siapapun ingin menjadi sukses secara materi, meskipun bukan segalanya, tapi segala sesuatu membutuhkan materi agar punya nilai. Tokoh entrepreneur internasional tidak lahir dari cara instan, mereka tumbuh dari tantangan hidup dan membuktikan pada dunia bahwa berhasil survive dengan kondisi itu.

Inovasi, kreativitas dan keinginan terus belajar merupakan pondasi awal untuk menjadi sukses, terutama dalam hal berbisnis. Juragan yang ingin menjadi pebisnis wajib membekali diri dengan ilmu dan tidak lupa berkaca pada tokoh entrepreneur yang sudah punya pengaruh besar bagi dunia.

Buat Toko Online Sendiri

Dalam artikel ini, Juragan akan dituntun untuk melirik daftar tokoh entrepreneur berhasil di kancah internasional, beberapa ide bisnis yang sedang hits, serta tips memulai bisnis bagi pemula.

7 Tokoh Entrepreneur Internasional

Entrepreneur sendiri bermakna suatu individu yang mampu menciptakan bisnis melalui kreativitas cara berpikir (ide) dan cara untuk mengusahakannya (strategi). Tahukan Juragan, jika mayoritas orang-orang kaya di dunia, kebanyakan adalah seorang entrepreneur? Ebagai inspirasi, berikut daftarnya:

1. John Lee

john lee
ikew.org

Diposisi pertama ada seorang penulis buku Wealth Dragon Way bernama John Lee. Sukses menjadi penulis buku dan mulai berinvestasi property di awal usia 20-an, John Lee mengepakkan sayap usaha dengan mendirikan Wealth Dragons Group PLC sebagai CEO (Chief Executive Officer).

Wealth Dragons merupakan platform e-learning terbesar bagi pengusaha bisnis di seluruh dunia. John Lee pun memiliki 1,6 juta pengikut di sosial media Instagram dam sekitar 58 ribu subscribers (per Juni 2020) di Youtube.Reputasinya kian meningkat tatkala dipercaya menjadi pembicara kelas dunia setara dengan Bill Clinton, Alan Sugar, Jack Welch, Randi Zuckerberg dan Richard Branson.

2. Dan Lok

tokoh entrepreneur
danlok.com

Pengusaha berdarah China-Canada ini sempat memproklamirkan siri sebagai “King of High-Ticket Sales” dengan berbagai lini bisnis, diantaranya konsultas bisnis, pembicara hingga pakar real estate. Kepiawaiannya diteruskan dalam karya tulis berbentuk buku yang berhasil diterbitkan, salah satunya F.U Money, Influence and Unlock It! laris di pasaran.

Followers Instagram Dan Lok mencapai 1,7 juta dan 2,78 juta subscribers di Youtube. Perjalanan bisnis yang penuh tantangan, membuat Dan Lok dihoramti di dunia digital marketing

3. Tai Lopez

tokoh entrepreneur internasional
diajengsekar.com

Entrepreneur Tai Lopez bergerak di bidang investasi, mitra dan penasihat di lebih dari 20 bisnis bernilai juataan dollar. Bukunya berjudul “Podcast” laku dipasaran karena berisikan cara balancing-life mencapai kesehatan, kekayaan, cinta dan kebahagiaan. Memiliki followers 2,9 juta di Instagram dan 1,3 juta subs di Youtube membuatnya terus berkaya dan berbagi ilmu bagi pebisnis muda.

4. Grant Cardone

Grant Cardone
grow.acorns.com

Selanjutnya ada Grand Cardone yang sempat dinobatkan sebagai satu dari 25 influencer pemasaran yang banyak ditonton pada tahun 2017 oleh majalah Forbes. Cardone banyak muncul di berbagai acara, seperti Fox News, Fox Business, CNBC dan MSNBC sebagai tamu dan komentator.

Cardone memiliki 2,9 juta pengikut di Instagram dan 1,3 juta subs di Youtube. Tidak sampai situ, Cardone University merupakan pelatihan penjualan online lebih dari 50 juta pengguna dan 7 perusahaan swasta merupakan usaha yang dibangun oleh Cardone.

5. Gary Vaynerchuk

Garvy Vanynerchuk
insider.com

Gary Vee terkenal di kalangan pebisnis muda karena berhasil menarik perhatian dunia. Menjadi entrepreneur sukses, pembicara publik dan penulis lima buku terlaris di New York Times, membuat pamornya lebih dikenal hingga saat ini.

Gary Vee berhasil mendirikan perusahaan holding media dan komunikasi modern bernama VaynaverMedia, agen periklanan global menyediakan layanan klien Fortune 100 di 4 lokasi perusahaan, Selain menjadi CEO, Gary merupakan investor dengan investasi awal di bebrapa perusahaan ternama dunia, speerti Facebookm Twitter, Tumblr, Uber dan Venmo.

6. Elon Musk

elon musk
theverge.com

Siapa yang tidak pernah mendengan nama Elon Musk? CEO Tesla yang menggemparkan jagat dunia bisnis dan dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia pada tahun ini (2021). Selain menjadi CEO di Tesla, Elon menduduki posisi yang sama di SpaceX dan Neuralink.

Jenis bisnis yang banyak digeluti yakni bidang teknologi, otomotif, neuroteknologi dan transportasi luar angkasa. Diperkirakan kekayaan Elon Musk mencapai 24,1 milyar USD atau setara dengan Rp337,4 triliun. Nominal yang sangat fantastis, hingga tak heran jika gelar orang terkaya dunia berhasil direbutnya.

7. Jeff Bezos

Jeff Bezos
gratyo.com

Berdasarkan data Bloomberg Bilionaires Index di tahun 2021 bulan Oktober ini, kekayaan Bezos mencapai 202 miliyar dollar AS. Angka yang lebih fantastis dibandingkan Elon Musk, sehingga membuat keduanya sama-sama punya posisi terkuat menjadi orang terkaya dunia.

Jeff Bezos mendirikan Amazon pada tahu 1994 dan memulai karir di Fitel, sebuah start up bidang telekomunikasi finansial dan berpindah ke Banker Trust, kemudian perusahaan investasi DE Shaw & Co.

Sukses dengan Amazon, Bezos melakukan ekspansi ke beberapa sector bisnis besar, seperti Blue Origin yang ebrbasis di luar angkasa pada tahun 2000. Bahkan ia membeli The Washington Post di tahun 2013 senilai 250 juta dollar AS.

Tips Mulai Bisnis Bagi Entrepreneur Muda

Mendengar kisah sukses dari tokoh intrepreneur di seluruh dunia, membuat pebisnis semakin mantab melangkahkan kaki memulai usaha. Juragan yang tertarik menjadi entrepreneur bisa menyimak tips berikut:

Berani Mulai

Tidak sekedar angan-angan, Juragan perlu realisasikan ide bisnis dengan berani memulai. Poin yang terpenting sebelum memulai hanya perencanaan bisnis yang matang dan seberapa cerdas me-maintain modal yang dimiliki.

Bisnis Sesuai Passion

Pastikan bisnis yang akan digeluti tidak jauh dari passion diri, karena dengan melakukan sesuatu yang Juragan sukai dan expert di bidang tersebut, tentu hasilnya akan lebih maksimal. Maka, jangan asal berbisnis, telaah peluang bisnis dan risiko jika bisnis tersebut tidak terlalu dikuasai.

Produk Punya Value

Lakukan riset pasar untuk menentukan jenis produk yang punya value, seperti nilai guna tinggi dan banyak dicari oleh konsumen sebagai sarana kebutuhan dibandingkan keinginan. Dengan begitu, bisnis Juragan akan lebih dicari karena dapat memenuhi kebutuhan penunjang hidup merkea.

Pelajari Layanan Pelanggan

Hal terpenting lainnya yang tidak boleh diabaikan adalah bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik dan tepat bagi pelanggan. Sebagus dan seberkualitas apapun produk Juragan jika tidak mempertimbangan kepuasan pelanggan, hanya akan sia-sia,

Buat Strategi Bisnis

Cara membuat strategi bisnis membutuhkan kreativitas dengan cara observasi pasar terlebih dahulu. Jika juragan bingung ingin menjual produk apa, coba metode amati, tiru dan modifikasi. Poin yang ditekankan bukan meniru, melainkan menjadikan produk tersebut referensi untuk segera dikembangkan dengan versi lebih baik.

Strategi bukan hanya soal produk dan pasar, tetapi juga strategi keuangan. Tokoh entrepreneur internasional pun pasti sudah meninggalkan cara konvesional atau manual dalam mencatat keuangan bisnis, dengan alasan lebih akurat dan sistematis. Berkaca dari mereka, Juragan juga bisa mencotoh satu cara mengembangkan bisnis, yakni menggunakan aplikasi pencatat keuangan seperti di BukuWarung.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download