Download Gratis
Butuh bantuan?

Daftar Isi Artikel

Toko agen adalah salah satu bentuk usaha dimana kamu berperan sebagai agen yang mendapatkan barang atau produk dari distributor dan kemudian kamu pasarkan kembali, biasanya tipe pelanggannya berfokus kepada toko retail atau reseller.

Usaha ini tergolong familiar di masyarakat luas, dimana kamu dapat memulainya dari rumah atau jika sudah memiliki toko sendiri.  

Umumnya, cakupan dari usaha Toko Agen tidak terlalu luas dan produk yang dijual tidak sebanyak distributor, namun peluang untuk mendapatkan keuntungan sangat besar terlebih jika target pelanggan kamu belum tersentuh oleh distributor atau pelanggan yang cenderung melakukan pembelian dengan jumlah yang lebih sedikit.

Cara Jadi Juragan Toko Agen Dengan Modal Kecil

Selain keuntungan tersebut, berikut dibawah ini rangkuman tips menjalankan usaha Toko Agen dengan modal kecil.

1. Ketahui tren Toko Retail atau Reseller setempat sebagai Pelanggan kamu

Cara yang dapat dilakukan ialah dengan melihat sekitar lingkungan usaha toko agen kamu, berapa banyak toko retail maupun reseller yang ada dan apakah masyarakat sekitar sering berbelanja ke toko-toko mereka.

Semakin banyak toko retail atau reseller yang ada maka akan membantu kamu memperluas koneksi dan potensi bekerja sama dengan mereka dimana kamu sebagai pihak agen menyalurkan kebutuhan barang atau produk.

Faktor lokasi dan pendistribusian yang cepat juga dapat mempermudah operasional usaha ketika kamu bisa menjadi toko agen terdekat bagi toko retail tersebut.

2. Menentukan Barang yang akan dijual

Sederhananya, setelah mengetahui tren toko retail atau reseller setempat dan mengamati barang apa saja yang biasa mereka jual, kamu sudah bisa mulai menyetok jenis barang dan jumlahnya.

Semisal jika kamu mau menjadi toko agen sembako, maka kamu harus menyediakan barang grosir untuk kebutuhan sehari-hari yang biasa berhubungan dengan urusan dapur seperti beras, minyak goreng, telur, dan lainnya, serta peralatan pendukung untuk rumah lainnya.

Contoh lainnya jika kamu mau membuka toko agen pulsa, produk yang perlu kamu stok yaitu berupa produk-produk digital.

3. Kerjasama dengan Distributor Terpercaya dan yang menguntungkan kamu

Untuk mendapatkan barang grosir maka langkah selanjutnya ialah kamu perlu menghubungi distributor grosir yang dapat memenuhi permintaan barang-barang yang kamu inginkan.

Agar tidak salah memilih dan memulai kerjasama dengan distributor, beberapa hal yang harus kamu telusuri diantaranya penilaian layanan dari pembeli sebelumnya untuk mengukur kredibilitas, mengecek kualitas barang secara berkala, dan melihat konsistensi dan ketepatan waktu saat distribusi barang.  

Jika kamu terus mendapatkan barang grosir dan menjaga hubungan baik distributor yang terpercaya, kemungkinan kamu juga bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah.

4. Buat Desain Toko Agen Sederhana

Desain toko agen dapat menyesuaikan dengan jenis usaha kamu. Untuk membuka toko agen sembako, hal yang pertama kamu perhatikan adalah kerapian area toko agen dari mulai tampilan depan hingga ruangan gudang penyimpanan barang grosir.

Untuk tampilan depan toko agen, kamu bisa menggunakan rak kayu dan menata contoh barang atau produk yang dijual seperti di minimarket. 

5. Kelola Keuangan dan Jaga Cashflow Usaha dengan Baik

Ketika memulai usaha toko agen, pastikan kamu menyesuaikan dengan modal awal dan jangan mengambil barang dengan jumlah yang besar selama kamu mempunyai cashflow usaha yang baik. 

Pihak distributor atau sales yang datang akan bisa menilai apakah toko kamu layak mendapatkan kepercayaan dari mereka terutama ketika dihadapkan dengan penagihan invoice atas distribusi barang.

Jika kepercayaan sudah terbangun, selanjutnya kamu bisa saja mengajukan kredit limit yang dapat menyesuaikan dengan keadaan cashflow dan perencanaan usaha toko agen kamu kedepan. Selain itu, BukuWarung memiliki program Solusi Modal Usaha yang dapat membantu kamu untuk memulai atau membantu usaha toko agen.

6. Menjaga Hubungan dengan Pelanggan

Pelanggan kamu yang mempunyai latar belakang yang sama sebagai pelaku usaha atau pemahaman yang saat ini dikenal dengan business-to-business (B2B), rasa saling menghargai jadi hal yang paling penting.

Sama dengan hubungan antara penjual dan konsumen, kamu perlu melayani permintaan barang atau produk dengan baik dan ramah, serta dapat menjamin kualitas barang yang kamu distribusi secara konsisten.

7. Kasih Penawaran Promo atau Kredit kepada Pelanggan

Untuk menarik minat, usahakan harga barang di toko agen kamu dapat bersaing atau bahkan sedikit lebih murah dibandingkan agen lainnya sebagai kompetitor. 

Karena calon pelanggan akan terus mencari cara untuk bisa mendapatkan harga yang rendah, sehingga jangan sampai mereka mengurungkan niat berbelanja di toko kamu.

Jika toko agen sudah berjalan cukup lama dan punya cashflow yang positif, cara lainnya ialah kamu memberikan opsi kredit kepada toko retail atau reseller sebagai calon pelanggan kamu, namun tentunya dengan syarat yang bisa kamu tentukan.

Demikianlah tips solusi sukses untuk usaha Toko Agen dengan modal kecil. Juragan dapat memanfaatkan BukuWarung sebagai aplikasi keuangan UMKM yang lengkap, yang menyediakan layanan pembayaran secara praktis gak pake lama dengan keamanan terjamin, Alat pembayaran QRIS, pencatatan keuangan usaha, penyediaan program Solusi Modal Usaha dengan biaya admin yang rendah dan proses pengajuan yang cepat, hingga Fitur Talangin Dulu dengan jumlah saldo atau kredit sesuai pilihan dan bisa pilih tenggat waktu yang tersedia.

Ayo Kembangkan Usaha Toko Agen Kamu Di BukuWarung!

Ayo Kembangkan Usaha Toko Agen Juragan Di BukuWarung!

Temukan artikel terkait inspirasi usaha Toko Agen dibawah ini

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download

Hubungi CS bukuwarung