Download Gratis
Butuh bantuan?

Juragan, Begini 3 Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menawarkan bantuan subsidi listrik untuk kelompok masyarakat menengah ke bawah. Bantuan ini diberikan dalam rangka meringankan beban kelompok masyarakat kurang mampu selama pandemi Covid-19. Tak dimungkiri bahwa pandemi Covid-19 membuat kelompok masyarakat kurang mampu kesulitan membayar listrik. Oleh karena itu, pemerintah memberikan kompensasi token listrik sejak April 2020. Lalu, bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis 2022?

Periode subsidi listrik

Program stimulus listrik yang dikucurkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat kelompok menengah ke bawah dimulai pada April 2020. Kala itu, pandemi Covid-19 memengaruhi kehidupan masyarakat, di mana banyak yang berhenti bekerja sementara waktu atau bahkan kehilangan pekerjaannya.

Alhasil, pemerintah memberikan bantuan berupa stimulus listrik yang diyakini akan sangat membantu meringankan beban kelompok kurang mampu dan rentan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Di samping itu, tawaran token listrik gratis pada masyarakat selama pandemi kemarin adalah langkah konkret PLN dalam pemulihan ekonomi nasional.

Sudah dimulai sejak April 2020, bagaimana cara mendapatkan token listrik gratis 2022? Apakah masih berlaku dan bisa didapatkan? Kabar baiknya, token listrik gratis 2022 masih bisa Juragan dapatkan.

Periode subsidi listrik dari pemerintah dan PLN ini untungnya selalu diperpanjang, alhasil Juragan masih bisa mendapatkannya pada 2022 ini. Juragan yang merupakan pelanggan listrik subsidi, sampai saat ini masih bisa dapat subsidi listrik PLN tahun 2022. Setiap mengisi token listrik, maka Juragan akan mendapatkan voucher tambahan dari subsidi dua kali lipat. 

Baca Juga: Cara Mengisi Token Listrik

Buat Toko Online Sendiri

Besaran subsidi listrik yang diberikan

Berdasarkan keputusan pemerintah, besaran subsidi listrik yang diberikan sudah diatur pada sebuah ketentuan. Ini berarti, subsidi listrik gratis yang bisa Juragan dapatkan sudah ada ketentuannya. Juragan tidak bisa menggunakan subsidi yang memang bukan jadi hak Juragan. Ketentuan besaran subsidi listrik ini pun telah disesuaikan dengan kondisi pengguna. Jumlah daya listrik tiap rumah jadi tolok ukur utama pemberian subsidi listrik gratis ini.

  • Diskon 100 persen

Pertama, ada diskon 100 persen yang diberikan kepada pelanggan listrik PLN. Subsidi 100 persen ini adalah diskon paling besar yang bisa Juragan dapatkan. Dengan adanya diskon 100 persen, maka Juragan bisa mendapatkan listrik gratis tanpa bayar. Namun, ada persyaratan khusus sebagai cara mendapatkan token listrik gratis dengan subsidi 100 persen ini.

Diskon listrik 100 persen diberikan kepada Juragan yang merupakan pelanggan listrik pascabayar dan prabayar. Pelanggan pascabayar yang berhak mendapatkan diskon listrik 100 persen ini adalah kategori rumah tangga daya 450 VA, industri kecil daya 450 VA, dan bisnis kecil daya 450 VA. Sementara itu, untuk pelanggan prabayar akan mendapatkan token diskon 100 persen setiap bulannya yang besarannya sama seperti sebelumnya.

atur keuangan usaha
  • Diskon 50 persen

Selain diskon 100 persen yang diberikan kepada pelangga pascabayar dan prabayar, ada pula diskon 50 persen untuk para Juragan. Diskon 50 persen ini dikucurkan oleh pemerintah untuk membantu pelanggan listrik PLN kelompok tertentu. Berbeda dari diskon 100 persen, diskon 50 persen ini artinya Juragan tidak mendapatkan listrik sepenuhnya gratis, namun masih harus membayar separuhnya. 

Diskon 50 persen diberikan kepada Juragan yang merupakan golongan pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi pascabayar. Ini berarti, ketika Juragan membayar tagihan listrik, akan otomatis mendapatkan diskon separuh harga. Kemudian untuk pelanggan prabayar, diskon 50 persen ini akan langsung didapat ketika Juragan membeli token (harga belum termasuk PPJ).

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik

atur keuangan usaha

Siapa yang bisa menikmati subsidi listrik?

Photo Credit: Snapwire via Pexels

Juragan, tidak semua pelanggan PLN berhak mendapatkan token listrik gratis 2022. Hanya pelanggan tertentu yang akan bisa menikmati subsidi listrik ini. Adapun pelanggan yang berhak mendapatkan token listrik gratis adalah:

  • Subsidi diskon tarif listrik

Subsidi diskon tarif listrik diberikan kepada pelanggan yang merupakan golongan rumah tangga daya 450 VA (R1/TR 450 VA), bisnis kecil daya 450 VA (B1/TR 450 VA), dan industri kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA). Untuk pelanggan reguler pasca bayar akan mendapatkan diskon sebesar 50 persen, sedangkan pelanggan prabayar menerima diskon pembelian token 50 persen. 

Sementara itu, pelanggan golongan rumah tangga yang memiliki daya listrik 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA) akan mendapatkan diskon 25 persen. Pelanggan reguler pasca bayar mendapatkan diskon sebesar 35 persen dan prabayar menerima diskon pembelian token sebesar 25 persen. 

  • Subsidi bebas biaya abonemen 50 persen

Subsidi bebas biaya abonemen 50 persen bisa dinikmati untuk pelanggan PLN golongan sosial dengan daya 900 VA, 450 VA, dan 220 VA atau (s-2/900VA, s-2/450VA, dan s-1/220 VA). Subsidi 50 persen ini juga bisa digunakan oleh pelanggan golongan bisnis daya 900 VA atau B-1/900 VA. Tak ketinggalan pelanggan golongan industri daya 900 VA (I-1/900 VA) juga bisa menikmati potongan harga token listrik sebesar 50 persen ini. 

  • Subsidi bebas rekening minimum 50 persen

Program subsidi lain yang dikucurkan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat terdampak pandemi Covid-19 adalah bebas rekening minimun 50 persen. Golongan pelanggan yang bisa menikmati subsidi bebas rekening minimum 50 persen ini di antaranya adalah yang pemakaian energi listrik di bawah ketentuan rekening minimum (40 jam menyala):

  • Pelanggan golongan industri daya 1300 VA ke atas atau I-1/13000 VA sampai dengan I-4/> 30.000 kVA ke atas.
  • Pelanggan golongan bisnis data 1300 BA ke atas atau B-1/1300 VA sampai dengan B-3/> 200 kVA.
  • Pelanggan golongan sosial daya 1300 VA ke atas atau S-2/1300 VA sampai dengan S-3/> 200 kVA.

Baca Juga: Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

3 Cara mendapatkan token listrik gratis

Ada tiga cara mendapatkan token listrik gratis 2022 untuk Juragan. Cara tersebut di antaranya adalah melalui website resmi PLN, aplikasi PLN Mobile, dan WhatsApp. Juragan perlu tahu bahwa website PLN yang bisa digunakan untuk mendapatkan token gratis 2022 adalah www.pln.co.id. Berikut informasi lengkap cara mendapatkan token listrik gratis.

1. Melalui website resmi PLN

  • Untuk mendapatkan token listrik gratis, Juragan bisa membuka website resmi PLN, yakni www.portal.pln.co.id. Bisa juga lewat www.pln.co.id gratis token.
  • Pilih menu Stimulus Covid-19 atau Token Gratis/Diskon.
  • Masukkan ID Pelanggan Juragan atau bisa juga pakai nomor KTP, lalu nama lengkap, alamat rumah, dan Nomor Meter atau yang biasa disebut juga sebagai kode captcha.
  • Token Gratis akan dimunculkan di layar.
  • Masukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

2. Melalui aplikasi PLN Mobile

  • Selain lewat www.pln.co.id gratis token, Juragan bisa pula mendapatkannya lewat aplikasi PLN Mobile. Unduh aplikasi PLN Mobile dari PlayStore atau AppStore.
  • Buka aplikasi PLN Mobile, lalu klik pilihan “PLN Peduli Covid-19” yang tertera pada bagian Info & Promo.
  • Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter Juragan untuk memunculkan token gratis.
  • Masukkan token gratis yang sudah muncul pada layar itu ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

3. Melalui WhatsApp

  • Cara mendapatkan token listrik gratis di PLN yang terakhir adalah lewat WhatsApp. 
  • Buka aplikasi WhatsApp dan kirim pesan ke nomor 08122-123-123. Ikuti petunjuk yang muncul pada ruang obrolan WhatsApp.
  • Saat ada petunjuk untuk memasukkan ID Pelanggan, maka masukkan ID Pelanggan Juragan dengan tepat.
  • Setelah memasukkan ID Pelanggan, token gratis akan otomatis muncul.
  • Masukkan token gratis ini ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Nah, Juragan, itulah cara mendapatkan token listrik gratis 2022. Juragan bisa cek lewat website PLN, aplikasi PLN Mobile, hingga chat WhatsApp ke nomor PLN. Informasi tadi juga bisa Juragan pakai untuk melayani pelanggan konter yang menanyakan perihal subsidi listrik. Pastikan pula jika Juragan punya bisnis konter token listrik, gunakan aplikasi BukuWarung untuk pembukuan konter pulsa. Catat segala transaksi, termasuk utang pelanggan dengan aplikasi BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download