Download Gratis
Butuh bantuan?

Juragan Bisnis, Pahami Syarat dan Cara Daftar Shopee Affiliate!

Juragan, sudahkah kamu mengetahui cara daftar Shopee Affiliate? Affiliate atau afiliasi merupakan salah satu teknik marketing. Dalam teknik marketing tersebut, perusahaan akan memberikan sejumlah komisi kepada pihak yang berhasil menjual produk mereka. Sekarang ini, sudah ada banyak sekali perusahaan yang menawarkan program afiliasi ini. Salah satunya raksasa e-commerce, Shopee.

Shopee menawarkan komisi kepada para penggunanya melalui Shopee Affiliates Program. Siapa pun bisa mengikuti program tersebut asalkan sudah terdaftar sebagai pengguna aplikasi Shopee. Tertarik? Yuk, simak penjelasan tentang cara daftar Shopee Affiliate Program berikut ini!

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Apa itu Shopee Affiliate Program?

Shopee Affiliate Program adalah program afiliasi dari e-commerce asal Singapura, Shopee. Dalam program tersebut, pengguna aplikasi bisa mendapatkan sejumlah komisi jika berhasil menjual produk yang sudah ditentukan. Seluruh pengguna berhak mengikuti Shopee Affiliate Program asalkan akun Shopee mereka masih aktif.

Program ini menarik untuk diikuti karena komisi yang diberikan lumayan. Selain itu, produk yang bisa ditawarkan pun sangat variatif. Itu berarti, kamu punya peluang besar untuk mendapatkan pembeli. Selain itu, cara daftar Shopee Affiliate juga tidak sulit. Kamu bahkan hanya memerlukan akun Shopee yang aktif, gadget yang masih berfungsi, dan koneksi internet yang lancar.

Nah, cara daftar Shopee Affiliate akan dibahas secara rinci dalam poin selanjutnya. Stay tune, ya!

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Usaha Kecil

Buat Toko Online Sendiri

Cara daftar Shopee Affiliate Program

cara bergabung di shopee affiliate
cara bergabung di shopee affiliate

Photo Credit: Shopee

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, cara daftar Shopee Affiliates Program tidaklah sulit. Juragan cukup menyediakan smartphone serta koneksi internet. Setelah itu, kamu bisa langsung mengikuti instruksi berikut ini:

atur keuangan usaha
  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi Shopee. Kemudian, masuk ke menu Shopee Affiliates Program yang ada di halaman awal. Jika tidak ada, ketikkan “Shopee Affiliates Program” pada kolom pencarian.
  2. Pada halaman Shopee Affiliates Program, klik “Daftar di Sini”.
  3. Setelah itu, isikan informasi yang diperlukan, yaitu nama, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Jangan lupa juga untuk memilih tipe akun yang sesuai (tersedia dua opsi: Individu dan Perusahaan).
  4. Lanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu Informasi Media. Di tahap ini, kamu akan diminta untuk mencantumkan link media sosial (bisa lebih dari satu). Pilih kategori yang sesuai serta tipe kemitraan. Sistem juga menanyakan bagaimana kamu mengetahui Shopee Affiliates Program. Jika mengetahui dari Affiliates Team Leader, cantumkan kodenya.
  5. Apabila semua informasi telah terisi, ceklis kotak pernyataan kebenaran informasi dan persetujuan persyaratan. Setelah itu, klik tombol Kirim.
  6. Tim Shopee Affiliates Program akan melakukan verifikasi. Proses verifikasi akan makan waktu paling lama tiga hari kerja. Kamu akan mendapatkan email konfirmasi jika pendaftaran berhasil.
  7. Setelah menerima email konfirmasi, kamu bisa langsung membuat konten untuk program afiliasi dengan mencantumkan link produk Shopee.
  8. Untuk setiap produk terjual, kamu akan mendapatkan komisi.

Itu dia cara daftar Shopee Affiliate dari tahap pertama hingga akhir. Pastikan tidak ada tahapan yang terlewat agar kamu bisa segera mendapatkan penghasilan dari program afiliasi ini, ya!

Syarat utama daftar Shopee Affiliates Program

Mengikuti cara daftar Shopee Affiliate di atas tidak akan ada artinya jika kamu tidak memenuhi persyaratan dari Shopee. Tidak perlu khawatir, syarat yang diberikan tidak sulit, kok! Berikut ini berbagai syarat utamanya, Juragan:

atur keuangan usaha
  • Untuk bisa mengikuti Shopee Affiliates Program, pastikan memiliki akun Shopee yang masih aktif. Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung mendaftarkan diri. Berbeda dengan program kemitraan Shopee lain seperti Shopee Influencers atau Shopee Partners, program afiliasi ini tidak memiliki ketentuan jumlah followers media sosial.
  • Jenis media sosial yang diterima pun beragam. Kamu bisa berpromosi di YouTube, TikTok, Instagram, Twitter, bahkan Facebook. Konten yang dibuat pun tidak terbatas jenisnya, boleh berupa tulisan blog, foto, bahkan konten video.
  • Syarat daftar Shopee Affiliate selanjutnya adalah jenis akun media sosial yang digunakan. Pastikan akun media sosial kamu aktif dan terbuka untuk umum. Selain itu, akun media sosial dan akun Shopee juga harus merupakan akun pribadi (bukan akun toko).

Keuntungan bergabung dengan Shopee Affiliate

Mengetahui cara daftar Shopee Affiliates Program tidak akan lengkap tanpa mengetahui benefit yang akan didapat nantinya. Tenang saja, ulasan ini juga membahas perihal tersebut.

Keuntungan yang didapatkan dari Shopee Affiliates Program berupa komisi untuk setiap produk yang berhasil dijual melalui link afiliasi. Untuk setiap pembelian dari pengguna lama Shopee, kamu akan mendapatkan komisi sebesar 2.5% dari harga produk (maksimal Rp10.000). Sedangkan untuk tiap pembelian dari pengguna baru Shopee, kamu berhak atas komisi sebesar 10% harga produk (maksimal Rp10.000).

Katakanlah kamu menjual produk vitamin kepada dua pengguna; satu merupakan pengguna lama Shopee dan lainnya merupakan pengguna baru. Produk vitamin tersebut laku terjual dengan harga Rp100.000. Maka, komisi yang akan kamu dapatkan adalah Rp2.500 dari pengguna lama dan Rp10.000 dari pengguna baru.

Tiap komisi yang kamu dapatkan bisa dicairkan asal sudah mencapai jumlah minimum, yaitu Rp10.000. Waktu pencairan komisi ada jadwalnya tersendiri. Jadwal tersebut ditentukan oleh Shopee. Untuk saat ini, jadwal pembayaran komisi Shopee Affiliates Program adalah tiap minggu pertama dan ketiga tiap bulannya,

Baca Juga: Ini Dia, Tips Ampuh untuk Bisa Jadi Star Seller di Shopee!

Mekanisme Shopee Affiliates Program

Mekanisme Shopee Affiliates Program sebenarnya tidak terlalu rumit. Setelah kamu terkonfirmasi sebagai bagian dari program afiliasi, maka bisa langsung mulai menawarkan produk dengan link yang sudah disediakan oleh Shopee.

Pilihan produk yang ditawarkan pun sangat beragam. Kamu dapat memilih produk yang kiranya bisa dipromosikan dengan mudah di lingkungan sekitarmu. Pastikan saja produk tersebut dijual oleh akun Shopee Mall, Star+, dan Star. Pengguna juga tidak diperbolehkan untuk memilih produk rokok, vape, obat-obatan terlarang, dan barang palsu.

Tinggal salin link produk yang sudah disediakan Shopee (biasanya berformat shp.ee). Kemudian, cantumkan link tersebut pada konten yang akan kamu buat. Terakhir, upload konten tersebut di media sosialmu. Jika ada orang yang mengeklik tautan tersebut dan melakukan pembelian, otomatis kamu akan mendapatkan komisi dari Shopee.

Kelas onboarding affiliates gratis

kelas on boarding shopee affiliate
kelas on boarding shopee affiliate

Photo Credit: Shopee

Untuk kamu yang tertarik mengikuti Shopee Affiliates Program tapi masih merasa ragu, bisa coba mengikuti Kelas Onboarding Affiliates. Kelas online tersebut merupakan program gratis dari Shopee untuk memperkenalkan Shopee Affiliates Program.

Dalam kelas online tersebut, kamu akan diajak untuk mengetahui seluk beluk Shopee Affiliates Program. Mulai dari cara daftar Shopee Affiliate, mekanisme pembayaran komisi, tips dan trik untuk menarik pembeli, hingga cerita sukses dari para pengguna yang sudah lebih dulu join program afiliasi Shopee. Kelas berdurasi satu jam tersebut bisa diikuti dengan gratis. Kamu cukup mengisi form Pendaftaran Kelas Pengenalan Shopee Affiliates Program.

Baca Juga: Siapa Bilang Mahasiswa Nggak Bisa Cuan? Kamu Juga Bisa Untung Besar Kok dengan Bisnis Berikut Ini!

Nah, itu dia pembahasan mengenai cara daftar Shopee Affiliate. Minat untuk bergabung? Pastikan sebelumnya kamu sudah punya akun Shopee yang masih aktif, ya. Jika sudah memiliki akun, kamu bisa langsung daftar atau mengikuti kelas pengenalannya terlebih dulu agar semakin yakin.

Setelah mendapatkan cuan dari komisi Shopee Affiliates Program, kamu bisa putar uangnya untuk dijadikan modal usaha. Bagi para Juragan muda yang baru merintis bisnis sendiri, sekarang tidak perlu bingung lagi untuk masalah pembukuan. Sebab, kini sudah ada aplikasi BukuWarung yang memang dikhususkan untuk membantu pembukuan UMKM. Aplikasi BukuWarung bisa kamu dapatkan gratis di Playstore. Yuk, download aplikasi BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download