Download Gratis
Butuh bantuan?

Kenali 10 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

Juragan ingin membuka usaha baru? Namun, masih banyak melakukan pertimbangan apakah usaha tersebut potensial? Sebelum membuka bisnis baru, ada baiknya Juragan menimbang-nimbang terlebih dahulu. Juragan harus bisa memahami ciri-ciri peluang usaha yang baik! Dengan begitu, usaha yang Juragan miliki bisa berjalan dan berkembang dengan lancar.

Peluang usaha adalah kesempatan serta upaya yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tentu saja, jika membuka usaha, Juragan pasti menginginkan keuntungan yang besar. Untuk itulah, Juragan perlu mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang bernilai jual. Yuk, kenali sepuluh ciri-ciri peluang usaha yang potensial di bawah ini!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Baca juga: √ Pekerjaan yang Cocok untuk Kaum Rebahan 

10 Ciri-ciri Peluang Usaha yang Baik

ciri ciri peluang usaha yang baik

  1. Bisa diwujudkan

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah bisa diwujudkan. Sayang, kan, kalau Juragan sudah mempunyai rencana yang besar untuk membuka usaha, namun tidak bisa diwujudkan? Ide bisnis yang Juragan pikirkan harus bisa terealisasi dan tak hanya berakhir menjadi mimpi. 

Agar ide bisnis Juragan bisa diwujudkan, maka rencana usaha Juragan pun harus matang. Selain itu, Juragan juga perlu konsisten melakukan bisnis tersebut hingga berkembang. Perlu Juragan pahami bahwa ketika membuka usaha, kita tak bisa langsung meraup untung begitu saja. Diperlukan kesabaran hingga akhirnya bisnis menguntungkan. Untuk itulah, rencana Juragan harus matang dan berorientasi pada proses yang konsisten.  

Buat Toko Online Sendiri
  1. Nilai jualnya tinggi

Salah satu ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah yang memiliki nilai jual tinggi. Nilai jual tinggi ini muncul karena adanya ide-ide unik saat menciptakan suatu bisnis. Hal ini juga akan berhubungan dengan pasar. Usaha yang memiliki nilai jual tinggi biasanya memiliki produk unggulan dibandingkan yang sudah ada di pasaran.

Faktor keunikan dan unggulan itulah yang memengaruhi penjualan produk usaha Juragan. Juragan pun bisa menciptakan usaha bernilai jual tinggi, baik dari segi pemasaran atau produk yang istimewa.

  1. Risiko relatif rendah

Memiliki usaha atau bisnis baru pasti juga harus berani menghadapi terjadinya risiko kerugian. Namun, jangan sampai Juragan mengalami kerugian yang besar. Untuk itulah ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah bisnis yang berisiko relatif rendah. Tentunya akan lebih baik lagi jika Juragan memiliki usaha yang tidak merugi sama sekali.

atur keuangan usaha

Meskipun begitu, Juragan juga harus tetap realistis. Beranilah menghadapi risiko bisnis dengan menganalisis usaha terlebih dahulu. Juragan bisa memulainya dengan melakukan riset di lapangan. Pastikan produk yang Juragan jual digandrungi di pasaran atau banyak peminatnya. Dengan begitu, Juragan bisa terhindar dari kerugian karena banyak orang yang mencari produk yang Juragan jual.

  1. Ketahanan usaha lama

Peluang usaha yang potensial adalah usaha yang bisa bertahan lama. Ketahanan usaha Juragan dapat dipengaruhi oleh strategi pemasaran yang nantinya harus diaplikasikan. Bayangkan jika bisnis Juragan hanya ramai sementara waktu, sedangkan Juragan sudah mengeluarkan modal untuk membuka cabang baru? Setelah melewati masa kejayaan dan bisnis Juragan tak bertahan lama, maka Juragan hanya akan meraup kerugian.

Kemampuan bisnis Juragan menghadapi persaingan di pasaran juga bisa menjadi pengaruh bagi ketahanan usaha. Jadi, pikirkan baik-baik sebelum membuka usaha. Pertimbangkan lagi, apakah bisnis Juragan bisa bertahan dalam jangka panjang? Strategi pemasaran apa sajakah yang dibutuhkan di masa depan agar bisnis tetap bertahan?

atur keuangan usaha

Baca juga: √ 7+ Ide Jualan Online Paling Laku 2022 

  1. Sangat mungkin untuk berkembang

Ciri-ciri peluang usaha yang baik lainnya adalah yang bisa berkembang dan tak hanya bertahan ketika musim tertentu saja. Kemampuan beradaptasi dan berkembang ini sangat diperlukan untuk menghadapi pasar yang sering berubah. Misalnya, jika Juragan membuka usaha minuman, maka Juragan harus bisa berkembang mengikuti tren yang ada. Misalnya, menyediakan minuman boba atau rasa unik seperti Red Velvet atau Green Tea.

Kemampuan beradaptasi dan berkembang tak hanya sampai pada mampu mengikuti tren, tetapi juga bisa beradaptasi ketika bahan baku mengalami kenaikan harga. Selain itu, munculnya persaingan baru juga akan memengaruhi rencana untuk mengembangkan bisnis.

  1. Punya keunikan 

Tak jauh berbeda dari poin kedua, ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah yang memiliki keunikan dan orisinal. Artinya, ide bisnis Juragan tidak muncul hanya karena mengikuti ide usaha orang lain. Meniru ide bisnis orang lain tidak akan selalu membawa kesuksesan yang sama, lho, Gan. Untuk itu, Juragan harus bisa mencari keunikan tersendiri agar bisnis juga memiliki daya jual tinggi.

  1. Tidak menggerus modal

Ciri-ciri usaha yang berkembang adalah yang tidak menghabiskan modal usaha Juragan. Modal yang terlalu cepat habis bisa menjadi pertanda bahwa usaha Juragan tidak berjalan dengan baik. Siapkanlah target untuk mengelola modal yang Juragan miliki serta lakukan evaluasi terhadap perencanaan keuangan Juragan.

Baca juga: √ 7+ Usaha yang Cocok Untuk Pemula Terbaru 2022 

  1. Memenuhi kebutuhan pasar

Ciri-ciri peluang usaha yang baik berikutnya adalah yang bisa memenuhi kebutuhan pasar. Juragan bisa memikirkan ide membuka usaha yang mampu melengkapi kebutuhan primer atau sekunder masyarakat luas.

Karenanya, menjual produk-produk seperti makanan, minuman, dan pakaian bisa mendatangkan keuntungan. Namun, Juragan juga harus menganalisis lagi agar bisnis Juragan tidak sama dengan yang sudah banyak di pasaran. 

  1. Mudah menyesuaikan

Tidak berbeda dari poin kelima, ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah yang bisa menyesuaikan. Baik itu permintaan pasar, perubahan harga yang sering tidak bisa diprediksi, bahkan mampu menyesuaikan jika seandainya muncul masalah. Misalnya, Juragan harus bisa menyesuaikan jika suatu saat terjadi pandemi lagi. Meskipun kita tak menginginkan hal buruk terjadi, namun Juragan harus selalu siap.

  1. Bisa menjalin hubungan

Ciri-ciri peluang usaha yang baik dan tak kalah penting adalah bisnis yang bisa menjalin hubungan antara penjual dan pembeli. Hal ini penting karena Juragan harus bisa mempertahankan pembeli. Bisnis yang baik adalah usaha yang bisa membuat pelanggannya kembali lagi membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain menjalin hubungan baik dengan pembeli, Juragan juga harus memiliki hubungan baik dengan pemasok barang dan bahkan pemilik usaha lainnya. Memiliki hubungan yang baik dengan pemasok bisa memberikan keuntungan bagi Juragan kelak. Misalnya, Juragan jadi bisa mendapatkan potongan harga karena selalu menggunakan pemasok yang sama. Menjalin usaha dengan pemilik lain juga diperlukan agar bila Juragan mengalami kesulitan, Juragan bisa meminta pertolongan mereka dan begitu pula sebaliknya.

Itulah sepuluh ciri-ciri peluang usaha yang baik agar Juragan bisa mempertimbangkan dengan benar sebelum membuka bisnis sendiri. Jika Juragan ingin membuka usaha sendiri, Juragan bisa menggunakan aplikasi BukuWarung! Aplikasi BukuWarung memiliki berbagai fitur yang bisa membantu Juragan untuk menjalankan bisnis jadi lebih mudah, terutama dalam hal keuangan. Yuk, kembangkan usaha Juragan dengan BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download