Download Gratis
Butuh bantuan?

Keuntungan Pembayaran Online Dibanding Tunai

Untuk saat ini, para pelaku UMKM sebaiknya mulai mengurangi pembayaran secara tunai. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Hal ini disebabkan rawannya penularan virus yang bisa terjadi lewat uang tunai.

Pembayaran secara tunai juga kurang aman, karena rentan kena tipu ataupun hilang. Sebagai solusi, pelaku UMKM bisa beralih ke pembayaran berbasis online.

Buat Toko Online Sendiri

Selain aman, melakukan pembayaran secara online juga membantu pelaku UMKM terhindar dari penularan virus.

Pembayaran online sendiri bisa dilakukan lewat aplikasi. Adapun salah satu aplikasi yang bisa diandalkan adalah BukuWarung. Aplikasi ini punya banyak fitur yang bisa membantu pelaku UMKM untuk melakukan pembayaran secara online.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Download Aplikasi BukuWarung

Keuntungan Pembayaran Online dengan Memakai Aplikasi BukuWarung

Keuntungan Pembayaran Online

Ada beberapa keuntungan pembayaran online yang bisa didapatkan oleh pelaku UMKM. Apalagi jika mereka melakukannya dengan memakai aplikasi BukuWarung. Sejumlah keuntungan pembayaran online tersebut adalah:

1. Lebih Efektif dan Efisien

Keuntungan pertama yang bisa didapatkan adalah proses pembayaran akan lebih efektif dan efisien. Lewat pembayaran online, Anda tak perlu repot-repot datang ke supplier atau pembeli untuk melakukan pembayaran.

Anda tinggal memakai ponsel untuk melakukan pembayaran yang dituju. Keuntungan ini akan didapat bila Anda sebagai pelaku UMKM telah menginstal aplikasi BukuWarung di ponsel.

Keuntungan ini didapat berkat Fitur Tagih dan Bayar yang ada di BukuWarung. Fitur Tagih bisa membantu Anda untuk menagih pembayaran atau utang dari pelanggan. Adapun Fitur Bayar bisa membantu Anda untuk melakukan pembayaran kepada pihak supplier.

2. Anda Bisa Melakukan Pengecekan Riwayat Transaksi dengan Mudah

Pada pembayaran tunai, Sahabat harus memiliki buku catatan guna menulis dan mengecek riwayat transaksi. Namun, hal itu tidak berlaku bila Anda melakukan pembayaran online via BukuWarung.

Di BukuWarung, setiap pembayaran yang dilakukan akan langsung diberitahukan kepada pelaku UMKM. Pemberitahuan sendiri biasanya berupa informasi yang dikirim langsung dari aplikasi BukuWarung.

BukuWarung juga dilengkapi dengan menu Riwayat Pembayaran Pelanggan. Lewat menu ini, Anda bisa mengecek riwayat transaksi pembayaran yang dilakukan pembayaran sejauh ini. Adanya menu tersebut bikin Anda tak perlu mencatat riwayat pembayaran secara manual di buku catatan.

3. Mudah dalam Membuat Laporan Keuangan

Adanya menu Riwayat Pembayaran Pelanggan juga bikin Anda jadi lebih mudah dalam membuat laporan keuangan. Anda hanya perlu mengakses menu tersebut saja, bila hendak membuat laporan.

BukuWarung juga memudahkan Anda yang tidak sempat membuat catatan hutang. Di aplikasi tersebut, terdapat halaman khusus untuk Anda yang hendak membuat catatan hutang.

4. Keamanannya Terjamin

Keuntungan pembayaran online selanjutnya adalah tingkat keamanannya yang terjamin. Saat ini, BukuWarung telah bekerja sama dengan Xendit yang sudah mendapat lisensi dari Bank Indonesia (BI). Jadi, Anda tak perlu ragu dengan tingkat keamanan aplikasi tersebut.

Anda juga tak perlu khawatir soal keamanan data. Di BukuWarung, semua data yang Anda unduh akan disimpan ke dalam server milik BukuWarung. Jadi, saat ponsel Anda hilang, Anda tinggal mengaksesnya. Adapun caranya adalah masuk ke akun BukuWarung Anda lewat perangkat ponsel Anda yang baru.

5. Gratis Biaya Admin

Ya, Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya tambahan ketika mengirim uang karena dengan BukuWarung semua transaksi antar bank GRATIS biaya admin. Keuntungan pembayaran online di BukuWarung ini pasti akan buat Anda senang. Pakai BukuWarung, Anda bisa mendaftar dan memakai aplikasi tersebut secara gratis. Anda tak perlu mengeluarkan biaya administrasi sepersen pun.

Hal ini tentu bakal membuat Anda lebih menghemat biaya. Sehingga, sisa biaya yang Anda punya bisa dipakai untuk keperluan usaha Anda.

Cara Melakukan Pembayaran Online Via Aplikasi BukuWarung

Keuntungan Pembayaran Online

Setelah membahas keuntungan pembayaran online di BukuWarung, kini kita bahas cara melakukan pembayaran tanpa ribet. Adapun cara melakukannya adalah:

  • Unduh aplikasi BukuWarung.
  • Lakukan registrasi dan mengisi profil dan detail bisnis Anda secara lengkap.
  • Masuk ke fitur Pembayaran. Di sana, ada dua menu yang bisa dipilih, yaitu Bayar dan Tagih.
  • Klik menu Bayar bila Anda hendak melakukan pembayaran kepada supplier atau penyedia barang. Jika hendak menagih pembayaran atau utang ke pelanggan, Anda tinggal klik menu Tagih.
  • Nantinya, aplikasi BukuWarung akan menampilkan jumlah uang yang hendak dibayar ataupun ditagih. Anda bisa mengubah jumlah uang tersebut sesuai kebutuhan. Bila diperlukan, Anda bisa menambahkan catatan ke dalam jumlah uang tersebut.
  • Tekan menu Tambah Rekening, lalu pilih nama bank dan isi nomor rekening Anda. Bila sudah, Anda bisa menekan menu Periksa dan Simpan Rekening.
  • Untuk mengamankan rekening tersebut, Anda bisa membuat PIN untuk rekening tersebut. Kalau sudah, Anda bisa menekan menu Lanjutkan.
  • Klik menu Minta Pembayaran, lalu tekan Kirim Link Pembayaran. Habis itu, Anda pilih WhatsApp/SMS untuk mengirimkan pesan pembayaran kepada supplier ataupun pelanggan.
  • Nantinya supplier atau pelanggan akan mendapatkan pesan tersebut, lalu melakukan pembayaran sesuai dengan informasi yang ada di dalam pesan. Pembayaran dilakukan maksimal 4 hari setelah pesan diterima.

Metode Pembayaran Online di BukuWarung

Keuntungan Pembayaran Online

Selain keuntungan pembayaran online dan cara melakukannya, kami juga bakal memberi tahu Anda metode yang lazim dipakai di BukuWarung. Metode yang dimaksud adalah metode pembayaran online yang ada di aplikasi tersebut.

Ada dua metode pembayaran yang tersedia di BukuWarung. E-Wallet dan Virtual Account adalah keduanya.

1. E-Wallet

Metode yang pertama kami bahas adalah E-Wallet. Metode ini diperuntukkan untuk supplier atau pelanggan yang ingin membayar dengan uang elektronik (E-Money). Untuk memakai metode ini, Anda atau supplier dan pelanggan bisa memakai Dana ataupun Ovo.

2. Virtual Account

Kalau metode satu ini memakai uang tunai yang ditransfer via bank sebagai alat pembayaran. Tak seperti transfer bank biasa, metode ini memungkinkan agar proses transfer uangnya lebih cepat.

Metode ini juga memungkinkan pembayaran dilakukan di berbagai tempat. Entah di teller bank, ATM, internet banking, ataupun mobile banking.

Saat ini, Virtual Account BukuWarung bisa dilakukan di empat bank. Keempatnya adalah BRI, BNI, Mandiri, dan Permata. Metode ini juga telah terintegrasi dengan 100 bank lainnya yang tersebar di Indonesia.

Sebetulnya, metode ini bisa dilakukan antar dua bank berbeda. Namun, sangat disarankan untuk melakukannya di dua bank yang sama. Hal ini dilakukan untuk menghindari proses delay keterlambatan pembayaran) yang bisa berlangsung hingga 24 jam.

Di masa pandemi seperti sekarang, pembayaran online bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda pelaku UMKM. Jenis pembayaran ini bisa menghindarkan Anda dari penyebaran virus yang menempel pada uang tunai. Pembayaran online juga lebih aman karena Anda tak akan terkena penipuan ataupun kehilangan uang.

Masih ada banyak keuntungan lainnya yang terdapat pada pembayaran online. Apalagi, jika Anda melakukannya lewat BukuWarung. Adapun semua keuntungan pembayaran online tersebut sudah kami sebutkan di atas.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mendapatkan keuntungan pembayaran online via BukuWarung? Bila ya, langsung saja unduh BukuWarung di Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download