Download Gratis
Butuh bantuan?

Kisah Bob Sadino Jadi Motivasi Pebisnis

Menjadi seorang pengusaha bukan perkara mudah, dibutuhkan prinsip kuat, strategi matang dan motivasi dari pebisnis sukses sebagai benchmark untuk memantapkan hati mengambil segala risiko dan keuntungan nantinya. Dari Indonesia, nama Bob Sadino mencuat berkat motivasinya dalam bidang bisnis.

Meskipun kini telah tiada, namun kisahnya selalu terkenang sepanjang masa, menjadi anak bangsa punya pengaruh besar dalam dunia bisnis dan investasi. Juragan tidak perlu jauh-jauh mencari sosok inspiratif, Indonesia pun punya. Simak kisah dan motivasi selengkapnya dalam artikel ini agar semakin mantap berjuang.

Buat Toko Online Sendiri

Biografi Bob Sadino

Bernama lengkap Bambang Mustari yang lahir di Tanjungkarang Provinsi Lampung pada tanggal 9 Maret 1933. Beliau merupakan sosok inspiratif yang dibesarkan dari keluarga berkecukupan, sang ayah berprofesi guru dan kepala sekolah saat zaman Belanda.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Meskipun menjadi anak bungsu dari lima bersaudara, Sadino kecil bukanlah sosok manja dan menggantungkan hidup pada kedua orang tuanya. Ketika berusia 19 tahun, beliau kehilangan sosok ayah dan meninggalkan warisan untuk dirinya dan saudara-saudaranya.

Berkat sifatnya yang mandiri, privilege yang dimiliki tak pelak membuatnya mudah puas dan menyerah. Sadino bangkit dan memulai kehidupan dengan cara pemikiran yang unik, beliau beranggapan bahwa dirinya bisa belajar tanpa perlu mengenyam bangku kuliah.

Apabila banyak orang mencari ilmu dengan mengenyam pendidikan untuk menjadi ahli dalam bidang tertentu. Lain halnya dengan Sadino yang lebih nyaman menjadi ahli berkat pengalamannya secara mandiri.

Perjalanan Karir Sadino

Perjalanan karirnya tak mudah, Bob menghabiskan sebagian harta warisan dari sang ayah untuk berkeliling dunia dan singgah di Belanda dan menetap selama 9 tahun. Di sana, beliau bekerja di Djakarta Lylod dan bertemu dengan oasangan hidupnya bernama Soelami Soejoed.

Pada tahun 1967 Bob beserta keluarga memutuskan kembali ke tanah air, membawa serta mobil 2 Mercedes miliknya. Satu mobil dijual untuk membeli sebuah rumah di Kemang, Jakarta Selatan dan satu lainnya tetap disimpan.

Setelah beberapa tahun menetap di Kemang dan bekerja di salah satu perusahaan di Indonesia, Bob memutuskan untuk resign dan bekerja secara mandiri. Bob menyewakan mobil Mercedes dan menjadi supirnya. Namun, terjadinya kecelakaan yang membuat mobil tersebut rusak parah dan tidak cukup dana untuk memperbaikinya.

Bob beralih menjadi tukang batu yang hanya digaji RP100 kala itu, kondisi tersebut menjadi titik rendah dalam hidup dan membuatnya depresi. Untuk melawan depresi, sang teman menyarankan Bob untuk memelihara ayam.

Ketika beternak ayam, ide berwirausaha muncul di benak Bob. Pekerjaannya sebagai peternak ayam, mengharuskannya dengan sang istri menjual beberapa kilogram telor. Dalam satu setengah tahun, jumlah pelanggan kian meningkat hingga warga asing.

Bob dan istri tak jarang mendapat makian dari pelanggan, bahkan babu orang asing sekalipun. Namun mereka tidak patah semangat dan terus melakukan perbaikan dari kritik pedas tersebut. Pada akhirnya, Bob menjadi pemilik tunggal supermarket Kem Chicks hingga membuat siapa Bob Sadino mulai dikenal.

Bob sering mengatakan bahwa ketika merencanakan sesuatu tidak harus selalu kaku dan baku, yang terpenting adalah pemngembangan dari apa yang telah dilakukan untuk menjadi baik. Keluwesan Bob pada pelanggan rupannya sanggip meraih simpati dan menciptakan pasar.

Deretan Bisnis Bob Sadino

Selain meninggalkan motivasi dan sederet kutipan yang sangat inspiratif, Bob meninggalkan kesuksesan yang eksis hingga kini dan menjadi lapangan pekerjaan bagi banyak orang, berikut daftarnya:

1. Kemfood

PT Kemang Food Industries (Kemfood) merupakan usaha Bob Sadino pertama kali yang dibangun pada tahun 1975. Begerak di bidang agribisnis, makanan olahan dan ritel, bisnis tersebut muncul karena kebutuhan pasar akan olahan daging dan sosil sangat meningkat. Sayangnya, pada tahun 2008 Bob menjualnya kepada Rheza R.R Susanti dan Agustus Sani Nurgroho.

2. Kemfarm

Sukses dengan usaha bidang agribisnis, Bob merambah ke perusahaan yang menyediakan sayuran dan buah-buahan hingga mengekspornya ke luar negeri. Perusahaan tersebut bernama PT. Kemfarm Indonesia yang berdiri pada tahun 1980 di jalan Tambak Aji Raya 10, kota Semarang.

3. Kem Chicks

Di bawah naungan PT. Boga Catur Rata, Bob membangun pasar swalayan yang diberi nama Kem Chicks, berkonsep pasar modern di Kemang. Disini, selian menyediakan bahan mentah, pun mejual baeraneka makanan yang didatangkan dari luar negeri.

4. The Mansion Kemang

Lebih jauh lagi, Bob melebarkan sayap ke bidang usaha properti dan berhasil Kerjasama dengan Agung Sedayu Group untuk mendirikan The Mansion at Kemang. Menawarkan konsep apartemen, pusat perbelanjaan dan perkantoran hanya dalam satu lokasi yang juga berdekatan dengan Kem Chicks.

5. Kem Travel

Usaha terakhir ini berbeda dengan bisnis sebelumnya, yakni bergerak di bidang tour and travel. Kem Travel menyediakan jasa atau layanan perjalanan ke dalam negeri dan luar negeri. Tujuannya mempermudah perjalanan dan jangkauan masyarakat Indonesia ke berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.

Pesan Bob Sadino Bagi Pebisnis

Kekayaan Bob Sadino justru membuatnya semakin rendah hati menyebarkan pesan-pesan inspiratif bagi pebisnis dan kaum muda untuk sukses dalam berkarir. AKrab dengan sapaan “Om Bob” di kalangan muda, mendapatkan sambutan hangat dan selalu dicari pebisnis muda.

Dalam rekaman video yang dilansir dari media TikTok @pikiransukses, Bob mengatakan bahwa menjadi pebisnis harus tahan banting dan tidak boleh cengeng. Perkataan tersebut mengandung banyak arti jika ditelaah lebih lanjut.

Membangun usaha atau bisnis tidak semudah membalikkan telapak tangan dan tidak sukses secepat mengedipkan mata. Akan ada halangan dan rintangan, untuk itulah perlu mental kuat agar menang menghadapinya.

Satu lagi yang mengena, bahwa orang “pintar” akan merasa gengsi kalau gagal di satu bidang dan memilih beralih ke bidang lain ketika menemukan hambatan. Sedangkan orang “bodoh” sering tidak ada pilihan kecuali mengalahkan hambatan itu.

Dari situ kita dapat memetik inti sari dan mendapatkan maknanya, kepintaran hanya akan sia-sia jika mudah menyerah. Namun semangat untuk mengalahkan merupakan kunci menjadi pintar dalam bisag itu.

Cara Memulai Usaha Dari Nol

Setelah Juragan mendapat banyak inspirasi dari salah satu pengusaha sukses di Indonesia, sudah saatnya kembali untuk meneruskan realita dan mewujudkan ide bisnis menjadi nayata. Langkah berikut ini bisa menjadi referensi memulai:

  • Menentukan Produk, Juragan harus menentukan jenis produk yang akan diperjualkan, apakah berupa jasa atau barang. Lakukan riset untuk barang yang punya peminatan besar di pasaran dan mudah ditemukan suppliernya.
  • Menyusun Strategi, setelah menentukan produk sesuai riset pasar dan passon. Selanjutnya menyusun rencana bisnis dengan matang, dengan menentukan visi misi yang jelas di masa depan.
  • Mengelola Keuangan, walaupun pengelolaan modal dan bahan baku masih sedikit, namun memulai sistem pencatatan diperlukan sejak awal. Tujuannya agar lebih mudah dievaluasi untuk bisnis lebih berkembang nantinya. Supaya Juragan bisa sesukses Bob Sadino, lakukan pencatatan keuangan bisnis secara sistematis dan akurat dengan BukuWarung.
Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download