Download Gratis
Butuh bantuan?

Kisah Inspiratif Jack Ma Pendiri Alibaba

Siapa sih yang tak kenal dengan Jack Ma? Tentu Juragan tak asing dengan pengusaha sukses yang satu ini, bukan?

Ya, pria asal Tiongkok ini merupakan salah satu pendiri Alibaba sebagai perusahaan e-commerce­ yang menaungi para pebisnis di China. Bagaimana sih kisah hidup Jack Ma hingga sesukses sekarang? Simak yuk ceritanya!

Buat Toko Online Sendiri

Biografi dan Kisah Jack Ma yang Inspiratif

Juragan tentu sudah lama mengetahui e-commerce terbesar yang ada di China, apa lagi kalau bukan Alibaba. Di balik suksesnya Alibaba tak luput dari sosok Jack Ma. Lalu, bagaimana sih latar belakang kehidupan Jack Ma?

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Biografi Jack Ma

Jack Ma lahir pada 10 September 1964 di Tiongkok, tepatnya di daerah Hangzhou. Saat nama aslinya adalah Ma Yun.

Jack memiliki seorang kakak laki-laki dan adik perempuan. Mereka tumbuh di saat partai komunis di Tiongkok sedang berkembang pesat.

Meskipun  Ia saat ini menjadi sosok yang sukses, ternyata dulu Ia dilahirkan dari keluarga yang ekonominya lemah.

Orang tuanya merupakan pemusik dan pendongeng tradisional di daerahnya. Bahkan ayahnya hanya mendapatkan tunjangan pensiunan bulanan sebesar 500 ribu rupiah saja per bulannya.

Ia pun berusaha untuk membantu orang tuanya dengan bekerja. Saat usia Jack menginjak 12 tahun, Ia mulai tertarik untuk belajar Bahasa Inggris. Hal ini membuatnya menjadi pemandu wisata sebuah hotel di Hangzhou saat itu.

Pekerjaannya saat itu membuat Jack pun semakin memiliki wawasan luas yang tak dimiliki oleh anak-anak seusianya. Bahkan Ia pun mudah bergaul dengan para turis yang datang.

Latar Pendidikan

Menurut Jack, pendidikan adalah kunci yang bisa membawanya menuju kesuksesan. Maka tak heran jika Ia selalu gigih dalam mendapatkan pendidikan yang diinginkannya.

Setelah lulus SMA, Jack pun ingin melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. Langkahnya ternyata harus terhambat karena sempat ditolak dua kali di universitas yang diinginkannya.

Meskipun begitu, Ia tetap gigih dan semangat belajar untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Pada percobaan ketiga, Jack pun diterima di Hangzhou Teachers Institute. Ia diterima di Program Studi Bahasa Inggris.

Setelah beberapa tahun kuliah, Ia pun lulus pada tahun 1988. Setelah itu, Ia pun mulai melamar pekerjaan sebanyak mungkin.

Perjalanan Karir

Setelah lulus kuliah, ternyata tak mudah bagi Jack untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya. Kisah Jack Ma ini bisa menjadi pembelajaran buat Juragan.

Jack pernah melamar kerja di restoran KFC setempat, akan tetapi dari sekian banyak pelamar, hanya Ia yang ditolak oleh KFC. Hal ini tak membuatnya patah semangat.

Ia pun berusaha melamar di berbagai perusahaan lainnya, akan tetapi belum mendapatkan hasil yang sesuai.

Tak lama setelah itu, Jack pun memutuskan untuk menjadi guru Bahasa Inggris sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Ia dapat mengajar dengan natural dan banyak siswa yang menyukainya.

Dalam sebulan, Jack hanya menerima gaji sebesar 12 $ dari tempatnya mengajar saat itu.

Pada tahun 1992, Ia pun mencoba untuk melamar pekerjaan lagi dan akhirnya diterima sebagai sekretaris general manager di gerai penjual ayam goreng Kentucky Fried Chicken.

Dari pekerjaannya inilah, Jack mulai mengenal komputer dan internet. Pada tahun 1994, Jack mulai tertarik untuk menggunakan internet. Ia pun saat itu melakukan pencarian pertamanya di internet dengan kata kunci “bir”.

Ia sangat terkejut saat mengetahui beragam informasi dari hasil pencariannya tersebut karena tak ada yang berasal dari Tiongkok. Jack pun makin penasaran sehingga Ia mencari informasi umum tentang Tiongkok.

Hasilnya pun sama, Ia tak mendapatkan hasil apa-apa dari internet saat itu. Hal ini membuat Jack dan He Yibing, rekannya membuat situs sederhana tentang jasa penerjemahan Bahasa Mandarin.  

Tak lama setelah situs itu terbit, ada banyak email yang masuk dan membantunya untuk membangun situs tersebut.

Perjalanan Bisnis Jack Ma pada Alibaba Group

Bisnis Jack Ma berawal dari dimulainya Jack membuat situs tentang jasa penerjemahan Bahasa Mandarin kala itu. Bahkan ada investor yang membantunya untuk mengembangkan situs yang dibuatnya.

1. Awal berdirinya Alibaba Group

Setelah berjalan empat tahun tepatnya pada tahun 1999, Jack pun memutuskan untuk membangun perusahaan bernama Alibaba Group.

Perusahaan ini tak hanya melayani jasa penerjemahan Bahasa Mandarin untuk website saja tetapi juga berbagai bidang.

Bahkan saat ini Alibaba Group telah berkembang menjadi e-commerce terbesar yang ada di China. Bagaimana tidak? Situs ini sangat bermanfaat bagi para eksportir China untuk terhubung dengan pembeli di luar negeri.

2. Perkembangan Alibaba Group

Seiring dengan perkembangannya, Alibaba pun dapat menarik investor yang bersedia menanamkan modal di perusahaan ini.

Hal inilah yang membuat Alibaba semakin cepat berkembang karena kerja keras dari Jack dan rekan-rekannya.

Pada Oktober 1999 dan januari 2000, Alibaba telah memenangkan investasi senilai 25 juta dollar AS dari Softbank dan Goldman Sachs. Hal ini pun semakin membuat Alibaba terus berkembang pesat.

Akhirnya Alibaba pun menghasilkan profit setelah 3 tahun kemudian. Jack pun tak puas sampai di sini, ia pun ingin mengembangkan sistem e-commerce dengan mendirikan Alipay, Taobao, Marketplace, Lynx, dan Ali Mama pada tahun 2003.

Alibaba yang semakin berkembang pesat ternyata membuat perusahaan eBay berniat untuk membeli perusahaan ini, akan tetapi Jack menolaknya. Bahkan Ia menerima investasi dari co-founder Yahoo Jerry Yang senilai 1 miliar Dollar AS.

Pada tahun 2005, Yahoo! Sebagai portal internet asal Amerika pun membeli saham Alibaba sebanyak 40 persen.

Seiring dengan semakin berkembangnya Alibaba, tentu perlahan Jack Ma juga mendapatkan banyak keuntungan. Hal inilah yang membawa Jack termasuk salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes.

Pada tahun 2014, Alibaba tercatat sebagai perusahaan yang telah melakukan IPO tertinggi di sejarah keuangan Amerika Serikat senilai 25 miliar Dollar AS.

Seiring dengan kesuksesannya bersama Alibaba Group, Jack pun seringkali diundang di berbagai untuk memberikan tips sukses berbisnis sepertinya di berbagai negara.

3. Pencapaian Jack Ma

Berawal dari berdirinya Alibaba Group, Jack pun sukses menjadi miliarder pertama di China. Bahkan pada Juni 2020, kekayaan Jack pun mencapai US$ 52 milyar atau setara dengan Rp 7,6 ratus milyar.

Tak hanya itu, Jack pun menjadi pemimpin eksekutif Alibaba Group, dengan sembilan anak perusahaan utama, yaitu Alibaba.com, Tmall, eTao, Taobao Marketplace, Juhuasuan, Alibaba Cloud Computing, 1688.com, Alipay, dan AliExpress.com.

Setelah sukses sebagai pengusaha, Jack pun memutuskan untuk mundur dari jabatannya di Alibaba Group pada Oktober 2020. Ia mengaku ingin fokus menekuni dunia filantropi melalui yayasannya.

Sebagai pengusaha, Jack Ma menjadi salah satu sosok inspiratif yang bisa memotivasi Juragan untuk terus maju dan berkembang dalam menjalankan bisnis.

Dari kisah hidup Jack, Juragan pun dapat belajar bahwa sukses bukan sesuatu yang hanya bisa diraih oleh orang kaya karena Jack telah membuktikan hal ini lewat kesuksesan bisnisnya.

Untuk itu, Juragan bisa meneladani sikap tekun dan gigih yang dimiliki Jack dalam berbisnis. Tak hanya itu, Juragan juga bisa memanfaatkan aplikasi BukuWarung untuk mengelola keuangan dalam berbisnis.

Melalui aplikasi ini, Juragan akan lebih mudah memantau laporan keuangan Juragan melalui genggaman. Yuk download aplikasinya sekarang juga melalui Play Store atau kunjungi website kami hanya di link berikut!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download