Download Gratis
Butuh bantuan?

Kisah Sukses Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Siapa yang nggak kenal Mark Zuckerberg?

Seorang founder asal Amerika Serikat, dikenal sebagai raja pendiri jejaring sosial nomor satu, yang telah berhasil meluncurkan Facebook di tahun 2004 silam.

Buat Toko Online Sendiri

Kesuksesannya saat ini, membuat Zuckerberg berhasil menduduki posisi ke 5 sebagai orang terkaya di dunia.

Kalau Juragan penasaran bagaimana biografi dan perjalanan Zuckerberg dari kecil hingga mencapai kesuksesannya, simak uraian dibawah ini ya!

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Biografi Mark Zuckerberg : Awal Mula Terciptanya Facebook

Mark Zuckerberg, memiliki nama panjang Mark Elliot Zuckerberg, lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di New York.

Zuckerberg adalah anak dari pasangan Edward Zuckerberg, seorang ahli dokter gigi dan Karen seorang psikiater.

Saat usianya 8 tahun, Zuckerberg diberikan sebuah komputer oleh sang Ayah sehingga membuatnya tertarik dengan dunia komputer.

1. Awal Mula Perjalanan

Ketika Zuckerberg memasuki sekolah menengah di Phillips Exeter Academy, ia bertemu dengan temannya yaitu D’Angelo.

Karena keduanya memiliki ketertarikan yang sama terhadap komputer, membuatnya berencana menciptakan sebuah program.

Singkat cerita, kolaborasi mereka berhasil dengan menciptakan sebuah plug in pada MP3 player yang mana bisa berinteraksi dengan aplikasi lain seperti web browser maupun email.

Atas keberhasilannya, Zuckerberg dan D’Angelo mengirimkan program komputer tersebut ke berbagai perusahaan, termasuk American Online (AOL).

Hal itu membawa kabar baik, pada tahun terakhirnya di Philips, Zuckerberg direkrut oleh Microsoft dan American Online untuk mengerjakan suatu proyek.

2. Melanjutkan Studi di Harvard

Kecerdasan Zuckerberg membawanya kesempatan untuk berkuliah di Harvard dengan jurusan ilmu komputer dan psikologi.

Awalnya ia hanyalah seorang mahasiswa biasa yang masuk dalam anggota Alpha Epsilon Pi.

Suatu hari Zuckerberg berpikir untuk membuat sebuah sistem yang bisa memudahkan direktori di dalam kelasnya.

Setiap kali Zuckerberg mengajukan diri untuk membuat direktori tersebut, ia selalu ditolak oleh pihak Harvard karena alasan tertentu.

Walaupun saat itu ditolak, Zuckerberg nggak pantang menyerah, ia diam-diam berhasil membuat CourseMatch, yaitu platform yang memudahkan orang-orang untuk berinteraksi.

Di tahun kedua masalah kecil pun muncul, Zuckerberg dianggap mencuri karena memasukan data mahasiswa Harvard ke platform Facemash yang ia buat.

Perbuatan Mark Zuckerberg memang nggak dibenarkan, tetapi ia justru termotivasi menciptakan platform baru yakni Facebook yang merupakan pengembangan dari Facemash.

Seiring berjalannya waktu, Zuckerberg sangat terkejut, ternyata banyak orang yang menyukai platform buatannya.

Melihat kesempatan ini, Zuckerberg berencana untuk mengembangkan sistem jaringan yang dibuatnya, inilah bagaimana awal mulanya nama Facebook diciptakan.

3. Facebook Mulai Berkembang

Platform Facebook berhasil diciptakan Mark Zuckerberg dan teman-temannya di tahun 2004.

Zuckerberg mengutarakan bahwa Facebook adalah jejaring sosial yang bertujuan untuk mempertemukan sesama mahasiswa di Harvard.

Ditambah lagi, Facebook akan membantu orang-orang bisa berkomunikasi secara efisien dengan hanya melalui sebuah platform.

Keberadaan Facebook dinilai sangat menarik perhatian, penggunanya bisa memajang foto profil dan melakukan pengiriman pesan.

Keberhasilannya dapat dilihat dari separuh mahasiswa Harvard yang mulai mempunyai akun Facebook, nggak hanya itu saja, mahasiswa kampus lain pun ikut tertarik untuk menggunakannya juga.

4. Facebook Dikenal Secara Luas

Kepopuleran Facebook mengakibatkan Zuckerberg jadi kewalahan, ia dan temannya berhasil membuat Facebook menjaring di 30 kampus.

Di tahun 2004 akhir, Facebook berhasil menggaet banyak orang, saat itu terdaftar sebanyak 1 juta pengguna dari berbagai kalangan.

5. Drop-Out dari Harvard

Keseriusannya dalam mengembangkan Facebook, kali ini Zuckerberg nggak sendiri, ia akan membuat Facebook lebih berkembang bersama teman-temannya.

Layaknya proyek yang besar, mereka memilih untuk menyewa sebuah tempat di Palo Alto, California agar lebih fokus.

Tetapi disinilah keputusan besar dimulai, sayangnya Mark Zuckerberg memilih untuk drop out dari Harvard demi fokus dan mengembangkan Facebook saat itu.

6. Facebook Mulai Mendunia

Sampai di bulan September 2006, secara resmi ia membuka pendaftaran untuk jejaring sosial umum dengan syarat harus memiliki E-mail.

Saat itu jejaring yang diciptakannya Zuckerberg berhasil mencapai 6 juta kelompok pertemanan, dan terdapat 55 ribu jaringan berdasarkan demografi, pekerjaan dan lainnya.

Facebook pun menjadi jejaring sosial teraktif dan terbesar kedua setelah versi comScore pada waktu itu.

Seiring berjalannya waktu Facebook mulai menjual sahamnya dan mendapatkan dana melimpah dari pada investor.

Kekayaan Mark Zuckerberg

Bicara soal harta kekayaan dari CEO Facebook, yaitu Mark Zuckerberg memang nggak ada habisnya.

Bayangkan saja, ia termasuk dalam 5 kategori orang terkaya yang ada di dunia, uang yang dihasilkan per detiknya pun bisa mencapai jutaan dollar.

Bahkan dalam waktu 1.5 jam saja, ia bisa mendapatkan penghasilan yang didapat oleh pekerja Amerika dengan gelar S1.

Tetapi tahukah Juragan, kalau Zuckerberg ini menghabiskan uangnya bukan untuk membeli barang-barang mewah seperti mobil, baju, dan lainnya.

Zuckerberg lebih memilih berinvestasi dengan membeli properti seperti real estate yang ada di Danau Tahoe, California.

Sekarang Juragan tahu kan kalau Zuckerberg adalah seseorang yang kaya raya dan pintar berinvestasi?

Walaupun ada beberapa kasus yang membuatnya rugi dan sempat menurun kekayaannya sebanyak miliaran dollar, Zuckerberg tetap mempunyai harta yang luar biasa.

Ya, seperti yang sudah Juragan tahu, di bulan Oktober 2021 lalu, kasus 3 jejaring sosial yaitu Facebook, WhatsApp dan Instagram sempat mengalami down.

Hal itu membuat kekayaan Mark Zuckerberg anjlok sebanyak Rp. 85,6 Triliun.

Dalam kasus besar tersebut Zuckerberg harus merelakan posisi kekayaannya turun dibawah Bill Gates.

Fakta menyebutkan, Mark Zuckerberg mampu bertahan hidup meski hanya mendapatkan gaji tahunan sebanyak 1 Dollar AS.

Hal semacam ini dibuktikan karena Zuckerberg memiliki 17% kepemilikan saham di Facebook.

Fantastisnya lagi, Zuckerberg bisa saja memberikan ratusan Dollar pada seluruh orang di Amerika yang memiliki sensus penduduk sebanyak hampir 400 juta orang.

Zuckerberg Mengubah Nama Facebook Menjadi Meta

Nama Facebook kini hanya jadi tinggal kenangan, pasalnya baru-baru ini, Zuckerberg resmi mengubah nama Facebook menjadi Meta.

Pergantian nama tersebut diumumkan saat konferensi augmented reality, dan virtual reality Facebook Connect pada oktober lalu.

Lalu apa alasannya? Bagaimana perjalanan dari Facebook hingga Meta ini bisa terjadi?

Alasan utama Zuckerberg yaitu, untuk menekankan fokus Zuckerberg dalam membangun metaverse yang nantinya merupakan masa depan bagi Facebook.

Menurutnya, metaverse akan membawa keuntungan besar sebagai masa depan internet.

Zuckerberg ingin melihat bisnisnya sebagai 2 segmen berbeda, ada yang untuk aplikasi sosial dan ada yang sebagai platform masa depan, sesuai dengan visi yang sedang dikerjakan.

Selain alasan tersebut, Mark Zuckerberg mengatakan bahwa nama Facebook sudah nggak sesuai dengan identitas dari kategori ‘media sosial’.

Ditambah lagi kini mereka mempunyai Instagram dan WhatsApp, sehingga nama Facebook nggak lagi cocok sebagai identitas perusahaan.

Nah, sekarang sudah tahu kan Juragan, gimana perjalanan Mark Zuckerberg dari awal coba-coba membuat platform dan berakhir menjadi platform jejaring sosial mendunia.

Wajar saja kalau Zuckerberg ingin mengganti nama Facebook untuk menjalankan visi kedepannya dalam memajukan teknologi.

Kalau Juragan, sudah pakai teknologi canggih kayak BukuWarung belum?

Itu loh, aplikasi pembukuan yang berguna banget untuk usaha UMKM. Kalau Juragan belum download, yuk download BukuWarung sekarang.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download