Download Gratis
Butuh bantuan?

Peluang Bisnis Agen Pembayaran Online

Peluang usaha selalu ada dimana-mana, apapun itu bisa menjadi ide segar mendatangkan pundi-pundi uang jika dikelola dengan bijak dan strategi yang tepat. Bisnis agen pembayaran pun semakin dilirik banyak orang karena modal awal terbilang mudah dijangkau pengusaha pemula.

Konsep agen pembayaran menyerupai PPOB atau Payment Point Online Bank atau kita kenal sebagai kios pembayaran. Kehadiran agen seperti ini rupanya masih banyak sekali dicari oleh orang awam, mengingat tidak semua masyarakat Indonesia mahir melakukan pembayaran via online.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Supaya Juragan bisa menambah income, ada baiknya mempelajari bisnis satu ini yang akan di bahas dalam artikel berikut.

Alasan Menjadi Agen Pembayaran

Menyediakan jasa pembayaran dapat membantu banyak orang dalam melakukan metode pembayaran via online. Selain itu, berikut manfaat selengkapnya agar Juragan semakin mantap berbisnis:

1. Orang Awam Tidak Semua Mahir Internet

Alasan yang pertama mengapa bisnis seperti ini masih berkembang yakni masih terdapat sebagian masyarakat Indonesia belum terlalu mengandalkan jaringan internet. Banyak anggapan bahwa pembayaran via internet berbahaya dan ada lagi yang memang tidak mengerti caranya.

Umumnya generasi ini berumur lebih tua, sehingga tak heran jika mereka akan kesusahan bila harus melakukannya sendiri. Untuk itulah jasa pembayaran hadir membantu kebutuhan membayar listrik PLN, PDAM dan lainnya.

Buat Toko Online Sendiri

2. Layanan Lengkap

Sebelum bisnis jasa pembayaran hadir, ketika orang harus membayar tagihan masih harus mendatangi loket satu per satu. MIsalnya membayar listik harus ke loket resmi PLN, membayar air ke loket PDAM dan sebagainya. Jasa pembayaran hadir memberikan solusi pembayaran berbagai tagihan dalam satu tempat.

3. Bisnis Fleksibel

Semua pengusaha pasti sangat senang jika pekerjaannya dapat dilakukan secara fleksibel, terlebih mereka yang masih mempunyai usaha utama di kantor. Tidak perlu membuka toko fisik terlebih dahulu, Juragan yang tertarik bisa langsung mendirikan toko online. Hanya butuh memasang spanduk atau banner di rumah atau berbekal broadcast nomor dalam kontak hp, usaha sudah siap dimulai. Meskipun terlihat fleksibel, tapi tetap berikan pelayanan terbaik pada customer.

4. Bisnis Mudah Dimulai

Berangkat dari poin sebelumnya, bisnis jasa terbilang lebih mudah dimulai, karena Juragan tidak perlu mempersiapkan modal lebih untuk sewa tempat sebagai toko, properti toko, stok barang awal untuk dipajang hingga biaya bulanan lainnya. Cukup mencari platform yang menyediakan kebutuhan untuk membuka usaha jasa pembayaran.

atur keuangan usaha

5. Modal Minim, Asal Ada Jaringan Internet

Bermodalkan kuota dan ponsel pintar, siapa sangka bisa menjadi income yang cukup menggiurkan. Sama halnya dengan membuka bisnis jasa pembayaran, kemudian mencari vendor keagenan, melakukan pendaftaran diri (mengisi data pribadi), terakhir cukup isi saldo dan mulai memasarkan jasa pada khalayak. Juragan bisa sekali memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran yang menarik.

Cara Memulai Bisnis Jasa Pembayaran

Memulai bisnis jasa mungkin sedikit berbeda dengan bisnis yang menjual barang fisik, untuk itulah juragan perlu tips sukses cuan menjadi agen pembayaran online. Berikut penjelasan singkatnya:

1. Mempersiapkan Modal

Semua bisnis dimulai dengan menyiapkan modal awal agar berjalan sesuai rencana. Juragan yang ingin lebih expert melakoni bisnis satu ini, bisa menyediakan sebuah computer dan printer. Koneksi internet dibutuhkan setiap saat dan kertas bukti pembayaran yang bisa di printout.

atur keuangan usaha

Modal terpenting setelahnya adalah menyiapkan saldo untuk deposit, awali dengan batas minimal yang tidak terlalu tinggi. Namun, umumnya di awal bisnis memerlukan modal dengan nominal lebih besar, selanjutnya bisa menyesuaikan dengan pasar.

2. Mencari Vendor

Mencari vendor gampang-gampang susah, pastikan untuk mencari vendor dengan kredibilitas baik dan sudah punya banyak pengalaman di bidangnya. KIni, di Indonesia telah banyak vendor menyediakan fasilitas bagi agen pembayaran untuk bisa memulai usaha. Masing-masing vendor punya kebijakan, pelayanan, cara penggunaan yang berbeda satu sama lain.

Semakin banyak vendor, maka Juragan harus semakin pintar untuk mencari mana yang terbaik dari yang baik agar sesuai dengan kebutuhan bisnis anda. Vendor yang memberikan pelayanan terbaik akan membuka peluang besar mendatangkan banyak customer.

3. Menentukan Lokasi Bisnis

Walaupun banyak penyedia jasa pembayaran menggunakan sistem online, tapi tidak menutup kemungkinan semakin berkembang hingga pada akhirnya bisa mendirikan toko fisik. Tempat itu nantinya akan menjadi toko atau kios yang bisa langsung didatangi pelanggan yang mungkin merasa direpotkan bila harus melakukannya via online.

Juragan bisa mulai dengan tempat yang tidak terlalu luas, atau mungkin bisa dimulai dengan menggunakan satu ruangan di rumah atau menyewa lokasi yang letaknya strategis.

4. Strategi Marketing

Tergolong punya peluang besar, namun Juragan harus tetap mempunyai rencana atau strategi dalam pemasaran yang tepat dan menarik. Tujuannya agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor, pun dapat lebih mendatangkan banyak pelanggan untuk mempercayai jasa Juragan. Di awal bisnis, mungkin bisa dilakukan dengan cara pemasaran door to door jika lingkungan dirasa lebih banyak orang yang sangat awam dengan internet dan enggan keluar rumah.

5. Catatan Pembayaran

Demi menjaga likuiditas usaha yang baik dan berkembang, Juragan perlu menjalankan bisnis dengan cermat dan teliti. Melakukan pencatatan untuk melakukan pembayaran yang ditagihkan agar usaha tidak merugi akibat pelanggan yang berhutang. Pembayaran tdak teratur membuat usaha susah berkembang.

6. Melakoni Dengan Serius

Agar usaha bisa mendatangkan cuan maksimal, Juragan perlu aktif dalam melakukan pemasaran pada setiap layanan yang disediakan vendor partnership. Bisnis apapun pada dasarnya butuh keseriusan, meskipun dianggap kerjaan sampingan, tetapi menganggapnya remeh hanya akan menjadi bom waktu. Juragan perlu terus belajar untuk mengembangkan bisnis jasa ini.

7. Berikan Layanan Terbaik

Tidak hanya dilakoni dengan serius, setiap pengusaha haruslah memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen dan pelanggannya. Memulai bisnis mungkin belum banyak sarana dan fasilitas yang bisa diberikan untuk menambah kenyamanan pelanggan.

Tapi hal itu bukan lantas menjadi alasan untuk tidak memberikan layanan terbaik, Juragan bisa mulai dengan bersikap ramah, murah senyum, humble dan follow up mengenai pembayaran nantinya. Dengan begitu, pelanggan semakin nyaman dengan sikap pemilik bisnis dan mempercayakan jasa seterusnya.

8. Susun Pembukuan Keuangan

Pembukuan bukan sekedar mencatat, lebih dari itu merupakan salah satu teknik untuk mengevaluasi keluar masuknya dana selama periode tertentu. Dokumentasi tersebut harus diperhatikan sedaria wal membangun bisnis, tujuannya selain mengevaluasi, yakni melihat laporan keuangan harian dan mengetahui sejauh mana usaha menghasilkan laba. Nantinya keuntungan terus diputar untuk mengembangkan usaha agar semakin besar.

Menjadi agen pembayaran sangat mudah dimulai oleh siappaun termasuk Juragan. Mengelola pencatatan keuangan terkadang terasa repot dan memusingkan, terlebih jika usaha semakin berkembang dan banyak perminataan pembayaran yang masuk. Tapi tidak di aplikasi BukuWarung, kemudahan mengelola keuangan bisnis hanya dalam satu klik!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download