JANGAN SAMPAI USAHA BANGKRUT Install aplikasi ini utk menghindari UNDUH

Peluang Bisnis Syariah

Peluang Bisnis Syariah – Indonesia memiliki beberapa agama resmi dan salah satu yang terbesar adalah Islam. Basis masyarakat muslim di Indonesia sangat besar dan dapat dimanfaatkan untuk membangun bisnis syariah.

Apakah Anda penasaran dengan bisnis syariah? Pengertian dan peluang bisnis syariah akan dikupas secara lebih mendalam dari BukuWarung berikut ini. 

Apa Itu Bisnis Syariah?

Apa Itu Bisnis Syariah?

Akhir-akhir ini, istilah bisnis syariah semakin banyak kita dengar. Bahkan tak sedikit pula perusahaan yang melabeli dirinya dengan kata “syariah” untuk meyakinkan konsumen.

Ingetin Pembayaran Jadi Gampang

Menambahkan kata syariah di belakang nama perusahaan terbukti meningkatkan daya tarik, khususnya bagi konsumen muslim.

Pengertian dari bisnis syariah adalah kegiatan usaha atau bisnis yang dikembangkan sesuai aturan yang tercantum dalam Al Quran serta Hadist.

Bisnis syariah sendiri memiliki beberapa prinsip utama, yaitu:

  • Menjual produk halal
  • Tidak ada unsur riba 
  • Bebas dari penipuan (gharar)
  • Tidak mengandung aktivitas perjudian (maisir)
  • Penjual dan pembeli melakukan ijab qabul dalam setiap transaksi
  • Proses jual beli dilakukan dengan seadil-adilnya

Baca Juga: Bisnis Minuman Halal

Peluang Bisnis Syariah di Indonesia

Peluang Bisnis Syariah di Indonesia

Bisnis syariah memang sangat segmented karena target pasarnya hanyalah umat muslim. Namun bukan berarti peluangnya kecil atau prospeknya tidak bagus.

Justru bisnis syariah memiliki peluang yang sangat besar karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam.

Beberapa peluang usaha di bawah ini mungkin dapat memberikan referensi untuk Anda. 

1. Salon Muslimah

Selama ini kita mengenal salon kecantikan yang mempekerjakan pegawai laki-laki dan perempuan. Begitu pula dengan pelanggannya, ada pria dan wanita. Bagi muslimah yang berhijab, kondisi seperti ini tentu tidak nyaman karena mereka menjaga aurat dari padangan lawan jenis.

Anda bisa menawarkan salon khusus muslimah sebagai solusi bagi permasalahan sebagian besar wanita beragama Islam. Konsepnya, semua pegawai dan juga pelanggan adalah wanita. Laki-laki tak diperbolehkan masuk. 

Untuk masalah pelayanan, Anda bisa menawarkan berbagai jenis perawatan seperti salon pada umumnya. Misalnya perawatan rambut, manicure dan pedicure, pijat, spa, dan lain sebagainya.

2. Kuliner Halal

Mengonsumsi makanan dan minuman halal menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh masyarakat beragama Islam karena hukumnya haram. Contoh yang paling mudah adalah daging babi dan minuman beralkohol. 

Membuka bisnis kuliner halal dapat Anda jadikan sebagai salah satu bisnis yang menguntungkan. Agar lebih meyakinkan, sebaiknya Anda mengurus sertifikat halal di Majelis Ulama Indonesia (MUI). Bisnis kuliner halal juga bisa Anda jalankan di luar negeri.

3. Busana Muslim

Seperti yang sudah Anda ketahui, umat Islam diwajibkan untuk menutup aurat, baik pria maupun wanita. Umat muslim, terutama wanita dilarang untuk mengenakan pakaian yang terbuka. Oleh sebab itu, banyak orang yang membuka usaha busana muslim.

Beberapa contoh busana muslim yang banyak dijual di pasaran antara lain gamis, terusan, baju koko, sarung, jilbab, dan sejenisnya. Menjelang Idul Fitri, penjualan busana muslim bisa meningkat drastis. Keuntungan dari bisnis busana muslim pun semakin meningkat.

4. Kosmetik Halal

Pemakaian kosmetik halal tengah menjadi tren di kalangan wanita muslimah. Pasalnya banyak sekali jenis-jenis kosmetik yang beredar di pasaran tidak mencantumkan status halal. Hal ini menyebabkan muslimah merasa ragu ketika akan menggunakan produk tersebut.

Tahukah Anda bahwa brand dan toko yang menjual kosmetik halal masih sangat sedikit. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk memulai bisnis kosmetik halal. Anda bisa mencari distributor terlebih dahulu kemudian membuka toko kosmetik khusus produk halal.

5. Tour and Travel Umroh

Indonesia menjadi negara dengan jamaah haji dan umroh terbanyak di dunia. Jutaan jamaah haji dan umroh berangkat dari Indonesia setiap tahun. Meliat fenomena yang terus terjadi setiap tahun ini, ternyata ada peluang bisnis yang terbuka sangat lebar.

Anda bisa membuka usaha tour and travel khusus untuk umroh dan haji. Namun dibutuhkan modal yang besar untuk memulai bisnis yang satu ini. Selain modal, ada pula beberapa dokumen yang harus Anda urus, antara lain:

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Izin biro wisata

Selain menyiapkan dokumen, Anda juga harus terdaftar sebagai anggota di dua asosiasi berikut:

  • Association The Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) 
  • International Air Transportation Association (IATA)

Jika membuka perusahaan tour and travel masih belum mampu untuk Anda lakukan, bergabung saja ke perusahaan yang sudah ada. Anda bisa menjadi sub agen dari perusahaan tersebut.

6. Distro Muslim

Distro adalah singkatan dari distributor outlet atau store. Toko pakaian yang menjual produk hasil produksi sendiri atau titipan dari produsen bisa disebut sebagai distro. Selama ini kita mengenal distro hanya menjual pakaian seperti kaos, kemeja, jaket, topi, dan sebagainya.

Di Indonesia masih sangat jarang ditemui distro yang khusus menjual produk fashion muslim. Distro muslim adalah salah satu peluang bisnis syariah. Produk-produk yang dijual tentu saja pakaian-pakaian yang sesuai dengan syariah. Apakah Anda tertarik untuk memulainya?

7. Usaha Daycare Islami 

Berkat emansipasi, wanita kini bisa memiliki pekerjaan yang setara dengan pria. Oleh sebab itu, banyak sekali wanita karier yang harus meninggalkan anaknya di penitipan atau daycare. Namun daycare biasa tak bisa memenuhi kebutuhan anak dalam mempelajari nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh sebab itu, muncullah usaha daycare bernuansa islami. Daycare seperti melayani penitipan anak dengan menanamkan nilai-nilai islami. Untuk membuka usaha daycare, Anda perlu merekrut tenaga ahli yang dapat mengasuh anak yang tentunya beragama Islam.

Usaha daycare juga membutuhkan izin dari pemerintah di daerah setempat, terutama dari dinas pendidikan dan kebudayaan.

8. Blogging Islami 

Blog adalah salah satu media yang biasa dipakai untuk berbagi informasi. Dari sisi pemilik blog, media ini juga bisa menjadi sumber penghasilan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Anda bisa memulai membuat blog yang berisi konten-konten islami.

Jenis konten yang bisa Anda gunakan untuk mengisi blog antara lain:

  • Travelling islami
  • Parenting islami
  • Kisah-kisah muslim yang inspiratif
  • Gaya hidup islami

Apa pun jenis konten yang Anda bagikan, sebaiknya buatlah semenarik mungkin. Semakin menarik, warga net akan terus mengunjungi blog Anda. Setelah pembaca semakin banyak, Anda dapat melakukan monetisasi pada blog tersebut.

9. Toko Online Islami 

Di tahun 2020, belanja secara online lebih banyak dilakukan dari pada belanja offline. Kemudahan serta kepraktisan yang menjadi alasan utama masyarakat lebih menyukai belanja secara online. 

Perubahan pada cara berbelanja di atas dapat menjadi sebuah peluang baru untuk berbisnis. Anda dapat membuka sebuah toko online islami. Jual barang yang bernuansa Islam seperti pakaian atau pernak-pernik. 

10. Buku Anak Islami

Buku masih menjadi salah satu media belajar terbaik untuk anak. Saat ini, banyak orang tua yang berusaha mencegah anaknya kecanduan gadget dengan mengenalkannya kepada buku-buku.

Dengan menjual buku-buku anak bernuansa islami, Anda turut membantu orang tua memberikan ilmu kepada anaknya. Selain mendapatkan keuntungan penjualan, Anda pun mendapatkan pahala.

Baca Juga: Tips Usaha Frozen Food

Peluang bisnis syariah di Indonesia sangat banyak dan belum banyak yang menggelutinya. Jangan sia-siakan kesempatan ini dan mulai bisnis Anda sekarang juga.