BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Bisnis Minuman Halal

Bisnis Minuman Halal – Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang sangat beragam. Seluruh daerah dari Sabang hingga Merauke memiliki kuliner khasnya masing-masing.

Kuliner khas tidak hanya berupa makanan tapi juga minuman. Peminat minuman tradisional sangat banyak sehingga sangat cocok untuk dijadikan bisnis.

Kunci sukses dalam memasarkan produk minuman tradisional adalah pengemasan yang modern serta memiliki sertifikat halal.

Mengapa harus halal? Sebab mayoritas masyarakat di Indonesia adalah muslim. Berikut ini terdapat daftar ide bisnis minuman halal yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Daftar Bisnis Minuman Halal yang Paling Digemari

Daftar Bisnis Minuman Halal yang Paling Digemari

1. Wedang Ronde

Wedang ronde merupakan salah satu minuman khas Jawa yang sering disajikan saat cuaca dingin. Minuman ini lebih banyak dijual pada waktu malam hari. Kalau Anda berkunjung ke daerah yang ada di dataran tinggi, mungkin penjual wedang ronde akan lebih banyak jumlahnya.

Minuman tradisional ini memiliki komposisi utama air jahe panas yang diisi dengan bola-bola tepung ketan, kacang tanah, kolang-kaling, dan roti tawar. 

Untuk mengurus sertifikat halal, Anda bisa datang ke kantor Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sertifikat halal bisa menjadi salah satu senjata utama dalam pemasaran. Anda pun bisa menembus pasar negara-negara muslim di berbagai belahan dunia dengan label halal tersebut.

2. Bandrek

Bandrek merupakan minuman tradisional dari Pulau Jawa bagian barat. Bahan utama bandrek adalah susu murni yang ditambah dengan gula aren agar lebih manis serta jahe untuk menimbulkan rasa hangat. Minuman tradisional ini sekarang sudah dipasarkan hingga ke penjuru negeri.

Bandrek tak hanya dijual dalam bentuk minuman. Ada pula yang menjual minuman tradisional ini dalam bentuk serbuk. Anda juga bisa mengikuti jejak produsen bandrek instan. Namun jangan lupa untuk mengurus sertifikat halal ke MUI untuk memastikan bahwa produk Anda memenuhi standar halal.

3. Es Teler

Es teler menjadi salah satu minuman yang bisa Anda temukan di berbagai tempat. Minuman ini dijajakan oleh pedagang kaki lima hingga menjadi salah satu dessert andalan di restoran bintang lima. Es teler sepertinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Komposisi es teler terdiri dari es serut yang diberi gula, santan, susu kental manis, serta aneka macam buah di atasnya. Banyak orang yang mengatakan bahwa es teler adalah cocktail khas Indonesia. Minuman ini sangat menyegarkan, terlebih bila disajikan di siang hari nan panas.

Ada banyak sekali pedagang es teler, namun tak banyak yang memiliki sertifikasi halal dari MUI. Anda bisa merintis usaha es teler yang halal dan bersertifikat. Hal ini bisa menjadi poin plus untuk bisnis yang Anda jalankan.

Baca juga: Bisnis Franchise Kopi Kekinian Paling Laris

4. Es Dawet

Ada banyak sekali varian es dawet yang ada di Indonesia, berikut ini contohnya:

  • Dawet ayu khas Banjarnegara memiliki cendol berwarna hijau.
  • Dawet ireng khas Purworejo memiliki cendol berwarna hitam.
  • Dawet khas Solo berwarna hijau, umumnya disajikan bersama dengan bubur sumsum, ketan hitam, dan biji selasih.
  • Dawet mawar khas Banyuwangi, memiliki cendol berwarna merah muda karena dicampur dengan sari bunga mawar.

Sama seperti es teler, es dawet pun dijual mulai dari kelas kaki lima hingga restoran. Kepopuleran minuman ini tidak meredup meskipun saat ini tergerus maraknya boba milk tea.

Jika berbicara tentang sertifikat halal, masih sangat sedikit pedagang es dawet yang memilikinya. Kalau Anda ingin berkecimpung di bisnis es dawet, sebaiknya Anda mengurus sertifikat halal terlebih dahulu untuk meyakinkan konsumen bahwa produk Anda memenuhi standar MUI.

5. Es Oyen

Es oyen adalah salah satu minuman khas dari tanah Sunda, khususnya kota Bandung. Berbeda dengan bandrek, minuman satu ini disajikan dingin dan lebih cocok bila diminum pada siang hari. 

Untuk membuat es oyen, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan yaitu:

  • Buah-buahan
  • Susu kental manis
  • Es yang sudah diserut
  • Kelapa muda
  • Pacar cina

Dilihat dari bahan-bahannya saja Anda sudah bisa membayangkan kesegaran es oyen. Sayang sekali hingga hari ini belum ada pedagang es oyen yang memiliki sertifikat halal. Mungkin Anda berminat untuk menjadi yang pertama?

6. Wedang Uwuh

Dalam bahasa Jawa, “uwuh” memiliki arti “sampah”. Namun wedang uwuh bukan berarti minuman sampah atau pun terbuat dari sampah. Pemberian nama uwuh berasal dari bahan-bahannya yang bila disatukan akan tampak seperti sampah.

Wedang uwuh sendiri terdiri dari berbagai macam rempah, antara lain:

  • Jahe
  • Cengkeh
  • Serai
  • Pala
  • Kapulaga
  • Gula batu

Umumnya wedang uwuh dijual dalam bentuk kemasan berisi bahan mentah. Untuk menikmatinya, pembeli harus merebus bahan-bahan tersebut terlebih dahulu.

Baca juga: Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Indonesia

7. Teh Telur

Ide bisnis minuman halal selanjutnya adalah teh talua atau teh telur. Teh talua sendiri merupakan salah satu minuman khas dari Minangkabau, Sumatera Barat. Seperti namanya, minuman ini terbuat dari campuran teh dan telur ayam kampung. 

Selain dua bahan utama tadi, teh talua juga memiliki campuran gula serta perasan jeruk nipis untuk mengurangi amis dari telur. Teh talua memiliki cita rasa unik dan tidak ada minuman lain yang memiliki rasa serupa.

Teh talua cukup jarang dijumpai di luar Sumatera Barat. Jadi, peluang Anda untuk berbisnis minuman halal yang satu ini masih terbuka lebar.

8. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau atau burjo adalah salah satu minuman halal yang paling diminati oleh masyarakat. Minuman yang terdiri dari campuran kacang hijau, ketan hitam, santan, dan gula merah ini dapat disajikan hangat maupun dingin.

Burjo dapat diminum saat cuaca panas atau pun dingin. Tak heran jika banyak orang yang gemar mengonsumsi minuman tradisional yang satu ini. 

9. Kunyit Asam 

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar kata “jamu”? Mungkin sebagian dari Anda akan memikirkan minuman yang pahit rasanya. Namun Anda harus tahu bahwa tak semua jamu itu pahit. Salah satu contohnya adalah kunyit asam yang memiliki cita rasa manis, asam, dan menyegarkan.

Kunyit asam bisa dijual dalam bentuk jamu siap minum maupun serbuk. Sudah banyak brand yang menjual kunyit asam sebagai produk unggulannya. Apakah Anda berminat untuk mengikuti jejak kesuksesan mereka?

10. Bajigur

Satu lagi minuman hangat dari Jawa Barat, bajigur. Minuman yang satu ini sangat mirip dengan bandrek, namun memiliki bahan utama yang berbeda. Bandrek dibuat dari susu murni sedangkan bajigur dibuat dari santan kelapa.

Bajigur kini sudah menjadi minuman tradisional yang mampu menembus pasar modern. Banyak cafe yang menawarkan minuman ini dalam menunya. Kepopuleran bajigur mendorong beberapa produsen untuk membuat minuman versi serbuk atau instan.

11. Bir Pletok

Bir pletok merupakan minuman betawi yang halal. Meskipun memiliki nama bir, minuman ini tak memiliki kandungan alkohol sedikit pun. Bahan utamanya antara lain:

  • Kayu secang
  • Serai
  • Pandan wangi
  • Jahe

Apabila Anda berminat untuk menjalankan bisnis bir pletok, sangat disarankan untuk mengurus sertifikat halal terlebih dahulu. Tujuannya adalah meyakinkan konsumen bahwa produk Anda bukanlah minuman beralkohol.

Baca juga: Ide Usaha untuk Pensiunan

Sertifikat halal memegang peranan yang sangat penting dalam berbisnis minuman di Indonesia. Selain untuk meyakinkan pembeli, sertifikat tersebut juga dapat mendongkrak penjualan. Lalu, di antara 11 ide bisnis minuman halal di atas, manakah yang akan Anda pilih?