Download Gratis
Butuh bantuan?

Peluang Usaha Pet Shop

Di tengah kondisi tak menentu saat ini, rupanya tidak membuat usaha pet shop sepi pengunjung. Semakin terbatasnya aktivitas manusia di luar rumah, membuat mereka jenuh terus berada di rumah. Mengurangi tingkat stress seseorang, ternyata bisa dengan memelihara hewan menggemaskan loh.

Hewan yang paling sering dipelihara yakni anjing, kucing, kelinci, hamster, kura-kura dan masih banyak lagi tergantung seberapa kesukaan mereka terhadap hewan tertentu. Namanya saja hewan peliharaan, sang empunya harus merawat dan memelihara hewan tersebut sebaik-baiknya.

Buat Toko Online Sendiri

Caranya dengan melakukan perawatan rutin, pengecekan kesehatan, pemenuhan gizi nutrisi dari makanan hingga pengobatan intensif jika hewan sakit. Maka dari itu, pet shop hadir membantu pemilik hewan menyediakan kebutuhan hewan peliharaan agar senantiasa sehat dan bisa terus menemani sang pemilik hingga waktu yang lama.

Juragan bisa lho memanfaatkan peluang bisnisnya di tengah kondisi seperti ini, selain membantu pemilik menyediakan kebutuhan hewan, pun Juragan telah ikut andil menyelamatkan kehidupan hewan-hewan lucu tersebut.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Mengulik Usaha Pet Shop

Melihat kebutuhan pemilik hewan kesayangannya, bisnis pet shop sangat diminati dan punya peluang besar hingga jangka waktu yang lama. Berikut peluang secara rincinya:

Omzet Menggiurkan

Jika Juragan memiliki modal lebih atau berkisar diatas 12 juta rupiah, maka bisa memulai bisnis satu ini. Biasanya modal utama yang dikeluarkan berkisar 12 juta rupiah untuk kebutuhan pet shop, speerti kendang berbagai ukuran (berkisar 3 juta rupiah), variasi makanan hewan (berkisar 6 juta rupiah), vitamin, shampoo (berkisar 2 juta rupiah) dan aksesoris hewan peliharaan (berkisar 1 juta rupiah).

Perhitungan modal awal tersebut tidaklah baku, Juragan bis amengkondisikan dengan modal yang dimiliki dan mencari endor atau supplier yang bisa memberikan bantuan dengan harga miring. Lantas berapa omzet perkiraannya? Asumsikan saja jika setiap hari ada 3-4 hewan yang ditiitpkan ke toko hewan Juragan. Biaya penitipan katakanlah per ekor Rp50.000/ hari. Maka keuntungan per minggu hanya jasa titip mencapai 5-6 juta rupiah.

Setelah mengasumsikan jumlah omzet layanan jasa titip hewan, coba kembali asumsikan pendapatan untuk jasa perawatan hewan. Jika mendatangkan pelanggan salon hewan sekitar 85 ekor hewan dengan patokan per ekor Rp70.000, maka keuntungan jasa salon hewan mencapai Rp5.950.000.

Belum lagi apabila pet shop milik Juragan sudah ramai dan dikenal banyak khalayak karena layanan yan apik, bukan tidak mungkin berimbas pada meningkatnya jumlah penjualan makanan dan pernak-pernik hewan mencapai 3-4 juta rupiah. Dalam waktu sebulan saja, laba kotor bisa mencapai 15-16 juta rupiah. Wow peluang usaha pet shop fantastis ya, Juragan!

5 Cara Mudah Memulai Bisnis Pet Shop

Bagaimana, Juragan semakin tertarik? Sebelum bergegas mencari vendor dan supplier peralatan pet shop, ada baiknya untuk selalu belajar cara memulai bisnisnya berikut ini:

1. Tentukan Lokasi Pet Shop

Langkah pertama ialah menentukan lokasi yang strategis, karena nantinya lokasi akan menentukan seberapa mudah dijangkau oleh target market. Carilah lokasi yang mudah diakses tetapi tetap memperhatikan kenyamanan hewan ketika akan dititipkan ke pet shop Juragan.

Tempat yang kondisif harus bebas dari kebisingan. Jika terpaksa, maka sediakan peredam ruangan untuk menangkal suara dari luar yang bisa berdampak pada hewan menjadi mudah stress. Pastikan

tempat penitipan selalu bersih agar hewan serta pelanggan nyaman dan menjaga kesehatan. Lokasi yang strategis bisa dicari dengan memperhatikan tempat yang dekat dengan pemukiman supaya mudah diketahui dan dijangkau.

2.Tentukan Jenis Layanan

Tidak hanya hewan anjing dan kucing, biasanya bisnis pet shop menyediakan layanan untuk jenis hewan peliharaan lainnya. Pun demikian pada jenis layanan yang ditawarkan, mulai dari jual-beli hewan yang legal, jual-beli kebutuhan pangan hewan, kebutuhan sandang, mainan dan lainnya.

Supaya lebih membangun nama toko Juragan, bisa menerapkan layanan one stop service atau menyediakan semua jenis layanan hewan. Mulai dari jasa titip, jual-beli dan salon hewan, dengan begitu target market semakin mempercayai pet shop Juragan bisa dipercaya melakukan perawatan pada hewan kesayangan mereka.

3. Mengurus Izin

Selain menyelesaikan berkas perizinan toko pet shop, Juragan juga perlu meminta izin usaha pet shop lingkungan sekitar toko. Tujuannya menghindari adanya konflik dan menghargai warga sekitar agar bisa saling menerima keberadaan satu sama lain. Alasan utama karena tidak semua orang bisa nyaman dengan keberadaan hewan peliharaan di dekat rumah mereka. Mempertimbangkan hal tersebut, Juragan bisa mengajukan surat permohonan surat izin kepada dinas kota agar semakin aman dan nyaman membuka bisnis.

4. Cari Veternian dan Caretaker Terpercaya

Membuka bisnis pet shop bukan sembarangan, Juragan membutuhkan tenaga ahli seperti veterinarian (dokter hewan) dan caretaker (perawat hewan). Keberadaan tenaga ahli kesehtaan hewan tersebut akan semkain menambah pamor toko pet shop dan mudah mendapatkan kepercayaan banyak orang. Peran tenaga ahli dalam pet shop membantu Juragan menjaga kesehatan hewan yang dititipkan.

5. Bangun Komunitas

Perlu Juragan ketahui bahwa bisnis pet shop membutuhkan komunitas untuk berkembang, caranya dengan melakukan promosi, memberikan layanan khusus untuk komunitas lainnya dan terlibat dalam berbagai event yang diselenggarakan banyak komunitas. Niscaya, bisnis pet shop kian melejit dan dipercaya menjadi tempat merawat dan penitipkan hewan terpercaya.

6. Berbagi Edukasi

Calon pembeli hewan peliharaan umumnya sangat minim pengetahuan terkait cara merawat hewan yang baik dan benar. Juragan bisa berbagi ilmu mengatasi kekhawatiran calon pembeli agar semakin mantab mengambil keputusan merawat hewan menggemaskan. Selain secara mengedukasi saat

pembeli ke toko, Juragan bisa berbagi ilmu ke media sosial loh, tentunya akan semakin meningkatkan branding pet shop.

Baca juga : Prospek Bisnis Jasa Basmi Hama

Analisa Usaha

Supaya tidak salah kaprah memperhitungkan modal awal, berikut rincian modal usaha pet shop yang bisa dijadikan referensi memulai usaha.

Modal Awal Pet Shop : 

Kandang Rp 3.000.000

Etalase kaca Rp 2.500.000

Makanan hewan untuk dijual Rp 5.000.000

Perlengkapan mandi untuk dijual Rp 1.500.000

Aksesoris untuk dijual RP 500.000

Perlengkapan tambahan lain Rp 500.000

TOTAL Rp 13.000.000

Biaya Operasional Per Bulan:

Karyawan 2 orang (non-veterinarian) Rp 2.200.000

Makanan hewan yang dititipkan Rp 3.000.000

Bahan perawatan hewan yang dititipkan Rp 1.500.000

Lain-lain Rp 500.000

TOTAL Rp 7.200.000

Omzet Per Bulan

Penitipan hewan: 60 hewan x Rp47.000 Rp 2.820.000

Grooming: 90 hewan x Rp63.000 Rp 5.670.000

Profit penjualan makanan hewan Rp 1.800.000

Proft penjualan aksesoris dan lainnya Rp 1.700.000

TOTAL Rp 11.990.000

Keuntungan per bulan = Rp 11.990.000 – Rp 7.200.000 = Rp 4.790.000

Break Event Point = Rp 13.000.000 / Rp 4.790.000 = 2,71 bulan atau kurang dari 3 bulan Juragan akan balik modal.

Nah, supaya usaha pet shop Juragan nantinya mudah berkembang, percayakan pengelolaan keuangan bisnis dan stok bahan pet shop hanya di BukuWarung caranya mudah cukup download di PlayStore. Gratis!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download