Download Gratis
Butuh bantuan?

Prospek Bisnis Jasa Basmi Hama

Keberadaan hama di rumah baik kecoa, tikus, rayap, dan lainnya seringkali menimbulkan ketidaknyamanan bagi penghuni rumah. Terlebih lagi, jika hama tersebut merusak properti rumah dan menimbulkan kerugian bagi pemiliknya. Pemilik rumah tersebut pasti sangat ingin untuk membasminya sampai tuntas.

Kondisi ini menimbulkan hal negatif dan positif. Positifnya adalah muncul berbagai layanan jasa pembasmi hama profesional. Hama tersebut dimanfaatkan oleh orang-orang yang inovatif untuk membuka layanan tersebut. Tentu saja ini akan sangat menguntungkannya.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Daripada repot harus membasminya sendiri dan belum lagi jika Juragan tidak profesional yang membuat hama masih bersarang di rumah Juragan. Ada baiknya untuk menyewa jasa pembasmi hama. 

Jasa pembasmi hama merupakan ide bisnis dengan prospek yang sangat besar. Hal ini karena masih sedikit orang yang berkecimpung di dunia jasa pembasmi hama. Tentunya, Juragan juga bisa mempertimbangkannya sebagai ide bisnis. Lantas, bagaimana cara melakukannya? Yuk, simak penjelasan dari Buku Warung di artikel ini, ya.

Jasa Pembasmi Hama

Jasa pembasmi hama atau nama lainnya pest control adalah layanan untuk membantu para pemilik properti atau lahan membasmi berbagai macam hama yang merugikan mereka dengan mudah dan aman. 

Jasa pembasmi hama lahir dari pemikiran inovatif orang yang resah terhadap hama yang merugikannya dan menjadikan sebagai ladang bisnis. 

Buat Toko Online Sendiri

Jasa pembasmi hama biasanya hanya ditemukan di kota-kota besar dan wilayah industri. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan dari kalangan tersebut dibandingkan kota-kota kecil.

Jasa pembasmi hama menggunakan berbagai alat dan bahan kimia atau organik yang menyesuaikan dengan hama tersebut. Misalnya, hama rayap yang bisa dibasmi dengan cairan racun rayap. Nantinya, racun tersebut disemprotkan di sekitar kusen pintu dan area-area persembunyian yang telah diidentifikasi sebelumnya. 

Jasa pembasmi hama harus mempunyai sertifikat keahlian khusus dari dinas kesehatan setempat. Sertifikat ini adalah bukti bahwa karyawan telah mahir dan aman untuk melakukan aktivitas tersebut. Mereka para pemilik bisnis akan mengirimkan beberapa karyawannya untuk melakukan pelatihan membasmi hama dengan aman.

atur keuangan usaha

Hanya karyawan tersebutlah yang diperbolehkan untuk melakukan aktivitas pembasmian hama karena telah dilatih skillnya. Jika tidak melalui pelatihan akan sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan keracunan karena obat yang digunakannya. Oleh karena itu, bisnis ini tidak boleh dilakukan pada sembarang orang. Hanya orang mahirlah yang diperbolehkan.

Prospek Bisnis Jasa Basmi Hama

Prospek bisnis jasa basmi hama di Indonesia sendiri cukup luas dan sangat minim kompetitor. Sebagai industri, minat pasar terhadap jasa pengendali hama masih sangat tinggi. Setiap tahunnya minat pasar bertumbuh cukup baik. 

Biasanya, yang menyewa jasa pembasmi hama adalah industri komersial seperti rumah sakit, hotel, gudang, pabrik, restaurant, perkantoran, dan tempat lainnya. Pasar untuk B2C seperti konsumen langsung di rumah mereka masih tergolong sangat minim.

atur keuangan usaha

Hal inilah yang menjadi tantangan bagi jasa pembasmi hama untuk memasuki pasar tersebut. Melakukan marketing secara kontinyu dan testimoni pelanggan adalah salah satu cara yang cukup baik untuk diterapkan.

Tantangan lainnya pada bisnis jasa pengendali hama adalah bergesernya penerapan teknologi. Dulu membasmi hama bisa dilakukan dengan cara-cara konvensional yang cukup mudah dan minim biaya. Tetapi, sekarang berkat perkembangan teknologi memaksa mereka untuk beralih menggunakan teknologi agar dapat bersaing dengan zaman sekarang.

Diharapkan, para pelaku usaha jasa pembasmi hama dapat menyesuaikan SDM mereka dengan adanya perkembangan teknologi ini. Pembelajaran terus menerus dan kontinyu adalah strategi yang cukup baik menghadapi perkembangan zaman ini.

Omzet dan Keuntungan

Jasa pengendali hama sendiri memerlukan modal awal yang terbilang cukup besar untuk membeli peralatan dan pestisidanya. Namun, keuntungan yang didapatkan juga tergolong cukup besar yaitu 30-40% perbulannya. Keuntungan tersebut sudah bersih dikurangi dengan biaya-biaya yang ada.

Menurut pengakuan Rio Patra Abadi, setidaknya dalam sebulan perusahaan dia mendapatkan 100 klien dengan rata-rata omzet mencapai Rp 80 juta. Keuntungan bersihnya bisa mencapai Rp 25 jutaan.

Para pelaku bisnis jasa pengendali hama akan merasakan balik modal pada bulan ke-5 jika rata-rata keuntungannya seperti diatas tersebut.

Penawaran yang tersedia dalam bisnis ini cukup beragam dengan biaya yang beragam juga. Penawaran tersebut yakni, fogging, pembasmi rayap, tikus, kutu, semut, dan kecoa. Harga per meternya berbeda-beda menyesuaikan tingkat kesulitannya.

Biasanya, dalam 1 meter perseginya dihargai Rp 15 ribu- Rp 25 ribu. Harga tersebut juga menyesuaikan dengan tempat yang akan dikerjakan. Rumah tinggal 1 lantai akan lebih murah dibandingkan dengan yang dua lantai. Begitu juga dengan restoran, lumbung pangan, pabrik dan kantor.

Tips dan Strategi Membuka Jasa Pembasmi Hama

Strategi dalam memulai bisnis jasa pembasmi hama yang paling utama adalah membuka jasa pada wilayah-wilayah yang potensial seperti kota-kota besar dan kawasan industri. Kota besar akan memberikan dampak yang cukup signifikan pada traffic Juragan. 

Kawasan industri akan sangat membutuhkan jasa pembasmi hama dikarenakan sektor tersebut sangat banyak terdapat hama yang akan merugikan. Misalnya, hama tikus yang menggerogoti lumbung pangan.

Tipsnya adalah selalu meningkatkan pelayanan kepada konsumen dan menggunakan teknologi terbaru yang dapat membantu pekerjaan Juragan. 

Selanjutnya adalah pemilihan pestisida yang aman untuk digunakan. Jenis pestisida yang digunakan akan berbeda-beda menyesuaikan dengan hama. Misalnya bahan chemical yang digunakan harus ramah lingkungan dan tidak boleh menimbulkan aroma menyengat. 

Bagi Juragan yang ingin terjun di dunia jasa pembasmi hama ada baiknya untuk mengetahui dasar-dasar bahan aktif yang digunakan dan standar keamanannya Hal ini akan sangat berdampak pada kepuasan pelanggan.

Dalam berbisnis tentunya akan sangat diperlukan peran marketing atau pemasaran. Cara pemasaran yang dapat dilakukan oleh bisnis jenis ini ada banyak. Misalnya saja menawarkan langsung atau melalui media sosial.

Agar usaha jasa pembasmi hama ini tepat sasaran biasanya mereka akan bekerja sama dengan pihak RT/RW, kelurahan, instansi pemerintah, partai politik, serta perusahaan. Menjalin kerjasama dengannya akan membuat pemasaran jauh lebih efektif karena sektor tersebut sangat membutuhkan jasa ini.

Selanjutnya, untuk sektor B2C yang langsung ke pelayanan konsumen pendekatan yang bisa dilakukan adalah memberikan testimoni dari mulut ke mulut orang yang telah menggunakan jasa ini atau dari website. Mereka akan lebih percaya jika orang terdekatnya yang menggunakan jasa ini dan memberikan testimoni secara langsung.

Nah, itulah penjelasan dari BukuWarung mengenai prospek bisnis jasa pembasmi hama dan cara melakukannya. Juragan bisa mempertimbangkan ide bisnis ini dan jadilah pelopor jasa pembasmi hama di wilayah Juragan.

Memulainya saat orang lain belum memulai adalah start awal yang sangat baik menuju kesuksesan. Ada baiknya juga untuk mengelola pembukuan bisnis dengan benar. 

Juragan bisa menggunakan aplikasi BukuWarung untuk pembukuan di bisnis Juragan. Aplikasi BukuWarung membantu para pelaku usaha untuk mengatur arus kasnya agar lebih mudah dan aman. Juragan bisa mendownloadnya melalui Playstore dan Appstore secara gratis, ya. Ayo, download mulai dari sekarang!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download