Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

Berbisnis memang harus dilakukan secermat mungkin. Bahkan sebelum terjun ke dalamnya, ada berbagai persiapan yang harus dilakukan. Pada artikel ini, kami akan membahas terkait berbagai persiapan untuk memulai bisnis. 

Ya, Juragan bisa memulai bisnis hanya setelah mempersiapkan berbagai langkah di bawah ini. Yuk, ikuti artikel kami hingga selesai!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

5 Persiapan untuk Memulai Bisnis 

Sebagian besar impian dari kaum millenial belakangan ini, menurut riset terbaru tahun 2021, hasilnya 7 dari 10 orang generasi Z dan millenial ingin menjadi pebisnis. Ada yang memang berniat untuk menjadi pengusaha sukses, dan ada pula yang “latah” atau hanya ikut-ikutan. 

Kami harap para pembaca semuanya bukan termasuk orang yang “latah”, dan ingin menjadi pebisnis hanya karena berpikir bahwa “bisnis” selalu mendatangkan keuntungan. Padahal, nyatanya memulai bisnis harus dilakukan dengan seteliti mungkin, sehingga kerugian bisa diminimalisir sejak dini. 

Jika Juragan memang benar-benar ingin memulai suatu bisnis, kami harap Juragan melakukan persiapan dengan sematang mungkin. Berikut ini 5 persiapan untuk memulai bisnis yang perlu Juragan lakukan : 

1. Persiapkan Business Plan

Langkah pertama, Juragan harus mempersiapkan business plan, karena komponen yang satu ini merupakan dasar perencanaan bisnis Juragan. Umumnya, business plan merupakan dokumen tertulis yang berisi perencanaan lengkap terkait usaha yang ingin dijalankan suatu pihak. 

Buat Toko Online Sendiri

Berikut ini berbagai jenis business plan yang perlu Juragan ketahui : 

  • Perencanaan Bisnis Start Up 
  • Perencanaan Bisnis Strategik 
  • Perencanaan Bisnis Operasional 
  • Perencanaan Bisnis Pengembangan 
  • Perencanaan Bisnis Pertumbuhan 

Itulah ke-5 jenis business plan atau perencanaan bisnis yang perlu Juragan ketahui. Masing-masing dari jenis business plan di atas memiliki fungsi berbeda. Bagi calon pebisnis, umumnya yang biasa digunakan adalah Perencanaan Bisnis Strategik.

Dengan membuat suatu perencanaan bisnis, Juragan bisa merencanakan tujuan perusahaan, strategi yang akan digunakan, metode pemasaran yang dicanangkan, dan lain sebagainya. Sehingga bagian dari perusahaan bisa bergerak secara sinergi untuk mencapai tujuan tersebut.  

atur keuangan usaha

2. Persiapan Modal Usaha

Berikutnya, komponen yang digunakan untuk memulai suatu bisnis yaitu mempersiapkan modal usaha. Modal bisnis tersebut umumnya tidak didapatkan dari satu pihak atau uang pribadi saja, akan tetapi juga didapatkan dengan berbagai metode. 

Namun sebelum beranjak ke pembahasan tersebut, ketahui ke-3 jenis modal usaha tersebut : 

  • Modal investasi : jenis modal yang digunakan untuk merintis suatu perusahaan, serta memiliki sifat terus menyusut per tahunnya. Umumnya, modal yang satu ini digunakan untuk membeli aset perusahaan. 
  • Modal Kerja : jenis modal yang digunakan untuk membayar biaya yang dibutuhkan perusahaan dalam jangka pendek. Umumnya, modal yang satu ini juga disebut sebagai modal produksi, serta memiliki liabilitas tinggi. 
  • Modal Operasional : jenis modal yang digunakan untuk membayar biaya operasional perusahaan. Biasanya, biaya ini dikeluarkan tiap bulan atau tiap tahun, tergantung dari kebutuhan aset perusahaan tersebut. 

Ada 3 jenis modal yang dibutuhkan perusahaan, dan berikut ini cara mendapatkan modal perusahaan yang Juragan bangun : 

atur keuangan usaha
  • Melalui tabungan pribadi
  • Pinjaman pribadi 
  • Pinjaman dari lembaga keuangan 
  • Menjual aset perusahaan 
  • Penggalangan dana 
  • Dari hasil penjualan / sales 
  • Berasal dari investor 

3. Menentukan Target Pasar

Ketika ingin memulai bisnis, penting bagi Juragan untuk melakukan riset tertentu untuk menentukan target pasar. Ada cukup banyak manfaat menentukan dan mengenali target pasar dari bisnis yang akan kita dirikan. Berbagai manfaat tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Bisa membuat produk yang ditawarkan menjadi lebih bersaing daripada produk kompetitor 
  • Bisa membuat konten promosi sesuai dengan target pasar yang ingin dicapai 
  • Bisa langsung berkomunikasi dengan pelanggan melalui produk yang ditawarkan 
  • Bisa meningkatkan penjualan dari produk yang perusahaan Juragan tawarkan 

Banyak manfaat di atas bisa dicapai dengan cara menentukan target pasar yang ingin dituju. Ketika ingin menentukan target pasar, berikut langkah yang paling tepat : 

  • Mengidentifikasikan bisnis Juragan dengan menjawab pertanyaan What, Why, Where, Who, When, dan How (5W+1H)
  • Lakukan komunikasi secara intens dengan para klien sebelumnya 
  • Carilah feedback dan lakukan riset terhadap timbal balik yang telah diperoleh 

4. Lakukan Branding

Berikutnya, pastikan untuk melakukan branding demi meningkatkan brand awareness perusahaan Juragan di mata masyarakat. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk melakukan branding. Berikut ini sedikit di antaranya : 

  • Gencar melakukan promosi di media sosial 
  • Lakukan perumusan brand agar nantinya mudah diingat oleh para pembeli 
  • Buatlah strategi pengiklanan yang membuat brand produk Juragan semakin viral 
  • Ikutlah berbagai event pameran, bazaar, dan lain sebagainya 

Dengan melakukan branding, merk yang diusung oleh perusahaan Juragan nantinya bisa semakin mendapatkan tempat di tengah-tengah masyarakat. Lakukan branding secara rutin, agar bisnis Juragan semakin maju. 

5. Adding Value pada brand 

Langkah terakhir yang bisa dijadikan metode memulai bisnis serta mempersiapkan pertempuran dengan kompetitor adalah adding value untuk brand yang Juragan rintis. 

Dengan menambahkan value tertentu pada brand yang Juragan kembangkan, para pembeli akan semakin tertarik dengan brand Juragan tersebut. Sehingga mereka enggan berpindah ke merk lainnya. 

Berikut ini keuntungan yang didapatkan perusahaan yang berhasil melakukan adding value steps untuk brand mereka : 

  • Produk bisa dibeli harga lebih mahal 
  • Brand produk tersebut bisa lebih menarik perhatian pembeli dibandingkan produk dari kompetitor 
  • Biaya produksi untuk menghasilkan barang tersebut akan semakin bisa ditekan 

Itulah ke-5 langkah memulai bisnis yang perlu Juragan ketahui dan praktekkan. Lakukan berbagai poin di atas agar nantinya bisnis Juragan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Kami akan membantu Juragan secara tak langsung untuk memperlancar kegiatan pengelolaan keuangan perusahaan. Caranya, tinggal download aplikasi BukuWarung. 

Gunakan BukuWarung untuk Memulai Bisnis!

Proses memulai bisnis hendaknya dilakukan setahap demi setahap, sembari dari sisi keuangan selalu dikontrol. Kami dari BukuWarung akan membantu Juragan mengelola keuangan perusahaan dengan lebih baik. Aplikasi yang kami kembangkan, BukuWarung, menyediakan platform pencatatan transaksi keuangan para pebisnis yang menggunakannya. 

Juragan bisa menjadi satu dari jutaan pihak yang menggunakan aplikasi kami. Tentu saja, keuangan perusahaan bisa lebih tertata jika setiap riwayat transaksi keuangan dicatat pada aplikasi kami. Tak heran jika aplikasi yang kami kembangkan ini sangat populer di antara para pebisnis. 

Selain menyajikan kemudahan pencatatan keuangan perusahaan, BukuWarung juga dilengkapi dengan user interface yang memudahkan pengguna. Dari sisi copywriting, berbagai arahan yang ada pada aplikasi ini juga memudahkan pengguna yang awam terkait financial technology sekalipun.

Nah, Juragan telah mengetahui cara memulai bisnis seperti yang telah kami jabarkan di atas. Dengan melakukan persiapan business plan, modal usaha, target pasar, branding, adding value, dan juga melakukan pencatatan keuangan, tak mustahil jika perusahaan Juragan bisa berkembang dengan baik. 

Pastikan untuk selalu menggunakan aplikasi BukuWarung untuk memulai bisnis di era milenial sekarang ini. Juragan bisa langsung mendownloadnya di Google Playstore atau dengan cara mengakses link berikut. Yuk, sukses bersama BukuWarung!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download