Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Usaha Modal Kecil

Tips usaha modal kecil sangat penting untuk diperhatikan ketika Anda ingin memulai suatu bisnis. Pastikan dengan modal kecil yang digunakan, Anda bisa meraih keuntungan yang sebesar-besarnya. Jika masih memulai, penggunaan modal yang kecil memang sangat penting untuk mengurangi kemungkinan kerugian. Untuk ini lakukan hal-hal di bawah ini sebelum memulai suatu usaha atau bisnis.

1. Pilih Jenis Usaha

Hal pertama sebelum memulai usaha pastinya adalah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Jika ingin membuka usaha di bidang jasa, pastikan Anda memiliki keterampilan yang relevan dengan jenis jasa. 

Sedangkan jika ingin membuka usaha di bidang penjualan barang, usahakan untuk menyiapkan sejumlah dana untuk keperluan persediaan barang. Untuk permulaan, jangan terlalu banyak membeli stok barang terlebih dahulu. Seiring berjalannya waktu, jika barang tersebut berpotensi laku, baru Anda bisa stok lebih banyak lagi. 

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

2. Lakukan Riset Pasar

Setelah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan, lakukanlah riset pasar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui potensi jasa atau barang yang Anda tawarkan akan laku di pasaran atau tidak. 

Riset perlu dilakukan secara terpadu selama beberapa kali agar hasil risetnya valid. Catat pula hasil riset agar bisa dijadikan pedoman dalam pelaksanaan usaha. Riset yang dimaksud meliputi jenis barang yang sudah ada beserta penjelasan dan harga jualnya. 

3. Alokasikan Modal Usaha dengan Baik

Dengan mengalokasikan modal usaha, pengeluaran akan lebih teratur. Hal tersebut menghindarkan Anda dari membeli sesuatu yang tidak diperlukan. Sedari awal, tulislah keperluan apa saja yang bersifat penting dan kurang penting. 

Kemudian tentukan frekuensi pembelian barang. Dahulukan barang-barang yang bersifat penting atau sangat berpengaruh terhadap kelangsungan usaha. Setelah itu, jika masih ada sisa modal belilah barang-barang lain yang bisa mendukung usaha. 

4. Gunakan Peralatan yang Ada

Untuk meminimalisir modal, gunakanlah beberapa peralatan yang sudah ada. Jika memang untuk pelaksanaan usaha Anda memerlukan alat yang sudah dimiliki, maka tidak perlu membeli yang baru. Misalnya Anda sudah memiliki etalase bekas usaha sebelumnya. 

Etalase tersebut bisa digunakan kembali untuk jenis usaha yang baru dengan sedikit memolesnya agar lebih bersih dan cantik. Meskipun jenis usaha baru berbeda dengan yang lama, jika alat atau barang sebelumnya masih bisa digunakan, manfaatkan lah. 

5. Cari Bahan Baku Berkualitas Namun Murah

Dalam melaksanakan suatu usaha, kualitas tentunya menjadi hal yang harus dinomorsatukan. Oleh karena itu, tips usaha modal kecil selanjutnya adalah Anda harus mencari bahan baku yang berkualitas. Namun, untuk meminimalisir modal Anda harus mencari bahan baku berkualitas yang murah meriah. Anda bisa membeli bahan baku langsung dari tangan pertama supaya harganya lebih miring. 

6. Pertimbangkan Lokasi Usaha

Biasanya, jika calon pengusaha tidak memiliki lahan untuk membuka usaha, mereka akan menyewa suatu tempat untuk dijadikan tempat usaha. Jika Anda juga tidak punya lahan, pastikan untuk mencari lahan usaha yang strategis tapi memiliki harga sewa yang murah. Meskipun lahannya kecil tidak apa-apa, yang penting lokasinya mudah dijangkau calon pembeli.

7. Perekrutan Karyawan

Di awal-awal memulai usaha, Anda bisa mencoba untuk menjalankannya sendiri jika memang mampu. Namun, jika usaha yang dijalankan memerlukan banyak tenaga, tak ada salahnya jika ingin merekrut karyawan. 

Pilihlah karyawan yang cekatan dan memiliki kinerja yang baik agar gaji yang Anda berikan sebanding dengan hasil kerjanya. Mulailah dengan merekrut satu atau karyawan terlebih dahulu kemudian bisa ditambah jika usaha Anda bertambah besar. 

8. Lakukan Inovasi Produk

Menjual produk yang sudah banyak di pasaran agaknya tidak akan terlalu menarik perhatian pelanggan. Untuk itu, lakukanlah inovasi produk dengan menghadirkan produk-produk terbaru yang unik dan belum pernah ada. 

Dengan begitu, pelanggan akan tertarik untuk mencoba produk yang Anda pasarkan. Untuk hal ini, pastikan untuk tetap menggunakan budget yang se minimal mungkin. Jangan sampai pengadaan inovasi justru membuat modal semakin membengkak.

9. Pertimbangkan Harga Jual Produk

Mempertimbangkan harga jual produk ada kaitannya dengan riset yang Anda lakukan sebelumnya. Dalam riset pastinya Anda mencari tahu harga produk sejenis yang sudah dijual di pasaran. 

Jika bisa lebih murah namun menawarkan kualitas yang sama atau bahkan lebih baik, pastinya produk Anda akan lebih laku. Namun, jika memang harus menjual produk lebih mahal dari kompetitor, pastikan untuk menghadirkan keunikan pada produk Anda.

10. Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi

Dewasa ini, hampir semua masyarakat pasti menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan mencari suatu informasi. Sehingga, media sosial bisa dimanfaatkan sebagai media promosi produk Anda. Unggah produk Anda pada sosial media disertai dengan keterangan atau deskripsi yang jelas. 

Usahakan memfoto produk dengan jelas dan menarik agar calon pembeli semakin tertarik. Jika perlu, cantumkan juga harga produk agar orang-orang mengetahui apakah produk Anda worth it atau tidak. 

11. Kelola Keuangan Usaha dengan Baik

Semua jenis usaha memerlukan pengelolaan keuangan yang baik dan sistematis. Dengan melakukan pengelolaan keuangan yang maksimal, Anda bisa mengetahui apakah usaha yang dijalankan sudah efektif atau belum. Pengelolaan keuangan meliputi pencatatan semua dana masuk dan keluar untuk keperluan belanja atau fee karyawan. 

Itu dia beberapa tips usaha modal kecil yang memungkinkan Anda untuk membuka usaha dengan budget yang minim. Agar pembukuan usaha makin terorganisir, Anda bisa mengunduh aplikasi BukuWarung di Play Store maupun AppStore. BukuWarung akan memudahkan segala proses pencatatan atau pembukuan keuangan usaha yang sedang Anda jalankan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui dengan jelas jumlah pemasukan dan pengeluaran usaha.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download