Download Gratis
Butuh bantuan?

Cerita Inspiratif Perjalanan Bisnis Elon Musk

Seorang Elon Musk tentu sudah tak asing lagi bagi para pebisnis. Bagaimana tidak? Ia adalah seorang pebisnis terkenal yang bisa menginspirasi banyak orang, termasuk Juragan.

Meskipun demikian, perjalanan Elon Musk X.com (Paypal) sampai SpaceX tentu mengalami pasang surut layaknya pebisnis lainnya. Akan tetapi tekad yang kuat membuatnya memiliki banyak perusahaan dan kekayaan yang melimpah.

Buat Toko Online Sendiri

Juragan ingin mengikuti jejaknya? Begini perjalanan bisnis Musk.

Perjalanan Hidup Elon Musk

Elon Reeve Musk atau yang biasa dikenal sebagai Elon Musk lahir di Afrika Selatan dari pasangan Maye Musk dan Errol Musk pada tahun 1971. Tak lama setelah itu, orang tuanya pun berpisah dan Ia hidup dengan ayahnya.

Akan tetapi, Musk memutuskan untuk berpindah ke Kanada dan menumpang hidup pada saudaranya. Saat itu ia pun mulai bekerja serabutan seperti membersihkan sampah gandum di peternakan, tukang bersih-bersih, pemotong kayu, hingga menjual komponen komputer.

Semua pekerjaan itu dilakukannya untuk menyambung hidup. Selain itu, Ia  memiliki ambisi yang tinggi terhadap apa yang telah dicita-citakannya sejak kecil.

Sejak kecil, Musk sangat senang membaca dan belajar, terutama dalam mempelajari teknik komputer dan pemrograman. Bahkan pada usianya yang ke 12 tahun, Ia berhasil membuat kode komputer menjualnya kepada majalah komputer yang diberi nama Blastar seharga $500.

Setelah berhasil mendapatkan gelar Sarjana Ekonomi dan Sarjana Fisika, Ia pindah ke California untuk kuliah fisika terapan, akan tetapi Ia memilih keluar dan mulai berwiraswasta di bidang internet, energi terbarukan, dan luar angkasa.

Perjalanan Bisnis Elon Musk

Sejak menginjakkan kaki di dunia bisnis, nama Elon Musk memang menjadi selalu menjadi sorotan karena setiap inovasi bisnis yang didirikannya memang luar biasa.

Musk memang memiliki pengaruh yang besar terhadap teknologi, akan tetapi Ia juga seorang pebisnis yang peduli terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Maka tak heran jika inovasinya yang luar biasa membuatnya mampu mendirikan 8 perusahaan sekaligus.

Apa saja sih perusahaan yang dimiliki oleh Musk? Berikut ulasannya :

1. Zip2

Di awal karirnya, Musk dan adiknya Kimbal Musk mendirikan Zip2, yaitu sebuah perusahaan perangkat lunak web. Perusahaan Elon Musk ini mengembangkan dan memasarkan panduan kuota internet untuk perusahaan surat kabar.

Akan tetapi pada tahun 1999, Zip2 diakuisisi oleh perusahaan Compaq dengan harga 307 juta dollar AS.

2. X.com

Tak lama setelah itu, Musk pun memanfaatkan penjualan Zip2 untuk mendirikan layanan keuangan dalam jaringan yang diberi nama X.com pada tahun 1999. Ia juga merekrut pebisnis John Story dan Bill Harris sebagai investor sekaligus presiden dan CEO di perusahaannya.

Perusahaan X.com yang didirikannya ini pun meluncurkan layanan rekening dan kartu tunai internet pada Desember 1999.

Beberapa bulan kemudian, perusahaan X.com mengakuisisi perusahaan Confinity yang mengoperasikan layanan transfer uang Paypal. Hingga pada tahun 2000, Ia memutuskan untuk menghentikan operasi perbankan internet di X.com dan focus pada layanan Paypal.

Akhirnya, perusahaan X.com pun diganti dengan nama PayPal. Namun, pada tahun 2002, PayPal juga diakuisisi oleh perusahaan Ebay dengan harga $1,5 miliar.

3. SpaceX

Setelah itu, pada tahun 2002 pun Musk pun mendirikan perusahaan lagi dengan nama Space Exploration Technologies Corporation atau yang biasa dikenal dengan SpaceX.

Perusahaannya kali ini bergerak di bidang pengembangan teknologi antariksa yang bertujuan untuk membangun pesawat ruang angkasa. Pesawat ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa secara komersial.

SpaceX pun mulai mengembangkan dan memproduksi wahana luncur antariksa serta memajukan teknologi roketnya. Musk pun berhasil membuat dua wahana luncur yang diberi nama Falcon 1 dan Falcon 9.

Pada tahun 2008, SpaceX berhasil mendapatkan kontrak dengan NASA untuk menangani transportasi kargo International Space Station dengan 12 penerbangan roket Falcon 9.

Sebelumnya Falcon 9 memang menjadi alat transportasi kargo, akan tetapi SpaceX telah merancang Falcon 9 sebagai transportasi astronot.

Hal ini membuat  Musk terus berinovasi untuk perkembangan perusahaan SpaceX miliknya yang tak hanya fokus untuk pengiriman astronot ke luar angkasa, tetapi juga untuk perjalanan pribadi. Sehingga suatu saat bisa memberangkatkan manusia ke Mars.

4. Tesla Motors

Tak puas dengan pencapaiannya di perusahaan SpaceX, selanjutnya Musk pun mulai mendirikan perusahaan Tesla Motors. Perusahaan Elon Musk kali ini bertujuan untuk memproduksi mobil listrik dengan harga terjangkau.

Ia pun ikut turun tangan dalam mengawasi semua pengembangan produk, rekayasa, hingga desain produk dari perusahaan Tesla Motors miliknya.

Hingga di tahun 2008, perusahaan ini pun berhasil meluncurkan mobil sport listrik yang bernama Tesla Roadster. Mobil listrik ini memiliki kemampuan akselerasi 0 hingga 60 mph per 3,7 detik. Hal ini sebagai upaya yang dilakukan Musk untuk menciptakan energi yang ramah lingkungan.

Mobil listrik yang dirancang oleh perusahaannya ini  pun mencapai penjualan hingga 2500 unit di 31 negara. Tak berselang lama setelah itu, Musk pun meluncurkan sedan listrik pertama yang akhirnya mendapat penghargaan sebagai 2013 Car of the Year oleh majalah Motor Trend.

5. Solar City

Sebagai seorang pebisnis, Musk memiliki kepedulian yang tinggi terhadap energi bersih. Maka dari itu, Ia pun menanamkan saham ke perusahaan SolarCity.

Musk pun ikut andil dalam membuat konsep dan menjabat sebagai ketua dewan di SolarCity.

Hingga pada tahun 2012, Ia pun mengumumkan bahwa SolarCity akan bekerjasama dengan Tesla sebagai perusahaan yang mengembangkan dan menjual panel surya.

Kemudian pada tahun 2014, Musk pun membangun fasilitas produksi SolarCity di New York yang lebih besar dan canggih dibandingkan perusahaan pabrik sebelumnya. Maka tak heran jika pabrik ini menjadi pabrik produksi panel surya terbesar di dunia. Kemudian pada tahun 2016, SolarCity pun mulai diakuisisi oleh Tesla.

6. Hyperloop

Pada tahun 2013, Musk meluncurkan moda transportasi terbaru yang dijuluki dengan nama Hyperloop. Moda transportasi ini akan menghubungkan wilayah Los Angeles dengan wilayah Teluk San Fransisco.

Melalui Hyperloop, Musk akan memberikan kemudahan kepada seseorang yang bepergian jarak jauh dengan biaya yang lebih murah.

Sistem ini menggunakan ruang vakum parsial untuk mengurangi gesekan aerodinamis yang dapat melakukan perjalanan berkecepatan tinggi dan tenaga yang lebih rendah. Sehingga kebutuhan listriknya pun bergantung pada tenaga surya. Total biaya untuk membangun sistem ini diperkirakan mencapai $6 miliar.

7. Open AI

OpenAI merupakan perusahaan yang baru didirikan oleh Musk pada tahun 2015. Perusahaan Elon Musk yang satu ini berkembang di bidang nirlaba.

Tujuan didirikannya perusahaan ini adalah untuk mengembangkan riset kecerdasan umum buatan yang bermanfaat bagi manusia secara keseluruhan.

8. Neuralink

Kemudian di tahun 2016, Musk pun mendirikan perusahaan startup yang bernama Nauralink. Perusahaan ini didirikan untuk mengintegrasikan otak manusia dengan kecerdasan buatan.

Dengan menanamkan chip pada manusia, maka kinerja otak manusia pun tak akan kalah hebat dengan kinerja robot. Perangkat tambahan ini diharapkan dapat meningkatkan memori atau berinteraksi dengan perangkat komputasi.

9. The Boring Company

Perusahaan lain yang juga didirikan oleh Musk adalah The Boring Company. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa infrastruktur dan konstruksi terowongan di Amerika Serikat.

Perusahaan ini didirikan sebagai bentuk solusi dari kemacetan yang pernah Ia alami di Los Angeles.

Pada awalnya perusahaan ini adalah anak perusahaan SpaceX. Akan tetapi pada tahun 2018, The Boring Company pun resmi menjadi perusahaan independen yang berdiri sendiri.

Nah, itulah beberapa perusahaan yang telah didirikan oleh Musk. Bisnis yang didirikan dan dikembangkan oleh Musk tentu tak terlepas dari kerja keras dan usahanya selama ini. Maka tak heran jika kekayaannya semakin melimpah dari perusahaannya tersebut.

Lalu, berapa sih jumlah kekayaan Musk saat ini? Jadi, Juragan perlu tahu bahwa sumber kekayaan terbesarnya saat  ini berasal dari perusahaan Tesla dan SpaceX yang didirikannya. Hal ini pun membuatnya bisa menduduki posisi orang terkaya pertama di dunia, lho!

Jadi, total kekayaan Elon Musk saat ini sebesar 220,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.102 triliun. Wah, banyak banget ya Juragan!

Itulah perjalanan bisnis yang dilalui oleh Elon Musk sehingga memiliki kekayaan yang luar biasa.

Kalua Juragan ingin bisa lancar berbisnis seperti Musk, tentu juragan perlu mengatur keuangan dengan baik, bukan?

Jad, solusinya, Juragan bisa memakai BukuWarung sebagai aplikasi canggih yang dapat membantu keuangan Juragan dalam berbisnis. Menarik banget kan?

Yuk, download aplikasinya melalui Play Store atau kunjungi website kami hanya di website kami berikut.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download