Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Produk Repeat Order Tinggi

Setiap pelaku bisnis menginginkan kemajuan dalam bisnisnya. Kemajuan tersebut salah satunya adalah banyak pelanggan yang melakukan repeat order atau pembelian berulang yang dilakukan oleh pelanggan sama. 

Hal tersebut sangat dinantikan bagi pelaku bisnis, kenapa? Karena dengan adanya hal tersebut mengindikasikan produk yang dijual disukai oleh pelanggan. Indikasi ini menandakan produk dapat bersaing dengan kompetitor dan disukai pasar.

Buat Toko Online Sendiri

Jika membicarakan tentang repeat order akan sangat banyak faktor yang memengaruhinya. Kualitas produk adalah salah satunya. Kemungkinan lainnya juga banyak dan hal tersebut sangat dinamis menyesuaikan masing-masing pelanggan.

Nah, agar tidak bingung tentang repeat order BukuWarung telah rangkumkan penjelasan lengkapnya, tips, dan produk dengan repeat order tinggi yang bisa Juragan pertimbangkan dalam berbisnis.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

Apa Itu Repeat Order?

Repeat order atau dalam bahasa Indonesianya adalah pemesanan kembali, merujuk pada perilaku konsumen untuk melakukan transaksi secara berulang kali dengan produk yang sama atau berbeda di bisnis Juragan. 

Ada banyak alasan konsumen melakukan pembelian lagi produk kita. Misalnya, karena produk yang Juragan jual merupakan kebutuhan utama seperti beras, sabun, dan makanan/minuman. Alasan lainnya yang paling masuk akal adalah produk yang Juragan tawarkan memiliki nilai kualitas dan sangat dibutuhkannya. 

Mereka para pelanggan akan melakukan pemesanan kembali apabila produk yang dibeli sesuai dengan apa yang dia harapkan. Pelayanan juga memengaruhi pelanggan untuk melakukan repeat order

Pelayanan yang baik sangat disukai oleh pelanggan daripada yang asal-asalan walaupun produk yang dijual sangat dibutuhkannya, pastinya mereka akan beralih ke toko lain untuk membelinya daripada harus berhadapan dengan pelayanan yang buruk.

Keuntungan dari Repeat Order

Repeat order menimbulkan sisi positif kepada pemilik bisnis. Pasalnya, dengan banyak pelanggan yang melakukan pembelian lagi akan membuat arus kas perusahaan akan lancar dan stabil. Banyak pelaku bisnis yang menginginkan arus kas yang stabil salah satunya adalah pengaruh repeat order.

Keuntungan lainnya adalah memangkas biaya pemasaran. Dengan begini Juragan tidak perlu menghabiskan dana untuk mempromosikan produk perusahaan kepada pelanggan baru. Hal yang bisa Juragan lakukan adalah mengalihkan biaya pemasaran untuk pelayanan kepada pelanggan tetap Juragan.

Misalnya, memberikan promo kepada pelanggan yang telah banyak melakukan transaksi atau memberikan pelayanan gratis. Hal sederhana tersebut akan mempertahankan pelanggan untuk selalu melakukan repeat order di perusahaan yang Juragan miliki. Sehingga, Juragan tidak perlu khawatir terhadap kompetitor yang melakukan berbagai macam strategi untuk menarik pelanggan barunya.

Produk Repeat Order Tinggi

Terdapat beberapa produk dengan repeat order tinggi. Produk ini berasal dari kebutuhan pokok untuk keseharian. Misalnya produk susu bayi, kosmetik, makanan, sabun, listrik, pulsa, dan kebutuhan lainnya.

Produk-produk ini sering mendapatkan pembelian lagi. Namun, jika produk yang Juragan jual bukan merupakan kebutuhan pokok tidak perlu kuatir berlebihan. Juragan bisa menjual produk tersebut dengan harga yang tinggi dan dibarengi nilai unik dari produk tersebut.

Misalnya, produk furniture kayu jati. Produk tersebut unik karena membutuhkan keahlian khusus untuk mengukir dan tidak setiap furniture menghasilkan bentuk ukuran yang sama persis. Intinya tujuan dari repeat order adalah mendapatkan keuntungan yang stabil dan besar dalam arus kas perusahaan.

Beberapa hal yang perlu BukuWarung garis bawahi adalah jangan idealis untuk menjual produk yang sepi peminat. Misalnya produk koper, piala dan lainnya. Jika Juragan ingin memeroleh arus kas perusahaan yang baik dan lancar harus menerima perubahan zaman dan menyesuaikan dengan permintaan pasar.

Tips Membuat konsumen Repeat Order Produk Kita

1. Penjual Harus Memberikan Pelayanan yang Baik

Semua pelanggan akan senang apabila pelayanan yang diberikan sangat baik dan menguntungkannya. Sederhananya seperti menyambut mereka di depan pintu dan menanyakan kebutuhannya. 

Hal yang bisa Juragan lakukan adalah sabar, telaten, dan unik dalam mendampingi pelanggan Juragan. Walaupun pelanggan tersebut tidak pasti membeli setidaknya Juragan telah memberikan aura positif kepadanya. Bisa saja lain waktu mereka akan mendatangi toko Juragan atau merekomendasikannya kepada teman dekatnya.

Ingat, pembeli adalah raja. Slogan tersebut tampaknya bisa Juragan jadikan sebagai patokan pelayanan untuk pelanggan Juragan. Mereka akan bisa membuat bisnis Juragan bangkit atau bangkrut. Jangan remehkan kekuatan pelanggan, ya. Perlakukan pelanggan seperti raja tetapi, juga ingat akan batasan-batasannya.

2. Memberikan Kesan Menarik Pada Produk

Produk is the king. Sebutan ini cocok untuk produk agar dapat terjual secara kontinyu atau repeat order. Produk yang menarik akan memengaruhi psikologi pelanggan. Misalnya, kemasan yang unik dan gampang diingat.

Jangan perhitungan berlebihan atau pelit dalam memberikan kemasan kepada pelanggan. Pasalnya, pelanggan akan suka dan tidak merasa malu jika memberikan produk Juragan kepada temannya sebagai hadiah atau bingkisan. 

Sediakan dana khusus untuk kemasan produk Juragan. Kemasan yang baik akan meningkatkan jumlah produk terjual dan bahkan akan membuat pelanggan melakukan pembelian kembali.

3. Disiplin dalam Stok Produk dan Pengiriman 

Agar produk mendapatkan repeat order yang bisa dilakukan Juragan adalah memastikan stok tersedia setiap saat. Stok yang tersedia membuat pelanggan tidak kabur ke kompetitor Juragan. Jika sudah kabur dan nyaman ke kompetitor maka akan menjadi tantangan baru untuk perusahaan Juragan.

Pengiriman produk yang tepat waktu juga merupakan tips untuk meningkatkan repeat order. Bayangkan saja jika di hari estimasi produk sampai ternyata tidak tidak kunjung sampai di rumah padahal produk tersebut akan segera digunakan oleh pelanggan. Tentunya mereka akan ogah untuk melakukan pembelian kembali.

4. Optimalkan Promosi

Mengoptimalkan promosi bisa Juragan lakukan untuk menjaga pelanggan agar tetap melakukan repeat order. Promosi yang bisa Juragan lakukan adalah memberikan bonus produk tertentu untuk sejumlah pembelian.

Lakukan juga promosi yang memfokuskan testimoni pelanggan Juragan. Testimoni tersebut akan menarik pelanggan baru. Pelanggan tersebut merasa percaya dan cocok dengan apa yang Juragan tawarkan. 

5. Gunakan Teknik Retargeting

Pernahkah Juragan mengetahui teknik retargeting? Jika belum pernah maka sangatlah beruntung Juragan membaca artikel ini. Retargeting adalah teknik untuk merayu pelanggan Juragan terkait produk yang pernah mereka lihat sebelumnya.

Misalnya, Juragan mencari sepeda gunung pada Google. Nantinya, jika Juragan membuka media sosial atau sejenisnya akan tampil sepeda gunung yang telah Juragan cari sebelumnya. Retargeting inilah salah satu tips untuk meningkatkan penjualan.

Demikian penjelasan dari BukuWarung tentang apa itu repeat order, keuntungan, tips dan produk dengan repeat order tinggi.

Produk, pemasaran, dan layanan yang baik kepada pelanggan menjadi kunci untuk mendapatkan repeat order.

Selain hal tersebut ada lagi yang membuat pelanggan melakukan pembelian kembali yaitu manajerial perusahaan sehat. Manajerial yang sehat membuat tujuan perusahaan akan tercapai dengan mudah. 

Salah satu aplikasi yang bisa Juragan gunakan untuk manajerial bisnis adalah BukuWarung. Aplikasi BukuWarung akan memudahkan Juragan melakukan pencatatan, pembukuan, hingga mengontak supplier dengan mudah. Download gratis aplikasi BukuWarung di Playstore dan Appstore secara gratis sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download