Download Gratis
Butuh bantuan?

Sumber mata pencaharian untuk menghasilkan pendapatan saat ini semakin dipermudah dengan perkembangan teknologi seiring dengan persaingan terus meningkat, Salah satu potensi usaha yang sekarang berkembang ialah jadi agen pembayaran online.

Menjadi agen pembayaran online memiliki potensi bisnis yang dapat berkembang karena kebutuhan dari masyarakat untuk dapat membantu mereka mengatasi masalah pembayaran atas macam-macam tagihan seperti pulsa, listrik, air, internet/wifi, dan lain sebagainya.

Peran penting agen pembayaran terbilang kompleks, terutama dengan bisa mengatasi masalah pembayaran tagihan secara efisien dan efektif baik yang tinggal di perkotaan maupun pedesaan yang kemungkinan mempunyai limitasi atas akses ATM atau bank.

Meskipun terlihat mudah dalam menjalankannya, kamu perlu mengetahui dan memahami bagaimana cara menjadi agen pembayaran online yang baik agar kamu bisa memperoleh pelanggan dan mendapatkan keuntungan.

Berikut ini ialah rangkuman tips solusi sukses untuk agen pembayaran online.

Table of Contents

1. Menguasai Penggunaan Alat Sebagai Agen Pembayaran Online

Cara menjadi agen pembayaran online yang handal dan mampu melayani pelanggan dengan baik ialah dengan memahami cara kerja dari sistem PPOB (Payment Point Online Bank) dimana kamu sebagai pihak yang mampu memproses pembelian atau pembayaran tagihan atas berbagai produk digital atau layanan yang tersedia.

Selain itu kamu perlu mengetahui cara mengoperasikan alat yang dibutuhkan oleh agen pembayaran, dapat dimulai dari telepon genggam yang dapat terkoneksi dengan printer melalui bluetooth dan koneksi internet. Namun untuk lebih mempermudah kamu bisa menggunakan komputer/laptop.

2. Menyediakan Berbagai Jenis Produk Digital

Tidak hanya dapat melayani pembayaran tagihan saja, kamu juga bisa melayani pembelian pulsa, listrik (token dan tagihan), paket data internet, e-wallet / dompet digital, voucher game, air/PDAM, tv kabel, dan lainnya.

Semakin banyak layanan pembayaran yang bisa kamu terima sebagai agen pembayaran online, kesempatan untuk mendapat keuntungan juga akan semakin besar.  

3. Memilih Aplikasi/Provider Dengan Tepat

Saat ini banyak aplikasi/provider yang dapat menunjang kamu jadi agen pembayaran online namun kamu perlu teliti untuk memilihnya.

Pilih opsi yang paling bisa membantu kamu mulai dari harga jual yang dapat bersaing dengan kompetitor kamu, cara pendaftaran dengan biaya murah atau bahkan gratis, jarang mengalami gangguan server, dan pelayanan dari aplikasi/provider yang responsif jika ada kendala dan mempunyai kredibilitas serta pengguna umum yang relatif banyak.

4. Strategi Perencanaan Modal Secara Matang

Berbicara tentang modal pastinya akan rumit karena akan menyesuaikan dengan kondisi keuangan namun di satu sisi kamu ingin memastikan bahwa modal yang kamu punya sudah aman dan dapat membantu kamu memperoleh keuntungan.

Bisnis agen pembayaran tidak membutuhkan modal yang besar, seperti menyediakan saldo deposit awal, alat penunjang seperti telepon genggam, dan tempat sebagai toko/kios jika diperlukan.

Untuk membantu dalam permodalan, kamu bisa mengajukan ke institusi keuangan terpercaya yang dapat membantu bisnis seperti agen pembayaran. BukuWarung memiliki program Solusi Modal Usaha yang dapat membantu kamu untuk memulai atau membantu usaha agen pembayaran.

5. Mematok Harga Jual Dan Tarif Yang Wajar

Keuntungan yang diperoleh agen pembayaran dapat melalui selisih margin harga dan tarif yang kamu kenakan kepada pelanggan.

Pastikan harga jual yang kamu tawarkan itu masih mengikuti tren harga yang ada dengan melihat harga yang dikeluarkan oleh provider dan kompetitor kamu. Namun kamu harus tetap ingat bahwa pelanggan akan terus mencari agen pembayaran online termurah.

Hal tersebut berlaku juga dalam menentukan tarif pada setiap transaksi, agar pelanggan terus tertarik dan percaya untuk kembali lagi. 

6. Lakukan Promosi Menarik Secara Berkala

Masyarakat akan selalu menyukai promo apapun yang dapat memberikan keuntungan juga bagi mereka sebagai pelanggan.

Sebagai agen pembayaran, kamu bisa menawarkan promo yang sudah familiar seperti diskon harga untuk periode tertentu dan kupon gratis untuk mendapatkan hadiah menarik atau potongan harga eksklusif jika telah melakukan beberapa transaksi pembelian.

Serangkaian promosi juga akan membantu stigma positif dan meningkatkan konsiderasi pelanggan untuk setia kepada kamu.

7. Pelayanan Cepat Dan Informatif

Tujuannya ialah agar pelanggan jadi merasa nyaman dan terbantu dengan pelayanan yang interaktif memberikan solusi tentang pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan lainnya.

Terlebih tidak semua pelanggan mempunyai pengetahuan yang sama dan seringkali bertanya hal tertentu, sehingga itu menjadi kesempatan buat kamu untuk membantu mereka.

Demikianlah tips solusi sukses jadi Agen Pembayaran Online. Juragan dapat memanfaatkan BukuWarung sebagai aplikasi keuangan UMKM yang lengkap, yang menyediakan layanan pembayaran secara praktis gak pake lama dengan keamanan terjamin, Alat pembayaran QRISpencatatan keuangan usaha, penyediaan program Solusi Modal Usaha dengan biaya admin yang rendah dan proses pengajuan yang cepat, hingga Fitur Talangin Dulu dengan jumlah saldo atau kredit sesuai pilihan dan bisa pilih tenggat waktu yang tersedia.

Ayo Kembangkan Usaha Agen Pembayaran Kamu Di BukuWarung!

Temukan artikel ide menarik untuk usaha Agen Pembayaran Online dibawah ini

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download