Download Gratis
Butuh bantuan?

Salah satu jenis usaha yang paling diminati masyarakat ialah usaha Rumah Makan. Potensi keuntungan usaha kuliner ini sangat tinggi karena sederhananya, semua orang setiap hari pasti butuh makan.

Akan tetapi, perkembangan teknologi digital di era sekarang membuat persaingan bisnis Rumah Makan semakin ketat.

Meskipun terlihat berat, mempunyai usaha Rumah Makan kekinian yang mampu berjalan secara berkelanjutan bukan hal yang mustahil.

Lalu, apa saja tips sukses untuk menjalankan usaha Rumah makan? Yuk simak penjelasan berikut!

Daftar Isi Artikel

1. Modal Usaha Rumah Makan

Semua jenis usaha memerlukan modal sebagai awalan menjalankan bisnis. Untuk modal usaha rumah makan yang diperlukan bervariasi.

Sebaiknya juragan menyiapkan modal usaha rumah makan yang cukup dalam hitungan bulan, seperti dalam rentang 3 sampai 6 bulan.

Cara yang juragan dapat lakukan untuk memastikan modal usaha dapat terpenuhi bisa dengan mencari rekanan bisnis, meminjam dari koperasi sekitar atau perbankan, atau meminjam ke institusi pelayanan keuangan.

Untuk sektor perbankan, berdasarkan informasi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia untuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) , terdapat banyak bank penyalur yang tersedia.

BukuWarung memiliki fitur pinjaman solusi modal usaha yang dapat membantu juragan menjalankan usaha bisnis Rumah Makan secara mudah, aman, dan nyaman yang telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

2. Tipe Menu Makanan yang Dijual

Dua poin penting dalam bisnis Rumah Makan adalah jenis makanan yang dijual dan harga jualnya. Kedua hal ini saling mempengaruhi antara satu sama lain.

Jenis makanan apapun yang memiliki cita rasa tersendiri dapat mempengaruhi harga jual yang ditawarkan ke konsumen.

Pilihlah jenis makanan sesuai dengan minat dan keahlian, namun juga perlu melihat siapa saja kompetitornya dan bagaimana kondisi lingkungan serta permintaan atas makanan tersebut di tempat juragan berjualan.

3. Pemilihan Bahan Baku

Bahan baku yang dipilih dapat menyesuaikan dengan modal awal yang dimiliki.

Namun Juragan juga perlu mengetahui jenis bahan baku apa saja yang dapat diprioritaskan sehingga dapat memperhitungkan jumlah stok bahan baku yang diperlukan.

Demi menjaga ketersediaan stok bahan baku bisnis Rumah Makan, Juragan disarankan untuk mempunyai supplier terpercaya. Jika masih belum punya, Juragan bisa temukan pilihan suppliers di Tokoko by BukuWarung. Cukup dengan buka aplikasi, Juragan bisa langsung belanja stok tanpa repot ke pasar atau supermarket.

4. Operasional Karyawan

Untuk menghasilkan cita rasa masakan yang khas dan pelayanan jasa kuliner yang nyaman, juragan memerlukan tenaga kerja yang handal.

Peran tenaga kerja dalam urusan dapur meliputi kemampuan dalam memilih bahan baku yang pas dan kecekatan dalam proses memasak..

Proses pelayanan yang sopan dan cepat kepada pelanggan juga penting untuk membangun citra rumah makan yang baik.

5. Pengelolaan Utang Usaha

Contoh usaha Rumah Makan yang gagal salah satunya adalah manajemen keuangan yang kurang baik. Bisa disebabkan pengelolaan utang yang berantakan – baik utang dari Juragan ke supplier bahan baku atau utang pelanggan ke Juragan, atau akibat uang keluar masuk yang berceceran.

Biar arus kas usaha Rumah Makan Juragan lancar, yuk coba fitur Pencatatan Utang di aplikasi BukuWarung.

6. Alat Pembayaran

Biar pelanggan makin nyaman jajan di Rumah Makan Juragan, variasi metode pembayaran yang disediakan sangatlah penting.

Selain pembayaran cash, alangkah baiknya Juragan juga menyediakan metode pembayaran digital yang lebih memudahkan pelanggan seperti QRIS, e-wallet, dan mobile banking.

Melalui pembayaran digital, juragan juga tidak perlu untuk menyiapkan uang kembalian.

Tipe pembayaran yang bervariasi berpotensi menjadi penglaris usaha rumah makan dimana adanya kemungkinan transaksi penjualan yang meningkat.

7. Promosi Rumah Makan

Untuk meningkatkan penjualan, juragan perlu melakukan strategi marketing yang jitu.

Tidak harus menggunakan biaya yang banyak dengan melakukan iklan, juragan bisa memulai dengan membuat sosial media dan secara konsisten buat promo menarik dan memberikan postingan yang informatif.

Selain itu, kesabaran juga menjadi kunci sukses dalam upaya pemasaran juragan karena hasil yang di dapat tidak selalu datang dalam waktu yang cepat.

Demikianlah 7 tips sukses usaha bagi Juragan yang memiliki usaha Rumah Makan. Juragan dapat memanfaatkan BukuWarung sebagai aplikasi keuangan UMKM yang lengkap, yang menyediakan layanan pembayaran secara praktis gak pake lama dengan keamanan terjamin.

Terdapat juga fitur pembayaran QRISpencatatan keuangan usaha, penyediaan program Solusi Modal Usaha dengan biaya admin yang rendah dan proses pengajuan yang cepat, hingga Fitur Talangin Dulu dengan jumlah saldo atau kredit sesuai pilihan dan bisa pilih tenggat waktu yang tersedia.

Ayo Kembangkan Bisnis Rumah Makan Juragan Di BukuWarung!

Temukan artikel ide menarik untuk Bisnis Rumah Makan Juragan dibawah ini

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download