Download Gratis
Butuh bantuan?

Apa itu Produk Digital

Kemajuan teknologi memengaruhi segala aspek yang ada di dunia. Hampir dari berbagai bidang telah beralih dengan menggunakan digital. Sehingga tak heran bahwa di masa sekarang ini lebih dikenal dengan era digital. Begitu pula dengan dunia bisnis yang juga telah beralih dengan memanfaatkan teknologi digital.

Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya marketplace berbasis digital yang dapat diakses di seluruh dunia, salah satunya adalah di Indonesia. Berbagai macam produk dijual marketplace tersebut.

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

Tak hanya marketplace saja yang beralih ke dunia digital. Produk-produk yang dijual di sana pun juga banyak yang berupa produk digital.

Produk digital adalah produk yang bentuknya digital atau bisa dikatakan elektronik. Ada berbagai macam produk digital yang telah hadir hingga saat ini.

Pastinya memiliki nilai dan keunggulan lebih yang menjadi daya tarik masyarakat untuk membeli. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk digital, simak baik-baik penjelasan berikut ini.

Definisi Produk Digital Adalah

Di era yang serba digital ini, seluruh aspek telah beralih menjadi digital, dari aktivitas hingga produk, semuanya telah berevolusi menjadi digital.

Buat Toko Online Sendiri

Lalu, apa itu produk digital? Seperti yang telah dibahas sebelumnya, produk digital adalah sebuah produk yang tidak mempunyai bentuk fisik secara nyata dan hanya bisa dinikmati dengan menggunakan ponsel atau alat digital lain.

Produk-produk yang termasuk ke dalam produk digital ini dapat meliputi perangkat lunak yaitu aplikasi, e-book, voucher, e-tiket, tutorial, hingga desain grafis seperti NFT.

Produk-produk digital ini memiliki banyak sekali peminat dari seluruh dunia sebab di masa sekarang seluruh aktivitas digital membutuh produk digital yang juga banyak.

atur keuangan usaha

Jika Anda tertarik untuk menjual salah satu produk digital, maka ini adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan ekonomi Anda. Anda dapat menjual produk digital tersebut melalui berbagai media sosial dan juga bisa melalui marketplace online.

Selain itu, Anda juga bisa memasarkannya melalui website dan blog yang Anda miliki.

Baca juga :

Cara Kerja NFT

Cara Menjual NFT

Contoh Produk Digital

Terdapat berbagai macam produk digital yang terjual di seluruh dunia hingga saat ini. Biasanya orang-orang akan tertarik dengan produk digital yang memiliki daya tarik dan juga nilai kegunaan lebih, seperti buku elektronik, voucher, dan sebagainya.

atur keuangan usaha

Berikut akan disajikan beberapa contoh produk digital yang cukup populer di kalangan masyarakat.

  • E-book. Buku elektronik atau e-book merupakan salah satu produk digital yang cukup populer. Jika Anda memiliki keahlian menulis, cobala untuk membuat buku tersebut lalu dipasarkan melalui penerbit online atau bisa juga melalui Google Play Store dan media sosial lainnya.
  • Foto. Jika Anda memiliki hobi fotografi, maka cobalah jual foto-foto terbaik yang Anda miliki melalui media sosial ataupun website yang telah tersedia. Selain itu, jika Anda hobi mengedit foto, maka Anda juga bisa menjual preset dari foto yang telah diedit.
  • Software. Yang namanya smartphone atau laptop pasti memiliki software di dalamnya. Ini juga bisa menjadi ladang uang jika Anda memiliki keahlian untuk membuatnya.
  • Game. Hampir seluruh anak muda di dunia pernah bermain game, sehingga sektor ini cukup ramai dijual di pasaran. Ada berbagai macam produk digital lain yang dapat Anda cari di internet.

Keunggulan Produk Digital

Produk digital memiliki keunggulan yang tidak bisa disamakan dengan produk-produk fisik. Yang pertama adalah keuntungan tinggi yang dapat diperoleh. Banyaknya minat terhadap produk digital membuat keuntungannya juga berkali-kali lipat.

Yang kedua adalah tidak perlu repot-repot membayar biaya pengiriman karena Anda hanya perlu membayar produk lalu menikmatinya melalui alat elektronik.

Lalu yang ketiga adalah produk ini praktis dan dapat dibawa ke mana-mana tanpa ribet untuk menyimpannya di mana. Seperti contoh e-book, Anda hanya perlu membawa smartphone saja dan Anda bisa membacanya di mana saja melalui smartphone Anda.

Kurang lebih itulah beberapa keunggulan dari produk digital yang banyak diminati oleh masyarakat seluruh dunia.

Cara Membuatnya

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan bisnis digital dan menjual produk digital, maka ada beberapa cara yang harus Anda lakukan.

Yang pertama, cobalah untuk mengidentifikasi target pasar yang Anda incar, apakah dari generasi muda ataukah orang dewasa dan sebagainya. Lalu, buat produk dengan nilai dan keunggulan yang lebih dibanding produk digital lainnya.

Setelah produknya sudah tersedia, pasanglah harga yang tepat dan bisa dijangkau oleh pasar. Dengan begitu, produk Anda telah siap untuk dipasarkan.

Anda bisa memanfaatkan media sosial dan juga marketplace online yang telah tersedia. Promosi juga harus dilakukan dengan giat agar jangkauan pembeli juga semakin luas.

Itulah dia pembahasan mengenai apa itu produk digital dan contohnya. Dapat disimpulkan bahwa produk digital adalah produk yang tidak mempunyai bentuk fisik dan bisa dinikmati hanya dengan melalui dunia digital saja.

Di era digital ini, tentu saja produk digital memiliki nilai dan keunggulan yang banyak diminati oleh masyarakat di era sekarang.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download