Download Gratis
Butuh bantuan?

Apa Itu Paylater? Pembayaran Digital Masa Kini

Paylater telah menjadi salah satu opsi pembiayaan yang paling banyak diminati. Di Indonesia, layanan yang juga dikenal dengan nama buy now pay later ini paling populer di kalangan anak muda karena mudah digunakan. Ditawarkan oleh marketplace atau e-commerce sebagai hasil kerja sama dengan LJK (Lembaga Jasa Keuangan), paylater merupakan sebuah layanan mirip kredit dengan format yang lebih sederhana. Untuk lebih jelasnya, yuk, simak informasi apa itu paylater di bawah ini, Gan!

Apa itu paylater?

Sesuai namanya, arti dari paylater adalah belanja sekarang, bayar nanti. Bentuk pembiayaan jangka pendek yang semakin populer ini disukai karena daripada membayar total belanja secara langsung, paylater memungkinkan konsumen untuk membagi biaya tersebut ke dalam jumlah yang lebih kecil untuk dicicil dalam waktu singkat, biasanya 1-12 bulan setelah pembelian.

Bagi kebanyakan orang, paylater bisa menjadi opsi untuk meningkatkan bujet shopping tanpa perlu menyiapkan biaya tersebut saat belanja. Namun, ada kekhawatiran bahwa paylater membuat konsumen menghabiskan uang lebih banyak dari yang dihasilkan dan menambah utang. Oleh karena itu, penting untuk bijaksana menggunakan paylater agar kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan bisa dinikmati secara maksimal.

Baca Juga: Tips Agar Usaha Cepat Berkembang

Keuntungan menggunakan paylater

apa itu paylater
Photo credit: Monstera via Pexels

Layanan yang memanfaatkan opsi pembayaran tertunda ini sangat baik bagi Juragan yang membutuhkan produk dan layanan saat ini juga, namun belum memiliki uang. Juragan dapat menggunakan opsi ini untuk menerima barang tanpa segera membayar. Dengan kata lain, paylater bisa membantu Juragan untuk menjalankan usaha dengan waktu bayar yang fleksibel. Semakin menguntungkan karena paylater juga minim bunga, Gan.

Selain itu, paylater juga terbukti populer di kalangan wirausaha di seluruh dunia, lho. Sebab, paylater memungkinkan perusahaan e-commerce untuk menawarkan produk angsuran kepada konsumen yang tidak memenuhi syarat untuk kartu kredit, tinggal di negara dengan penerimaan dan ketersediaan kartu kredit yang rendah, atau tidak memercayai lembaga keuangan. Beda dengan kartu kredit, paylater menawarkan model penetapan harga yang sederhana, transparan, dan memudahkan konsumen untuk membayar produk dengan mencicil.

Buat Toko Online Sendiri

Salah satu manfaat paylater adalah kemampuan untuk membeli barang-barang mahal saat uang tunai terbatas. Selain itu, tidak perlu ada riwayat kredit sehingga membuat opsi ini tersedia bagi banyak orang yang biasanya tidak dapat memanfaatkan kartu kredit. Sederhananya, paylater bisa menjadi pendekatan alternatif untuk menyediakan akses dan inklusi keuangan, Gan.

Risiko menggunakan fitur paylater

Meskipun banyak keuntungannya, fitur paylater juga tidak lepas dari risiko. Salah satu risiko paylater adalah memudahkan penumpukan utang dan bunga. Berikut beberapa kekhawatiran tentang jenis layanan ini:

  1. Biaya – Umumnya, paylater menguntungkan jika konsumen segera membayar utang bulan depan setelah pembelian. Namun, semakin lama menunda pembayaran, maka akan semakin besar biaya yang perlu dibayar sehingga dapat memberatkan.
  2. Utang – Pembiayaan semacam ini secara signifikan meningkatkan utang yang bisa menyebabkan masalah keuangan ke depannya jika tidak dikelola dengan bijaksana.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis

atur keuangan usaha

TalanginDulu, contoh layanan paylater dari BukuWarung

Di Indonesia, kini telah banyak bermunculan layanan paylater. Salah satunya adalah Talangin Dulu dari BukuWarung. TalanginDulu adalah sebuah metode pembayaran baru yang bertujuan memudahkan pembeli untuk bertransaksi memakai saldo (kredit). Pembayaran nantinya bisa dilakukan dengan berbagai pilihan tempo waktu, mulai dari 1-4 minggu. Menggunakan Talangin Dulu, belanja di toko pilihan sekarang bisa dilakukan tanpa khawatir!

Bekerja sama dengan Bank Sahabat Sampoerna sebagai penjamin yang telah terdaftar dan diawasi OJK, metode pembayaran Talangin Dulu ini bisa Juragan andalkan karena terjamin keamanannya. Untuk belanja pake metode bayar Talangin Dulu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka link toko dan pilih produk yang ingin Juragan beli – Juragan harus belanja dengan total per transaksi minimal Rp350 ribu dan maksimal Rp5 juta.
  2. Pilih metode pengiriman ‘Ambil Sendiri’ – Pembayaran menggunakan Talangin Dulu dari BukuWarung saat ini hanya menawarkan pengiriman Ambil Sendiri di toko, Gan.
  3.  Pilih metode pembayaran ‘Talangin Dulu’ – Juragan bisa klik opsi ‘Talangin Dulu’ dan memilih 1 dari 4 pilihan tempo pembayaran yang tersedia.
  4. Klik ‘Bayar’ dan konfirmasi pesanan – Usai pilih tempo pembayaran, klik ‘Bayar’ untuk menyelesaikan transaksi. Jangan lupa klik ‘Pesanan Diterima’ jika pesanan sudah Juragan terima.

Sebagai informasi, metode pembayaran ‘Talangin Dulu’ hanya dapat digunakan oleh pembeli yang sudah direkomendasikan oleh penjual atau pemilik toko. Sertakan dokumen di bawah ini untuk menjadi pembeli terpilih:

atur keuangan usaha
  • Surat Perjanjian yang sudah ditandatangani oleh pembeli
  • Formulir Permohonan Pinjaman BukuWarung Talangin Dulu
  • 3 Invoice atau catatan pengeluaran untuk jangka 1 bulan terakhir

Nantinya, mitra penyedia pinjaman (Bank Sahabat Sampoerna) akan menganalisis permohonan pengajuan pinjaman. Informasi tersebut akan dikelola BukuWarung, kemudian disampaikan kepada pembeli yang terpilih. Pembeli bisa mengajukan permintaan informasi mengenai pendaftaran metode pembayaran Talangin Dulu ke WhatsApp dengan nomor +62 838-0455-0504.

Limit saldo bisa sampai Rp20 juta 

Fitur Talangin Dulu dari BukuWarung menyediakan limit saldo mencapai Rp20 juta, Gan. Untuk lebih jelasnya, berikut detail 3 limit saldo yang disediakan fitur Talangin Dulu: 

  • Limit saldo per pembeli sebesar Rp20.000.000
  • Limit minimal penggunaan saldo per transaksi sebesar Rp350.000
  • Limit maksimal penggunaan saldo per transaksi sebesar Rp5.000.000

Untuk waktu atau tempo pembayaran, pembeli dapat menentukan 1 dari 4 opsi dengan perhitungan biaya admin sebagai berikut:

Opsi jangka waktu tempo Biaya admin Total tagihan
1 minggu 1% Total harga pembelian + biaya admin
2 minggu 2% Total harga pembelian + biaya admin
3 minggu 3% Total harga pembelian + biaya admin
4 minggu 4% Total harga pembelian + biaya admin

Baca Juga: Tips Usaha Modal Kecil

Tips gunakan paylater agar untung maksimal 

Agar Juragan bisa menggunakan paylater dengan keuntungan yang maksimal, coba lakukan beberapa tips berikut:

1. Sesuaikan jumlah pinjaman dengan kebutuhan

Juragan dapat memanfaatkan fitur limit pinjaman yang disediakan penyedia layanan paylater untuk membatasi nilai pinjaman. Dengan cara ini, Juragan bisa menyesuaikan jumlah pinjaman dengan kemampuan membayar.

2. Jangan telat bayar

Paylater sangat menguntungkan jika cicilan dibayar tepat waktu. Jadi, jangan sampai telat bayar, ya, Gan. Usahakan untuk melunasi cicilan pengembalian pinjaman tepat waktu agar Juragan terhindar dari denda serta menumpuknya bunga dan biaya tambahan.

3. Pahami ketentuan denda keterlambatan

Meskipun Juragan dianjurkan untuk tidak terlambat membayar cicilan, mungkin akan ada saat ketika Juragan terpaksa melakukannya. Jadi, pastikan Juragan mengetahui besaran denda keterlambatan yang harus ditanggung agar bisa hitung-hitungan jika nanti memang harus terlambat membayar.

4. Ketahui suku bunga

Memperhatikan tingkat suku bunga dan biaya layanan dari paylater yang Juragan gunakan sangatlah penting. Sebab, Juragan harus memilih suku bunga dan biaya layanan yang masih terjangkau dan sesuai dengan kemampuan keuangan Juragan.

Jadi, sekarang Juragan sudah tahu, kan, apa itu paylater? Agar usaha semakin sukses dan lancar, Juragan bisa menawarkan fitur Talangin Dulu sehingga belanja di toko pilihan dapat dilakukan tanpa khawatir. Jangan lupa juga untuk memastikan agar keuangan usaha tetap berjalan lancar dengan selalu menggunakan aplikasi pembukuan BukuWarung ya, Gan. Juragan bisa dapatkan aplikasi BukuWarung dengan langsung download melalui Google Play Store.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download