Download Gratis
Butuh bantuan?

Aplikasi Akuntansi BukuWarung

Sekarang ini mulai banyak orang yang memilih untuk memulai bisnis baik offline maupun secara online. Dalam melakukan bisnis, kita harus melakukan pencatatan keuangan bisnis. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi akuntansi yang Mudah, Gratis dan Aman seperti BukuWarung.

Pencatatan keuangan ini penting agar kita dapat melihat arus keuangan dalam bisnis kita. Seperti mencatat pemasukan, pengeluaran, utang, serta piutang.

Buat Toko Online Sendiri

Jika dulu pelaku bisnis harus mencatat keuangan bisnisnya dengan cara manual melalui buku, sekarang banyak cara yang jauh lebih mudah dan praktis yaitu melalui Aplikasi Akuntansi UKM.

Aplikasi Akuntansi BukuWarung dapat menjadi pilihan yang pas untuk para pelaku bisnis UKM karena BukuWarung dapat membantu kamu mencatat segala transaksi keuangan usaha menjadi lebih efisien dan praktis dan yang paling penting adalah gratis.

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

BukuWarung adalah aplikasi pembukuan UMKM yang dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemilik usaha dalam mencatat pembukuan usahanya.

Yang dulunya dicatat melalui buku secara manual, kini seiring majunya perkembangan zaman, pembukuan usaha bisa melalui aplikasi di handphone, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Dengan lebih dari 6,5 juta pengguna, BukuWarung sudah terbukti dapat memudahkan para pengguna mengelola keuangan bisnisnya dengan berbagai macam pilihan fitur didalamnya.

Fitur-Fitur Pada Aplikasi BukuWarung

1. Fitur Catat Transaksi

Fitur yang wajib ada pada Aplikasi Akuntansi UKM adalah fitur Catat Transaksi. Fitur Transaksi membantu pelaku bisnis untuk mencatat Pengeluaran atau Penjualannya dengan mudah.

Laporan catatan transaksi juga dapat di download atau dibagikan. Juragan bisa melakukan pencatatan transaksi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tombol Transaksi dari menu utama, lalu klik Catat Transaksi
  2. Pilih jenis transaksi Pengeluaran atau Penjualan. Tombol Pengeluaran digunakan untuk mencatat transaksi keluar, sedangkan tombol Penjualan mencatat uang hasil transaksi penjualan yang diterima Juragan.

Untuk melakukan pencatatan Penjualan, silakan mengikuti cara di bawah:

  1. Klik tombol Catat Transaksi, kemudian klik tombol Penjualan
  2. Masukkan nominal harga jual pada Total Penjualan
  3. Masukkan Harga Pokok/Modal barang. Kalau Juragan sudah catat harga modal saat pertama kali belanja stok, Juragan gak perlu isi lagi ya untuk menghindari pencatatan berganda
  4. Pilih status pembayaran Lunas atau Belum Lunas sesuai dengan transaksi yang Juragan lakukan
  5. Tambahkan Barang terjual untuk mengurangi stok tersedia secara otomatis
  6. Tambahkan informasi tambahan (tidak wajib)
  7. Tambahkan Nama Pelanggan untuk menambahkan detail informasi pembayaran
  8. Terakhir, Juragan pilih tanggal transaksi jika diperlukan dan langsung klik tombol Simpan Transaksi

Untuk melakukan pencatatan Pengeluaran, silakan mengikuti cara di bawah:

  1. Masukkan nominal pengeluaran
  2. Masukkan Barang dibeli untuk input lebih detail barang apa saja yang Juragan
  3. Pilih Kategori yang sesuai dengan barang yang Juragan beli. Misalnya beli stok, beli pulsa, cicilan, dan lainnya. Kalau kategori yang tersedia gak cocok dengan catatanmu, kamu bisa tambahkan kategori baru, kok.
  4. Tambahkan informasi tambahan pada kolom Catatan dan Kategori Transaksi (tidak wajib)
  5. Ubah tanggal (kalau perlu) kapan Juragan belanja dan Klik Simpan Transaksi

2. Fitur Utang

Fitur Utang adalah salah satu fitur penting yang harus ada pada Aplikasi Akuntansi UKM. Fitur utang memudahkan Juragan untuk mencatat utang dan piutang pelanggan. Di dalam fitur ini Juragan juga bisa melakukan hal berikut

  1. Mengirim dan menerima tagihan utang dari pelanggan melalui aplikasi
  2. Mengirim pesan pengingat utang kepada pelanggan secara otomatis, GRATIS!
  3. Mengatur tanggal jatuh tempo tagihan/pembayaran kepada pelanggan

3. Fitur Stok

Dengan fitur pencatatan stok produk yang dimiliki BukuWarung pengelola bisnis dapat mengelola stok barangnya dengan mudah. Stok akan otomatis bertambah atau berkurang ketika pengelola bisnis melakukan pencatatan stok dan memasukkan barang dibeli atau barang terjual melalui fitur catat transaksi.

Pada fitur pencatatan stok produk juga terdapat fitur stok menipis yaitu kolom khusus yang mengumpulkan beberapa stok jualan yang akan habis. Dengan adanya stok menipis, pengelola bisnis dapat mengetahui daftar produk apa saja yang perlu di tambahkan lagi.

4. PPOB dan Pembayaran

PPOB atau payment point online bank adalah layanan khusus yang membantu masyarakat untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan sistem perbankan secara online.

PPOB BukuWarung yang bisa digunakan dalam berbagai jenis pembayaran ini sangat memudahkan para pelaku bisnis UKM karena Buku warung menggunakan sistem transfer tanpa ada biaya tambahan atau biaya admin. Biaya yang akan di transfer tidak akan terpotong dan akan utuh 100%.

PPOB BukuWarung dapat membantu pelaku bisnis UKM untuk menambah penghasilannya dengan menjual pulsa, listrik, top up e-wallet, dan paket data.

5. Fitur Mode Kasir

Fitur mode kasir adalah sebuah fitur yang dimana bisa membantu juragan untuk mencatat penjualan dengan mudah dan cepat seperti mempunyai alat kasir. Fitur Mode Kasir akan muncul setelah Juragan melakukan 1 transaksi dan menambah 1 stok barang

Cara menggunakanya adalah sebagai berikut

  1. Buka Menu Mode Kasir yang ada di menu ‘Transaksi’ atau ‘Stok Barang’
  2. Klik barang yang akan di jual
  3. Cek apakah barang yang akan di jual sudah sesuai
  4. Klik ‘Tagih Sekarang’ untuk melihat total yang harus dibayar

6. Kartu Nama Digital

Para pelaku bisnis dapat memiliki kartu nama digital bisnis sendiri untuk memudahkan promosi usahanya ke pelanggan. Kartu nama digital ini dapat dibagikan melalui WhatsApp, Instgaram, dan media sosial lainnya. Berikut ini cara membuat kartu nama digital :

  1. Tekan tombol Lainnya dari menu utama.
  2. Pilih Kartu Nama.
  3. Masukkan Nama Usaha, Nama Juragan, dan No. HP.
  4. Silahkan masukkan Slogan, Lokasi, dan Email jika Juragan mau
  5. Klik tombol Simpan. Selesai!

Keunggulan Bukuwarung Sebagai Aplikasi Akuntansi UKM

  1. Kaya akan fitur dan sangat mudah digunakan

Juragan bisa catat utang/piutang, pengeluaran pemasukan, laporan keuangan, pembayaran digital dengan bebas biaya admin, kelola stok, dan fitur-fitur lainnya.

  1. Gratis

Juragan tidak dikenakan biaya sepeserpun, baik dalam mengunduh aplikasi, mendaftar sebagai pengguna, dan juga penggunaan fitur tagih bayar yang menggunakan e-wallet atau transaksi antar bank. Bebas biaya admin.

  1. Aman 100%

Semua catatan Juragan tersimpan dengan aman di server kami, sehingga jika perangkat Juragan hilang, data masih bisa diakses kembali dengan masuk ke dalam akun Juragan menggunakan nomor HP yang terdaftar.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download