BukuWarung | Aplikasi Pembukuan UMKM Tagih Utang Pelanggan Otomatis UNDUH

Bisnis Bengkel Las

Menjalankan bisnis bengkel las saat ini memiliki prospek yang cukup baik di masa depan. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya pembangunan konstruksi. Sehingga masyarakat memerlukan jasa pengelasan untuk membuat pagar, tralis, kanopi, dan lain sebagainya.

Bisnis ini bisa dijalankan di rumah untuk menambah penghasilan. Namun rumah Anda harus memiliki halaman yang luas atau ruang terbuka yang cukup luas.

Apakah Anda tertarik menjalankan bisnis bengkel las? Jika ya, sebaiknya Anda mempelajari lebih dalam ulasan dari BukuWarung tentang seluk beluk usaha yang satu ini.

Peluang Usaha Bengkel Las

Peluang Usaha Bengkel Las
pexels.com

Bengkel las memang identik dengan produk-produk konstruksi. Tapi di luar itu, produk yang dapat dihasilkan oleh bengkel ini lebih bervariatif.

Banyak sektor yang dapat dijangkau dan dijadikan target pasar pada usaha bengkel las. Sebuah usaha pengelasan bisa menghasilkan berbagai produk seperti di bawah ini:

  • Produk konstruksi (tangga besi, railing tangga, pagar, tralis, kanopi, dan lain sebagainya)
  • rangka kendaraan (sasis)
  • variasi mobil bak
  • wahana mainan anak outdoor (ayunan, jungkat-jungkit, dan lain-lain)
  • perabotan rumah tangga (lemari, tempat tidur, meja)

Produk di atas membuktikan bahwa bengkel las dapat menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan dengan bisnis lain.

Pangsa pasar yang besar akan memberikan peluang kesuksesan yang lebih besar pula kepada pelaku usaha.

Untuk membuka bengkel las, Anda juga tak memerlukan modal yang besar. Apalagi Anda sudah memiliki tempat untuk usaha, yaitu di rumah.

Dengan modal 10 juta rupiah, Anda sudah bisa membeli mesin las listrik, gerinda, mesin bor, pemotong besi, kompresor, dan genset untuk memulai usaha.

Selain modal yang kecil, Anda juga bisa menghasilkan pemasukan yang besar dari bengkel las.

Produk hasil pengelasan banyak dibutuhkan. Sehingga tak menutup kemungkinan Anda bisa mengantongi omzet jutaan dalam sebulan.

Kesuksesan sebuah usaha harus dimulai dengan persiapan yang matang. Sebaiknya Anda membuat perencanaan secara detail sebelum memulai usaha di bidang pengelasan.

Baca juga: Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal

Tips Sukses Bisnis Bengkel Las

Kesuksesan dalam sebuah bisnis tak bisa datang begitu saja. Anda harus memulai kesuksesan di usaha pengelasan dengan mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Produk

Produk
pexels.com

Tips yang pertama berkaitan dengan produk yang Anda hasilkan. Untuk memiliki sebuah bisnis las yang sukses, Anda harus menghasilkan produk yang berkualitas.

Pelanggan akan lebih mementingkan kualitas produk di atas segalanya. Terlebih untuk produk-produk konstruksi yang berkaitan dengan keselamatan penggunanya.

Berikan kesan baik kepada pelanggan dengan menghasilkan produk yang bermutu. Di luar sana sangat banyak pesaing di bisnis pengelasan.

Jangan sampai pelanggan beralih ke tempat lain karena tidak puas dengan produk yang Anda hasilkan.

2. Harga Jual

Harga Jual
pexels.com

Selain kualitas produk, harga jual juga sangat memengaruhi kesuksesan sebuah bisnis bengkel las. Masyarakat dan konsumen cenderung lebih menyukai usaha jasa yang memberikan harga murah.

Oleh sebab itu, Anda harus mempertimbangkan harga jual, jangan sampai terlalu mahal di mata pelanggan.

Untuk menentukan harga jual, Anda bisa melakukan survei terlebih dahulu. Tujuannya adalah mengetahui rata-rata harga jasa pengelasan yang ada di kita Anda.

Setelah mengumpulkan data yang cukup, Anda bisa menentukan harga jual. Usahakan untuk menawarkan harga jual yang lebih murah dibandingkan pesaing.

Misalnya ambil selisih harga sebesar 5 – 10 ribu di bawah banderol pesaing.

Menetapkan harga yang lebih murah dipercaya dapat meningkatkan penjualan. Namun Anda juga tak boleh mengesampingkan kualitas produk yang dihasilkan meskipun harga jualnya murah.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Usaha Kecil

3. Pelayanan

Pelayanan
pexels.com

Sebuah usaha bisa mencapai kesuksesan apabila pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Jadi, Anda harus memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Sapa pelanggan saat datang ke tempat usaha Anda. Perlakukan pelanggan dengan penuh rasa hormat dan penuhi keinginannya.

Anda juga perlu menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan.

Pelanggan merupakan kunci dari berjalannya sebuah bisnis. Tanpa pelanggan, bisnis Anda tak akan berarti.

4. Fasilitas

Fasilitas
pexels.com

Fasilitas wajib yang harus diberikan oleh jasa pengelasan adalah garansi. Garansi merupakan jaminan yang diberikan kepada pelanggan bila terjadi kerusakan produk.

Pelanggan akan lebih percaya kepada pengusaha pengelasan yang berani memberikan garansi. Terlebih jika jangka waktu garansinya lebih lama.

Contoh pemberian garansi kepada pelanggan yaitu:

  • Pagar dan tangga : 2 bulan sejak barang diserahkan kepada konsumen.
  • Kanopi : 1 bulan sejak barang diserahkan kepada konsumen.
  • Tralis : 2 minggu setelah barang diserahkan kepada konsumen.

Lamanya garansi bisa Anda atur sesuai dengan kondisi produk. Keterangan di atas hanyalah contoh untuk dijadikan sebagai referensi.

5. Pemasaran

Pemasaran
pexels.com

Tips yang terakhir berkaitan dengan pemasaran. pemasaran atau promosi bertujuan agar bisnis Anda lebih dikenal oleh masyarakat.

Teknologi informasi yang ada saat ini memberikan banyak kemudahan bagi pelaku bisnis untuk mempromosikan usahanya.

Misalnya dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram.

Promosi yang semakin luas akan mendatangkan pelanggan yang lebih banyak. Sebaiknya Anda rajin melakukan promosi. Tak hanya di awal mulainya usaha, namun sepanjang waktu.

Untuk menarik minat calon pelanggan, Anda bisa menawarkan berbagai macam diskon atau potongan harga.

Perhatikan besaran modal juga dalam memberikan diskon agar tak membuat Anda mengalami kerugian.

Baca juga: Contoh Usaha Menguntungkan di Desa

Cara Promosi Bisnis Bengkel Las

Cara Promosi Bisnis Bengkel Las
pexels.com

Mempromosikan bengkel las bisa dilakukan secara online dan offline. Promosi online memang lebih mudah dilakukan, namun promosi secara offline dinilai lebih efektif untuk mendapatkan pelanggan.

Beberapa cara promosi online yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Promosi melalui posting, story, dan group chat di WhatsApp, Facebook, Instagram, Telegrm, dan Line.
  • Menjual jasa pengelasan melalui website marketplace seperti OLX.
  • Membuat blog atau website khusus untuk memajang portofolio serta iklan layanan jasa pengelasan. Anda bisa memakai wordpress atau blogspot. Belilah domain agar website Anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan.
  • Memasang iklan di layanan berbayar seperti Google AdWord. Anda bisa mengaturnya sesuai dengan keyword dan juga lokasi usaha.

Sedangkan cara promosi offline yang bisa Anda tempuh yaitu:

  • Memasang papan atau spanduk yang berisi nama bengkel di tempat usaha.
  • Pasang spanduk iklan di tempat yang strategis sehingga dapat dilihat banyak orang. Jangan lupa untuk membayar retribusi kepada pemerintah daerah.
  • Menyebarkan brosur atau pamflet.

Baca juga: Cara Membuka Usaha Toko Bangunan

Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las

Cara Mengembangkan Usaha Bengkel Las
pexels.com

Untuk mengembangkan usaha las, Anda harus terus berinovasi dengan produk yang Anda buat. Jangan malu untuk selalu belajar hal-hal yang baru, terutama yang berkaitan dengan perkembangan di bisnis las.

Perluas juga koneksi Anda dengan banyak mengikuti pameran atau event yang diadakan untuk para pegiat bisnis bengkel las.

Anda bisa bekerja sama dengan bengkel lain untuk menangani proyek tertentu. Selain mendapatkan pemasukan, cara ini juga membuat Anda memiliki koneksi baru.

Ketika bisnis Anda sudah berjalan dengan stabil, investasikan keuntungan untuk membeli peralatan baru.

Dengan peralatan baru dan lebih canggih, pekerjaan akan lebih cepat selesai. Hal ini juga akan meningkatkan kepuasan konsumen.

Bisnis bengkel las diprediksi belum akan redup dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadikan kesempatan ini untuk segera memulai bisnis Anda. Persiapkan perencanaan yang matang agar bisnis Anda berjalan dengan lancar.