Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Mencari Investor bagi Pemula

Merintis usaha dari nol memang membutuhkan usaha yang sangat keras. Salah satu usaha yang dapat Juragan lakukan adalah dengan cara mencari investor untuk bisnis yang Juragan jalankan.

Mengapa harus mencari investor? Nah, hal ini perlu Juragan lakukan agar investor ini dapat membantu Juragan dalam mengembangkan bisnis di tengah banyaknya kompetitor serta modal yang terbatas.

Buat Toko Online Sendiri

Untuk mendapatkan investor pun bukan suatu hal yang mudah. Apalagi jika bisnis yang Juragan jalankan masih tergolong baru. Untuk itu, ada banyak cara yang bisa Juragan lakukan untuk mendapatkan investor dengan mudah dan cepat.

Mengenal Apa itu Venture Capital sebagai Cara Mencari Investor

Sebelum mengetahui cara mencari investor, maka Juragan perlu memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan investor.

Istilah yang sering disebutkan dalam dunia bisnis adalah Venture Capital. Apa itu Venture Capital? Jika Juragan masih asing dengan isilah ini, simaklah penjelasannya berikut.

Venture Capital dikenal sebagai jenis pembiayaan yang disiapkan oleh investor untuk perusahaan startup yang sedang tumbuh dan berisiko tinggi seperti halnya startup aplikasi dan software.

Venture Capital ini biasanya berasal dari investor besar, bank investasi, maupun Lembaga keuangan lainnya sehingga modal yang ditawarkan pun cukup tinggi kepada perusahaan startup.

Maka tak heran jika Venture Capital menjadi bagian yang penting dalam perkembangan perusahaan kecil, terutama bagi startup. 

Mengapa demikian? Tentu saja karena Venture Capital ini bisa memberikan suntikan dana bagi perusahaan startup.

Meskipun demikian, tidak semua dana yang diberikan berbentuk uang. Kadang kala investor memberikannya berupa keahlian teknis atau keterampilan tertentu yang dibutuhkan perusahaan startup.

Sebagai imbalan, Juragan bisa memberikan saham kepada Venture Capital sesuai kesepakatan antara kedua belah pihak. Dengan begitu, Venture Capital pun juga ikut berperan dalam mengarahkan perusahaan Juragan.

Cara Mencari Investor – Apa Itu “Angel Investor”?

Di kalangan bisnis, Angel Investor juga menjadi salah satu bagian yang penting untuk perkembangan perusahaan startup.

Angel Investor ini adalah seseorang yang kaya dan memberikan dukungan keuangan kepada perusahaan startup maupun perusahan yang sudah berjalan.

Bahkan biasanya Angel Investor ini biasanya berasal dari keluarga terdekat atau sesama rekan pengusaha sehingga modal yang diberikan pun cukup terbatas.

Focus utama dari Angel Investor ini adalah membantu perusahaan startup dalam membangun bisnis sehingga mementingkan perkembangan perusahaan daripada keuntungan yang didapatkan.

Meskipun hal ini cukup berisiko, akan tetapi keuntungan yang nantinya didapatkan tentu sangat menggiurkan dan dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Sebagai imbalan, Angel Investor biasanya juga mendapatkan bagian kepemilikan dari saham startup tersebut seperti halnya Venture Capital.

Nah, setelah mengetahui perbedaan apa itu Angel Investor serta apa itu Venture Capital tentu Juragan bisa memutuskan investor mana yang tepat untuk perkembangan bisnis Juragan, bukan?

Lalu, bagaimana cara mendapatkan investor startup yang tepat bagi pemula? Berikut penjelasannya.

Cara Mencari Investor untuk Startup

Dalam bidang bisnis, mencari investor tentu bukan menjadi suatu usaha yang mudah. Juragan perlu usaha yang besar untuk mendapatkan investor yang mau menanamkan modalnya untuk perkembangan bisnis Juragan.

Untuk itu, berikut adalah 7 cara mencari investor yang bisa Juragan lakukan :

1. Membuat list calon investor

Sebelum Juragan menentukan investor yang tepat untuk perusahaan startup Juragan, maka hal yang perlu Juragan lakukan adalah membuat list target calon investor yang diinginkan.

Juragan bisa membuat list beberapa nama yang berpotensi tinggi untuk memberikan suntikan dana bagi perusahaan Juragan. Selain modal, calon investor juga perlu memiliki berbagai ide menarik yang dapat membantu perkembangan bisnis Juragan.

2. Mengajukan proposal kepada investor

Untuk menarik minat investor agar mau menanamkan modal di perusahaan Juragan, maka Juragan perlu mengajukan proposal.

Dalam hal ini proposal berperan sebagai jembatan bagi perusahaan Juragan kepada para investor. Untuk itu, Juragan perlu membuat proposal yang menarik dan sesuai dengan kondisi perusahaan Juragan.

Hal ini dapat memberikan dampak positif bagi Juragan terhadap penilaian bisnis startup Juragan. Kelengkapan proposal juga perlu diperhatikan seperti halnya visi misi perusahaan, kas perusahaan, rencana usaha mendatang, dan lainnya.

Untuk itu, Juragan bisa mencari contoh proposal startup untuk investor yang lengkap dan menarik. Dengan begitu, investor akan tertarik untuk memberikan modal ke perusahaan Juragan.

3. Presentasi yang menarik

Selanjutnya, cara mendapatkan investor startup yang bisa Juragan lakukan adalah dengan menyiapkan presentasi yang menarik untuk disampaikan kepada investor.

Tentunya presentasi yang Juragan siapkan sesuai dengan isi proposal yang telah diajukan sebelumnya. Juragan perlu menyiapkan media presentasi dan cara presentasi yang menarik.

Mengapa hal ini penting dilakukan? Tentunya untuk membentuk kepercayaan calon investor terhadap bisnis yang sedang Juragan jalankan.

Meskipun isi presentasi Juragan sama dengan proposal, akan tetapi presentasi jauh lebih berpengaruh terhadap investor karena didukung dengan cara penyampain dan komunikasi yang menarik.

Media presentasi yang Juragan buat bisa berupa slide power point yang mudah dipahami. Juragan bisa menuliskan poin-poin yang akan dijelaskan kepada investor.

Dari media presentasi ini, tentunya Juragan berkesempatan untuk menjelaskan setiap poin yang dicantumkan secara rinci dan tidak berbelit-belit agar mudah dipahami oleh para calon investor.

4. Menjelaskan risiko usaha

Dalam proposal maupun presentasi yang Juragan sampaikan kepada calon investor, tentu akan lebih baik jika Juragan menjelaskan kemungkinan risiko dari usaha yang dijalankan.

Meskipun risiko usaha ini menjadi nilai minus bisnis Juragan, namun hal ini tetap harus dijelaskan secara jujur dan detail. Hal ini tentu bisa meningkatkan kepercayaan investor kepada Juragan.

Selain itu, calon investor juga perlu mengetahui hambatan-hambatan yang mungkin dialami oleh perusahaan Juragan dengan jelas. Bisa jadi, calon investor tersebut dapat memberikan saran untuk meminimalisasi risiko yang terjadi.

5. Menyiapkan strategi usaha yang matang

Untuk mendapatkan tambahan modal dari para investor, maka Juragan juga perlu menyiapkan strategi usaha secara matang.

Juragan perlu menjelaskan strategi yang dimiliki untuk mengembangkan perusahaan Juragan. Hal ini nantinya bisa menarik investor untuk memberikan suntikan dana di perusahaan Juragan.

Dengan menyiapkan strategi bisnis yang matang dan rapi, tentu prospek usaha yang dijalankan berpeluang untuk berkembang pesat.

6. Ikut serta dalam pameran atau kompetisi

Dalam menjalankan perusahaan startup, maka penting bagi Juragan untuk aktif mengikuti pameran maupun kompetisi yang berhubungan dengan bidang bisnis.

Tentu saja saat pameran ataupun kompetisi bisnis berlangsung, ada banyak investor yang datang dan melihat berbagai bisnis yang ditawarkan. Kesempatan ini akan memudahkan Juragan untuk mendapatkan investor dengan cara yang lebih mudah.

Jadi, semakin menarik konsep bisnis Juragan, tentu semakin banyak investor yang tertarik untuk memberikan suntikan dana pada perusahaan startup Juragan.

7. Menyusun laporan keuangan dengan lengkap

Untuk menarik perhatian calon investor agar mau menanamkan modal ke perusahaan Juragan, maka salah cara mendapatkan investor startup adalah dengan menyiapkan laporan keuangan secara lengkap.

Tentunya setiap investor ingin mendapatkan jaminan profit dari perusahaan Juragan, sehingga adanya laporan keuangan yang lengkap dapat memudahkan investor untuk mempertimbangkan kerjasama tersebut.

Maka, sejak awal merintis bisnis, Juragan bisa mencatat laporan keuangan dengan rinci agar menarik pada investor.

Untuk itu,Juragan bisa membuat laporan keuangan dengan akurat dan detail melalui aplikasi yang telah kami siapkan, hanya di BukuWarung.

Aplikasi ini akan memudahkan Juragan dalam mencatat berbagai pengeluaran maupun pemasukan perusahaan dengan mudah dan cepat. Dengan begitu, laporan keuangan perusahaan Juragan akan lebih rapi dan lengkap.

Juragan tertarik menggunakan aplikasi kami? Segera dapatkan aplikasi BukuWarung secara gratis melalui Play Store atau melalui link berikut.

Cari Investor, Lalu Gunakan App BukuWarung!

Cara mencari investor agar mau menanamkan modal kepada perusahaan Juragan, maka Juragan perlu menyiapkan proposal yang lengkap.

Dalam proposal tersebut, juragan bisa mencantumkan berbagai informasi terkait bisnis Juragan, termasuk laporan keuangan.

Dengan laporan keuangan yang lengkap, maka investor dapat dengan mudah melihat profit bisnis yang Juragan jalankan. Jika Juragan mampu memberikan informasi keuangan dengan detail, maka besar kemungkinan investor tertarik untuk bekerja sama.

Cara jitu agar laporan keuangan Juragan tertata rapi adalah dengan menggunakan aplikasi kami, hanya di BukuWarung. Melalui aplikasi kami, Juragan bisa membuat laporan keuangan dengan praktis dan mudah.

Segera download aplikasinya sekarang juga melalui Play Store atau website kami yaitu pada link berikut.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download