Download Gratis
Butuh bantuan?

4 Rekomendasi Film Tentang Bisnis

Ketika ingin membangun suatu usaha atau bisnis, ternyata ada beragam cara untuk mendapatkan inspirasi dan motivasi. Salah satunya menyaksikan film tentang bisnis, cara satu ini pasti menyenangkan dan asyik. Selain mendapat hiburan, pun pesan yang disampaikan lebih mudah dicerna karena dibungkus dengan adegan menyesuaikan realita di lapangan.

Juragan penggemar film pun akan sangat senang dan mudah memahami inti dari sebuah cerita. Disini akan dibahas rekomendasi film yang menceritakan kehidupan berbisnis yang tidak hanya menampilkan kebahagiaan semata.

Buat Toko Online Sendiri

Rekomendasi Film Tentang Bisnis

Sebenarnya ada banyak film bertemakan bisnis, tetapi beberapa rekomendasi berikut merupakan film yang sering ditonton:

Manfaat Pakai Aplikasi BukuWarung

1. The Billionaire

film tentang bisnis
wandereview.com

Film asal Thailand ini dirilis pada tahun 2011 dan diangkat dari kisah nyata pengusaha muda. Top Itthipat yang sukses menjadi billionare berkat produk makanan ringan rumput laut bernama Tao Kae

Noi. Diperankan oleh seorang aktor muda berbakat Pachara Chirathivat, film ini menceritakan remaja lelaki berusia 16 tahun yang gemar bermain game online.

Meski gemar bermain game, namun bakat berbisnisnya telah terlihat sejak remaja, terbukti dari penjualan salah satu chip game langka yang membuatnya berhasil mengumpulkan pundi-pundi uang di usia belia.

Namun, usaha tersebut harus dihentikan karena akun miliknya terhapus admin karena diduga penyalahgunaan. Ide bisnisnya muncul saat berkeliling mall dan terinspirasi menjual camilan. Ia mengasah kemampuannya dengan sebuah alat pembuat camiln kacang di sebuah pameran.

Top Itthipat rela drop out dari kuliahnya demi fokus mengembangkan bisnis. Kegigihan terus ada pada dirinya, ribuan tantangan dan kegagalan harus dihadapi, hingga Top berhasil membuka stand pertamanya dan selalu ramai pembeli.

Suatu ketika keluarganya terlilit hutang 40 juta baht dan membuat kondisi ekonomi keluarganya terpuruk. Top yang tak tega melihat kedua orang tuanya, berjanji akan sukses dan melunasi seluruh hutang kedua orang tuanya.

Idenya kembali muncil untuk membuat camilan berbahan rumput laut dan akan dipasarkan lewat jaringan Seven Eleven. Perjalan bisnisnya tidak mulus, lagi-lagi rintangan dan kegagalan mengancam keyakinannya untuk berjuang. Pantang menyerah, membawa Top berhasil menjadi pengusaha dan merekrut 2000 karyawan dengan penghasilan fantastis mencapai 2,4 triliun per tahun.

2. The Social Network

the social network
cinemapoetica.com

Selanjutnya berasal dari kisah nyata dibalik kesuksesan Facebook, yakni Mark Zuckerberg. Film ini menjadi blockbuster pertama yang dirilis tahun 2010. Banyak orang ingin mengenal seorang Mark dan bagaimana dirinya sanggup menjadi penemu media sosial terkemuka di dunia. Film motivasi bisnis The Sosial Network mengisahkan seorang mahasiswa tahun kedua di Universitas Harvard (Mark Zuckerberg) yang baru dicampakkan oleh kekasihnya Erica Albright.

Dalam film, Mark menulis blog yang berisikan hinaan terhadap mantan kekasihnya akibat sakit hati. Zuckerberg melakukan peretasan database kampus untuk mencuri foto-foto mahasiswi dan diunggah ke situs web buatannya sendiri yang diberi nama Facemash.

Di situs buatan Mark itu, pengunjung bisa menilai daya Tarik para mahasiswi secara bebas dan opsional. Tak disangka jika situs tersebut membuat jaringan computer Harvard menjadi terganggu dan Mark diskors selama enam bulan lamanya.

Bermula dari kejadian itu, popularitas Facemash kian populer hingga menarik perhatian Cameron dan Tyler Winklevoss dan mitra bisnis mereka Divya Narendra. Ketigana memberikan tawaran kepada Mark untuk bekerja di Harvard Connection, dimana merupakan jaringan sosial media eksklusif mahasiswa Harvard untuk mencari teman kencan.

Mark mendekati temannya Eduardo Saverin untuk memaparkan ide Thefacebook yang nantinya menjadi jejaring sosial eksklusif untuk siswa Ivy League. Eduardo saat itu langsung tertarik dan menyediakan 1000 Dolar sebagai modal awal. Akhirnya Mark berhasil membangun Thefacebook. Kejayaan tersebut menjadi konflik diantara si kembar Winklevoss dan Divya yang menganggap bahwa Mark mencuri ide mereka.

3. Crocodile in The Yangtze

film tentang bisnis
shows.acast.com

Selanjutnya ada film bisnis yang menginspirasi banyak pengusaha muda, yakni Crocodile in The Yangtze mengisahkan seorang tokoh populer Jack Ma mendirikan Alibaba.com. Pebisnis pasti mengenal sosok inspiratif satu ini, mulai dari zero profit selama bertahun-tahun hingga berubah menjadi perusahaan global dengan lebih dari 20.000 staff.

Pembuatan film document Moir ini terbilang unik karena dibuat oleh mantan Vice President Alibaba.com yang telah menemani Jack Ma selama satu decade dan menyaksikan langsung bagaimana perjuangan dan transformasi perusahaan tersebut.

Bergenre documenmoir mengisahkan tentang kehidupan guru matematika yang bertransformasi menjadi seorang milyuner Tiongkok setelah mendirikan Alibaba.com. Film ini dibuat sangat berhati-hati mengingat film didasarkan pada sudut pandang Porter Erisman (mantan VP Alibaba.com).

Setelah dirilis, Jack Ma memberikan respon fair, tidak begitu menyukai tetapi tidak juga membenci atas film ini. Porter berkata bahwa dirinya membuat film untuk menginspirasi pengusaha lain, mereka yang punya value membangun tim atau melakukan hal-hal besar.

4. Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar

merry riana
medium.com

Dari dalam negeri, ada kisah inspiratif dari pebisnis wanita bernama Merry Riana. Siapa tidak kenal dengan motivator kondang satu ini, berparas cantik dan berpenampilan elegan, membuatnya terlihat cerdas dan kalem dalam menyikapi berbagai persoalan hidup.

Semua bermula sejak perjalanan karirnya dimulai yang mengubah hidupnya. Dalam film bisnis berkisah Merry yang baru lulus SMA berniat mengungsi ke rumah saudara sang ayah di Singapura akibat kerusuhan yang terjadi di Indonesia. Bahkan, Merry dan orang tuanya sempat dijarah saat hendak menuju bandara. Harta mereka ludes dan sampai di bandara, sang ayah hanya mampu membelikan satu tiket untuk Merry.

Setibanya di negara Singapura, Merry remaja harus mencari tempat tinggal sendiri karena ternyata saudara ayahnya sudah pindah alamat. Berbekal uang pas-pasan, Merry memutar otak agar bisa bertahan hidup dan mewujudkan keinginannya untuk kuliah.

Beruntung Merry bertemu Irene (teman dari sosial media) yang membantu dirinya mendapat tempat tinggal di asrama dan lulus seleksi salah satu perguruan tinggi di Singapura. Cobaan tidak berhenti disitu, Merry harus membanting tulang mencari pekerjaan untuk melunasi biaya masuk kuliah sebesar $40,000. Merry rela melakukan banyak pekerjaan sekaligus demi berjuang hidup disana dan menjalankan bisnis kecil-kecilan.

Tips Menjadi Pebisnis

Setelah Juragan memahami sedikit kisah dari beberapa tokoh inspiratif di atas, saatnya mempelajari tips menjadi pengusaha pemula agar semakin mantap menapaki dunia bisnis:

1. Selalu Mau Belajar

Poin paling krusial ketika ingin menjadi pebisnis yang andal yakni memiliki sifat haus ilmu. Artinya, siapapun harus punya keinginan untuk mau belajar terus dari banyak sumber dan ahli tanpa meninggikan ego dan menganggap diri telah banyak ilmu.

2. Punya Konsep Bisnis

Jika ingin membuka sebuah usaha dan mendapatkan suntikan dana dari investor. Pastikan bisnis Juragan punya konsep unik dan strategi bisnis yang kuat dan berkarakter. Hal ini akan membuat investor lebih tertarik karena bisnis punya prospek dan berpeluang menjadi besar.

3. Amankan Keuangan Bisnis

Selain mempelajari dasar dan punya konsep bisnis yang kuat dari film tentang bisnis, pencatatan keuangan merupakan kegiatan penting. Tujuannya sebagai bahan evaluasi dan mengambil tindakan untuk perencanaan pada bisnis selanjutnya. Gunakan aplikasi BukuWarung sebagai media efektif dan efisien mengelola keuangan dan stok barang bisnis Juragan.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download