Download Gratis
Butuh bantuan?

Informasi Lengkap Tentang Branding

Apa yang terlintas di benak Anda ketika di jalan menemukan ada orang mengendarai motor dengan jaket dan helm berwarna hijau? Tentu Anda akan bisa langsung menebak bahwa itu adalah milik brand Gojek. Nah, branding adalah sesuatu yang sangat penting pada sebuah perusahaan karena dapat menjadi ciri khas produk dari brand tersebut.

Branding yang kuat akan semakin mudah dikenal oleh masyarakat sehingga banyaknya kompetitor tidak akan mempengaruhi brand yang Anda dirikan.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Hal ini karena konsumen cenderung memilih produk yang melekat di ingatan mereka. Nah, sebelum memahami lebih jauh, yuk kenali dahulu apa itu branding.

Mengenal Pengertian Branding Adalah

Istilah branding pertama kali diperkenalkan sekitar abad ke-19 oleh masyarakat Inggris sebagai simbol seorang budak dan binatang ternak dengan cara memberikan tanda di tubuhnya.

Karena era digital semakin maju, sehingga banyak pelaku industri yang mulai memperkuat brand-nya untuk membedakan dengan pesaing lainnya.

Branding adalah praktik pemasaran dimana perusahaan menciptakan sebuah rancangan nama, istilah, tanda, simbol, desain, atau kombinasi seluruhnya yang berguna memudahkan dalam mengidentifikasi produk suatu bisnis.

Buat Toko Online Sendiri

Umumnya, branding menggunakan media berupa logo, promosi, iklan, dan layanan konsumen untuk membangun dan membesarkan brand.

Bagi perusahaan, branding bukanlah sekadar merk produk, melainkan juga sebagai image dan kredibilitas perusahaan secara menyeluruh.

Branding mampu memberikan kesan mendalam kepada konsumen terhadap produk barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan branding, tentu akan meningkatkan keuntungan perusahaan.

atur keuangan usaha

Baca juga : Beda Marketing dan Branding

Apa saja Jenis-Jenis Branding?

Bagi Anda yang belum mengetahui tentang jenis-jenis branding, ada baiknya Anda menyimak informasi sebagai berikut:

  • Branding produk

Branding produk adalah jenis yang paling umum diantara lainnya karena merupakan simbol atau desain sebagai identitas produk untuk mempengaruhi konsumen.

atur keuangan usaha

Branding produk lebih berfokus pada upaya mendorong konsumen agar lebih memilih produknya dibandingkan produk pesaing lainnya.

Elemen paling penting dari branding produk adalah hasil produk itu sendiri, dan bukan korporasi secara keseluruhan. Misalnya, Anda dapat dengan mudah menjumpainya di toko-toko atau supermarket yang memiliki produk dengan merek unik.

  • Branding digital

Kunci kesuksesan dalam membangun bisnis online adalah branding digital. Hal ini karena digital branding adalah identitas merek yang digunakan oleh suatu produk barang dan jasa milik perorangan atau perusahaan secara online. Melalui digital branding, Anda akan lebih mudah menerapkan berbagai strategi marketing.

Kemampuan yang harus dimiliki untuk membingkai branding digital meliputi, mampu menggunakan website, sosial media, aplikasi marketing, dan sebagainya.

Di era digital seperti sekarang ini, digital branding sangat penting dimiliki perusahaan untuk menyampaikan keunggulan produknya kepada konsumen secara online.

  • Branding perusahaan

Corporate branding adalah salah satu jenis branding yang menggunakan nama merek perusahaan dalam upaya pemasaran produk atau jasa kepada masyarakat.

Corporate branding berguna untuk meningkatkan citra perusahaan di pasar sehingga mampu memberikan keuntungan kompetitif, bahkan mampu memasuki pasar internasional.

Dengan adanya branding perusahaan, maka kualitas produk yang ditawarkan juga lebih terjamin dan memudahkan pula upaya marketing.

Aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam branding perusahaan meliputi, identifikasi logo, tagline, elemen brand, visi perusahaan, iklan, website, marketing, dan pelayanan pelanggan.

Mengapa Branding Penting dalam Sebuah Bisnis?

Branding adalah salah satu cara untuk mengkomunikasikan pesan dan tujuan sebuah produk kepada konsumen. Sehingga Anda harus memahaminya dengan baik agar mampu memberikan kontribusi yang besar bagi bisnis yang dijalankan.

Branding dapat mengubah cara pandang konsumen terhadap brand perusahaan, mampu memperluas jangkauan bisnis, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang merek brand Anda. Nah, berikut beberapa manfaat lain dari branding dalam sebuah bisnis.

  • Branding membantu mengenalkan merek kepada masyarakat

Alasan utama dari branding adalah menjadikan masyarakat sadar dan mengenal produk bisnis perusahaan. Oleh sebab itu, logo merek merupakan elemen yang paling penting dari sebuah branding sebagai identitas atau wajah perusahaan.

Sehingga dalam pembuatannya diperlukan seorang ahli desain yang profesional agar menghasilkan logo yang powerfull dan mudah diingat. Branding mampu memberikan kesan positif kepada konsumen saat pertama kali melihat atau menggunakan produk-produk promosi tercetak.

  • Branding mampu meningkatkan nilai produk

Bagi perusahaan rintisan, branding sangat penting untuk melebarkan sayap bisnisnya di pasar domestik maupun internasional. Sementara, bagi brand yang sudah memiliki nama, branding akan meningkatkan nilai produk bisnisnya sehingga mampu memperoleh profit yang lebih besar.

Branding yang kuat dapat membuat bisnisnya semakin berkembang dan berpengaruh di  industri yang ditekuni. Dengan branding, maka akan memudahkan perusahaan menarik investor untuk mendukung bisnisnya karena usaha yang dijalankan telah sukses di pasar.

  • Branding meningkatkan kepercayaan dalam pasar

Dengan memiliki branding yang profesional dan strategi yang tepat, maka akan  membantu perusahaan meningkatkan kepercayaan produk kepada masyarakat, baik kepada calon pelanggan maupun klien atau investor.

Setiap orang memang cenderung lebih memilih branding yang terkenal, baik untuk bekerjasama ataupun membeli produk dan jasanya.

Branding dapat memberikan kesan bahwa Anda adalah seorang pakar industri di bidangnya. Jadi branding akan mendorong kepercayaan publik kepada produk bisnis yang Anda tawarkan.

  • Branding mampu meningkatkan laba perusahaan

Salah satu alasan penting branding perlu dikembangkan karena mampu meningkatkan keuntungan berusahaan yang berdampak pada laba perusahaan.

Ketika branding yang kuat mampu memberikan kesan yang baik kepada konsumen sehingga mereka akan selalu setia menggunakan produk tersebut.

Apabila suatu branding sudah ternama dan mampu mendapatkan loyalitas pelanggan. Tentu, hal ini juga dapat menjadi peluang bagi perusahaan untuk menetapkan harga jual yang tinggi untuk produknya.

  • Branding mendukung advertising lebih efektif

Periklanan merupakan salah satu komponen penting untuk mempromosikan produk branding. Strategi periklanan yang baik harus mampu mencerminkan merek dan pesan bisnis kepada konsumen dan calon pembeli.

Nah, periklanan ini juga harus dikemas dengan lebih unik dan menarik sesuai tujuan branding produk Anda. Selain itu, dengan branding yang kuat, pesan yang disampaikan brand lebih mudah diterima dan dipercaya khalayak umum.

  • Branding meningkatkan kenyamanan dan kepuasan karyawan

Coba bayangkan misalnya Anda dapat bekerja di perusahaan besar seperti Nike, tentu akan merasa lebih bangga dan puas. Kepuasan ini karena Anda benar-benar dapat bekerja di perusahaan dengan reputasi brand yang baik.

Anda pun juga akan memiliki tingkat kenyamanan lebih tinggi dalam setiap melakukan pekerjaan tersebut. Sehingga bekerja akan terasa lebih menyenangkan dan memuaskan sesuai kebutuhan.

  • Branding dapat menghasilkan konsumen baru

Branding yang baik dapat memberikan kesan positif bagi pelanggan sehingga akan lebih mudah meyakinkan calon konsumen baru. Branding yang sukses akan memikat masyarakat untuk membeli produk perusahaan karena mereka merasa akrab dan percaya terhadap brand tersebut.

Nah, begitu menggunakan merek tersebut dan merasa bahwa produk itu bagus, maka konsumen juga akan menyebarkan dari mulut ke mulut sehingga semakin banyak masyarakat yang menggunakannya. Langkah ini tentu sangat efektif untuk menjadikan teknik periklanan terbaik dan efektif bagi perusahaan.

Demikianlah ulasan lengkap seputar branding dan alasan penting suatu branding dalam menjalankan bisnis. Memang, branding adalah suatu strategi pemasaran yang sangat berdampak pada perusahaan untuk memberikan beragam keuntungan. Untuk mendukung bisnis Anda, pastikan menerapkan branding yang tepat.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download