Download Gratis
Butuh bantuan?

Jadwal SEA Games 2022 Terlengkap

Gelaran SEA Games 2022 resmi dimulai pada 12 Mei 2022 lalu dengan Vietnam sebagai tuan rumah. Opening ceremony SEA Games ke-31 tersebut diselenggarakan di Stadion Nasional Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam. Kali ini, event diikuti oleh seluruh negara yang ada di Asia Tenggara dan berlangsung hingga 23 Mei 2022.

SEA Games kali ini bisa dibilang unik karena berbeda dari tradisi sebelumnya. Biasanya, event olahraga ini diselenggarakan tiap dua tahun sekali, tepatnya pada tahun-tahun ganjil. Memang seharusnya SEA Games ke-31 digelar pada 2021 lalu. Namun, saat itu pandemi masih belum reda. Akhirnya, event pun digeser ke tahun 2022 dan Vietnam tetap menjadi tuan rumah.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Seperti event olahraga lainnya, SEA Games 2022 juga memiliki jadwal untuk setiap cabor (cabang olahraga) yang diperlombakan. Juragan bisa simak jadwal lengkap SEA Games tahun 2022 dalam ulasan berikut. Ini dia daftar lengkapnya!

Apa itu SEA Games?

SEA Games sendiri adalah singkatan dari Southeast Asian Games dan merupakan event olahraga yang diikuti oleh seluruh negara di Asia Tenggara. Jika ditotal, SEA Games diikuti oleh 11 negara, yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Thailand, Myanmar, Laos, Kamboja, Timor Leste, dan Vietnam. Timor Leste adalah negara termuda yang mengikuti SEA Games untuk pertama kali pada 2003.

SEA Games adalah pesta olahraga yang digelar tiap dua tahun sekali. Menurut tradisi, event ini digelar tiap tahun ganjil (misalnya, 2019, 2017, 2015, dan seterusnya). Namun, tradisi tersebut pecah karena adanya pandemi Covid-19. SEA Games ke-31 yang mestinya diselenggarakan tahun 2021 pun akhirnya diundur ke bulan Mei 2022.

SEA Games vs Asian Games, apa bedanya?

Sama-sama menggelar beberapa cabor sekaligus, banyak yang sering tertukar antara SEA Games dengan Asian Games. Sebenarnya, apa perbedaan kedua event tersebut?

Buat Toko Online Sendiri

Seperti yang sudah diketahui, SEA Games diikuti oleh negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Sedangkan, Asian Games cakupannya lebih luas karena diikuti oleh seluruh negara yang ada di Benua Asia. Itu artinya, peserta event tidak hanya berasal dari Asia Tenggara saja, tapi juga Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat (Timur Tengah), dan Asia Tengah.

Selain itu, dari waktu penyelenggaraannya pun berbeda. SEA Games adalah event dua tahunan. Sementara itu, Asian Games digelar tiap empat tahun sekali.

Berapa cabor yang dipertandingkan di SEA Games 2022?

sea games

atur keuangan usaha

Cabor yang dipertandingkan di SEA Games ditentukan oleh Southeast Asian Games Federation (SEAGF). Namun, tuan rumah juga diberi hak untuk memilih cabor. Tiap gelaran SEA Games harus mengadakan setidaknya 22 cabor. Dua di antaranya adalah cabor wajib olimpiade (atletik dan akuatik). Untuk SEA Games 2022, total ada 40 cabor yang diperlombakan. Berikut daftar lengkapnya:

  1. Atletik
  2. Akuatik
  3. Anggar
  4. Angkat Besi
  5. Balap Sepeda
  6. Basket
  7. Biliar
  8. Binaraga
  9. Bola Tangan
  10. Boling
  11. Bulu Tangkis
  12. Catur
  13. Dancesport
  14. Dayung
  15. Duathlon/Triathlon
  16. E-sports
  17. Futsal
  18. Golf
  19. Gulat
  20. Judo
  21. Jujitsu
  22. Kano/Kayak
  23. Karate
  24. Kickboxing
  25. Kurash
  26. Menembak
  27. Muay Thai
  28. Panahan
  29. Pencak Silat
  30. Petanque
  31. Senam
  32. Sepak Bola
  33. Sepak Takraw
  34. Taekwondo
  35. Tenis
  36. Tenis Meja
  37. Voli
  38. Vovinam
  39. Wushu
  40. Xiangqi

Jadwal SEA Games 2022

SEA Games 2022 dibuka secara resmi melalui opening ceremony pada 12 Mei 2022 lalu. Upacara pembukaan tersebut diadakan di Stadion Nasional Mỹ Đình, Hanoi, Vietnam. Walau begitu, sebenarnya lomba sudah dimulai sejak 6 Mei 2022.

Cabor pertama yang dilombakan adalah Bola Tangan Kategori Putra. Lomba pertama tersebut mempertemukan Filipina dengan Thailand. Cabang lain yang juga dimulai pada 6 Mei adalah Sepak Bola Putra.

atur keuangan usaha

Indonesia sendiri tampil pertama kali dalam cabor Sepak Bola. Skuad Garuda Muda Indonesia masuk dalam Grup A yang berisi tuan rumah yang juga juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Sedangkan, Grup B dihuni oleh Thailand, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Laos.

Jadwal lengkap SEA Games 2022 bisa Juragan temukan di situs resmi www.seagames2021.com. Di sana, Juragan juga bisa menemukan klasemen medali serta hasil untuk tiap pertandingan.

Di mana bisa nonton SEA Games 2022?

Opening ceremony disiarkan langsung oleh dua stasiun TV nasional, yakni TVRI dan RCTI. Juragan juga bisa menyaksikan live streaming melalui kanal RCTI+.

Selain opening ceremony, beberapa cabor juga ditayangkan di TV nasional. Salah satunya adalah cabor Sepak Bola. Pertandingan perdana antara Indonesia melawan Vietnam disiarkan melalui live streaming RCTI+ dari Stadion Phú Thọ, Ho Chi Minh, Vietnam.

Baca juga: Biar Nonton Lancar Jaya, Jangan Lupa Beli Token Listrik. Simak Caranya di Sini!

Selain Sepak Bola, Juragan juga bisa menonton cabor E-Sports. Pada SEA Games ke-31 ini, ada total 8 game yang dilombakan, yaitu Arena of Valor, CrossFire, FIFA Online 4, Free Fire, League of Legends, League of Legends: Wild Rift, Mobile Legends: Bang Bang, dan juga PUBG Mobile.

Kontingen Indonesia sendiri turun pada kategori CrossFire, FIFA Online 4, Free Fire, Mobile Legends: Bang Bang, dan PUBG Mobile. Aksi SVAFVEL dan kawan-kawan dapat disaksikan melalui siaran langsung di channel YouTube MPL Indonesia mulai 18 Mei 2022.

Perolehan medali Indonesia di SEA Games 2022

Pada SEA Games kali ini, Indonesia berhasil finish di peringkat ketiga. Pada peringkat pertama adalah tuan rumah Vietnam, yang kemudian diikuti oleh Thailand di peringkat kedua. Atlet Indonesia berhasil mengantongi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu. Total medali yang didapatkan sebanyak 241 medali.

Menembak dan dayung menjadi cabor yang paling banyak menyumbang medali emas. Masing-masing mendapat 8 emas. Cabor selanjutnya adalah Kano/Kayak dengan 6 emas, Panahan 5 emas, Karate 4 emas, diikuti Akuatik (Finswimming), Angkat Besi, Balap Sepeda, Catur, dan Wushu dengan total 3 emas.

Performa atlet dari cabor baru, E-Sports, juga cukup memuaskan. Dari total 6 nomor yang diikuti, tim Indonesia berhasil membuahkan 2 emas, 3 perak, dan 1 perunggu. Ini membuktikan bahwa Indonesia punya potensi yang bisa digali dalam cabor E-Sports.

Baca Juga: Selain Olahraga, Ini Dia Brand Lokal yang Punya Prestasi Internasional!

Daftar negara pemenang umum SEA Games

SEA Games telah diselenggarakan sebanyak 31 kali. Event olahraga terbesar di Asia Tenggara ini pertama digelar sejak tahun 1959, kemudian rutin digelar tiap dua tahun sekali (kecuali tahun 1963 karena konflik di Kamboja). Indonesia sendiri memulai debutnya di SEA Games pada tahun 1977.

Selama 31 event digelar, negara yang menjadi pemenang umum pun terus berganti. Saat pertama digelar, tuan rumah Thailand berhasil keluar sebagai pemenang. Sementara itu, Indonesia telah beberapa kali ditasbihkan sebagai pemenang umum, tepatnya sebanyak 10 kali (pada tahun 1977, 1979, 1981, 1983, 1987, 1989, 1991, 1993, dan 2011).

Untuk klasemen terakhir, Thailand berhasil keluar sebagai pemenang dengan total raihan 2.345 medali emas, 2.031 perak, dan 2.096 perunggu. Sementara itu, Indonesia harus puas berada di posisi kedua dengan 1.893 emas, 1.794 perak, serta 1.861 perunggu. Semoga di gelaran SEA Games selanjutnya, Indonesia bisa ada di peringkat pertama, ya!

Itu dia ulasan lengkap mengenai jadwal SEA Games 2022. Nah, agar kegiatan nonton event olahraga favorit tidak terganggu, jangan lupa isi paket data, ya. Terlebih kalau Juragan menonton lewat live streaming atau channel YouTube.

Capek bolak-balik beli paket data? Kenapa tidak coba mulai jadi agen pulsa saja? Lewat BukuWarung, yuk jadi juragan pulsa tanpa harus melalui proses yang ribet! Cukup download aplikasi dan ikuti instruksinya, Juragan bisa langsung jadi agen pulsa. Mari gabung dengan BukuWarung dan jadi Juragan sukses seperti para pemenang SEA Games 2022!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download