Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Keuntungan dan Cara Daftar Agen BRILink

Juragan, sudah tahu apa itu agen BRILink? BRILink merupakan solusi yang diberikan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan menyelesaikan transaksi keuangan.

Seperti yang kita sama-sama tahu, saat ini transaksi keuangan terus meningkat. Namun, belum semua wilayah di Indonesia memiliki bank atau ATM yang bisa diakses oleh banyak orang. Belum lagi, tak semua masyarakat Indonesia bisa menggunakan ponsel dan berbagai macam aplikasi. Nah, untuk membantu memfasilitasi layanan perbankan tersebut, Juragan bisa menjadi agen BRILink!

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Menjadi agen BRILink tak hanya sekadar menjadi perpanjangan tangan BRI, lho, Gan. Dengan menjadi agen BRILink, Juragan juga bisa meraih keuntungan berupa komisi. Tertarik mengetahui cara daftar agen BRILink? Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara daftar agen BRILink!

Baca juga: Tips Membuka Cabang Usaha Baru 

Mengenal apa itu agen BRILink

Agen BRILink adalah layanan perbankan yang akan memberikan kemudahan bagi para nasabah. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, agen BRILink merupakan perpanjangan tangan BRI. BRILink hadir sebagai bentuk perluasan layanan keuangan bagi nasabah BRI. BRI menyadari bahwa tak semua daerah di Indonesia memiliki cabang bank dan juga ATM. Untuk itulah BRI menjalin kerja sama dengan nasabah BRI sebagai agen BRILink.

Tugas dari agen BRILink nantinya akan melayani transaksi yang dilakukan masyarakat secara real time menggunakan mesin EDC. Seluruh transaksi keuangan dikenakan tarif biaya pada customer. Tarif tersebut yang nantinya akan menjadi pendapatan bagi para agen BRILink setelah melalui pembagian sharing fee

Buat Toko Online Sendiri

Adapun layanan perbankan yang bisa dilakukan oleh agen BRILink adalah transfer ke sesama pengguna BRI atau bank lain serta setor dan tarik tunai layaknya di ATM. Selain itu, customer juga bisa melakukan pembayaran listrik, belanja online, pulsa, BPJS atau pun tagihan lainnya. 

Manfaat jadi agen BRILink

cara daftar agen brilink

Memiliki pemasukan tambahan bukan satu-satunya keuntungan yang bisa Juragan nikmati dengan menjadi agen BRILink. Ada pula berbagai manfaat lainnya dari usaha yang satu ini.

atur keuangan usaha

Selain menerima pendapatan dari setiap transaksi yang dilakukan dengan sistem bagi hasil 50:50, keuntungan lainnya adalah Juragan bisa melakukan usaha ini berdampingan dengan bisnis yang sudah Juragan miliki.

Misalnya, Juragan sudah membuka usaha toko kelontong atau berjualan voucher pulsa, maka Juragan juga bisa sekaligus menjadi agen BRILink agar bisnis Juragan semakin luas. Pendapatan yang Juragan peroleh akan diterima secara langsung dari setiap transaksi. Idealnya, tarif yang dikenakan adalah sebesar Rp5.000 per transaksi.

Selain itu, menjadi agen BRILink juga akan mendapatkan pendampingan langsung dari pihak bank. Jadi, Juragan tak perlu khawatir bila terjadi sesuatu. Juragan bahkan juga akan mendapatkan asuransi keagenan bila terjadi musibah seperti kecelakaan atau kebakaran di tempat usaha.

atur keuangan usaha

Menariknya lagi, karena BRI sudah memiliki nama yang besar, Juragan tak perlu repot-repot melakukan pemasaran. Sementara itu, manfaat terakhir berhubungan dengan modal agen BRILink 2022. Modal agen BRILink termasuk tidak besar, apalagi jika Juragan tidak membutuhkan mesin EDC.

Risiko jadi agen BRILink

Sebelum memantapkan diri untuk mendaftar menjadi agen BRILink, Juragan juga perlu mempelajari beberapa risiko jadi agen BRILink. Berikut beberapa tantangan yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Juragan sebelum menjadi agen BRILink.

  • Untuk memiliki mesin EDC, ada sejumlah dana yang harus dibekukan. Dana sebesar Rp3 juta akan dibekukan jika Juragan tidak memiliki rekening pinjaman di BRI. Sedangkan, jika Juragan sudah memiliki rekening tersebut, dana yang dibekukan hanya sebesar Rp500.000.
  • Pihak BRI akan menyerahkan kegiatan usaha sepenuhnya kepada Juragan sehingga Juragan mungkin membutuhkan modal lebih untuk memperlancar usaha ini.
  • Menjadi agen BRILink akan dikenakan target transaksi. Setiap bulannya, Juragan perlu mencapai target 200 transaksi. Jika Juragan tak mencapai target tersebut, maka Juragan bisa saja dikenakan penalty. Target ini akan berlaku setelah grace period selama enam bulan.

Baca juga: Tips Agar Usaha Cepat Berkembang 

Syarat jadi agen BRILink

Tertarik menjadi agen BRILink? Untuk mengetahui cara daftar agen BRILink, Juragan harus memahami terlebih dahulu persyaratannya. Berikut adalah syarat-syarat daftar agen BRILink:

  • Seorang WNI yang sudah menjadi nasabah BRI.
  • Memiliki tempat usaha atau tempat tinggal tetap.
  • Mempunyai sumber penghasilan dari usaha atau kegiatan tetap minimal 1-2 tahun.
  • Mengantongi Surat Izin Usaha.
  • Tidak terikat menjadi agen bank lain penyelenggara Laku Pandai.
  • Memiliki rekening BRI dan menyetor uang jaminan sebesar Rp3 juta. Saldo tersebut akan dibekukan selama menjadi agen BRILink. Jika Juragan memiliki rekening pinjaman di BRI, maka tak perlu menyetor uang jaminan.

Dokumen yang harus Juragan siapkan

Selain persyaratan di atas, ada juga dokumen yang perlu Juragan siapkan untuk menjadi agen BRILink. Inilah beberapa dokumen yang harus disiapkan:

  • Fotokopi identitas pribadi seperti KTP dan juga NPWP.
  • Fotokopi bukti kepemilikan rekening tabungan/koran.
  • Fotokopi dokumen legalitas usaha dari RT/RW atau SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), SITU (Surat Izin Tempat Usaha) TDP (Tanda Daftar Perusahaan), akta pendirian, atau surat izin usaha lainnya yang legal.
  • Dokumen pengajuan agen BRILink yang sudah terisi, seperti formulir pengajuan Agen BRILink dan juga Perjanjian Kerjasama BRILink.

Baca juga: Kalimat Promosi yang Menghipnotis 

Cara daftar agen BRILink 

Setelah Juragan melengkapi persyaratan dan dokumen yang sudah disebutkan di atas, Juragan bisa mendatangi unit kerja BRI terdekat. Di sana, akan ada petugas yang memproses administrasi pendaftaran serta memverifikasinya.

Setelah itu, Juragan akan dibantu melakukan instalasi aplikasi BRILink Mobile dan dituntun cara daftar BRILink lewat HP. Juragan juga akan dikirimkan mesin EDC jika memang dibutuhkan. Pasalnya, saat ini Juragan juga sudah bisa menjadi agen BRILink tanpa mesin EDC.

Selain itu, Juragan juga bisa daftar agen BRILink Online melalui aplikasi BukuWarung! Dengan aplikasi BukuWarung, cara daftar agen BRILink jadi lebih mudah dan praktis! Aplikasi BukuWarung juga bisa menjadi jawaban bagi Juragan yang masih kesulitan mengatur keuangan bisnis. BukuWarung hadir dengan berbagai macam fitur menarik yang akan mempermudah usaha Juragan!

Fitur pembayaran online hingga pencatatan keuangan akan sangat membantu bisnis yang Juragan miliki! Hal menarik lainnya adalah fitur penagih utang agar customer Juragan bisa lebih cepat membayar utangnya. Menarik, bukan? Segera unduh aplikasi BukuWarung sekarang juga untuk kemudahan berbisnis online, termasuk saat menjadi agen BRILink!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download