Download Gratis
Butuh bantuan?

Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat

Tantangan pertama seorang pengusaha adalah membangun bisnis. Dalam membangun bisnis salah satu yang harus dilakukan adalah memilih partner kerja yang cocok dan ahli. Menemukan partner kerja yang cocok dan ahli adalah tantangan yang sangat berat. Misalnya saja dibutuhkan skill pemasaran, kepemimpinan, dan ketelatenan yang mumpuni.

Bisnis yang berkembang salah satunya dipengaruhi oleh pemilik bisnis tersebut. Oleh karena itu, memilih rekan bisnis harus sangat berhati-hati.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Lantas, seperti apa kriteria memilih rekan bisnis yang sesuai dan bagaimana cara melobi rekan bisnis? Yuk, simak penjelasan dari BukuWarung di bawah ini, ya.

Mencari Rekan Bisnis yang Sesuai

Beberapa keahlian berikut ini dapat Juragan pertimbangkan untuk memilih partner bisnis. 

Bisa Saling Melengkapi

Bekerja bersama orang yang memiliki tujuan dan latar belakang yang sama membuat kita merasa nyaman dan nyambung dalam berkomunikasi. Misalnya saja Juragan memiliki latar belakang teknologi dan begitu juga dengan partner kerja Juragan. 

Namun, mempunyai partner kerja yang berlatar belakang berbeda akan menjadi keuntungan tambahan dalam bisnis Juragan. Juragan akan merasa kebutuhan bisnisnya tercukupi. Ada yang bisa mempromosikan, manajemen, memproduksi, dan lain sebagainya. Intinya, adalah saling melengkapi membuat bisnis yang akan Juragan jalankan dapat berkembang.

Buat Toko Online Sendiri

Punya Visi dan Misi yang Sama

Saat akan memulai bisnis, Juragan dan rekan bisnisnya harus mempunyai visi dan misi yang sama. Kesamaan ini akan menuntun bisnis Juragan mempunyai tujuan yang jelas dan segala keperluannya akan tercukupi. 

Bayangkan, jika rekan kerja juragan memiliki tujuan yang berbeda. Tentunya, bisnis yang dijalankan akan tidak terarah dan berpotensi macet di tengah jalan. Itulah pentingnya memertimbangkan dalam memilih rekan bisnis.

Memiliki Jiwa Berbisnis yang Tinggi

Rekan bisnis yang memiliki jiwa bisnis tinggi akan tidak mudah putus asa dan mengeluh. Mereka akan mempunyai komitmen tinggi untuk bersama-sama mengembangkan bisnis. Setiap pekerjaan akan dilakukannya dengan sungguh-sungguh dan selalu meningkatkan keahliannya.

atur keuangan usaha

Hal ini menjadi nilai tambah terlebih lagi jika bisnis yang Juragan jalankan sedang mengalami permasalahan.

Mempunyai Relasi yang Luas

Rekan kerja harus memiliki relasi yang kuat agar menguntungkan bisnis yang Juragan bangun bersamanya. Relasi yang luas membuat pertumbuhan bisnis Juragan akan cepat berkembang pesat dan bahkan mendapatkan investor untuk menanamkan modal demi keberlangsungan bisnis Juragan.

Contohnya saja, dalam Grand Opening bisnis Juragan. Jika rekan bisnis Juragan memiliki relasi yang luas pastinya sudah banyak yang mendatangi dan mengenal bisnis tersebut.

atur keuangan usaha

Bisa Dipercaya dan Bertanggung Jawab

Berbisnis adalah pekerjaan yang memiliki risiko tinggi. Tidak selamanya jalan yang ditempuh akan mulus dan ada kalanya berlubang besar. Partner bisnis yang bertanggung jawab akan memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapinya.

Sifat jujur juga diperlukan dalam memilih rekan bisnis. Kejujuran dalam berbisnis adalah salah satu kunci kesuksesannya. Kejujuran membuat bisnis dapat terus berkembang tanpa adanya kebocoran dari dalam. Jika sudah dari awal calon rekan bisnis Juragan berbohong sebaiknya jangan diteruskan untuk bekerja sama dengannya.

Selalu Upgrade Ilmu

Upgrade ilmu diperlukan dalam berbisnis terlebih lagi jika bisnis tersebut sifatnya musiman. Sekarang ini sedang musimnya teknologi dan jika bisnis Anda belum menyentuh teknologi sudah dapat dipastikan akan bangkrut.

Mengupgrade ilmu membuat bisnis dapat bertahan sesuai zamannya. Keuntungan lainnya dari mengupgrade ilmu adalah bisnis Juragan akan lebih unggul dari pesaing dikarenakan pelayanan dan kebutuhan pelanggan dapat terfasilitasi.

Terbuka Akan Kritik

Saat menjalankan bisnis pasti akan menemui jalan berlubang. Solusi dari hal tersebut adalah mengevaluasi langkah yang telah dilakukan. Jika ada kesalahan harus berani dikritik. 

Memberi dan menerima kritikan merupakan evaluasi yang bisa dilakukan agar bisnis yang dijalankan tidak jatuh pada lubang yang sama. Pilihlah rekan bisnis yang mau memberi kritik dan menerima kritikan, ya.

Memiliki Kepribadian yang Baik

Etika merupakan poin penting dalam berbisnis. Memilih rekan kerja yang baik bukan sekedar mementingkan kompetensi keahliannya saja. Lebih dari itu harus diperhatikan lagi etikanya agar hubungan komunikasi dan lainnya dapat berjalan lancar tanpa hambatan. 

Ada baiknya untuk mengetahui dengan baik etika rekan bisnis Juragan dan jangan segan-segan untuk mencari rekan bisnis lainnya bila tidak cocok. Demi keberlangsungan bisnis hal ini dapat Juragan lakukan. Hindari juga rekan bisnis yang mempunyai latar belakang buruk yang tidak bisa diubahnya, ya.

Cara Melobi Rekan Bisnis

Sudah menemukan kriteria rekan bisnis yang cocok dengan selera Juragan? Yuk, sekarang saatnya untuk beraksi! Berikut adalah cara melobi rekan bisnis untuk bergabung dalam tim Juragan.

Kenali Target

Kenali target rekan bisnis Juragan terlebih dahulu agar komunikasi dan pesan yang disampaikan dapat dipahaminya. Tentu saja ada baiknya untuk menyesuaikan pembicaraan dengan gaya dia.

Berpenampilan yang Baik

Kesan pertama akan sangat menentukan penampilan dari seseorang. Kesan rapi, wangi, dermawan, gagah, dan lain sebagainya akan memengaruhi. Sampaikan maksud dan tujuan Juragan dengan pembicaraan yang baik dan dengan pembawaan tenang.

Jangan menggunakan pakaian kotor, lusuh, dan tubuh berbau saat pertemuan pertama dengannya. Pastilah sudah takut jika akan bergabung dengan tim Juragan.

Kuasai Situasi dan Kondisi

Pilihlah tempat yang baik dan nyaman seperti di cafe, restoran dengan suguhan minuman. Kondisi tersebut membuat pesan yang Juragan sampaikan dapat diterima dengan baik.

Hentikan pembicaraan jika ada orang lain yang mendekati dan memotong pembicaraan Juragan dengannya agar tetap privasi.

Cara Penyampaian yang Baik

Kuasai materi yang akan Juragan diskusikan dengannya. Cara menyampaikan juga berbeda-beda. Misalnya jika berhadapan dengan organisasi harus bersifat argumentatif jika dengan individu harus bersifat persuasif.

Juragan harus menyampaikan aspek yang rasional dan logis. Intinya bagaimana mereka akan menerima pendapat dari Juragan dan ikut bergabung dengan tim Juragan.

Mengemas Pesan 

Kemaslah pesan yang akan disampaikan dengan baik, singkat, dan jelas. Hindari pesan yang berbelit-belit dan susah dipahaminya.

Jangan Takut Gagal

Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Pepatah tersebut sangatlah benar karena lebih baik mencoba walaupun harus gagal daripada tidak mencoba dan pasti gagal.

Jika rekan bisnis yang Juragan lobi tidak minat untuk gabung dengan tim Juragan tidak masalah. Hal itu merupakan sesuatu yang wajar. Mungkin mereka saat itu tidak minat dan boleh jadi keesokan harinya akan minat.

Oleh karena itu, tinggalkan kesan yang baik kepada mereka jika sewaktu-waktu mereka minat maka akan dapat mudah bergabung dengan tim Juragan.

Nah, itulah beberapa tips cara memilih rekan bisnis, partner kerja, dan hingga cara melobinya. Semoga rangkuman dari BukuWarung dapat bermanfaat untuk Juragan. 

Jangan lupa juga gunakan aplikasi BukuWarung sebagai pencatatan pemasukan dan pengeluaran bisnis Juragan dengan efisien dan lebih mudah.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download