Download Gratis
Butuh bantuan?

10 Cara Jualan Online Laris di Facebook untuk Pemula

Bagaimana cara jualan online laris di Facebook? Media sosial memang bisa menjadi tempat jualan online yang efisien, terlebih untuk pebisnis pemula. Dari berbagai media sosial yang ada, Facebook bisa menjadi pilihan. Sebab, jumlah pengguna Facebook di Indonesia tergolong banyak. Dari situs market data Statista, diketahui user Facebook di Indonesia pada 2022 mencapai 174,6 juta. Per Juli 2021, pangsa pasar Facebook adalah yang tertinggi di Indonesia dibanding media sosial lain.

Selain itu, Facebook juga punya beberapa fitur yang bisa memudahkan Juragan untuk berjualan, seperti Ads dan Marketplace. Bahkan sekadar berbekal profil pribadi saja, juragan sudah bisa berjualan di Facebook. Jika dikelola dengan baik, juragan pun bisa dapat cuan besar dari jualan online di Facebook!

atur keuangan usaha
atur keuangan usaha

10 Cara Jualan Online Laris di Facebook

cara jualan online laris di facebook

Artikel BukuWarung kali ini akan membahas seputar bagaimana cara jualan online laris di Facebook, mulai dari langkah persiapan jualan hingga nanti setelah produk yang juragan tawarkan laku terjual. Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut! 

  1. Pahami target pasar Juragan

Cara jualan online laris di Facebook dimulai dengan menentukan target pasar. Apa itu target pasar? Saat sebuah produk dibuat, pasti ada gambaran siapa yang akan menggunakannya. Misalnya, produk hijab instan dengan harga terjangkau yang ditujukan untuk ibu rumah tangga. Nah, “ibu rumah tabffa” di sini adalah target pasar dari hijab instan harga terjangkau tadi.

Sebaiknya, target pasar dibuat sedetail mungkin. Kembali pada contoh hijab instan sebelumnya. Katakanlah produk tersebut akan dijual lewat Facebook, maka target pasar bisa dibuat lebih spesifik menjadi ibu rumah tangga, pengguna aktif Facebook, rentang usia 25-40 tahun, dan berasal dari kalangan menengah ke bawah.

Buat Toko Online Sendiri

Baca Juga: 9+ Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

  1. Kenali kompetitor

Setelah menentukan target pasar, sekarang cari tahu soal kompetitor usahamu. Tiap usaha pasti punya saingannya sendiri, bahkan untuk sebuah inovasi sekalipun. Agar bisnis yang Juragan jalankan berjalan lancar, Juragan harus mengenali kompetitor dengan baik.

Juragan bisa mulai dengan melakukan pencarian di Facebook. Cari produk yang akan dijual di Facebook, pasti akan muncul beberapa akun atau halaman terkait. Amati baik-baik cara mereka berpromosi hingga menanggapi pelanggan. Dari situ, Juragan akan tahu poin apa saja yang bisa dicontoh dan ditingkatkan agar tak kalah saing,

atur keuangan usaha
  1. Manfaatkan fitur marketplace

Facebook sebenarnya punya fitur khusus yang mewadahi jual-beli online, namanya Marketplace. Media sosial buatan Mark Zuckerberg tersebut resmi meluncurkan Marketplace pada 2016 dan masih berjalan hingga saat ini. Bahkan penggunanya terus bertambah dari hari ke hari.

Cara jualan di Facebook Marketplace sangat simpel. Dari halaman muka Facebook, klik menu Marketplace yang ada di sebelah kiri. Untuk mulai berjualan, klik tab “Jual barang”. Di situ, Juragan bisa langsung menambahkan barang jualan. Facebook juga menyediakan kolom untuk menambahkan harga, kategori, kondisi, hingga keterangan barang.

Selain itu Juragan juga bisa memanfaat Facebook Ads (Iklan Facebook) untuk menambah jangkauan pembeli sehingga peluang produk Juragan yang terjual makin besar.

atur keuangan usaha

Baca juga : Cara Membuat Iklan di Facebook

  1. Pakai grup jualan

Selain Marketplace, ada lagi fitur Facebook yang bisa Juragan pakai untuk jualan online, yaitu fitur grup. Ada banyak sekali grup atau komunitas di Facebook. Beberapa mengkhususkan untuk transaksi jual-beli. Biasanya, nama grup diawali dengan kata-kata “Forum Jual-Beli” atau “Komunitas Jual-Beli”.

Cara posting jualan di grup Facebook tidak sulit, kok. Juragan tinggal cari grup yang sesuai dengan produk. Katakanlah Juragan berjualan pakaian bayi, maka Juragan bisa masuk forum jual-beli perlengkapan bayi. Bisa juga dengan masuk ke grup daerah tertentu yang memperbolehkan anggotanya berjualan, contohnya grup kuliner Jawa Timur.

  1. Pasang foto yang menarik

Cara jualan online laris di Facebook berikutnya adalah dengan memasang foto produk yang menarik. Kunci jualan online yang sukses terletak pada foto produk. Sebab, calon pembeli tidak bisa mencoba produk secara langsung.

Foto produk yang jelas akan sangat membantu calon pembeli. Selalu gunakan foto beresolusi tinggi dan punya pencahayaan yang baik. Sebisa mungkin gunakan foto real produk, bukan hasil mengambil di Google. Foto asli produk akan jauh lebih meyakinkan dibanding gambar comotan internet.

Baca Juga: Cara Mudah Buat Iklan di Facebook

  1. Cantumkan informasi produk yang jelas

Poin ini masih berhubungan dengan cara jualan online laris di Facebook sebelumnya. Selain foto, jangan lupa juga untuk mencantumkan informasi produk yang jelas.

Hindari asal “melempar” gambar produk tanpa disertai keterangan, lebih-lebih jika produk yang Juragan jual memang punya ukuran spesifik seperti baju atau sepatu. Juragan memang bisa menjelaskan lewat pesan pribadi kepada pelanggan, tapi cara tersebut sangat tidak efisien dan makan waktu.

  1. Update status yang menarik

Status Facebook ternyata juga bisa menjadi strategi promosi yang efisien. Cara jualan online laris di Facebook ini bahkan sudah diterapkan oleh para seller besar.

Coba buat status yang masih berhubungan dengan tren terbaru. Misalnya sedang ada film baru yang ramai dibicarakan orang, Juragan bisa membahasnya dan menghubungkan ke produk. Bisa juga dengan membagikan informasi penting.

Memasang status memang bisa menjadi cara jualan online laris di Facebook, terlebih jika Juragan membuat status yang melibatkan audiens. Bisa dengan menanyakan opini mereka atau mengadakan diskusi. Dengan begitu, konsumen pun bisa lebih memahami barang jualanmu.

  1. Selalu respons pesan dari pembeli

Sebisa mungkin, selalu respons pesan dari pembeli. Juragan pasti senang jika mendapat pelayanan yang baik saat berbelanja, bukan? Para konsumen juga demikian.

Mereka akan merasa terbantu jika mendapatkan tanggapan yang baik dari penjual. Bahkan ada kecenderungan pembeli melakukan repeat order jika mereka mendapat pelayanan yang baik. Sering terjadi, pelanggan juga tidak akan segan merekomendasikan produk kepada orang lain saat service yang didapat memuaskan.

  1. Tambahkan teman tertarget

Cara jualan online laris di Facebook selanjutnya berhubungan dengan pertemanan. Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak sekali pengguna Facebook di Indonesia. Di antara ratusan juta pengguna, pasti ada beberapa yang bisa menjadi pelanggan toko online milikmu.

Buatlah post di grup jualan. Kemudian, lihat akun-akun yang memberi respons. Mereka bisa menjadi target jualan yang potensial karena sudah menunjukkan ketertarikan. Tambahkan mereka sebagai teman agar lebih mudah untuk mempromosikan jualan.

Baca Juga: 7+ Ide Jualan Online Paling Laku di 2022!

  1. Bagikan testimoni pembeli

Apa pertimbanganmu saat beli barang online? Pasti salah satunya adalah penjual atau toko yang trusted alias bisa dipercaya. Nah, Juragan juga harus menerapkannya. Sebisa mungkin, berikan kesan bahwa bisnismu benar-benar trusted.

Cara paling efisien untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan adalah dengan mencantumkan testimoni dari para pembeli sebelumnya. Tampilkan testimoni pada akun Facebook secara rutin. Juragan juga bisa membuat satu album khusus yang berisi testimoni. Agar lebih meyakinkan, testimoni sebaiknya berupa gambar atau video produk saat sudah sampai di tangan pelanggan. 

Dari sepuluh cara jualan online laris di Facebook ini, mana yang sudah Juragan terapkan? Atau malah belum mulai jualan di Facebook? Tidak ada kata terlambat untuk mencoba, terlebih jualan di Facebook tidak memerlukan biaya admin.

Kalau sudah mulai berjualan online, jangan lupa untuk rajin membuat laporan keuangan, ya. Laporan keuangan akan membantu memantau kondisi usahamu. Tidak sulit, kok, membuat laporan keuangan yang detail, Juragan bisa manfaatkan aplikasi BukuWarung. Dengan BukuWarung, laporan keuangan akan disusun secara otomatis sehingga Juragan bisa langsung tahu keuntungan harian. Yuk, download segera aplikasi BukuWarung, gratis di Google Play Store!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download