Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Berikut Cara Daftar GoFood dan Rincian Biayanya

Ingin mengetahui cara daftar GoFood? Tak bisa dipungkiri, keberadaan layanan pesan-antar online sangat membantu kehidupan. Bukan hanya untuk customer, tapi juga para pelaku bisnis kuliner.

Dengan menjadi mitra layanan pesan-antar online seperti GoFood, Juragan berpeluang untuk mengembangkan usaha. Potensi mendapat pelanggan baru pun semakin besar jika mengikuti program kemitraan platform layanan pesan-antar online.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Bagaimana tidak, data dari portal berita ekonomi Bisnis menyebutkan bahwa pada 2019, setidaknya ada 155 juta pengguna aktif GoJek. Angka tersebut tentu terus bertambah seiring berjalannya waktu. Dengan banyaknya pengguna GoJek dan layanan GoFood, otomatis peluang bisnis kuliner Juragan makin dikenal pun bertambah besar.

Tanpa berlama-lama lagi, mari pelajari cara daftar GoFood online 2022 sesuai dengan pembaruan terbaru dari GoJek!

Apa itu GoFood?

GoFood sendiri merupakan bagian dari GoJek, sebuah super app yang menawarkan beragam layanan sehari-hari, mulai dari pembelian makanan, transportasi, pemesanan tiket, hingga belanja kebutuhan.

Platform buatan dalam negeri ini diklaim sebagai layanan pesan-antar makanan terbesar di dunia setelah Tiongkok. Pada 2022 ini, GoFood telah membantu mengembangkan lebih dari 125.000 bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Buat Toko Online Sendiri

Cara daftar GoFood tidaklah sulit. Juragan bisa langsung melakukan pendaftaran melalui GoBiz, sebuah fitur dari GoJek yang dikhususkan untuk para partner dalam mengelola bisnis mereka.

Fitur tersebut dapat kamu akses melalui website GoBiz atau mengunduh aplikasinya. Setelah aplikasi terunduh, Juragan bisa langsung mengikuti tutorial cara daftar GoFood pada poin selanjutnya.

Baca Juga: Ide Bisnis Makanan Ringan, Minim Modal. Cari Tahu Detailnya di Sini!

atur keuangan usaha

Cara daftar GoFood

cara daftar gofood
Photo Credit: GoBiz

Cara daftar GoFood tidaklah sulit. GoJek bahkan telah menyediakan platform khusus untuk memudahkan pelaku bisnis kuliner dalam menjalani program partnership GoFood. Berikut adalah cara daftar GoFood online melalui aplikasi GoBiz.

  1. Tahapan pertama dalam tutorial cara daftar GoFood adalah download aplikasi GoBiz. Aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan gratis di PlayStore maupun AppStore.
  2. Setelah aplikasi terpasang, buka dan pilih opsi “Daftar”.
  3. Lakukan pendaftaran sesuai dengan tipe usaha Juragan; pribadi atau milik perusahaan.
  4. Ketikkan nama bisnis dan nama pemilik (atau pihak lain yang diberi kewenangan). Jangan lupa juga untuk menyertakan kontak agar tim GoJek bisa segera menghubungimu.
  5. Lanjutkan dengan verifikasi nomor HP. Sistem akan mengirimkan kode OTP melalui SMS. Masukkan kode OTP pada kolom yang disediakan dan klik “Konfirmasi”.
  6. Lengkapi informasi terkait bisnis yang akan didaftarkan.
  7. Jika sudah, beri tanda ceklis pada pernyataan “Syarat & Ketentuan”. Setelah itu, klik “Verifikasi Data Usaha Saya” dan kemudian “Kirim”.
  8. Tahapan selanjutnya adalah menunggu sistem melakukan verifikasi data. Proses ini akan memerlukan waktu paling lama dua hari kerja.
  9. Apabila verifikasi sukses dan pengajuan diterima, kamu bisa melakukan aktivasi akun GoBiz dengan mengirimkan informasi mengenai:
  • Profil bisnis yang didaftarkan
  • Jam operasional bisnis yang didaftarkan, lengkap beserta menu

Agar tidak ada yang terlewat, pastikan untuk rajin mengecek email. Sebab, semua update pengajuan program partnership GoFood akan dikabarkan melalui email.

Manfaat daftar GoFood

Setelah mengetahui cara daftar GoFood, sekarang mari membahas manfaatnya. Ternyata, ada banyak keuntungan yang bisa didapat pemilik bisnis kuliner seperti Juragan jika bergabung menjadi partner GoFood. Keuntungan tersebut di antaranya:

atur keuangan usaha
  • Memaksimalkan peluang usaha

Telah disebutkan pada bagian pembuka, jumlah pengguna GoJek saat ini sangat masif. Itu berarti, bergabung menjadi partner GoFood akan membantu Juragan untuk memaksimalkan peluang usaha. Pengguna aplikasi GoJek yang sebelumnya tidak mengenal bisnismu bisa mengetahui dan mencoba produk yang kamu tawarkan.

  • Pelanggan lebih mudah menemukan usahamu

GoFood menyediakan beberapa kategori khusus yang memungkinkan usaha kulinermu ditemukan oleh para pengguna aplikasi GoJek. Misalnya, ada kategori “Near Me”. Saat customer berada di dekat outlet milikmu, maka secara otomatis outlet kamu akan muncul pada aplikasi mereka.

  • Biaya antarnya murah

Keunggulan lain yang dimiliki GoFood adalah biaya antar murah. Ya, GoFood memang telah terintegrasi dengan layanan GoRide dari GoJek sehingga produk jualanmu bisa diantarkan kepada pelanggan. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot lagi mencari layanan delivery dengan ongkos murah.

  • Bisa promosi menu di aplikasi

Siapa, sih, yang tidak suka promo? Calon pelangganmu pasti juga suka promo. Nah, di GoFood, kamu bisa memanfaatkan fitur promosi untuk menggaet lebih banyak pelanggan. Promo juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha.

Untuk menikmati semua kemudahan di atas, Juragan bisa langsung mengikuti cara daftar GoFood yang telah diuraikan pada poin sebelumnya, ya!

Baca Juga: Ingin Punya Usaha Sampingan Sendiri? Simak Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Berikut Ini!

Daftar GoFood sesuai jenis usaha

Jalur pendaftaran Mitra Usaha GoFood dibagi menjadi dua, yakni untuk usaha milik pribadi dan milik perusahaan. Masing-masing punya persyaratan yang berbeda. Berikut rinciannya:

Usaha milik pribadi

  • KTP pemilik.
  • NPWP pemilik. Syarat ini wajib dipenuhi jika kamu memiliki tarif PB1. Namun, jika tidak, syarat ini bisa dilewati.
  • Data rekening yang mencakup nama bank, nomor rekening, serta nama pemilik rekening.

Usaha milik perusahaan

  • Identitas direktur perusahaan yang masih berlaku seperti KTP atau Paspor dan KITAS. Data tersebut dilampirkan dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Untuk identitas berupa KTP harus terdaftar di Dukcapil.
    • Dokumen bisa dibaca dengan jelas.
    • Bentuk fisik identitas tidak rusak. Jika memang terdapat kerusakan yang mengakibatkan dokumen sulit dikenali dan dibaca, sebaiknya kamu mengajukan pembaruan terlebih dulu.
  • Kontak direktur atau pihak yang ditunjuk oleh perusahaan. Nomor kontak nantinya akan digunakan untuk proses login aplikasi GoBiz.
  • Alamat email direktur atau pihak yang ditunjuk oleh perusahaan.
  • Surat Izin Usaha. Pastikan untuk melampirkan surat izin usaha yang resmi dan berlaku, seperti:
    • Surat Izin Usaha Perusahaan (SIUP) yang menandakan kalau usaha yang didaftarkan telah sah dan diakui oleh negara.
    • Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) yang merupakan tanda daftar untuk jenis usaha yang berkaitan dengan sektor pariwisata.
    • Tanda Daftar Yayasan (TDY) untuk usaha yang dimiliki oleh suatu yayasan. Dokumen ini diperlukan untuk memastikan bahwa yayasan bersangkutan benar ada dan tercatat di database Dinas Sosial atau Dinas Keagamaan setempat.
    • Nomor Induk Berusaha (NIB) merupakan nomor identitas pelaku usaha. Tanpa adanya NIB, pemilik tidak bisa melaksanakan kegiatan usahanya (dianggap ilegal).
    • Akta Pendirian/Penyesuaian (UUPT 2007). Untuk perusahaan yang berdiri setelah tahun 2007, cukup mengunggah Akta Pendirian. Sedangkan untuk yang berdiri sebelum tahun 2007, wajib menyertakan Akta Penyesuaian terhadap Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007.
  • NPWP Perusahaan. Jangan lupa untuk melampirkan NPWP milik perusahaan yang resmi dan masih berlaku.
  • Informasi rekening bank yang sesuai dan masih berlaku. Pastikan semua informasi terkait rekening seperti nama bank, nama pemegang rekening, dan nomor rekening dapat dibaca.

Biaya pendaftaran GoFood

Setelah membaca penjelasan mengenai cara daftar GoFood, kamu mungkin bertanya-tanya, “Berapa ya, biaya pendaftaran GoFood?”. Hal tersebut wajar karena program kemitraan umumnya berbayar.

Namun, di GoFood, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias program Mitra Usaha GoFood ini gratis! Proses pendaftarannya pun hanya lewat satu cara, yaitu melalui aplikasi GoBiz yang bisa didapatkan secara gratis di PlayStore maupun AppStore.

Baca Juga: Siapa Bilang Mulai Usaha Butuh Modal Besar? Ini Dia Peluang Usaha Jasa Tanpa Modal!

Selain cara daftar GoFood, ada lagi aplikasi usaha yang gratis untuk Juragan, lho. Namanya BukuWarung. Dengan BukuWarung, kamu bisa melakukan berbagai pembukuan usaha dengan mudah. Fiturnya pun lengkap dan mudah digunakan. Tunggu apa lagi? Segera dapatkan aplikasi BukuWarung, gratis di PlayStore.

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download