JANGAN SAMPAI USAHA BANGKRUT Install aplikasi ini utk menghindari UNDUH

11+ Ide Usaha Menguntungkan di Kampung

Ingin memulai bisnis di kampung? Tapi bingung mau usaha apa? ⏩ Simak beberapa ✅ Contoh Usaha Menguntungkan di Desa berikut ini.

Masyarakat desa biasa menggantungkan hidup dengan memanfaatkan hasil alam. Contohnya dengan bertani dan berkebun.

Buat Toko Online Sendiri

Namun, apa yang harus dilakukan jika tidak memiliki lahan untuk bertani dan berkebun?

Berbisnis menjadi jawaban yang tepat.

Membuka usaha di kota atau di desa prinsipnya sama, yaitu memanfaatkan segala kesempatan yang ada. Pelajari keadaan di sekitar rumah untuk mencari peluang usaha yang bisa Anda jalankan.

Di bawah ini BukuWarung telah mengulas beberapa contoh usaha menguntungkan di desa.

Mungkin Anda dapat menjalankan salah satunya sebagai sumber pemasukan baru. Anda juga bisa simak video tentang peluang usaha di desa dari channel Youtube Handoko Tantra berikut ini.

1. Konter Pulsa

Konter Pulsa

Bisnis pertama dengan prospek yang cukup cerah yaitu konter pulsa. Saat ini kebutuhan akan pulsa dan internet dari masyarakat selalu meningkat.

Hal ini merupakan buntut dari meningkatnya jumlah pengguna ponsel pintar. Sebaiknya Anda tak melewatkan kesempatan ini untuk segera memulai usaha konter pulsa.

Kunci kesuksesan konter pulsa di desa adalah lokasi yang strategis. Contohnya yaitu di persimpangan jalan kampung atau di dekat pusat perekonomian.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha konter pulsa pun tidak begitu besar. Cukup dengan 1 juta rupiah Anda sudah bisa membeli sebuah rak atau etalase kaca, kartu perdana dan voucher internet, serta deposit pulsa.

Jika Anda berminat memulai usaha jual pulsa, Anda bisa simak artikel Tips Memulai Usaha Jual Pulsa.

 

2. Ternak Ayam Kampung

Ternak Ayam Kampung

Ayam kampung merupakan salah satu komoditas peternakan yang memiliki prospek cukup baik. Untuk memulai ternak unggas yang satu ini tak memerlukan modal yang terlalu besar.

Modal awal dan biaya perawatan ayam kampung jauh lebih murah dibandingkan dengan ternak kambing, sapi, atau kerbau.

Jika Anda menekuni usaha ternak ayam kampung, Anda bisa mendapatkan dua jenis hasil yaitu daging dan telur.

Telurnya dapat Anda jual di pasar atau warung terdekat. Sedangkan daging ayam kampung dapat Anda setorkan kepada pemilik warung makan atau restoran.

 

3. Pom Bensin Mini

Pom Bensin Mini

Jenis usaha ketiga yang menguntungkan di desa yaitu pom bensin mini. Umumnya, perkampungan jaraknya jauh dari stasiun pengisian bahan bakar. Anda dapat memanfaatkan keadaan ini untuk berbisnis.

Kebanyakan pom bensin mini merupakan usaha waralaba. Sehingga Anda perlu menghubungi pemiliknya untuk bisa berjualan.

Jika Anda bekerja sama dengan perusahaan waralaba, Anda cukup menyetorkan sejumlah uang. Kemudian Anda akan diberi satu paket lengkap untuk berjualan. Cara ini lebih praktis dan mudah.

Anda juga bisa memulai usaha ini secara mandiri namun cukup memerlukan waktu untuk mencari dan membeli peralatan secara terpisah.

Jika Anda juga memiliki skill otomotif, Anda juga bisa membuka bengkel di samping usaha pom bensin mini yang Anda kelola.

Anda bisa simak artikel Cara Memulai Usaha Bengkel untuk tahu lebih lanjut bagaimana caranya.

 

4. Toko Sembako

Toko Sembako

Kebutuhan masyarakat akan sembilan bahan pokok selalu tinggi, tak peduli di desa atau pun di kota. Sayangnya, penduduk desa harus menempuh jarak yang jauh untuk berbelanja.

Keterbatasan ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka toko sembako di desa Anda. Dengan begitu, masyarakat akan merasa terbantu karena tak perlu lagi berjalan jauh.

Di samping itu, Anda juga akan mendapatkan keuntungan bisnis yang lebih besar karena minat masyarakat yang tinggi.

Sediakan bahan pokok yang paling sering dibeli masyarakat. Berikan pelayanan terbaik dan pastikan toko Anda dalam keadaan bersih dan rapi agar pelanggan lebih senang.

Anda juga bisa simak artikel cara membuka usaha sembako untuk mengetahui tips memulai usaha sembako.

Selain itu, usaha sembako juga membutuhkan pembukuan yang detail dan jelas.

Untuk itu Anda bisa download aplikasi BukuWarung untuk membantu mendata pengeluaran dan pemasukan warung sembako Anda.

Aplikasi keuangan tersebut sangat praktis karena bisa digunakan dengan gadget Anda.

 

5. Usaha Peternakan Lele

Usaha Peternakan Lele

Di desa, umumnya masyarakat memiliki pekarangan yang luas. Tanah kosong ini bisa Anda manfaatkan untuk beternak ikan lele.

Lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling mudah untuk dibudidaya. Selain itu, modal yang diperlukan pun tidak terlalu besar. Sebaliknya, keuntungan yang didapatkan bisa berlipat ganda.

Satu kuncinya, Anda harus fokus dan tidak boleh main-main dalam menjalankan bisnis lele. Ada dua jenis ternak lele yang bisa Anda pilih, yaitu pembibitan dan pembesaran.

Jika Anda fokus pada pembibitan, hasilnya adalah anakan lele yang siap dibesarkan. Sedangkan untuk ternak pembesaran, Anda perlu membeli bibit dari peternak lain dan membesarkannya hingga siap panen.

Selain fokus pada pembesaran bibit lele, Anda juga harus memperhatikan cash flow dari usaha ternak lele yang Anda jalankan.

Untuk itu Anda juga harus paham bagaimana cara mengelola keuangan usaha kecil.

 

6. Warung Makan

Warung Makan

Warung makan merupakan salah satu contoh usaha menguntungkan di desa. Semua orang membutuhkan asupan makanan namun tak semua orang memiliki waktu yang luang untuk memasak.

Menjual makanan untuk sarapan merupakan salah satu ide yang paling brilian. Masyarakat di desa juga sibuk bekerja sejak pagi hari dan terkadang mereka tak sempat memasak makanan.

Kehadiran warung makan Anda di desa dapat menjadi penolong. Anda bisa menyajikan menu seperti sayur dan juga lauk pauk.

Untuk menambah pemasukan, sediakan juga jajanan pasar atau kue-kue. Makanan kecil ini juga disukai oleh masyarakat di pedesaan.

Anda bisa simak juga artikel ide bisnis makanan untuk mengetahui beberapa referensi bisnis makanan yang mungkin bisa Anda jalankan.

 

7. Pangkas Rambut

Pangkas Rambut

Apakah di sekitar rumah Anda sudah ada tempat pangkas rambut? Jika belum, segera manfaatkan kesempatan untuk membuka usaha.

Pangkas rambut sangat dibutuhkan oleh masyarakat, baik laki-laki maupun perempuan. Akan lebih baik jika Anda menyediakan layanan lain seperti cuci rambut dan creambath.

Karena Anda membuka usaha di pedesaan, sesuaikan tarifnya dengan pendapatan masyarakat sekitar. Jangan mematok harga yang terlalu tinggi agar tak ditinggalkan pelanggan.

Berikan juga layanan terbaik yang Anda bisa. Selalu ikuti perkembangan gaya rambut yang ada saat ini.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat dan peralatan yang Anda gunakan supaya pelanggan merasa nyaman.

Anda bisa simak tips memulai usaha salon, untuk tahu bagaimana cara mengembangkan bisnis salon yang Anda jalankan.

 

8. Jasa Laundry

Jasa Laundry

Jasa laundry juga berpotensi menghasilkan keuntungan besar. Baik itu usaha laundry kiloan maupun usaha laundry sepatu.

Karena masyarakat selalu menyukai hal-hal yang praktis. Terlebih bagi mereka yang sibuk.

Tak perlu menyewa ruko, Anda bisa menjalankan usaha ini di rumah. Cukup bermodalkan mesin cuci, setrika listrik, timbangan, detergen, dan parfum, Anda sudah bisa memulai usaha ini.

Manfaatkan ruang kosong yang ada di rumah Anda sebagai tempat pelayanan. Pasanglah plang nama yang menarik dan mudah terlihat supaya warga cepat mengenal usaha Anda.

 

9. Penjahit

Penjahit

Jasa jahit selalu dibutuhkan di pedesaan maupun di perkotaan. Baik itu jasa pembuatan baju maupun jasa permak.

Pasalnya, masyarakat selalu membutuhkan tenaga ahli untuk membuat pakaian.

Bisnis jasa jahit ini biasanya kebanjiran pesanan saat mendekati tahun ajaran baru dan menjelang hari raya. Di hari-hari biasa tetap ada pesanan namun tak sebanyak dua musim itu.

Anda juga dapat menawarkan permak pakaian atau celana jeans untuk menambah penghasilan di hari-hari biasa.

Tak banyak modal yang dibutuhkan, Anda cukup membeli mesin jahit dan peralatan pendukung lainnya. Dengan modal kurang dari 5 juta rupiah, Anda sudah dapat membuka praktik menjahit.

 

10. Menjual Souvenir Khas Desa

Menjual Asesoris dan Suvenir Khas Desa

Jika desa Anda memiliki produk kerajinan seperti aksesoris dan souvenir, jadikan itu sebagai ladang bisnis. Anda dapat menawarkan pemasaran kepada para pengrajin.

Jadi, Anda berperan sebagai penghubung antara pengrajin dengan pembeli. Dari situlah Anda mendapatkan keuntungan.

Supaya lebih praktis, Anda bisa memasarkan melalui media sosial dan market place. Selain lebih mudah, jangkauannya juga lebih luas.

 

11. Membuka Warnet / Fotocopy

Membuka Warnet / Fotocopy

Warung internet dan usaha fotokopi masih menjadi usaha yang cukup menjanjikan desa. Satu hal yang menjadi keuntungan bagi para pelaku bisnis di bidang ini adalah minimnya pesaing.

Anda bisa membuka usaha ini dalam satu tempat. Misalnya di bagian depan, Anda membuka usaha fotokopi. Sedangkan di belakang, Anda menyediakan beberapa unit komputer lengkap dengan biliknya untuk usaha warnet.

Untuk menambah pemasukan, Anda juga bisa menyediakan makanan kecil dan minuman ringan. Namun Anda juga harus menjaga agar tempat usaha Anda tidak menimbulkan keresahan masyarakat.

Sudahkah Anda menentukan pilihan dari contoh usaha menguntungkan di desa di atas?

Apa pun jenis usaha yang Anda pilih, sebaiknya buatlah perencanaan yang matang serta perhitungkan segala risiko yang mungkin terjadi.