Download Gratis
Butuh bantuan?

Bisnis Pernak Pernik Untuk Natal

Hari Raya Natal yang jatuh pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya selalu menuai sukacita besar bagi umat yang merayakan. Pebisnis mengencangkan ikat pinggang dengan mempersiapkan strategi pemasaran untuk menyemarakan momen dan menarik banyak minat customer. Bisnis pernak pernik pun tak kalah eksis.

Bagaimana tidak, momen Natal sangat lekat dengan kegiatan menghias pohol Natal. Dibutuhkan pernak-penik cantik dan lucu agar pohon yang dihias nampak indah. Selain menjadi tradisi, hal tersebut dimaksudkan untuk membawa kegembiraan dan ketenangan.

Buat Toko Online Sendiri

Setiap tahunnya pernak pernik akan selalu diganti, karena keinginan menampilkan hiasan terbaik untuk memberikan kesan baik bagi siapapun yang melihatnya. Nah, berkaca dari informasi tersebut, Juragan bisa memanfaatkan peluang bisnisnya agar semakin cuan sebelum pergantian tahun.

Peluang Bisnis Pernak-Pernik

Bisnis hiasan atau pernak pernik rupanya punya keistimewaan sendiri, khususnya bagi kaum wanita yang notabene gemar mendekorasi sesuatu. Pernak pernik umumnya dijual satuan dengan harga murah, sehingga customer akan sangat tertarik membeli banyak macam yang dianggap lucu dan menarik.

Hiasan atau pernak pernik sangat beragam, mulai dari hiasan pohon natal, seperti slinger, bola gantung, lampu hias, gantungan boneka, gantungan karakter santa, rusa dan masih banyak lagi. Materialnya pun beragam, seperti plastik hingga kain flannel. Semua terlihat lucu dan affordable, sehingga sangat cocok sebagai sarana cuci mata bagi pengunjung.

Pernak-Pernik Paling Banyak Dicari

Juragan yang tertarik dengan bisnis menggemaskan ini bisa mulai riset, kira-kira apa saja pernak-pernik paling banyak dicari, selain hiasan pada momen Natal atau perayaaan lainnya.

1. Pernak-Pernik Fashion Korea

pernik korea
Highlight.id

Anak muda Indonesia tentu tidak asing dengan kultur Korea berkat popularitas K-Pop maupun K-Drama. Demam K-pop membawa dampak besar pada fashion atau mode pakaian, penampilan elok dan menawan berhasil membius anak muda untuk menjadi serupa dengan mereka.

Pernak-pernik Korea menjadi urutan pertama paling banyak dicari, mulai dari penjepit rambut, bandana, cat kuku, masker wajah dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun variatif menyesuaikan kualitas barang.

2. Pernak-Pernik Feminis

pernik feminis
fashionmumblr.com

Wanita sangat gemar merawat tubuh untuk terlihat selalu cantik dan menarik, berbagai aksesoris mulai dari pakaian, penjepit rambut, kalung, gelang, cincin dapat menambah keelokan diri. Oleh sebab itu, bisnis jual hiasan atau pernak-pernik selalu ramai kaum hawa.

3. Pernak-Pernik Natal

pernik natal
Teras.id

Telah menjadi tradisi turun temurun bahwa perayaan Natal membutuhkan hiasan natal cantik yang disematkan pada pohon cemara sintetik. Beragam hiasan seperti kerlap-kerlip lampu, gantungan karakter, slinger hingga miniatur dibutuhkan untuk mengias pohon Natal.

Pernak-pernik Natal banyak dicari, tidak hanya untuk pohon natal, melainkan dekorasi rumah atau tempat. Tujuannya untuk berpastisipasi dan ikut merasakan kebahagiaan umat kristiani yang merayakan.

4. Pernak-Pernik Bola

pernik bola
mediapria.com

Pernak-pernik satu ini menjadi satu-satunya item yang digemari kaum adam jika bertandang ke toko pernak-pernik. Para penggila bola tidak akan segan mencari atribut tim kebanggaanya, sama seperti penggila idol K-pop, seperti itulah gambaran kecintaan pada sepak bola.

Terlebih pernak-pernik bole tersebut dapat dikenakan bersama pendukung lainnya jika menontong bola langsung di stadion atau beramai-ramai nonton ala layar tancep. Ditambah lagi jika momen besar seperti piala dunia atau liga champions.

Strategis Bisnis Hiasan atau Pernak-Pernik

Sebelum membahas tips memulai usaha bisnis ini, ada baiknya menerka strategi bisnis sebagai referensi bisnis Juragan nantinya:

  • Mendekorasi tempat usaha atau toko fisik dengan hiasan menarik, sesuaikan dengan momen-momen tertentu, seperti Natal, Idul Fitri, Valentine, dan lainnya.
  • Memasang papan nama bisnis agar mudah dikenal oleh calon customer. Kemungkinan besarnya mereka dapat meneruskan citra toko kepada orang lain lewat nama.
  • Mengandalkan promosi dari mulut ke mulut, maka dari itu usaha apapun harus melakukan kegiatan promosi yang maksimal agar bisa diteruskan oleh pelanggan.
  • Menyediakan jenis barang yang selalu up to date dan sedang trending, karena kemungkinan besar diincar dan dibeli oleh customer.
  • Menerima pesanan barang dari customer merupakan strategi tepat, selain membuat customer lebih didengar dan dihargai, pun meningkatkan penjualan.
  • Menata barang sample yang dipajang secara rapih dan menarik untuk menarik minat calon pelanggan untuk berkunjung.
  • Bagi Juragan yang gemar mengkreasikan pernak-pernik menjadi handicraft, bisa melakukan penjualan hasil kerajinan dengan menikuti bazaar atau event-event seni.

Tips Memulai Usaha Pernak-Pernik

Usaha pernak-pernik, hiasan dan handicraft merupakan beberapa bisnis serupa yang memiliki peluang besar untuk terus berkembang. Supaya Juragan bisa segera memulai usaha, berikut beberapa tips ringkasnya:

Tentukan Target Pasar

Produk hiasan atau pernak-pernik mempunyai pasar masing-masing, sesuaikan dengan jenis barang yang akan dijual. Jika Juragan ingin jual pernak-pernik natal, fashion Kpop, hingga souvenir lucu, maka target pasar lebih menyasar kepada kaum hawa. Sedangkan bila tertarik menjual marchendise atau pernak-pernik olahraga sepak bola atau basket, bisa menyasar pada kaum adam.

Atur Strategi Pemasaran

Rencanakan strategi pemasaran optimal dan maksimal sebelum membuat rumah produksi atau toko. Strategi pemasaran sangat dibutuhkan agar mobilitas penjualan berjalan lancar dan segera mendapatkan feedback positif dari pasar.

Pastikan pula produk yang akan dijual telah siap berada di gudang internal, sehingga ketika hari launching tiba, Juragan dan tim bisa segera melakukan transaksi.

Sumber Daya Manusia (SDM)

Juragan yang tengah merintis usaha sebaiknya mempertimbangkan jumlah SDM atau karyawan yang akan diperkejakan untuk membantu pengembangan bisnis. Apabila modal awal dirasa standar dan kurang mencukupi, sebaiknya menggunakan satu karyawan di bagian penjualan dan interaksi dengan customer.

Sebaliknya, jika modal lebih, ada baiknya menambah personil yang telah berpengalaman di bidangnya. Tujuannya agar bisnis memiliki pondasi awal yang kokoh. Sesuaikan dengan kebutuhan agar tidak terjadi masalah dan menghambat pengembangan bisnis.

Bahan Baku

Juragan yang tertarik membuat pernak-pernik sendiri, bisa mulai mencari supplier bahan baku berkualitas agar menghasilkan karya yang bernilai dan tepat guna. Pastikan memilih supplier terpercaya dan telah memiliki banyak pengalaman.

Sistem Pengelolaan Keuangan

Hal yang paling terpenting dan krusial dari sebuah usaha rintisan ada pada sistem pengelolaan keuangan. Pengelolaan yang sistematis akan berdampak baik bagi keberlangsungan usaha. Dampaknya sangat banyak, meliputi sistem kelola stok, arus barang hingga perhitungan pendapatan bersih. Pengelolaan keuangan yang efektif dapat mengembangkan usaha yangs edang digeluti.

Tentunya Juragan sangat ingin bisnis pernak-pernik berkembang pesat, bukan? Maka dari itu, sebelum memulai bisnis, pastikan mengikuti tips usaha, mencari target pasar, menentukan supplier, strategi pemasaran dan yang terpenting mencari sistem pengelola keuangan lebih efisien dan efektif.

Semakin berkembangnya teknologi, banyak pebisnis beralih ke aplikasi pencatatan keuangan usaha seperti BukuWarung. Fiturnya lengkap, membantu Juragan mencatat transaksi, permudah sistem bayar dan tagih, hingga mengelola stok barang lebih efisien dam akurat. Beralih ke aplikasi BukuWarung, downloadnya gratis, kerjanya praktis!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download