Download Gratis
Butuh bantuan?
download aplikasi bukuwarung

Cara Cepat Mendapatkan Penghasilan Tambahan Buat Pelajar 2022

Jadi anak sekolah gak enak ya, gak bisa punya duit sendiri. Eits, siapa bilang? Kamu bisa loh mengumpulkan uang sendiri untuk tambahan jajan atau tabungan. 

Ada banyak cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kamu tekuni. Ada yang membutuhkan skill, ada juga yang bisa langsung dilakukan. Pekerjaan-pekerjaan yang bisa kamu lakukan ini biasanya juga tidak membutuhkan modal dan waktu yang banyak. Jadi waktu belajar tidak terganggu dan kamu tidak perlu modal besar.

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

13 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan

1. Membuat konten video online (IG, TikTok, Youtube)

Punya kreativitas dan percaya diri di depan kamera? Kenapa tidak menjadi content creator aja? Ada banyak platform sosial media yang bisa kamu gunakan untuk menjadi seorang content creator mulai dari Instagram, TikTok, dan Youtube. Kamu bisa membuat konten edukasi, hiburan, seni, tutorial, musik, dan lainnya sesuai kemampuan, Untuk menghasilkan uang, kontenmu bisa di monetisasi, mencari sponsor, atau donasi dari penonton.

2. Berjualan produk digital (PPOB) BukuWarung

Produk digital seperti pulsa dan paket data mempunyai target pasar yang luas karena hampir semua masyarakat membutuhkan produk ini. Sebagai pelajar kamu bisa menawarkan pulsa, paket data, hingga voucher games ke teman mabar. Salah satu aplikasi yang bisa kamu pakai untuk menjual produk digital terpercaya adalah BukuWarung.

Di aplikasi BukuWarung, kamu bisa menjual berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, voucher game, hingga membayar tagihan listrik, PDAM, BPJS dan lainnya.

Fitur PPOB atau produk digital di BukuWarung punya banyak keuntungan buat kamu. Kamu bisa mulai berjualan dengan modal kecil dan untung yang lebih besar dengan biaya admin rendah. BukuWarung sendiri sudah mendapat lisensi dari BI sehingga lebih terjamin dan terpercaya.

Buat Toko Online Sendiri

Dengan jualan produk digital tidak akan mengganggu waktu sekolah dan belajar kamu karena bisa dilakukan online. Suka mabar game dengan teman-teman? Tawarkan pulsa, paket data, dan juga game voucher untuk mereka!

Baca juga : Vendor Penyedia Bisnis PPOB Resmi, Juragan Wajib Tahu!

3. Membuat blog 

Suka menulis? Membuat blog sendiri adalah pilihan tepat untukmu. Kamu bisa memilih berbagai topik yang kamu sukai untuk menjadi tema di blog mu. Kamu juga bisa mencari topik yang paling banyak diminati orang agar banyak traffic yang masuk ke blogmu agar bisa dimonetisasi.

atur keuangan usaha

Jangan lupa untuk belajar SEO agar blogmu semakin optimal dan bisa menghasilkan uang dari iklan ataupun sponsor.

4. Memulai bisnis dropshipper

Mau mulai jualan tapi gak punya modal? Jadi dropshipper bisa jadi solusinya. Kamu tidak perlu membeli produk dari distributor yang membutuhkan modal besar. Tugasmu hanya menjual langsung ke pelanggan dan kamu tinggal menghubungi supplier untuk memesan barang yang dibutuhkan. 

Tapi, jadi dropshipper juga harus banyak riset. Persaingan yang ketat dan banyaknya supplier yang tidak amanah membuat kamu harus banyak melakukan riset dan survei mengenai supplier yang terpercaya.

atur keuangan usaha

Baca juga : Cara Menjadi Dropshipper Profesional

5. Ikut survei online berbayar

Cukup isi survei dan kamu akan dibayar! Terlihat mencurigakan? Tenang, jika kamu pintar mencari referensi, kamu akan menemukan beberapa situs survei online yang terpercaya dan benar-benar memberikan bayaran kepada pengisi surveinya. 

Kok ada sih yang mau membayar orang hanya untuk mengisi survei? Meskipun terlihat remeh, hasil survei ini sangat membantu perusahaan-perusahaan yang membutuhkan data. Perlu diingat, karena bayarannya yang rendah dan beberapa survei membutuhkan waktu untuk diisi, usaha ini tidak disarankan untuk waktu yang lama. Kalau kamu punya waktu luang, usaha ini bisa dilakukan.

6. Menjadi freelancer atau pekerja lepas

Punya skill yang bisa dijual? Coba jadi freelancer alias pekerja lepas aja. Kamu bisa bertanya pada teman-teman dekat, mengiklankan diri di sosial media, atau mendaftar di situs freelancer yang banyak tersedia di internet.

Jika kamu beruntung, kamu bisa mendapatkan bayaran yang besar terutama jika skill yang dibutuhkan sangat jarang yang punya. Biasanya kamu juga diharuskan memiliki akun PayPal untuk menerima bayaran dalam kurs asing. Menjadi freelancer baru memang susah-susah gampang.

Kamu harus bersaing dengan banyak pekerja lepas lainnya yang sudah punya portofolio yang baik. Tapi kamu bisa bersaing dengan menawarkan harga yang terjangkau terutama jika kamu belum mempunyai portofolio kerjaan yang menjual.

7. Menjual skill desain grafis

Keahlian desain grafis banyak dicari terutama semakin meningkatnya digitalisasi dan kebutuhan pembuatan konten. Kamu bisa menjual skill ini secara online. 

Jika kamu berbakat menggambar tapi belum bisa melakukan secara digital, kamu bisa mulai belajar menggunakan alat-alat untuk desain seperti CorelDraw, Adobe Illustrator, dan juga mempelajari ilmu seperti tipografi, teori warna, dan komposisi.

8. Jualan online

Punya bakat menjual barang? Sekarang kamu bisa melakukannya dengan mudah dengan adanya marketplace atau lokapasar online. Kamu hanya membutuhkan modal untuk membeli stok produk tanpa harus memikirkan modal untuk sewa tempat jualan.

Untuk berjualan online, kamu tidak cukup hanya berjualan dari mulut ke mulut. Kamu harus mulai belajar membuat konten yang baik, cara marketing dan iklan yang benar, copywriting untuk menulis caption ataupun iklan produk, dan juga digital marketing. 

Eits, jangan langsung keder ya. Kamu bisa mempelajarinya sambil memulai kok.

Baca juga : 10 Cara Jualan Online di Facebook Supaya Laris

9. Jual barang bekas 

Ada barang preloved atau merasa rumahmu penuh dengan barang dan ingin hidup minimalis? Buka usaha jualan barang bekas aja.

Memangnya ada yang mau beli barang bekas?

Eits, jangan salah. Bisnis ini sangat laku loh karena orang-orang bisa mendapatkan barang berkualitas baik dengan harga miring. Barang-barang di rumah tidak lagi menumpuk dan kamu bisa dapat uang. Enak kan?

10. Gabung program afiliasi

Kamu mungkin pernah mendengar istilah afiliasi. Program afiliasi sendiri berguna bagi perusahaan untuk mempromosikan produk mereka.

Kamu bisa mendapatkan komisi dengan mendaftar jadi afiliasi dan mempromosikan produk, layanan, atau bisnis di berbagai platform. Biasanya kamu memberikan link afiliasi kepada pembeli dan mendapatkan komisi dari setiap produk atau layanan yang digunakan oleh pembeli. 

11. Guru bahasa online

Belajar bahasa baru semakin populer terutama saat banyaknya perusahaan asing yang ada di Indonesia. Kalau kamu bisa berbahasa asing dengan baik, kamu bisa loh mencoba peruntungan menjadi guru bahasa online.

Tidak hanya mengajar bahasa asing, kamu juga bisa mengajarkan bahasa Indonesia kepada para ekspatriat yang ada di Indonesia. Untuk biayanya sendiri biasanya dihitung perjam dan bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan skill yang kamu punya.

12. Penerjemah lepas

Selain menjadi guru, kamu juga bisa mencoba peruntungan menjadi seorang penerjemah lepas. Biasanya menjadi penerjemah lepas memiliki waktu fleksibel sehingga tidak mengganggu waktu belajar dan sekolahmu.

Kamu bisa mulai dari menerjemahkan artikel, website, novel, hingga subtitle film. Masing-masing mempunyai kesulitan tersendiri jadi pastikan kemampuan bahasa asing kamu sudah mumpuni dan banyak-banyak latihan. Biaya penerjemahan sendiri pun beragam dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan skill kamu.

13. Menjadi asisten virtual

Punya kemampuan membuat dan mengelola perencanaan yang baik? Melamar jadi asisten virtual bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan yang tepat. Sebagai asisten virtual, kamu bertanggung jawab untuk tugas-tugas seperti pembukuan (bookkeeping), entri data, email, riset, dan masih banyak lagi.

Selain menghasilkan uang, menjadi asisten virtual juga memperluas koneksi kepada orang-orang penting. Ini kamu butuhkan untuk memperluas kesempatan mendapatkan pekerjaan nantinya dengan berbagai referensi dan bisa menjadi bagian dari CV untuk melamar kerja.

Nah, ada usaha yang membuat kamu tertarik? Kamu bisa melakukan lebih dari satu usaha sampingan. Tapi, jangan sampai mengganggu waktu lainnya ya. Kamu bisa mengumpulkan uang untuk tabungan masa depan atau membeli barang yang diinginkan tanpa membebani orang tua!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download