Download Gratis
Butuh bantuan?

Cara Daftar ShopeeFood yang Perlu Juragan Kuliner Tahu

Bagaimana, ya, cara daftar ShopeeFood? Sekarang ini, ada banyak sekali cara agar bisnis kuliner Juragan makin dikenal orang. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan aplikasi penjualan online seperti ShopeeFood. Saat bisnismu makin dikenal masyarakat, potensi cuan pun makin besar.

Menariknya lagi, untuk menjadi merchant ShopeeFood pun tidak sulit. Kamu cukup menyiapkan beberapa dokumen pendukung dan mengikuti alur pendaftarannya. Yuk, simak penjelasan lengkap seputar cara daftar ShopeeFood berikut ini! 

atur keuangan usaha
download aplikasi bukuwarung

Apa itu ShopeeFood?

cara daftar shopeefood
Photo Credit: Piqsels

Sebelum membahas cara daftar ShopeeFood, yuk kenalan dulu dengan layanan yang satu ini! ShopeeFood sendiri merupakan suatu fitur pesan-antar makanan dalam aplikasi e-commerce asal Singapura, Shopee. Layanan ini mulai meluncur di Indonesia pada awal tahun 2021 lalu. Sebelum Indonesia, ShopeeFood sudah lebih dulu hadir di Vietnam, tepatnya sejak pertengahan 2020.

Di Indonesia sendiri, ShopeeFood muncul secara bertahap. Mula-mula, layanan pesan-antar tersebut muncul di Jakarta, kemudian berlanjut ke seluruh wilayah Jabodetabek. Baru setelah itu ShopeeFood meluas ke Kota Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bali, Lampung, Padang, Medan, hingga Samarinda. Rencananya, fitur ini juga akan hadir di kota-kota lain.

Program kemitraan ShopeeFood terbuka untuk merchant sekaligus pengemudi. Mitra pengemudi bertugas mengirimkan pesanan dari merchant kepada para pelanggan. Nah, bagi kamu pemilik bisnis kuliner, bisa simak cara daftar ShopeeFood merchant pada poin selanjutnya.

Baca Juga: Laporan Laba Rugi: Pengertian, Cara Buat, Hingga Contohnya

Buat Toko Online Sendiri

Cara Daftar ShopeeFood

cara daftar shopeefood
Photo Credit: ShopeeFood

Seperti yang sudah disebutkan, untuk menjadi merchant partner ShopeeFood tidaklah sulit. Juragan cukup mengisi formulir yang disediakan dan melengkapi berkas. Semuanya dilakukan secara online tanpa perlu mendatangi kantor Shopee. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Melengkapi formulir pendaftaran

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengisi formulir pendaftaran merchant ShopeeFood. Formulir tersebut bisa kamu temukan di website ShopeeFood. Sebelum mengisi formulir, pastikan lokasi merchant Juragan sudah masuk area layanan. Daftar area layanan ShopeeFood bisa diakses lewat halaman formulir pendaftaran, ya.

  1. Mencantumkan alamat email dan nomor ponsel

Selanjutnya kamu bisa langsung mengisi formulir. Lengkapi informasi yang diperlukan seperti nama merchant yang ingin didaftarkan, nama Juragan sebagai pemilik, alamat email, dan juga nomor telepon yang dapat dihubungi. Sistem juga akan menanyakan tentang dari mana kamu mengetahui halaman pendaftaran merchant Shopee.

atur keuangan usaha
  1. Sertakan alamat bisnis yang lengkap

Langkah selanjutnya dalam cara daftar ShopeeFood adalah memberikan detail lokasi merchant. Jangan lupa juga untuk mencantumkan alamat lengkap merchant yang disertai nomor, RT/RW, kelurahan, kecamatan, kota (atau kabupaten), dan provinsi. Akan lebih baik lagi jika alamat yang kamu cantumkan disertai kode pos untuk memudahkan pelacakan oleh sistem.

  1. Isi kategori dan bentuk usaha

Langkah berikutnya adalah mendeskripsikan jenis bisnis. Sistem ShopeeFood mencantumkan lima opsi, yaitu Perseorangan, CV, PT, Koperasi atau Yayasan. Jika bisnis kulinermu tidak termasuk dalam kelima pilihan tersebut, kamu bisa memilih opsi “Lainnya”. Khusus untuk opsi tersebut, sistem akan memintamu untuk mendeskripsikan bentuk badan usaha.

Setelah mengisi seluruh data tersebut, upload Formulir Registrasi Merchant yang sudah diisi dan ditandatangani. Formulir tersebut tersedia dalam halaman pendaftaran ShopeeFood. Selain itu, kamu juga harus mencantumkan Surat Perjanjian Kerja Sama, Lembar Informasi Merchant, dan dokumen pendukung seperti KTP dan rekening bank.

atur keuangan usaha
  1. Unggah foto merchant

Selain berkas-berkas tersebut, siapkan pula foto merchant. Lampirkan foto merchant tampak depan yang jelas dan diambil dengan kamera (bukan hasil desain). Sertakan juga foto-foto menu yang tersedia dengan format JPEG/JPG/PNG dan diberi judul sesuai nama menu. Agar tampilan menu lebih mudah dilihat, gunakan rasio 1:1 (bentuk kotak, bukan persegi panjang).

  1. Konfirmasi pendaftaran

Cara daftar mitra ShopeeFood ditutup dengan melakukan konfirmasi pendaftaran. Di bagian paling akhir formulir pendaftaran, kamu akan menemukan poin “Deklarasi Persetujuan Merchant”. Beri ceklis pada box yang menyatakan persetujuan terhadap pernyataan tercantum. Jika semua persyaratan sudah lengkap, klik tombol “Kirim”.

Setelah formulir terkirim, tim ShopeeFood akan melakukan pengecekan. Status verifikasi pendaftaran akan dikirim melalui email. Jadi, pastikan untuk rutin mengecek email, ya!

Baca Juga: Tips Produk Repeat Order Tinggi

Cara kerja ShopeeFood

Selain mengetahui cara daftar ShopeeFood, ada baiknya Juragan juga mengetahui bagaimana cara kerjanya. Dengan begitu, kamu bisa memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Mari simak bersama sistem pemesanan ShopeeFood berikut ini!

  1. Pemesanan

Jika semua dokumen sudah lengkap, tim ShopeeFood akan mengunjungi merchant dalam waktu 15 hari kerja untuk aktivasi akun. Kamu bisa langsung menerima pesanan lewat aplikasi Shopee Partner setelah proses aktivasi.

Begitu pelanggan selesai check out order, kamu akan langsung menerima notifikasi dari aplikasi Shopee Partner. Klik “Terima” untuk memproses order. Merasa repot jika harus menerima order satu per satu? ShopeeFood menyediakan fitur “Terima Otomatis” untuk menerima semua pesanan yang masuk ke aplikasi Shopee Partner milikmu.

  1. Menyiapkan pesanan

Setelah itu, Juragan bisa langsung menyiapkan pesanan. Pelanggan akan mendapat notifikasi bahwa pesanan diproses. Agar pelanggan puas, pastikan semua pesanan dibuat sesuai request, ya!

  1. Pick up

Saat kamu menerima pesanan, secara otomatis sistem akan mencarikan driver ShopeeFood terdekat dari merchant. Pesanan yang sudah selesai dibuat bisa langsung diserahkan kepada driver untuk diantarkan. Sebelum itu, cek kelengkapan pesanan terlebih dulu.

  1. Pesanan diantarkan driver

Driver akan langsung mengantarkan pesanan. Selama pesanan diantar, sistem akan menampilkan posisinya secara real-time di aplikasi Shopee pelanggan.

  1. Pembayaran

Jika pelanggan sudah menerima pesanan dan driver menyelesaikan pengantaran, Juragan bisa langsung menerima pembayaran melalui ShopeePay. Dana yang tersimpan dalam akun merchant bisa ditransfer ke rekening bank terdaftar.

Syarat mendaftar ShopeeFood untuk merchant

Dalam poin tentang cara daftar ShopeeFood sebelumnya, disebutkan kalau calon merchant harus menyiapkan beberapa dokumen sebagai persyaratan. Shopee membedakan syarat untuk merchant bisnis perorangan dengan bisnis berbadan hukum. Berikut detailnya:

Bisnis perorangan

  • Identitas berupa KTP atau KITAS.
  • SPPKP atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak.
  • Kartu Pengenal NPWPD.
  • Halaman depan Buku Tabungan.
  • Bukti keberadaan merchant.

Bisnis berbadan hukum

  • Identitas berupa KTP atau KITAS pemilik bisnis.
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) atau TDUP (Tanda Daftar Usaha Pariwisata).
  • Surat Keterangan Domisili Usaha.
  • Kartu Pengenal NPWP Badan Usaha.
  • Akta Pendirian Usaha.
  • Halaman depan Buku Tabungan.
  • Bukti keberadaan merchant.

Sistem pengecekan ShopeeFood tidak memerlukan berkas fisik. Juragan cukup menyediakan file foto berkas (bukan berupa scan, edit, atau fotokopi) dengan format JPEG/JPG/PNG/PDF dan berukuran maksimal 25 MB. Pastikan seluruh file berkas dapat dibaca dan terlihat jelas agar mempermudah proses verifikasi oleh tim ShopeeFood, ya!

Baca Juga: Tips Buka Cabang Usaha Baru

Bagaimana? Ternyata cara daftar ShopeeFood tidak terlalu sulit, kan? Jika sudah melakukan pendaftaran, pastikan Juragan rajin cek email untuk memantau perkembanganya. Siapa tahu ada berkas yang terlewat atau informasi yang masih perlu diperbaiki. Jadi, Juragan bisa segera melakukan pembetulan.

Dengan memanfaatkan ShopeeFood, bisnis kulinermu akan lebih dikenal masyarakat. Nah, untuk masalah manajemen keuangan bisnis, Juragan bisa percayakan pada aplikasi BukuWarung. Aplikasi BukuWarung menyediakan beragam fitur untuk memudahkan pembukuan usahamu. Menariknya lagi, aplikasi ini tersedia gratis di Playstore. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi BukuWarung sekarang juga!

Coba BukuWarung sekarang
App Rating 4.9
Download